Marketing

Pembicara Internet Marketing

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak orang tertarik dengan perkataan para pembicara internet marketing.

Muara ketertarikan ini sama yaitu keinginan untuk membesarkan bisnis dengan cara yang lebih dinamis dan lebih cepat.

Namun, untuk bisa menjadi seorang pembicara yang mahir tentang internet marketing, tentunya Anda harus paham dalam menyampaikan ilmu seputar internet marketing itu sendiri serta seluruh detail di dalamnya.

Ada banyak metode yang ditawarkan di dalam dunia pemasaran lewat internet, maka Anda harus bisa memilih yang sesuai dengan pendengar Anda.

Pembicara Internet Marketing

Apa Itu Internet Marketing?

Pakar internet marketing umumnya berpendapat bahwa internet marketing merupakan sebuah strategi pemasaran yang menggunakan internet sebagai medianya.

Dengan bantuan dunia maya, maka Anda dapat memasarkan bisnis Anda selama 24 jam penuh dengan biaya yang lebih murah daripada iklan konvensional.

Ada banyak platform yang bisa digunakan dalam pemasaran berbasis internet ini, mulai dari situs, blog, surel, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya, semua platform yang menggunakan internet dapat digunakan sebagai sarana untuk memasarkan bisnis yang Anda miliki.

Manfaat Internet Marketing

Para konsultan internet marketing pasti menganjurkan para pemilik usaha baik profit maupun non-profit untuk memasarkan barang atau jasa mereka lewat internet. Hal ini tentu dikarenakan teknologi yang ada sekarang ini sudah berkembang sangat pesat dan dapat dijangkau dengan mudah.

Penggunaan Lebih Mudah

Ada banyak platform yang bisa digunakan sesuai dengan kemampuan maupun kemauan. Jadi, aplikasi maupun platform yang digunakan bisa dipilih yang paling sederhana sekalipun. Selain itu, para penggunanya dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja.

Biaya Lebih Fleksibel

Sebagai pembicara internet marketing, salah satu yang paling ditekankan ketika berbicara pemasaran dengan teknologi internet adalah tentang fleksibilitas pengeluaran. Biaya yang diperlukan untuk pemasaran dengan cara ini bisa sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Bahkan, ada banyak cara yang bisa dipakai sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya barang sepeserpun. Hal ini bisa dicapai dengan memanfaatkan fitur-fitur gratis yang kerap diberikan platform internet marketing.

Jangkauan Tanpa Batas

Ketika menggunakan cara promosi konvensional, Anda hanya dapat menjangkau secara terbatas. Umumnya, media untuk berpromosi secara konvensional hanya menjangkau secara regional.

Terkadang pula bukan hanya karena medianya saja tetapi juga karena modal. Untuk bisa berjalan ke tempat yang berjarak jauh dari tempat Anda pasti membutuhkan saran dan modal yang besar pula.

Hal ini berbeda dengan menggunakan internet. Dengan fasilitas dunia maya ini, Anda dapat menjangkau calon pelanggan hingga belahan dunia manapun. Internet mempermudah semua itu dan dengan biaya yang sangat terjangkau.

Tepat Sasaran

Semua pembicara internet marketing pasti sepakat bahwa penggunaan internet bisa membuat pemasaran lebih tepat sasaran. Sebab umumnya pengguna media sosial sudah sangat tersegmentasi.

Misalnya untuk Facebook kebanyakan digunakan oleh para usia tua serta penggunanya lebih mudah menyerap informasi yang diberikan oleh pengunggah dengan apa adanya.

Instagram lebih didominasi anak muda, namun untuk mengunggah konten di media tersebut harus memperhatikan pengambilan gambar yang menarik.

Hal ini berbeda dengan Twitter, yang meskipun juga didominasi anak muda, tetapi lebih menekankan pada kicauan yang pendek dan mudah viral.

Kemudahan Dalam Perubahan

Salah satu cara agar bisnis bisa tetap bertahan adalah mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman serta tren. Dengan adanya internet, maka pemilik bisnis dan pembicara internet marketing dapat dengan mudah melihat tren yang sedang digemari dan menyesuaikan bisnis dengan tren tersebut.

