Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perangkat lunak pengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata-kata menjadi kalimat lalu membuatnya menjadi karya tulis atau laporan. Perangkat lunak ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari di mana penulisan secara digital sudah akrab dalam keseharian.

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan menulis secara digital memang bukan hal yang asing lagi. Perangkat lunak pengolah kata memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, baik untuk pendidikan, bisnis, atau menyalurkan hobi menulis.

Software pengolah kata memang tidak bisa dilepaskan dari pekerjaan sehari-hari. Salah satu software jenis ini yang banyak digunakan adalah Microsoft Word. Namun, apa sebenarnya software pengolah kata? Bagaimana fungsi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari?

Pada dasarnya, software pengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetik, menyunting, dan mencetak dokumen melalui printer. Software jenis ini menghasilkan berbagai dokumen penting, misalnya buku, novel, laporan, makalah, dan lain sebagainya.

Pengertian Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengertian atau definisi dari software pengolah kata adalah perangkat lunak yang penggunaannya khusus mengolah kata dalam suatu dokumen. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak dalam dua definisi sebagai berikut:

  • Software pengolah kata merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah kata yang berkaitan dengan dokumen yang dikerjakan. Misalnya tahapan mengetik, mengedit, memodifikasi, menyunting, maupun mencetak dokumen dengan printer. Penggunaan perangkat lunak ini di antaranya untuk membuat naskah laporan, karya tulis, brosur, artikel, surat menyurat, dan lain sebagainya.
  • Perangkat lunak pengolah kata adalah suatu aplikasi di komputer/laptop yang digunakan untuk proses produksi suatu dokumen. Di antaranya adalah proses penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan percetakan jika diperlukan.

Perkembangan software ini memang kian pesat beriringan dengan berjalannya peradaban dan teknologi. Tak heran jika masyarakat modern saat ini sudah terbiasa mendengar nama software perangkat lunak yang termasuk kedalam program aplikasi pengolah kata adalah Microsoft Word dan Open Office.

Kedua software tersebut mungkin menjadi pionir berkembangnya aplikasi pengolah kata. Untuk saat ini, aplikasi sejenis ini sudah banyak bermunculan.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin Anda juga sering mendengar salah satu jenis software pengolah kata ini. Namun, pengertian, fungsi, dan jenis-jenisnya juga perlu dipahami.

Program aplikasi dari Microsoft Office yang merupakan program pengolah kata adalah Microsoft Word. Dalam bahasa Inggris, aplikasi ini juga disebut Word Processor yang jika diartikan berarti pengolah kata. Aplikasi jenis ini ada yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar.

Contoh Perangkat Lunak Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata memang banyak digunakan saat ini. Buku-buku yang Anda baca merupakan salah satu hasil dokumen dari software pengolah kata. Tentunya hal ini merupakan perkembangan positif mengingat di zaman dahulu orang masing mengandalkan pena dan kertas sebagai alat tulis utama.

Seiring berkembangnya teknologi, bahkan banyak pelajar saat ini yang menulis materi dari guru dengan software pengolah kata. Tak heran jika kepopuleran software ini juga turut mengurangi penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat fungsinya yang sangat krusial, apa saja contoh perangkat lunak pengolah kata saat ini? Berikut merupakan contoh-contoh aplikasi pengolah kata yang populer digunakan.

Microsoft Word

 

Microsoft Word

Bisa dibilang bahwa Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata terpopuler. Software keluaran Microsoft ini sudah hadir sejak 1989. Adapun versi yang sudah dikeluarkan begitu beragam dan terus diupdate hingga saat ini.

Microsoft Word sudah banyak diajarkan sebagai dasar pengetahuan komputer sejak duduk di bangku sekolah. Penggunaan aplikasi ini memang sangat luas di bidang pendidikan maupun bisnis. Mengingat perangkat lunak ini memang keluaran Microsoft yang terkenal dengan kualitasnya.

Aplikasi ini juga dikenal dengan singkatannya yaitu Ms. Word. Adapun fitur formatting yang didukung pun cukup beragam. Contohnya membuat dan menyimpan dokumen berekstensi XML, ODF, sampai PDF.

