Ragam

Pembicara Seminar Entrepreneur

Pembicara seminar entrepreneur yang kompeten biasanya menjadi daya tarik bagi calon peserta, sehingga membuat orang tidak ragu untuk menghadiri acara. Tentunya diperlukan persiapan matang untuk tampil.

Dengan mengikuti seminar, Anda memperoleh tambahan ilmu tanpa melalui lembaga pendidikan seperti sekolah.

Berkenaan dengan entrepreneur, dapat membantu menumbuhkan semangat untuk berinovasi menciptakan usaha.

Apa Itu Seminar Entrepreneur

Sebelum membahas mengenai seluk beluk seminar entrepreneur, perlu mengetahui definisi seminar. Yakni sebuah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli atau pembicara seminar entrepreneur.

Ahli dalam hal ini bisa seorang dosen, guru besar, pakar, peneliti dan lain sebagainya. Biasanya salah satu orang yang ditampilkan mempunyai nama besar yang sudah dikenal oleh masyarakat.

Sehingga acara menjadi tampak lebih menarik. Secara umum, tujuan diselenggarakannya acara ini ialah untuk bertukar pikiran mengenai suatu permasalahan. Jadi bukan hanya narasumber yang menyampaikan pemikirannya, tetapi juga para peserta.

Ajang tukar pikiran tersebut biasanya direalisasikan dalam interaksi tanya-jawab antara Pembicara seminar terkenal dengan peserta. Kemudian terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi apabila ingin menyelenggarakan acara ini.

Sementara entrepreneur merupakan seseorang yang mengembangkan perusahaan di sekitar inovasi. Mereka mengelola bisnis dan menanggung risiko untuk semua tindakan yang diarahkan menuju tujuan.

Ketika menanggung risiko, umumnya mereka akan memperoleh keuntungan atas kesuksesan perusahaan. entrepreneur ini merupakan sosok yang turut membantu memacu pertumbuhan melalui pengambilan risiko ide inovatif.

Tidak semua peluang keberhasilan dapat diraih. Akan tetapi bila mencapai keberhasilan, seorang entrepreneur dapat mendorong industri maju dalam suatu negara. Sehingga turut meningkatkan perekonomian.

Dari pembahasan di atas, dapat diambil pengertian bahwa seminar entrepreneur merupakan suatu kegiatan edukatif dan wahana untuk menambah wawasan dalam hal entrepreneur. Meliputi bagaimana melakukannya dan apa yang harus dilakukan.

Hingga upaya pengembangannya agar semakin dikenal masyarakat. Baik itu masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga dapat membantu membangun perekonomian tanah air.

Tujuan Seminar Entrepreneur

Melalui acara ini, peserta bisa memperkaya skill diri sendiri hingga perusahaan. Adanya kemajuan teknologi juga memudahkan akses informasi bagi banyak orang di seluruh dunia. sehingga bisa mengetahui informasi seminar dalam waktu cepat.

Banyak sekali tujuan yang hendak dicapai melalui penyelenggaraan acara pengembangkan keilmuan dan kemampuan ini. Sehingga tidak rugi apabila peserta mengikuti prosesnya dari awal sampai selesai.

Belajar Langsung dengan Ahli Bidang Bisnis

Tujuan pertama ialah dapat mengambil pelajaran hingga pengalaman secara langsung dari ahli bidang bisnis. Karena bisa bertatap muka dengan narasumber seminar entrepreneur dalam satu ruang.

Tidak hanya bisa dilakukan secara tatap langsung. Melalui media teknologi juga bisa dilakukan misalnya menggunakan seminar virtual. Dapat diakses melalui zoom meeting hingga siaran live Youtube.

Sehingga bentuk tanya jawab juga dapat dilakukan secara online. Peserta tidak harus datang ke lokasi karena dapat mengakses dari rumah. Kegiatan ini cukup banyak diterapkan ketika masa pandemi covid-19.

Memperoleh Ilmu, Pengalaman dan Inovasi Baru

Dengan bertemu seorang ahli dalam bidang tertentu, pasti peserta akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang disampaikan. Sehingga bisa memperoleh inovasi baru dalam bidang bisnis yang akan berguna dalam upaya membangun atau mengembangkan perusahaan.

Tidak hanya berhenti pada materi yang disampaikan oleh pembicara seminar entrepreneur. Akan tetapi berlanjut pada sesi tanya jawab yang membuat peserta bisa memahami lebih mendalam mengenai sesuatu dalam lingkup bisnis.

Mendapat Relasi

Para peserta umumnya mempunyai minat sama dalam bidang bisnis. Anda dapat bertemu dengan orang baru kemudian membangun relasi bisnis dengan mereka. Sehingga bisa saling menguntungkan untuk mengembangkan perusahaan.

