Teknologi

Perangkat Lunak Komputer dan Sejarahnya

Perangkat lunak komputer merupakan istilah yang digunakan mengenai data yang disimpan secara digital termasuk program, dokumentasi dan berbagai informasi. Karena berada di bagian sistem maka tidak mempunyai wujud fisik.

Meski tidak bisa membuat software, Anda bisa mengoperasikannya dengan mengikuti panduan.

Apabila Anda tidak pernah menekuni bidang ini, mungkin masih asing dengan perangkat lunak atau yang biasa disebut software.

Apabila penasaran dengan apa itu software, Anda dapat menyimak artikel ini hingga tuntas.

Saya akan menyampaikan mulai dari pengertian, fungsi, macam-macam hingga contohnya.

Pengertian Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan dikendalikan oleh komputer. Data elektronik tersebut meliputi instruksi atau program yang dapat dijalankan melalui perintah khusus.

Software juga dapat disebut sebagai sistem yang tidak mempunyai wujud fisik. Sebelum mengoperasikannya maka harus diinstal terlebih dahulu di dalam alat. Bisa komputer atau laptop.

Sejarah perangkat lunak komputer cukup panjang. Bermula pada awal penciptaan komputer. Tokoh yang pertama kali mengusulkannya adalah Charles Babbage di tahun 1800-an. Kemudian dikenal luas oleh masyarakat ketika tahun 1935.

Dimana Alan Turing menyampaikannya melalui esai yang berjudul “Nomor Komputasi dengan Aplikasi ke Masalah Entscheidung”.

Alan Turing menjadi sosok yang mampu mengutarakan bahwa komputer bisa menjalankan berbagai program.

Alan Turing sendiri merupakan sosok yang ahli dalam matematika. Ia bahkan bisa menciptakan mesin Turing di tahun 1930. Dimana mesin tersebut bisa menjalankan serangkaian perintah.

Sedangkan kata “software” dicetuskan oleh John Turkey. Sama seperti Alan Turing, John Turkey berlatang belakang sebagai ahli matematika. Secara umum, perkembangan perangkat lunak terbagi ke dalam 4 era.

Era pertama adalah ketika muncul pertama kali dalam bentuk sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Pada era ini, perangkat lunak dan keras masih berada dalam satu kesatuan.

Perangkat lunak komputer kemudian mengalami perkembangan pada era kedua. Pada era ini software telah mampu dipakai untuk berbagai macam fungsi.

Sebelumnya karena masih menyatu dengan perangkat keras hanya bisa dioperasikan untuk satu fungsi saja.

Di era mikro, software mulai terbagi ke dalam dua jenis. Yakni yang menangani internal komputer. Kemudian satunya bisa untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pada era modern, mulai memunculkan suara dan gambar.

Fungsi yang dimiliki Perangkat Lunak Komputer

Software mempunyai berbagai fungsi. Pertama adalah sebagai dasar kebutuhan komputer agar bisa berjalan dengan baik. Merupakan pondasi dasar untuk bisa mengoperasikan komputer atau laptop.

Fungsi berikutnya adalah mengatur perangkat keras. Tidak semua software bekerja sendiri untuk melakukan tugas. Namun ada pula yang turut mengatur hardware di dalam komputer atau laptop.

Fungsi perangkat lunak komputer selanjutnya adalah dapat menghubungkan berbagai software. Sangat fleksibel. Bisa digunakan untuk berbagai hal bahkan melakukan kolaborasi. Tidak akan rugi untuk mengisntallnya.

Jadi software bisa menghubungkan software lain melalui pengaturan tertentu. Anda tidak bisa menghendaki perangkat lunak terhubung tanpa melakukan apa-apa.

Fungsi lainnya adalah dapat menjadi penerjemah software lain.

Hal tersebut dilakukan dalam bahasa mesin. Dengan tindakan penerjemahan tersebut, hardware bisa menerima instruksi lebih jelas. Sehingga hardware dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Terakhir ada fungsi mengidentifikasi program. Mungkin Anda tidak tahu aplikasi apa saja yang terpasang dalam komputer ketika membelinya. Melalui sebuah software tertentu, Anda bisa mengidentifikasi berbagai aplikasi.

Ketika sudah lama memiliki alat, Anda dapat memanfaatkan software tersebut untuk mengganti aplikasi yang sudah tidak digunakan. Seiring waktu Anda bisa mulai membutuhkan aplikasi lain atau melakukan update.