Kelebihan Ms. Word

  • Tampilannya user-friendly (mudah dipahami), bahkan untuk pemula sekalipun.
  • Fiturnya lengkap untuk membuat, menyunting, mengolah, dan menyimpan dokumen.
  • Penggunaannya termasuk yang terbesar dan luas di berbagai instansi, baik pendidikan maupun pekerjaan.
  • Terintegrasi secara luas dengan perangkat lunak lainnya.

Kekurangan Ms. Word

  • Pada versi resminya tidak gratis dan cukup menguras kantong.
  • Sering melakukan update sehingga banyak versi yang dikeluarkan. Desain setiap versi berbeda-beda dan tampilannya cukup membingungkan bagi yang belum terbiasa. Tak jarang pengguna harus mempelajarinya kembali agar dapat menemukan tools yang ingin digunakan.
  • Kapasitas aplikasi cukup berat karena terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya.

Lotus Word Pro

Lotus Word Pro

Lotus Word Pro menjadi salah satu contoh software pengolah kata berikutnya. Software ini dibesut pengembang IBM di tahun 2007 lalu. Untuk beberapa fungsi penggunaan, pengguna memang harus menghubungkannya ke internet.

Sayangnya, aplikasi ini hanya kompatibel dengan OS Windows. Selain itu, tidak semua perangkat Windows bisa mengoperasikan software pengolah kata ini. Melainkan dibutuhkan spesifikasi khusus agar bisa digunakan dengan lancar.

Kelebihan Lotus Word Pro

  • Memungkinkan membuka dokumen .doc karena kompatibel dengan Ms. Word.
  • Fitur-fitur di dalamnya termasuk lengkap dan baru.
  • Dapat terhubung ke jaringan internet untuk fungsi tertentu.

Kekurangan Lotus Word Pro

  • Masih jarang digunakan secara luas.
  • Spesifikasi komputer yang dibutuhkan cukup tinggi dan hanya kompatibel dengan sistem operasi Windows.
  • Pengoperasiannya membutuhkan jaringan komputer sehingga kurang bisa diandalkan untuk pekerjaan yang mendadak.

Abi Word

Abi Word

Perangkat lunak pengolah kata selanjutnya bernama Abi Word. Aplikasi ini dirilis oleh developer AbiSource pada 1 Desember 1998. Aplikasi ini menambah daftar software pengolah kata yang bisa digunakan secara gratis.

Sifatnya yang open source ini merupakan kelebihan tersendiri. Abi Word merupakan aplikasi yang cukup ringan sehingga penggunaanya sangat cocok untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat. Sifatnya yang ringan ini karena fitur-fitur di dalamnya yang memang dibatasi.

Kelebihan Abi Word

  • Aplikasi tidak berbayar alias open source.
  • Dirancang sebagai aplikasi yang ringan untuk berbagai jenis spesifikasi komputer.
  • Mendukung cukup banyak format, misalnya .doc, .sxw, dan lain sebagainya.

Kekurangan Abi Word

  • Penggunaannya masih jarang.
  • Fiturnya terbatas dan tidak selengkap Ms. Office.

Open Office Writer

Open Office Writer

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini kerap kali digunakan untuk menulis dokumen digital. Software ini dirilis oleh perusahaan OpenOffice.org. Menariknya, perusahaan ini memberikan akses gratis untuk mengolah kata.

Jenis lisensi yang digunakan adalah GNU (General Public License) yang artinya bisa lisensinya bisa digunakan publik secara cuma-cuma. Akses gratis ini menjadi kelebihan tersendiri. Meski demikian, software ini tetap layak digunakan untuk mengolah dokumen.

Kelebihan Open Office Writer

  • Dapat digunakan secara gratis karena sifatnya yang open source.
  • Mendukung format dokumen yang cukup lengkap, yaitu .doc (Ms. Word), .rtf, dan .odt.
  • Pengguna bisa menyimpan dokumen dalam bentuk PDF.
  • Penggunaannya mudah sehingga formatting file pun tidak sulit untuk pemula.

