Teknologi

Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi dipakai untuk mengerjakan tugas tertentu seperti membuat tulisan, menghasilkan gambar, edit video dan lainnya. Selain melakukan tugas, namun namun juga dapat tergabung dengan perangkat lunak lain.

Segala hal dapat dilakukan dengan lebih mudah karena adanya perangkat lunak aplikasi.

Tidak hanya mampu dipasang pada komputer. Melainkan juga dapat diinstal pada ponsel pintar.

Aplikasi sendiri merupakan program yang dijalankan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Tugas yang dahulu hanya dapat dilakukan secara manual, saat ini sudah mampu dilakukan oleh program komputer.

Pengertian Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi merupakan subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung dalam menjalankan suatu tugas tertentu. Sehingga pengguna tidak perlu menggunakan alat tambahan.

Perbedaan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi terletak pada kemampuannya.

Untuk sistem, biasanya memerlukan integrasi berbagai kemampuan komputer dan tidak digunakan secara langsung untuk mengerjakan tugas tertentu.

Yang saling tergabung dalam satu paket biasanya disebut dengan paket atau suite aplikasi. Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org. Yang digabungkan adalah pengolah kata, lembar kerja dan beberapa aplikasi lain.
Perangkat lunak aplikasi dalam satu paket biasanya mempunyai tampilan yang sama. Kesamaan antarmuka pengguna tersebut memudahkan untuk mempelajari dan menggunakan setiap menu dan fitur yang tersedia.

Tidak hanya itu, terkadang terdapat kemampuan untuk saling berinteraksi. Misalnya suatu lembar kerja dapat dijadikan satu dalam dokumen pengolah kata meski dibuat pada aplikasi lembar kerja terpisah.

Perangkat lunak ini juga biasa disebut dengan perangkat lunak nonesensial. Karena hanya diinstal dan dioperasikan oleh pengguna yang membutuhkannya. Jadi bila tidak menginstallnya tidak akan berpengaruh pada komputer.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pekerjaan manusia. Bahkan mulai dibuat untuk smartphone. Sehingga manusia dapat bekerja melalui berbagai alat.

Seiring waktu, juga akan terus berkembang. Akan muncul produk-produk baru dengan kemampuan baru yang menguntungkan berbagai pihak.

Apabila tertarik, kamu juga dapat menciptakan sendiri dengan mempelajari bidang perangkat lunak.

Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi

Di zaman modern, aplikasi memberikan banyak fungsi baik bagi pembuat maupun penggunanya. Tidak hanya mampu mempercepat pekerjaan namun mampu memberi hasil akurat dalam pemecahan masalah.

Berikut beberapa fungsinya.

Mempermudah Pekerjaan

Fungsi utama adalah mempermudah pekerjaan. Cukup menginstall dan pekerjaan sulit atau rumit dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat.

Misalnya ingin menghitung laba usaha. Tidak perlu menghitung sat per satu menggunakan alat pena dan kertas.

Kamu bisa memasukkan angka ke dalam Microsoft Excel. Masukkan rumus sesuai ketentuan dan aplikasi akan bekerja secara otomatis. Bahkan kamu dapat sekaligus menyimpan file sebagai arsip.

Tidak perlu melakukan penghitungan secara manual.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencetak file melalui Icon menu pada paket aplikasi perangkat lunak perkantoran tersebut. Apabila hasil cetak hilang, maka bisa mencetak lagi. Tidak perlu khawatir kehilangan catatan.

Sebagai Media Hiburan

Saat ini hiburan bisa didapatkan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah aplikasi. Tidak perlu keluar rumah atau pergi ke destinasi wisata tertentu.

Dapat merasa terhibur hanya dengan mengoperasikan program komputer.

Perangkat lunak aplikasi tersebut bisa berupa video game, pemutar musik, pemutar film, editing foto dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu menginstallnya dan mengoperasikannya ketika bosan.

Dapat pula mengambil jeda sejenak ketika bekerja kemudian membuka media hiburan tersebut.

Setelah merasa terhibur, kemudian kembali bekerja dengan pikiran yang lebih segar. Pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih semangat.

Untuk Media Pertemanan atau Komunikasi

Sekarang ini, orang yang lokasinya jauh bisa berkomunikasi dengan mudah. Tidak perlu bertatap muka secara langsung, Cukup memanfaatkan perangkat lunak yang dipasang pada komputer atau laptop.