Macam-Macam Perangkat Lunak Komputer

Software terbagai ke dalam beberapa macam. Dahulu, masih menyatu dengan perangkat keras kemudian bisa berkembang hingga mampu menginput berbagai bentuk data. Sekarang, sudah berkembang lagi menjadi lebih banyak.

Perangkat Lunak Sistem Operasi

Fungsi dari jenis ini adalah untuk mengendalikan seluruh sistem kerja di dalam komputer. Menjadi platform dari aplikasi yang lain untuk bisa berfungsi secara maksimal di dalamnya.

Sistem ini mengatur semua proses, mulai dari mengelola penyimpanan, menerjemahkan input, output hingga tabel pengkodean. Secara garis besar, menghubungkan pengguna, perangkat keras dan perangkat lunak untuk bekerja bersama.

Contoh dari perangkat lunak komputer sistem operasi adalah Microsoft Windows, Linux, Mac, iOS Apple, Google Android, OS Windows Phone dan lain sebagainya. Mungkin beberapa contohnya sudah akrab di telinga Anda.

Perangkat Lunak Aplikasi

Selanjutnya adalah bentuk aplikasi. Bentuknya berupa aplikasi atau program yang tersedia di komputer. Aplikasi ini cukup banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Biasanya setiap aplikasi bisa mengerjakan tugas yang berbeda-beda.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, pengguna wajib melakukan install terlebih dahulu. Contoh perangkat lunak aplikasi adalah Adobe Photoshop, Skype, Ms. Excel, dan lain sebagainya.

Aplikasi tersebut ada yang bisa melaksanakan tugas mengetik hingga menggambar.

Perangkat Lunak Pemrograman

Berikutnya ada bentuk pemrograman. Software ini berguna untuk menerjemahkan instruksi dari bahasa program ke kode bahasa mesin.

Hal tersebut dilakukan melalui prosedur tertentu sehingga dapat diterima dan dibaca oleh komputer.

Biasanya jenis pemrograman ini digunakan oleh programmer. Bisa untuk menerjemahkan, menulis, menguji, mengembangkan sampai men-debug software lain.

Contohnya adalah Python, PHP, Java, C++, BASIC, COBOL, FORTRAN dan Pascal.

Contoh dari Perangkat Lunak Komputer

Software saat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Terutama yang pekerjaannya berhubungan dengan komputer.

Banyak hal bisa dilakukan melalui software, seperti mengkompres file, memformat disket, mengkopi data dan lain sebagainya.

Software System

Contoh dari pertama adalah browser. Software ini mempunyai fungsi sebagai mesin pencari situs untuk mencari informasi secara online. Jadi harus tersambung dengan internet apabila ingin menggunakannya.

Diantaranya adalah Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan lain sebagainya. Biasanya browser sudah diinstal pada komputer ketika Anda pertama kali membelinya. Jadi tidak harus menginstal secara mandiri.

Microsoft Office

Contoh berikutnya adalah Microsoft Office. Software ini sangat membantu pekerjaan kantor. Mulai dari pekerjaan yang berhubungan dengan pengolah kata, pengolah angka hingga media presentasi.

Contohnya adalah Microsoft Excel, Microsoft Word, Outlook, Powerpoint dan lain sebagainya. Software ini biasanya juga sudah datang satu paket dalam komputer atau laptop yang baru dibeli.

Paint Software

Perangkat lunak jenis ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja di bidang gambar atau desain. Gambar tersebut diproses dari mulai sketsa hingga editing.

Contoh yang bisa dipakai adalah Adobe Photoshop, Coreldraw, Paint dan lain sebagainya.

Software Anti Virus

Perangkat lunak komputer antivirus adalah software paling banyak dibutuhkan oleh setiap orang. Karena mempunyai tugas penting melindungi seluruh data. Berfungsi mencegah virus masuk dan menyerang data.

Virus bisa masuk melalui berbagai cara. Mulai dari download file online, transfer data dari USB dan lain sebagainya. Contoh software antivirus adalah Smadav, AVG, Norton dan lain sebagainya.

Komputer tidak hanya terdiri atas perangkat keras. Untuk melakukan berbagai hal seperti bermain game, memutar video, membuat desain, mengedit video dan lain-lain dibutuhkan perangkat lunak komputer.

Selengkapnya di : Perangkat Lunak Pengolah Kata

Artikel ini publish di wahyublahe.id kategori Teknologi, bacaan ringan untuk Anda nikmati.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button