Bukan hanya tentang jenis produk, tren juga bisa meliputi cara penjualan, cara pemasaran, dan lain sebagainya.

Dengan adanya internet, Anda dapat mengakses informasi tren dari seluruh dunia. Bahkan dengan internet, Anda dapat memprediksi tren yang kemungkinan besar akan terjadi di masa datang. Hal ini akan memudahkan Anda mengatur strategi pemasaran.

Data Real Time

Bagian dari pemasaran yang jitu adalah data yang akurat, apalagi jika data tersebut bisa disajikan real time dan terus diperbaharui secara kontinyu. Hal inilah yang ditawarkan oleh internet marketing.

Semua aktivitas yang berkaitan dengan aktivitas online Anda dan pelanggan akan dipantau. Bahkan di beberapa platform, data tersebut juga dapat diolah dan dianalisis tergantung dengan kebutuhan.

Pemasaran Tanpa Henti

Semua pemilik bisnis pasti ingin agar iklan yang mempromosikan produk mereka selalu tayang, bahkan 24 jam setiap hari. Namun, hal tersebut susah dilakukan dengan menggunakan media konvensional. Iklan hanya dapat tayang sesuai dengan jam operasional yang sudah ditentukan.

Itulah alasan para pembicara internet marketing mempromosikan tentang pemasaran dengan internet. Sebab, dengan menggunakan internet, iklan Anda dapat ditayangkan 24 jam.

Saat calon pelanggan mengakses internet baik siang maupun malam, mereka masih dapat menemukan iklan Anda di sana.

Otomatisasi

Salah satu manfaat lain dari internet marketing yang menjadi keunggulannya adalah sistem pemasaran yang bisa diatur sesuai dengan keinginan.

Semuanya dapat dilakukan sesuai dengan permintaan Anda ketika akan membuat situs, aplikasi atau teknologi lain yang digunakan. Bukan hanya jenis iklan, namun sistem pemasaran hingga follow up pelanggan pun bisa diotomatisasi.

Mampu Membuat Big Data

Big data merupakan seluruh rangkuman tentang aktivitas marketing yang sudah terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Data semacam ini tentu penting guna menentukan strategi pemasaran berikutnya serta melihat potensi keuntungan maupun kerugian.

Dengan menggunakan internet marketing, maka data-data semacam ini bisa disajikan dengan mudah tanpa harus mengumpulkannya secara manual.

Cara Internet Marketing

Sebagai pembicara internet marketing yang handal, tentu seseorang harus mampu memberikan motivasi agar pendengarnya bisa memiliki target yang tinggi.

Buat Target yang Tinggi

Target adalah hal yang penting untuk bisa mengukur pencapaian. Semakin tinggi target, maka usaha yang dikeluarkan pasti juga akan semakin besar.

Jika target sudah bisa tercapai, maka selalu mulai dengan target yang baru.

Pemahaman Produk yang Baik

Meskipun menetapkan target yang tinggi, namun tanpa pemahaman produk yang baik, niscaya semua usaha akan sia-sia.

Sebab, jika tidak mengenal produk yang akan dipasarkan, maka sudah pasti sasaran pun akan tidak tepat. Dengan demikian, akan berimbas pada keuntungan yang didapatkan.

Penghargaan Kepada Rekanan

Bisnis sejatinya bukan hanya tentang pemilik barang atau jasa. Bisnis bisa berjalan karena ada timbal balik dari semua orang yang terlibat di dalam aktivitas bisnis tersebut.

Maka agar sebuah produk dapat diterima dan mendapatkan loyalitas dari pelanggan, pemilik bisnis harus mau merawat hubungan tersebut.

Tidak ada salahnya memberikan ucapan terimakasih kepada pelanggan yang sudah setia menggunakan produk.

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan hadiah, undian dan lain sebagainya. Selain pelanggan, pihak yang juga layak diapresiasi adalah klien serta pekerja yang sudah turut andil dalam memasarkan produk tersebut.

Bangun Relasi yang Baik

Seorang pembicara internet marketing yang unggul pasti juga memiliki relasi yang baik di dunia nyata. Hal ini juga pasti ditularkan dalam ilmunya di dunia internet marketing, Sebab loyalitas akan terjalin jika hubungan yang terjalin dibangun dengan baik.

