Ragam

Pembicara Seminar Kewirausahaan

Tujuan diundangnya pembicara seminar kewirausahaan ialah untuk menularkan sikap mental kepada para peserta. Tujuan kewirausahaan secara luas ialah untuk menyejahterakan rakyat kemudian meningkatkan ekonomi.

Kewirausahaan juga merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Pembicara Seminar Kewirausahaan

Visi dalam hal ini dapat berbentuk ide inovatif, peluang atau cara lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hal ini juga menunjukkan sikap mental jiwa selalu aktif, kreatif, berdaya, bercipta, berkarsa dan bersahaja dalam berusaha meningkatkan pendapatan serta kegiatan usahanya.

Sementara wirausaha menunjukkan pelaku bisnis.

Pelaku bisnis tersebut bersedia mengambil risiko atau ketidakpastian untuk meraih keuntungan dan pertumbuhan. Caranya ialah dengan melihat peluang signifikan kemudian menggabungkan sumber daya tertentu.

Apa Itu Seminar Kewirausahaan

Secara umum, seminar merupakan pertemuan sekelompok orang untuk membahas atau mencari solusi atas suatu permasalahan yang dipimpin oleh seorang ahli sebagai pembicara. Kegiatan ini adalah upaya untuk berbagai pengetahuan atau wawasan.

Kegiatan berbagi pengetahuan atau wawasan tersebut bisa dilakukan oleh beberapa ahli dengan jumlah peserta tertentu. Sehingga peserta bisa mendapat ilmu sesuai keinginan atau kebutuhan mereka.

Seminar kewirausahaan ialah media untuk mengembangkan ketrampilan kewirausahaan. Kegiatan ini melibatkan penanaman hingga pengembangan ketrampilan pada peserta tertarik pada bidang terkait dengan menghadirkan pembicara seminar kewirausahaan.

Business-Relevant Skills

Terdapat beberapa tujuan dari diadakannya kegiatan ini. Pertama adalah business-relevant skills. Yakni agar peserta cukup relevan dengan karier sebagai pengusaha sehingga keterampilan yang dimiliki juga sesuai.

Critical Thinking

Tujuan selanjutnya ialah critical thinking. Sehingga peserta dapat mempelajari cara berpikir kritis sampai menganalisis bagian-bagiannya. Kemudian bisa menyadari semua faktor penting dan mengamati bagaimana terbentuknya hubungan keterikatan.

Melalui pembicara seminar kewirausahaan tepat, peserta bisa menetapkan pondasi dalam berpikir kritis. Sehingga mampu mengambil keputusan cerdas dalam setiap situasi dan kondisi bisnis.

Menemukan Kemampuan Baru

Tujuan berikutnya ialah mampu menemukan kemampuan baru. Belajar mengenai kewirausahaan sangat berbeda dengan hal lain. Karena mampu mengidentifikasi kekuatan sampai bakat dalam diri masing-masing individu.

Apabila seseorang berhasil membangun bisnis dengan baik, maka akan memberikan lebih banyak manfaat bagi masyarakat. Salah satunya ialah membuka lapangan pekerjaan baru. Karena bisnis berkembang akan membutuhkan lebih banyak karyawan.

Membuka lapangan pekerjaan juga mampu mengurangi angka pengangguran. Di tanah air, masih terdapat kesenjangan besar antara pencari kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Latar Belakang Seminar Kewirausahaan

Latar belakang suatu acara merupakan pondasi dalam menentukan pembicara seminar kewirausahaan. Umumnya, pendidikan ditempuh agar mendapat ijazah yang bisa dipakai untuk melamar pekerjaan. Hal tersebut adalah pola konvensional.

Dari sekian banyak orang melamar pekerjaan mungkin hanya 20% diterima. Sementara sisanya harus menghadapi risiko menganggur akibat kurangnya lapangan pekerjaan atau menunggu panggilan kerja belum jelas.

Bagi mereka belum mendapat pekerjaan, umumnya memperkaya ilmu atau ketrampilan melalui berbagai cara. Salah satu solusi tepat untuk bisa mendapat penghasilan ialah memilih menjadi wirausaha.

Banyak sekali pembicara seminar kewirausahaan memulai usaha karena tuntutan ekonomi. Umumnya mereka tidak mempunyai ijazah tinggi sehingga sulit melamar pekerjaan di perusahaan besar. Namun akhirnya justru menjadi bos dalam perusahaan baru.

Jumlah wirausaha di tanah air masih belum banyak. Karena mayoritas pemuda lebih memilih mengejar jalan menjadi PNS daripada harus bersusah payah membangun bisnis. Sehingga perlu disebarkan mengenai informasi edukasi kewirausahaan.

Kegiatan tersebut akan membantu pemuda untuk menciptakan sampai mengembangkan bisnis. Sehingga turut berperan dalam menyejahterakan masyarakat Indonesia. Produktivitas juga dapat ditingkatkan melalui pelatihan sumber daya manusia.