Macam-Macam Perangkat Lunak Aplikasi

Tidak hanya mempunyai banyak fungsi. Aplikasi juga terbagi ke dalam beberapa macam. Setiap macam mempunyai kemampuan, keunggulan dan kelemahan masing-masing. Berikut macam-macamnya.

Aplikasi Desktop

Perangkat lunak jenis ini mempunyai banyak sekali contoh dan masih bisa dimasukkan dalam kategori tertentu. Terdapat tipe yang memiliki banyak fitur seperti Microsoft Word.

Ada pula yang hanya mempunyai satu fitur seperti jam atau kalender. Kamu bisa menginstall yang dibutuhkan. Beberapa sudah disediakan oleh pembuat komputer atau laptop. Jadi tidak perlu menginstall secara mandiri.

Aplikasi Grafis

Perangkat lunak jenis ini berguna untuk mengolah data yang berformat gambar. Bisa dengan membuat gambar atau mengedit gambar. Aplikasi perangkat lunak pada komputer yang berfungsi untuk memanipulasi gambar yaitu Adobe Photoshop.

Cara pengoperasiannya adalah bisa dengan memulai gambar baru. Mulai dari pembuatan sketsa hingga pewarnaan dan pemberian efek tertentu. Namun bisa pula mengambil foto yang sudah ada kemudian mengeditnya.

Aplikasi Komunikasi

Perangkat lunak ini sangat populer di masyarakat. Baik masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Karena bisa digunakan untuk berkomunikasi antar negara. Selain dapat diinstal pada komputer juga bisa dipasang ke smartphone.

Aplikasi Web Browser

Perangkat lunak aplikasi ini berguna untuk membantu pengguna mencari informasi melalui jaringan internet. Saat ini mencari informasi tidak harus melalui buku, koran, majalah atau lainnya. Bisa cukup dengan mengakses situs melalui browser.

Aplikasi DBMS

Tipe DBMS ini digunakan untuk menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan output berupa informasi. Kamu bisa mendapatkan beberapa dalam versi gratis. Namun ada pula versi berbayar.

Aplikasi Multimedia

Terakhir ada tipe multimedia. Bisa untuk menonton film, mendengarkan musik dan hiburan lain. Contohnya adalah Windows Media player, iTunes dan lainnya. Bisa digunakan untuk mengusir kejenuhan saat bekerja.

Contoh Perangkat Lunak Aplikasi yang Dapat dicoba

Banyak sekali perangkat lunak yang tersedia. Kamu bisa memilih yang dibutuhkan saja untuk diinstall. Untuk yang sudah terpasang pada komputer sejak kamu beli, jangan memasang yang serupa. Terutama jika fiturnya mirip.

Ms Word

Perangkat lunak paling banyak digunakan adalah MS Word. Mulai dari pelajar hingga pekerja kantor banyak yang menggunakannya. Fungsi dan fitur yang terdapat pada aplikasi perangkat lunak perkantoran tersebut sangat banyak.

Mulai dari mengatur margin kertas, membuat tabel, menyisipkan gambar dan lain sebagainya. Tidak bisa dipasang di komputer. Tetapi juga dapat diinstal pada tablet dan smartphone. Selain itu juga terus dilakukan pembaruan oleh pembuatnya.

Microsoft Power Point

Microsoft Power Point berguna untuk membuat presentasi. Kamu juga bisa menambahkan gambar dan efek khusus sehingga tampilannya menjadi lebih menarik. File presentasi tersebut juga dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh.

Fungsi dan fitur pada aplikasi perangkat lunak pendukung pembelajaran dalam jaringan ini bermacam-macam. Mulai dari memasukkan kata dalam presentasi hingga memasukkan gambar, suara dan video. Sangat menarik bila ditampilkan ketika melakukan zoom meeting.

Baca : Perangkat Lunak Pengolah Kata

AutoCAD

Kamu bisa membuat desain bangunan hanya menggunakan AutoCAD. Bisa diinstal pada berbagai sistem mulai dari Windows, Mac, iOS hingga Android. Kemampuan grafis ini sudah diciptakan sejak tahun1989.

Chrome

Chrome dapat dipakai untuk mencari informasi secara online. Dapat mendukung pembelajaran jarak jauh. Dimana tidak bisa pergi ke perpustakaan untuk mencari bahan pembelajaran. Maka dapat mencari buku atau materi melalui Chrome.

Sebagai generasi maju, kamu perlu memanfaatkan perkembangan teknologi. Jangan sampai ketinggalan zaman dan masih berkutat dengan cara-cara tradisional. Melalui Perangkat lunak aplikasi, pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan lebih rapi.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button