Saat ini, peran pemasaran bukan hanya sekadar menawarkan produk, tetapi menjawab kebutuhan pelanggan. Ketika pelanggan merasa bahwa kebutuhan mereka terpenuhi di dalam bisnis tersebut, mereka akan dengan sukacita menjadi pelanggan yang setia.

Strategi Internet Marketing

Memang sudah ada banyak platform yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk, namun situs web tampaknya masih belum akan ditinggalkan.

Hal ini dikarenakan ada banyak pelanggan yang lebih percaya terhadap sebuah bisnis yang memiliki situs resmi. Dan biasanya pembicara internet marketing akan menyampaikan beberapa poin penting seperti :

Membuat Website

Dengan memiliki situs resmi, maka sebuah bisnis akan terlihat lebih profesional.

Pasalnya, di dalam situs pasti terdapat informasi resmi terkait dengan bisnis tersebut mulai dari alamat, nomor narahubung, testimoni pelanggan dan lain sebagainya.

Dengan demikian, calon pelanggan dapat lebih nyaman karena jika terjadi sesuatu dapat dengan mudah meminta pertanggungjawaban.

Membuat Blog

Selain situs web, dalam komunitas internet marketing selalu diingatkan tentang pentingnya membuat blog. Sebab, saat pertama kali mengunjungi situs Anda belum tentu calon pelanggan tersebut berniat untuk membeli.

Ada kemungkinan mereka sampai ke situs Anda karena menekan tautan artikel yang ada di dalam blog situs Anda.

Artikel-artikel dengan konten menarik dan informatif ini dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Gunakan cara soft selling yang menggiring pelanggan dengan cara yang halus untuk mau mencoba produk yang Anda tawarkan.

Gaet Traffic dengan SEO

Ketika Anda mencari panduan internet marketing di mesin pencari maka umumnya Anda akan memilih artikel atau info yang diletakkan di halaman pertama pencarian. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar info tersebut juga sudah dipilih oleh jutaan pengguna lainnya dan lebih dapat dipercaya.

Padahal belum tentu demikian, ini bisa jadi karena teknologi yang kita sebut dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Untuk meningkatkan peluang bisnis, maka situs web harus bisa berada di posisi teratas di mesin pencari, sebab dengan demikian persentase pelanggan yang akan berkunjung menjadi lebih besar. SEO memegang peran penting di sini.

Cara yang dapat digunakan adalah dengan lebih sering mengunggah konten yang memasukkan kata kunci populer, tren yang sedang naik daun dan lain sebagainya.

Atau bisa diskusi dengan guru SEO : Wahyu Blahe

Wahyu Blahe - Pembicara Internet Marketing

Gunakan SEM Untuk Iklan

SEM atau search engine marketing memang hampir mirip dengan SEO. Namun bedanya, SEM ini adalah cara untuk beriklan berbayar yang memastikan iklan Anda berada di halaman pertama mesin pencari.

Besar dana yang dibutuhkan untuk memasang iklan semacam ini beragam, tergantung dari lama penayangan, jenis iklan dan lain sebagainya.

Terapkan Email Marketing

Beberapa pelaku bisnis yang beranggapan bahwa mengirimkan surel kepada pelanggan adalah cara yang sudah kuno. Padahal, cara ini masih terbilang efektif meskipun sudah termasuk sebagai cara lama.

Padahal, dalam banyak ebook internet marketing yang mengatakan bahwa prosentase bisnis berkembang dengan menggunakan metode pengiriman surel ini bisa mencapai 15%. Tentu ini jumlah yang cukup besar.

Hal ini dikarenakan masih ada banyak pelanggan yang lebih nyaman menerima promosi dengan menggunakan surel. Selain itu, sapaan dengan menggunakan nama di tiap surel membuat pesan semacam ini terasa lebih personal dan membuat pelanggan merasa dihargai.

Lakukan Guest Blogging

Sebagai pelaku bisnis tentu tidak bisa berdiri sendiri. Ada kalanya pelaku bisnis harus mau bekerja sama dengan pihak lain, bahkan dengan kompetitornya sekalipun.