Terdapat life skills dalam seminar kewirausahaan, penting ditanamkan dalam diri anak muda. Yakni kemampuan berpikir rasional tercermin dalam sikap mampu mencari, mengolah sampai mengambil keputusan berdasarkan informasi.

Kemudian ada kecakapan sosial dimana anak muda wajib untuk bisa berkomunikasi, menjalin kerja sama dan memelihara keharmonisan terhadap hubungan yang dimiliki. Terakhir ada kecakapan focational mengarah pada kemampuan menumbuhkan sifat jujur hingga semangat kerja keras.

Tema Seminar Kewirausahaan yang Menarik

Untuk menyelenggarakan suatu seminar, tidak hanya dibutuhkan pembicara seminar kewirausahaan berkualitas. Akan tetapi juga tema acara sehingga mampu menarik minat para peserta.

Peserta hadir nantinya juga tidak hanya sekedar duduk dan mendengarkan materi yang disampaikan. Akan tetapi mampu memunculkan minat untuk membangun usaha sehingga berguna dalam membantu mendorong pertumbuhan ekonomi bahkan perkembangan teknologi.

Oleh sebab itu, ide dan inovasi dalam seminar kewirausahaan dari para pemuda sangat diharapkan. Kemudian nantinya dapat diterapkan untuk menjadi perusahaan sukses. Namun mereka juga harus berani untuk menghadapi berbagai risiko di kemudian hari.

Untuk menumbuhkan mental ke dalam diri pemuda bukan hal mudah dan cepat. Dibutuhkan proses panjang akan lebih baik bila dimulai sejak bangku sekolah. Sehingga mampu menjadi wirausaha tangguh.

Melihat urgensi dari hal tersebut, dapat ditarik suatu tema menarik untuk dihadiri. Yakni mengenai kekuatan para pemuda milenial dalam menciptakan dan mengembangkan bisnis.

Dalam kegiatan akan disampaikan mengenai edukasi dunia kewirausahaan bagi para milenial. Sehingga mampu menghadirkan informasi, membangun pola pikir, menghadirkan gambaran tantangan dan solusi usaha serta pemberian motivasi agar mampu menggali kreativitas.

Anak muda dibidik sebagai peserta tidak hanya mereka yang sedang membutuhkan pekerjaan. Namun bisa pula mahasiswa sudah mempunyai keinginan untuk bekerja dengan cara membangun usaha mandiri.

Umumnya mahasiswa haus akan ilmu pengetahuan. Sehingga seminar menjadi wadah sesuai untuk menampung minat mahasiswa. Kemudian pemateri kewirausahaan dapat membimbing mereka untuk mewujudkan berbagai ide kreatif.

TOR, Materi dan Pertanyaan Seminar Kewirausahaan

Dalam menyelenggarakan kegiatan umumnya membutuhkan pembuatan Term of References (TOR). Berikut ini terdapat contoh mengenai TOR yang dapat dipakai sebagai acuan dasar apabila hendak mengundang pemateri.

TOR dimulai dengan judul kemudian berisi nama, tema dan materi kegiatan. Kemudian dilanjutkan dengan gambaran umum mengenai acara yang hendak dilaksanakan. Lalu sertakan bentuk cara, jumlah peserta sampai target serta arahan materi.

Dengan membaca TOR secara seksama, pembicara seminar kewirausahaan dapat memahami gambaran umum mengenai acara. Sehingga dapat menyampaikan materi secara benar dan sesuai kehendak panitia.

Kemudian tambahkan informasi mengenai tujuan umum, detail acara, waktu dan tempat pelaksanaan, hingga penutup TOR. Penulisan TOR secara lengkap akan sangat membantu berbagai pihak memahami detail acara.

Selain mengenai TOR, materi yang disampaikan dalam seminar juga penting untuk diperhatikan. Secara umum, materi yang dapat disampaikan ialah mengenai langkah menjadi seorang wirausaha.

Sehingga peserta mendapat edukasi mengenai kewirausahaan bahkan tertanam mindset. Juga dapat diberikan motivasi agar pemuda tidak hanya mencari pekerjaan namun menciptakan bisnis yang mampu membuka lapangan pekerjaan.

Dalam suatu pertemuan akan banyak muncul pertanyaan dari peserta. Pertanyaan tersebut dapat berupa pemahaman mengenai kewirausahaan, keraguan akan melangkah pada bisnis, tujuan yang ingin dicapai.

Peserta sering kali bingung mengenai hal apa yang akan dijadikan bisnis dan bagaimana cara menjalankannya. Sehingga pembicara dapat mengarahkan bagaimana cara mengatasi hal tersebut.

Mencari ilmu dan mengasah keterampilan dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja. Salah satunya ialah melalui seminar. Melalui pembicara seminar kewirausahaan yang tepat dapat memberikan edukasi lengkap dan motivasi hebat.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button