Ragam

Pembangunan Berkelanjutan Dengan Tujuan dan Konsep di Tahun 2022

Perlu disadari bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah fundamental bagi negara agar dapat berkembang. Tanpa adanya kegiatan tersebut maka mustahil terjadi pertumbuhan dalam jangka panjang.

Sebagai warga negara yang baik kamu tentunya ingin memahami dan ikut mendukung terlaksananya fundamental pembangunan.

Karena masyarakat merupakan komponen utama dalam melaksanakannya.

Tanpa adanya dukungan masyarakat secara total terhadap pembangunan maka hasil tidak akan pernah tercapai. Sudah banyak contoh kegagalan negara karena tidak memiliki dukungan penuh masyarakat.

Contoh konkrit adalah kemunduran dari afrika selatan. Pada saat adanya pemusnahan kaum kulit putih, tidak banyak yang mengira bahwa dampaknya akan masif. Sekarang fakta sudah terlihat di lapangan.

Bagaimana sistem pertanian di negara tersebut tidak bergerak sama sekali. Terlalu mengandalkan impor karena rakyat tidak mampu melakukan kegiatan agraria. Karena sebelumnya dunia agraria didominasi oleh kaum putih.

Jadi ketika salah satu tiang penyangga kehidupan utama dihilangkan secara mendadak, tiang lainnya belum tentu mampu mengemban kewajiban lainnya. Inilah mengapa setiap masyarakat harus saling membantu.

Saling berbagi tanggung jawab untuk ikut andil memajukan perekonomian negaranya. Tanpa adanya kontribusi dari rakyat maka negara juga tidak mampu melaksanakan kewajibannya untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas secara lengkap bagaimana peran seorang masyarakat untuk ikut andil dalam memajukan bangsa. Karena ini tidak hanya untuk jangka pendek saja.

Tujuan utama setelah masyarakat saling memahami kewajibannya adalah terciptanya kemandirian ekonomi dan kesadaran sosial. Dua hal tersebut memang fundamental utama agar kehidupan sejahtera.

Pengertian Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan rakyat pada masa sekarang dan generasi selanjutnya, dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi demi menjaga kestabilan negara.

Jadi definisi dari pembangunan berkelanjutan memang cukup kompleks. Karena harus mampu mencakup tiga tiang utama yaitu sosial, ekonomi, dan lingkungan. Semuanya harus seimbang dalam proses pengembangannya.

Mengapa keseimbangan sangat ditekankan, karena satu sama lain saling berkaitan dan memberikan dampak konkrit secara langsung. Apabila satu tiang saja diabaikan maka akan terjadi kegagalan besar.

Contoh konkrit terjadinya pembangunan tanpa keseimbangan adalah afrika selatan. Aspek ekonomi dan sosial memang dipegang teguh oleh negarawan. Sayangnya aspek lingkungan lupa tidak tersentuh sama sekali.

Gerakan anti apartheid yang mereka lakukan melupakan satu aspek penting. Bahwa pada faktanya orang berkulit hitam tidak memiliki kemampuan untuk bekerja memanfaatkan lingkungan sama sekali.

Perlu diketahui bahwa sistem pertanian dalam negara tersebut sepenuhnya dilakukan oleh orang berkulit putih, tanpa memandang status sosial dan ekonominya. Jadi pada saat genosida dilakukan langsung terjadi kelaparan.

Hal seperti ini tidak bisa dihindari karena orang berkulit hitam di negara tersebut belum mampu mengelola tanah pertanian sendiri. Sehingga kelaparan tidak dapat dihindari ketika terjadi genosida pada kulit putih.

Jadi perbedaan ras bukanlah sebuah faktor utama untuk mengembangkan sebuah negara. Keseimbangan dalam mengelolanya lebih penting dipikirkan dibandingkan ego golongan saja.

Tujuan Diadakan Pembangunan Berkelanjutan

Kegiatan ini memiliki tiga tujuan utama yaitu kesejahteraan ekonomi, pemberdayaan masyarakat, dan melestarikan lingkungan hidup. Berikut ini akan kami bahas secara detail agar mudah dipahami.

Kesejahteraan Ekonomi

Perekonomian yang kuat merupakan tujuan utama dari pembangunan berkelanjutan. Dalam melaksanakannya tentu aspek lain seperti sosial dan lingkungan tetap tidak boleh disepelekan.

Jadi untuk membentuk sebuah ekonomi yang tangguh tidak hanya dari besarnya modal dan banyaknya aset saja. Keseimbangan aspek tetap perlu diperhatikan agar tujuan dapat terlaksana.

Pemberdayaan Masyarakat

Pembentukan organisasi kemasyarakatan merupakan contoh tindakan yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan. Karena organisasi kemasyarakatan memiliki fungsi sebagai pemberdayaan.