Agar sebuah situs dapat memiliki traffic kunjungan yang tinggi, maka harus ada banyak promosi yang dilakukan, salah satunya dengan mencantumkan tautan situs di dalam blog lain.

Nah, agar pemilik blog dapat mencantumkan situs Anda, maka tentu Anda dapat mengunjungi blog mereka terlebih dahulu dan meninggalkan jejak di sana. Dalam berbagai sekolah internet marketing, trik ini juga seringkali diajarkan.

Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing

Untuk menjaga loyalitas pelanggan atau untuk membidik pasar baru, maka Anda harus dapat mengoptimalkan media sosial yang dimiliki. Namun, tidak semua media sosial efektif untuk semua jenis iklan.

Ada beberapa tahap yang perlu dipertimbangakn seoang pembicara internet marketing sebelum memberikan masukan tentang platform media sosial yang benar. Serta pemahaman akan adanya marketing communication yang tepat.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui target pasar Anda baru kemudian menentukan media sosial yang kerap digunakan oleh target pasar tersebut.

Setelahnya, Anda dapat menentukan tujuan dalam pemasaran tersebut, baik untuk memasarkan produk baru atau re-branding produk lama dan lain sebagainya. Selain itu, waktu yang tepat untuk mengunggah konten juga mempengaruhi kesuksesan pemasaran.

Lakukan Affiliate Marketing

Baik mereka yang belajar internet marketing untuk pemula maupun sudah lama berkecimpung di dunia internet marketing, strategi affiliate marketing ini ternyata masih cukup jitu. Namun, apa itu affiliate marketing? Pemasaran dengan cara ini melibatkan pelanggan untuk menggaet pelanggan baru.

Misalnya ketika pelanggan berbelanja di tempat Anda, maka mereka akan mendapatkan sebuah kode khusus. Nantinya, ketika ada pelanggan lain yang berbelanja dengan menggunakan kode khusus dari pelanggan sebelumnya, pelanggan sebelumnya tersebut akan mendapatkan komisi.

Jenis Internet Marketing

  • Content Marketing
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Social Media Marketing (SMM)
  • Pay – Per – Click Advertising (PPC)
  • Affiliate Marketing
  • Email Marketing
  • Instant Messaging Marketing
  • Radio Advertising
  • Television Advertising

Tools Internet Marketing

Pentingnya tools dalam menjalankan aktivitas internet marketing. Berikut ini beberapa tools yang bisa jadi referensi penggunaan.

SurveyMonkey

Salah satu tutorial internet marketing terbaik adalah dengan menggunakan alat yang sudah terpercaya. SurveyMonkey menduduki peringkat yang cukup bergengsi di ajang perangkat untuk internet marketing.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memudahkan Anda mengenal pelanggan dengan mengumpulkan data dari mereka.

Survei ini berguna untuk memberikan timbal balik dari produk yang sudah dan akan Anda luncurkan. Dengan mendapatkan masukan langsung dari pelanggan, Anda dapat mengatur kebijakan yang lebih sesuai dan pasti tepat sasaran.

Untuk mendapatkan jawaban terbaik dan terjujur, maka selalu gunakan pertanyaan terbuka untuk survei semacam ini. Dengan pertanyaan terbuka, maka pelanggan akan memberikan penjelasan yang sesuai dengan hal yang mereka rasakan.

Jadi, jawaban dan pertanyaan ini akan lebih jujur dan personal, sehingga lebih mudah dianalisa.

Google Analytics

Sebuah bisnis maupun usaha akan dapat berkembang dengan efektif jika mampu mengolah data yang mereka miliki. Dengan analisis data yang tepat, maka arah kebijakan bisa disesuaikan sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Dalam kurun waktu terakhir ini, tidak bisa dipungkiri jika Google Analytics bak buku internet marketing yang memuat semua informasi tentang data yang dibutuhkan untuk pemasaran lewat internet.

Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan di tempat ini. Bukan hanya tentang durasi kunjungan pelanggan di situs Anda, tetapi juga jenis konten yang digemari, sebaran geografis pelanggan hingga situs lain yang terkait dengan merek atau situs Anda.

