Bisnis

Harapan Perekomonian Negara, Ada Pada Peran Wirausaha!

Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan dan kestabilan ekonomi adalah dengan memasukkan peran wirausaha dalam perekonomian. Sebuah negara yang kuat adalah sebuah negara yang memiliki perekonomian yang stabil.

Semakin banyak wirausaha yang muncul di sebuah negara, maka perekonomian negara pasti akan menguat.

Sebab, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika usaha kecil mulai menjamur. Manfaat ini bukan hanya dirasakan oleh negara tetapi juga oleh masyarakat dan juga pemilik bisnis itu sendiri.

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Negara

Meningkatkan Pendapatan Nasional

Banyak orang beranggapan bahwa menjadi seorang wirausaha berarti hanya akan membawa manfaat bagi dirinya saja. Tidak banyak yang paham bahwa ketika seseorang membuka usaha artinya dia juga sedang membawa dampak bagi pendapatan negara.

Ketika sebuah usaha muncul, maka akan menyerap banyak tenaga kerja. Tenaga kerja ini akan mendapatkan upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini nantinya akan berimbas pada pendapatan per kapita. Selain itu, sebuah usaha pasti membutuhkan bahan produksi dan juga sistem.

Bahan produksi ini pasti dikenakan pajak yang nantinya akan masuk ke dalam kas negara. Belum lagi jika barang produksi tersebut bisa diekspor ke negara lain, akan ada devisa yang masuk dan menjadi sumber pendapatan negara.

Mendorong Terciptanya Masyarakat Adil dan Makmur

Salah satu masalah yang dihadapi sebuah negara yang tergolong miskin adalah masyarakatnya yang tidak bisa hidup secara layak.

Ada korelasi yang erat antara kejahatan dengan kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Sebab, ekonomi yang tidak stabil dan kemiskinan sistemik membuat seseorang bisa saja mengambil jalan pintas demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Maka ketika seorang wirausaha membuka bisnisnya dan menyerap tenaga kerja dari sekitarnya, taraf hidup mereka akan meningkat. Dengan kondisi ekonomi yang lebih baik, seseorang akan dapat fokus kepada hal lain yang lebih dibutuhkan, misalnya kesempatan untuk belajar hal baru.

Seiring berjalannya waktu maka keadaan masyarakat akan berangsur membaik dan makmur.

Menambah Investasi dalam Negeri

Semua pemilik bisnis pasti ingin melebarkan sayap perusahaannya. Untuk dapat mencapai impian tersebut perlu adanya penambahan modal.

Namun, seringkali modal dari dalam perusahaan atau pengusaha pribadi tidak mencukupi. Maka solusi yang dapat ditempuh adalah dengan menerima penanaman modal dari pihak lain.

Pihak yang dimaksud bisa saja perorangan atau kelompok maupun perusahaan lain. Selain itu, penanam modal tidak hanya terbatas dari dalam negeri saja, investor dari luar negeri pun sangat disambut asalkan memberikan manfaat.

Menambah Pemasukan Sektor Pajak

Seperti yang sudah dibahas di atas, agar dapat memenuhi hajat hidup masyarakatnya, maka negara harus memiliki pendapatan. Salah satu pendapatan yang bisa diperoleh oleh negara adalah dari sektor pajak.

Semakin banyak sebuah usaha, maka akan semakin banyak pula pajak yang didapatkan oleh negara. Macam pajak yang kerap dikenakan kepada para wirausaha adalah pajak pertambahan nilai, pajak cukai, pajak penghasilan, dan masih banyak lagi.

Peran Wirausaha dalam Perekonomian Masyarakat

Membuka Lapangan Kerja

Di negara yang telah maju, masyarakatnya sudah tidak terlalu tergantung kepada pemerintah. Hal ini terutama pada bidang penyediaan lapangan pekerjaan.

Setiap individu berhak untuk mendirikan usaha yang nantinya bisa menyerap tenaga kerja. Semakin banyak usaha yang dibuka, maka makin banyak tenaga kerja yang dibutuhkan.