Selain melalui organisasi pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Mulai dari pelatihan, hingga pemberian kemudahan permodalan usaha bagi mereka.

Melestarikan Lingkungan Hidup

Tidak ada satu negara di dunia ini yang mampu bertahan lama tanpa melestarikan lingkungan hidup. Karena perlu disadari kita sebagai manusia memang bergantung pada kemurahan alam.

Oleh karena itu eksploitasi lingkungan tidak boleh dilakukan meskipun memiliki tujuan membangun negara. Contoh konkrit yang terjadi adalah brazil dimana 60 persen hutan di sana sudah ditebang.

Hal tersebut dilakukan demi membuka pertanian dan peternakan. Akibat yang terjadi dari kegiatan tersebut adalah meningkatnya bencana alam. Kemudian pemanasan global juga dipicu oleh pemusnahan tersebut.

Jadi memang tidak bisa ketika dua atau salah satu saja aspek yang diperhitungkan. Semuanya wajib dilakukan beriringan agar memberikan hasil ideal sehingga menguntungkan bagi manusia dan lingkungan.

Prinsip Pembangunan Berkelanjutan yang Perlu Diketahui

Keseimbangan dan kontinuitas merupakan prinsip dasar dari pembangunan secara berkelanjutan. Jadi memang keduanya harus dilaksanakan secara seimbang agar mendapatkan hasil ideal.

Ketika dilakukan pengembangan ekonomi dan sosial tentu saja membutuhkan sumber daya alam. Eksploitasi mau atau tidak memang tetap harus dilakukan demi mencukupi kebutuhan sosial ekonomi.

Namun eksploitasi alam juga wajib diimbangi dengan pemulihan kembali agar bumi tetap lestari. Jadi eksploitasi secara paten seperti terjadi di brazil harus dihindari apabila ingin mendapatkan hasil ideal.

Kesejahteraan ekonomi dan sosial memang tujuan utama dari pembangunan berkelanjutan. Namun tanpa adanya dukungan dari lingkungan tentu saja hal tersebut tidak dapat dilakukan secara efektif.

Sekali lagi manusia sebagai makhluk hidup tetap harus memikirkan kesejahteraan lingkungannya dalam jangka panjang. Apabila ini tidak dilakukan maka kelaparan seperti di afrika selatan tidak dapat dihindari.

Kamu bisa sebutkan faktor lingkungan yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Air, udara, dan mineral adalah faktor lingkungan untuk mendukung pembangunan dengan jumlah terbatas.

Apabila manusia tidak mampu memanajemen dan melakukan pembaruan pada sumber daya tersebut maka kematian perlahan akan datang. Jika melihat pada kuantitasnya saja ketiga hal tersebut memang banyak tersedia.

Namun ketika air sudah tercemar, udara penuh polusi, dan mineral habis dieksploitasi baru manusia akan mengeluh pada alam. Untuk menghindari hal seperti ini memang pembangunan yang seimbang harus dilakukan.

Jangan hanya mementingkan keuntungan jangka pendek saja, namun bagaimana generasi berikutnya hidup juga wajib diperhitungkan. Inilah prinsip yang wajib dipegang agar kesejahteraan bisa terus dirasakan.

Manfaat yang ada dari Pembangunan Berkelanjutan

Apabila berbicara manfaat tidak akan ada habisnya. Jadi kami akan memberikan tiga contoh manfaat paling konkrit yang bisa dilihat sekarang. Kontinuitas ekonomi, sosial ekonomi, dan lingkungan hidup.

Kontinuitas Ekonomi

Keberlanjutan dalam kegiatan ekonomi adalah tujuan utama dari dilakukannya pembangunan secara berkelanjutan. Karena tanpa aktivitas ekonomi maka kehidupan modern tidak dapat berjalan.

Tentu saja kontinuitas ekonomi perlu didukung oleh kondisi sosial dan lingkungan yang bagus. Sehingga setiap gerakan ekonomi wajib memperhitungkan dampaknya pada sosial dan lingkungan.

Apabila hal ini dilakukan maka menciptakan kondisi ekonomi yang ramah lingkungan tentu bisa didapatkan. Salah satu negara yang berhasil melakukan hal ini adalah finlandia.

Kontinuitas Sosial

Indonesia memang memiliki keragaman suku dan budaya, oleh karena itu memang menjaga kontinuitas sosial cukup sulit. Selalu terjadi perbedaan antar golongan yang membuat ekonomi kurang lancar.

Agar kondisi sosial tetap kondusif, menyamakan tujuan memang perlu dilakukan. Meskipun memiliki perbedaan cara pandang namun jika tujuannya sama yaitu kesejahteraan sosial maka akan berjalan.

Kontinuitas Lingkungan Hidup

Menjaga kelestarian alam agar tetap bertahan merupakan manfaat dari kegiatan pembangunan secara berkelanjutan. Karena ketika prinsip kontinuitas ini diterapkan alam tentu tetap lestari.