Tema Seminar Entrepreneur yang Menarik

Entrepreneurship jika dilihat dalam artian sederhana ialah tindakan menjadi seorang entrepreneur yakni orang yang melakukan usaha. Mereka mempunyai kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan pondasi, kiat serta dumber daya untuk mendapatkan peluang.

Seorang entrepreneur mampu mengupayakan diri untuk menjadi pengusaha mandiri yang merintis bisnis mulai dari bawah. Mereka mempunyai visi bisnis yang terus diupayakan untuk diraih tanpa menyerah.

Visi mempunyai kaitan dengan mindset atau pola pikir, gagasan dan ide. Sehingga mindset harus dibentuk sebelum mulai bertindak. Karena mindset juga akan mempengaruhi proses dan hasil dari usaha.

Pola pikir akan membentuk ide atau gagasan menjadi hal nyata. Sehingga pada akhirnya akan membuat usaha menjadi sukses. Turut membantu mengurangi jumlah pengangguran, kemiskinan dan meningkatkan pembangunan.

Materi mengenai mindset seorang entrepreneur dapat disampaikan oleh pembicara seminar entrepreneur, kemudian bisa tertanam dalam diri para peserta. Materi mindset ini biasanya tercermin dalam tema seminar.

Tema ini dapat bermacam-macam dan harus dibuat dengan menarik oleh pihak penyelenggara. Tema tersebut misalnya ialah entrepreneur sebagai jalan hidup. Sehingga tema ini mengajak peserta untuk menjadi pengusaha bukan mencari lapangan pekerjaan.

Tema lain yang dapat menarik perhatian peserta ialah mengenai pemuda unggul, mandiri dan inovatif dalam berwirausaha. Sehingga anak muda tertarik untuk menjadi pribadi yang berkualitas dalam menjalankan sebuah usaha.

Materi Seminar Entrepreneur

Menjadi pembicara entrepreneur muda mungkin akan menyulitkan ketika hendak membuat materi. Karena materi harus berkualitas namun bisa dipahami oleh peserta secara mudah. Disini kami akan menyampaikan sekilas materi yang dapat dijadikan patokan.

Materi ini memuat cara menjadi seorang entrepreneur. Pertama ialah harus mampu mengenali diri sendiri, kemudian menambahkan nilai. Nilai ini dapat berupa keilmuan, keahlian, karakter hingga potensi waktu.

Setelah itu melihat masalah yang ada di sekitar dan mencoba memikirkan inovasi atas solusi. Kemampuan untuk menyajikan solusi dari suatu masalah adalah pondasi dasar dari seorang entrepreneur.

Apabila ingin mendalami seputar teknik dalam menjalankan usaha, maka bisa mengikuti berbagai pelatihan atau training khusus. Sehingga peserta akan mendapat pengarahan untuk mengenali potensi diri, tantangan hingga potensi usaha.

Pertanyaan Seminar Entrepreneur

Selain materi, pertanyaan juga menjadi hal penting dalam suatu seminar. Pertanyaan ini menjadi jembatan bagi pembicara seminar entrepreneur dengan peserta untuk berkomunikasi secara intens.

Pertanyaan penting yang umum ialah mengenai modal usaha. Setiap bisnis pasti membutuhkan modal sejak awal. Lantas bagaimana jika tidak punya modal sama sekali. Salah satu solusinya ialah mengolah limbah yang mana tidak membutuhkan modal.

Misalnya saja membuat kerajinan dari sampah plastik atau kertas. Bisa juga memanfaatkan sumber daya alam yang potensial namun dianggap hama atau pengganggu oleh masyarakat. Misalnya mengolah eceng gondok.

Pertanyaan kepada pembicara seminar entrepreneur selanjutnya adalah mengenai langkah dalam memulai usaha dan memperkenalkannya pada masyarakat. Caranya ialah dengan mencari pasar, melakukan promosi, hingga membagikan sampel gratis.

Pertanyaan berikutnya mengenai risiko apabila mengalami kemacetan usaha atau bangkrut. Solusi utamanya ialah tidak berputus asa dan terus berusaha meningkatkan kualitas. Kualitas ini dapat ditingkatkan melalui pengetahuan dan jaringan pertemanan.

Karakter yang wajib ditanamkan dalam diri seorang entrepreneur adalah kesabaran. Tidak ada proses instan untuk mencapai tujuan bisnis. Jadi harus melalui berbagai peluang dan risiko dalam prosesnya.

Baca : Cara Mengundang Pembicara Seminar

Memulai atau membangun usaha dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah mengikuti pertemuan yang menghadirkan pembicara seminar entrepreneur kompeten dan terpercaya, sehingga bisa memperoleh ilmu dan pengalaman.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button