Itulah alasan platform ini sangat terkenal, apalagi penggunaannya juga tidak memakan biaya.

Google Trends

Belajar tentang tren yang sedang berkembang berarti pula Anda sedang belajar internet marketing dasar yang paling dibutuhkan. Dengan mengakses platform ini, maka Anda akan disajikan dengan data kebutuhan para pemakai mesin pencari. Dengan demikian, Anda akan menemukan kata kunci yang paling populer yang bisa diadaptasi ke dalam produk Anda.

Mengetahui tren terkini juga memudahkan Anda ketika akan meluncurkan produk baru atau saat akan memperbarui produk lama Anda. Dengan mengikuti atau mempertimbangkan tren, maka produk Anda akan lebih dapat diterima, terutama oleh pasar yang melek teknologi dan tren.

Hootsuite

Penggunaan media sosial di era internet bebas seperti sekarang ini memangs udah tidak dapat dibendung lagi. Semua orang, dari segala umur dan kalangan, pasti menggunakan media sosial. Maka para pembicara internet marketing pun pasti akan menyarankan untuk mempromosikan produk lewat media sosial.

Namun terkadang kendala sumber daya membuat seseorang tidak mampu mengelola banyak media sosial sekaligus.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka munculkan aplikasi Hootsuite yang emmungkinkan pengunanya untuk terhubung dengan banyak media sosial sekaligus mengumpulkan data tentang aktivitas di dalamnya.

Dengan aplikasi ini, Anda akan mengetahui ketika ada seseorang yang menyebutkan merek dari produk Anda.

Salesforce

Dalam kursus internet marketing murah pasti diajarkan tentang pengelolaan data pelanggan. Selama ini pengelolaan data masih kerap menggunakan metode sederhana semacam Microsoft Excel atau Outlook.

Hal ini bukannya tidak bagus, hanya saja tidak efektif. Dengan menggunakan Salesforce yang berbasis cloud, maka Anda dapat menyimpans emua data pelanggan sebanya mungkin dan dalam satu tempat.

Hal ini tentu memudahkan Anda ketika ingin memeriksa data di mana saja dan kapan saja tanpa harus membuka banyak aplikasi dan berkas. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengirim e-mail meskipun sedang membuka berkas.

Jasa Internet Marketing

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, tentu pemilik bisnis harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk miliknya serta produk yang dimiliki oleh pesaing.

Riset Produk

Dalam seminar internet marketing, para penyedia jasa pemasaran dengan internet pasti juga menyediakan jasa untuk riset produk sebagai bagian dari data analisis mereka.

Pasalnya, langkah awal inilah yang akan memudahkan langkah berikutnya. Hal ini bukan hanya terkait masalah harga saja tetapi juga pengemasan, pendistribusian dan cara pemasaran yang tepat. dengan riset produk yang benar, maka sasaran yang tepat juga akan didapatkan.

Riset Persaingan

Kompetitor dalam dunia bisnis seharusnya tidak hanya dipandang sebagai penghalang meraih keuntungan tetapi juga sebagai lawan seimbang untuk mendorong inovasi.

Di forum internet marketing indonesia selalu ditekankan bahwa riset tentang kompetitor harus dilakukan sebelum memutuskan kebijakan baru dalam sebuah bisnis.

Dengan melihat langkah yang sudah dibuat kompetitor, maka Anda dapat menentukan jalan dari bisnis Anda. Misalnya jika kompetitor lebih mementingkan masalah harga dengan kuantitas, maka Anda dapat memilih harga yang lebih murah namun dengan kuantitas yang lebih sedikit dan lain sebagainya.

Membangun Database Konsumen

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tips internet marketing yang tidak boleh dilupakan adalah selalu mempunyai dan menyimpan data tentang konsumen dan segala kegiatan yang berlangsung dalam sebuah bisnis.

Memilih Media Internet Marketing

Jasa internet marketing umumnya akan membantu Anda memilihkan platform emdia yang palings esuai dengan produk yang Anda tawarkan. Sebab, sesuai dengan hal yang disampaikan banyak pembicara internet marketing, media yang tepat akan memberikan keuntungan yang optimal.