Faktor lingkungan yang mendukung pembangunan berkelanjutan adalah air, tanah, dan udara. Ketiganya harus dijaga agar tetap bagus kondisinya, kemampuan regenerasinya, dan ketersediaannya.

Ketika salah satu aspek saja sampai kurang maka menciptakan kehidupan yang makmur sangat sulit. Oleh karena itu kamu wajib menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari.

Ketiga manfaat tersebut tentu saja sangat berguna tidak hanya bagi generasi sekarang namun juga berikutnya. Sehingga kamu perlu menerapkan cara hidup yang dapat menciptakan keseimbangan tadi.

Konsep Pembangunan Berkelanjutan yang Perlu Diketahui

Pembangunan di Indonesia memiliki konsep dan landasan dari sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tentu ini diterapkan tanpa mengacuhkan keadilan bagi kelestarian alam.

Secara garis besar pembangunan berkelanjutan harus mampu mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi berikutnya. Jadi tidak hanya dirasakan hari ini saja.

Konsep seperti ini memang sulit dilakukan apalagi dengan pertumbuhan penduduk yang eksponensial setiap tahunnya. Oleh karena itu kurangnya keseimbangan selalu terjadi pada setiap aspek kehidupan.

Hal seperti ini memang harus ditoleransi karena bagaimanapun juga harus ada aspek yang dikorbankan. Namun idealnya tetap ada rencana pemulihan kembali agar tiga pilar utama tidak roboh bersamaan.

Di Indonesia sekarang aspek lingkungan memang sedang dikorbankan. Namun rencana untuk penekanan dan pemulihan kembali tetap dilakukan secara perlahan. Jadi memang tidak dapat dirasakan sekarang.

Sudah banyak juga organisasi sosial peduli lingkungan yang berdiri di dalam negeri. Kamu dapat berkontribusi langsung dengan cara bergabung pada organisasi seperti itu demi menjaga keseimbangan pembangunan.

Konsep yang diterapkan dalam membangun kehidupan secara berkelanjutan memang sederhana. Namun kamu juga harus realistis dan menyadari bahwa ini sulit sekali dilakukan sekarang.

Tidak ada negara di dunia ini yang ideal dalam membangun kondisi ekonomi sosialnya tanpa mengorbankan lingkungan hidup. Jadi jangan terlalu mengeluh dan gerakkan kakimu untuk ikut membantu.

Jika ingin pembangunan yang ideal terealisasi maka seluruh komponen harus ikut bergerak. Masyarakat adalah komponen utama sehingga tindakan kooperatif memang dibutuhkan agar cita-cita ini bisa terealisasi.

Contoh Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Contoh konkrit pembangunan yang berkelanjutan tanpa mengesampingkan lingkungan hidup sekarang berlangsung di finlandia. Adanya pembuatan reaktor nuklir lengkap dengan sistem pembuangan limbah paling ideal.

Dengan memanfaatkan reaktor nuklir kebutuhan energi seluruh rakyat negara tersebut dapat tercukupi hingga 70 persen. Sedangkan sisanya masih menggunakan bahan bakar fosil dan energi konversi.

Lalu bagaimana pembuangan limbah reaktor nuklir tersebut. Umumnya pembuangan limbah dilakukan dengan menyimpan isotop hasil reaksi di tempat tertutup. Untuk mengurangi radiasinya butuh waktu bertahun-tahun.

Di finlandia hal ini masih dilakukan namun dengan mengembangkan metode lain sehingga residu dari isotop tersebut dijamin aman tidak mencemari lingkungan. Ini yang belum diterapkan negara lain di dunia.

Kemudian sistem pendinginan reaktor pada umumnya menggunakan air laut. Sehingga pembuangan air pendingin ini akan meningkatkan suhu air laut daerah sekitar reaktor nuklir tadi.

Di finlandia hal ini tidak dilakukan, sistem pendinginan memang masih berbasis air. Namun metode pendinginan yang dilakukan sudah menggunakan teknologi yang ramah pada lingkungan sekitar.

Jadi air pendingin pada reaktor saat dibuang sudah memiliki suhu stabil. Tentu jika ini dilakukan tidak akan meningkatkan suhu perairan sekitar reaktor nuklir. Inilah contoh konkrit penyediaan energi berwawasan lingkungan.

Tanpa adanya ketergantungan pada sumber daya alam tidak terbarukan, finlandia berhasil menjadi contoh yang wajib ditiru negara lain. Sayangnya Indonesia belum mampu melakukan karena dana pembangunan besar.

Apabila penyediaan energi dalam negeri bisa lebih fokus pada sumber terbarukan maka lingkungan tentu akan lestari. Pembangunan berkelanjutan memang sulit dilakukan sehingga harus kita dukung semaksimal mungkin.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button