Mengurangi Kesenjangan Ekonomi dan Sosial

Saat prosentase tenaga kerja lebih banyak dibandingkan lapangan pekerjaan maka akan tercipta banyak pengangguran. Tanpa pekerjaan maka mereka tidak akan mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini akan menimbulkan kelas-kelas sosial yang akhirnya memperlebar jurang antara si kaya dan si miskin.

Namun, dengan adanya para wirausaha maka akan ada banyak tersedia lapangan pekerjaan. Para tenaga kerja ini akan terserap. Ketika mendapatkan pekerjaan yang layak, mereka juga akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga keadaan ekonomi mereka akan membaik.

Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Ketika sebuah perusahaan berdiri maka dia tidak hanya menghidupkan perekonomiannya sendiri tetapi juga orang di sekelilingnya.

Misalnya saat ada sebuah usaha catering, seringkali saat mendapatkan pesanan yang membludak mereka akan meminta bantuan tetangga untuk ikut memasak beberapa menu masakan.

Hal ini tentu memberikan pendapatan lebih bagi tetangga yang diajak bekerja sama.

Itu hanya satu contoh kecil saja. Bayangkan jika ada banyak usaha-usaha lain yang berkembang. Maka akan semakin banyak orang yang memiliki penghasilan tetap atau bahkan tambahan.

Dengan demikian, kehidupan mereka akan lebih baik.

Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Jika sebuah masyarakat memiliki taraf hidup yang baik serta pekerjaan yang layak, maka mereka memiliki daya beli yang tinggi. Uang bukan lagi menjadi masalah ketika ingin membeli sesuatu. Hal ini tentu akan menggerakkan perekonomian rakyat karena ada transaksi jual beli yang aktif.

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Kesempatan Berkembang

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh seorang wirausaha adalah kesempatan untuk berkembang yang lebih besar. Anda dapat menentukan arah perusahaan sesuai dengan keinginan, begitu pula dengan masalah keuntungan dan lain-lain.

Kesempatan untuk bisa bekerja sama dengan lebih banyak orang juga lebih terbuka.

Dengan demikian, Anda dapat belajar lebih banyak dibandingkan ketika bekerja dengan syarat yang terikat seperti di kantor. Tidak ada batasan yang menghalangi Anda untuk mengembangkan bisnis. Anda dapat membawa produk Anda hingga ke luar negeri dan semua keputusan itu ada di tangan Anda.

Berperan Dalam Masyarakat

Seperti yang sudah dibahas di atas, seorang pengusaha memiliki peran yang tidak kecil dalam masyarakat. Peran wirausaha dalam perekonomian cukup besar, terutama ketika mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Bukan hanya memberikan pemasukan bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain dan negara.

Dengan membuka usaha, maka Anda juga sedang mengurangi tingkat pengangguran dan memperbaiki ekonomi mereka. Dalam hal ini maka secara tidak langsung Anda berperan dalam menekan angka kriminalitas yang dilandaskan atas permasalahan ekonomi.

Penghasilan Tanpa Batas

Berbeda dengan orang kantoran yang gajinya sebatas persetujuan yang tertera, menjadi pengusaha artinya Anda siap dengan penghasilan yang fleksibel.

Memang ada kalanya pemasukan yang didapatkan di masa-masa tertentu tidak sesuai harapan, tetapi ada juga masa ketika uang terasa mengalir begitu saja. Dengan inovasi dan kreativitas maka Anda akan bisa memperlebar bisnis dan meningkatkan penghasilan Anda.

Anda memiliki waktu yang tidak terbatas untuk memikirkan bisnis Anda, sehingga kesempatan untuk memperoleh penghasilan besar pun juga terbuka lebar.

Bahkan saat sistem sudah berjalan dengan baik, Anda tinggal menikmati hasil dari jerih payah Anda.

Waktu yang Fleksibel

Dengan menjadi seorang pengusaha, Anda sendiri adalah bos. Maka Anda dapat mengatur waktu untuk bekerja dan beristirahat. Kepandaian dalam mengatur waktu akan membuat hidup Anda seimbang.

Anda tidak perlu setiap hari bekerja, ada kalanya juga mengambil waktu untuk memikirkan dan melakukan hal lain.

Demikian informasi mengenai peran wirausaha dalam perekonomian. Semoga saja artikel ini menjadi informasi yang bermanfaat ya.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button