Belajar Internet Marketing

Untuk belajar internet marketing tentunya ada beberapa cara yang bisa diterapkan.

Anda yang ingin menjadi pembicara internet marketing tentu awalnya melakukan hal-hal seperti berikut ini :

Kursus

Salah satu cara untuk bisa memahami tentang internet marketing adalah dengan mengikuti kursus internet marketing. Ada banyak kurus yang ditujukan untuk berbagai tingkatan pengguna internet marketing. Anda juga dapat memilih kursus secara offline maupun online.

Buku

Ada banyak buku serta makalah internet marketing yang sudah diterbitkan oleh para penggiat internet marketing. Cara otodidak semacam ini memang lebih membutuhkan banyak waktu serta percobaan. Walau demikian, jika disiplin, maka hasil yang diberikan juga bagus.

Situs Online

Terkadang karena ada banyak kendala, maka mengikuti kursus secara offline tidak bisa dilakukan. Namun untungnya, karena kemajuan teknologi, Anda dapat tetap mengikuti kursus internet marketing online gratis maupun berbayar.

Materi Internet Marketing

Pembicara Internet Marketing Wahyu Blahe

Dalam sebuah workshop internet marketing tentu yang paling dibutuhkan oleh peserta adalah materi tentang internet marketing.

Maka, pembicara internet marketing tentunya harus membuat presentasi, umumnya berupa slide.

Selain itu, ada baiknya pula memberikan salinan materi versi cetak kepada peserta workshop agar mereka bisa mempelajari sendiri di rumah masing-masing.

Pendahuluan dan Perkenalan

Hal ini tentunya merupakan poin awal di dalam kegiatan apa saja. Pada sesi ini, pembicara internet marketing akan memperkenalkan diri serta memberikan garis besar tentang materi yang akan didapatkan oleh peserta pelatihan internet marketing.

Umumnya di dalam sesi ini akan dibeberkan data-data yang terkait dengan dunia internet marketing.

Pembahasan Jenis Internet Marketing

Akan masuk kepada sesi selanjutnya yaitu pengenalan dan pembahasan tentang jenis internet marketing. Ketika peserta pelatihan datang dari satu segmentasi, misalnya pedagang pakaian di sebuah pusat grosir, maka jenis internet marketing yang akan dibahas mendalam bisa disesuaikan.

Hal ini selain lebih menarik dan berguna bagi peserta juga lebih tepat sasaran.

Cara Penggunaan Internet Marketing

Pada materi internet marketing tentu akan dibahas pula tentang cara penggunaan pemasaran dengan internet yang benar.

Hal inilah yang seringkali membuat seminar tentang internet marketing dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sebab untuk mendapatkan ilmu penggunaan internet marketing yang efisien tidaklah mudah. Butuh waktu, tenaga dan juga dana untuk bisa menghasilkan analisis yang mumpuni.

Tips Sukses Menggunakan Internet Marketing

Sama halnya dengan penggunaan internet marketing, para pembicara internet marketing juga suka memberikan tips yang berguna saat menggunakan internet marketing.

Pasalnya, terkadang antara teori dengan praktek di lapangan bisa cukup berbeda. Hal ini disebabkan interaksi yang dilakukan adalah dengan manusia yang notabene memiliki karakter yang unik dan beragam.

Kisah Sukses Pengguna Internet Marketing

Materi lain yang tak kalah sering diberikan sebagai materi dalam internet marketing adalah kisah sukses pebisnis yang sudah menerapkan metode ini. Kisah-kisah semacam ini cukup efektif mendorong pebisnis lain, terutama yang memiliki masalah serupa agar mampu mengatasi masalahnya.

Saran Masuk ke Forum

Salah satu cara belajar yang tidak akan pernah habis adalah dengan bergabung bersama sebuah komunitas. Dalam komunitas, bukan hanya pembelajaran yang didapat tetapi juga dukungan serta masukan yang berguna. Itulah pentingnya sebuah bisnis untuk bergabung bersama dengan internet marketing forum.

Demikian artikel tentang pembicara internet marketing, yang telah publish di kategori Marketing. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button