Kekurangan Open Office Writer

  • Masih jarang yang menggunakannya, terutama di bidang pendidikan yang belum banyak melirik aplikasi ini.
  • Kapasitas aplikasi ini cukup memberatkan perangkat keras.
  • Meski mendukung format .doc, terkadang file Ms. Word tersebut tidak bisa dibuka di software ini.

Star Office Writer

Star Office Writer

Pada dasarnya, tampilan dan fungsi aplikasi pengolah kata ini tidak jauh berbeda dengan Ms. Word dan Open Office Writer. Software ini dirancang oleh perusahaan StarDivision, Sun Microsystems 1985.

Aplikasi ini dikenal dengan fitur-fiturnya yang cukup lengkap. Meski penggunaannya tidak sebanyak Ms. Word, namun keberadaannya masih menjadi alternatif yang bagus.

Kelebihan Star Office Writer

  • Fitur yang cukup lengkap untuk mengetik, menyunting, memformat, dan mengolah dokumen.
  • Kompatibel dengan Microsoft Word sehingga bisa membuka dokumen dengan ekstensi .doc.
  • Harganya lebih terjangkau dibanding Ms. Word.

Kekurangan Star Office Writer

  • Penggunaannya masih belum luas dan termasuk jarang.
  • Proses membuka aplikasi ini cukup lamban sehingga kurang efektif untuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan waktu.

KWord

KWord

Aplikasi ini dirilis pada tahun 1998 oleh perusahaan FrameMarker. Perusahaan tersebut sengaja merancang software pengolah kata yang penggunaannya fleksibel. Artinya, tidak hanya bisa dijalankan di satu sistem operasi saja.

KWord pada dasarnya merupakan salah satu bagian dari KOffice yang meliputi jenis software lainnya. Sifatnya yang multiplatform ini menjadi kelebihan tersendiri.

Kelebihan KWord

  • Proses penyuntingan dokumen lebih mudah dilakukan.
  • Bisa membuat dokumen dengan menggunakan beberapa bahasa sekaligus.
  • Bersifat multiplatform sehingga bisa dijalankan di berbagai OS.

Kekurangan KWord

  • Meski bersifat multiplatform, penggunaannya masih cukup jarang.
  • Terlalu banyak toolbar yang ditampilkan sehingga cukup mengganggu ketika sedang mengetik.

Corel WordPerfect

Corel WordPerfect

Dilihat dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa melihat bahwa aplikasi ini dirilis oleh Corel. Tidak hanya memiliki software pengolah gambar, vendor ini juga memiliki software pengolah kata yang bisa jadi alternatif.

Bagi yang sudah sering menggunakan Ms. Word, kemungkinan akan lebih mudah beradaptasi dengan software ini. Mengingat interface yang digunakan pun mirip dengan produk Microsoft tersebut.

Kelebihan Corel WordPerfect

  • Kompatibel dengan software pengolah kata terpopuler, yaitu Microsoft Word.
  • Fitur termasuk lengkap untuk membuat, menyunting, dan menyimpan dokumen yang dikerjakan.
  • Tampilan bersifat user friendly sehingga memudahkan pemula.
  • Pengguna bisa mengatur tampilan dengan mudah sehingga bekerja pun menjadi nyaman.

Kekurangan Corel WordPerfect

  • Masih jarang digunakan sebagai software pengolah kata yang utama.
  • Spesifikasi komputer yang digunakan harus cukup tinggi.
  • Tidak bersifat open source sehingga pengguna harus melakukan pembelian aplikasi.

WordStar

WordStar

Nah, aplikasi ini memang sangat melejit di tahun 1980-an. Bisa dibilang, produk dari MicroPro International ini merupakan pionir dari software pengolah kata. Mengingat fungsinya saat itu yang menggantikan mesin ketik yang populer di zamannya.

Pada dasarnya, aplikasi ini dirilis 1978. Sayangnya, software legendaris ini sudah tidak digunakan. Mengingat sudah banyak software sejenis yang lebih modern.

Kelebihan WordStar

  • Memungkinkan programmer untuk membuat kode program. Tak heran jika software ini tergolong text editor yang digunakan pada zamannya.
  • Pengguna bisa membuat file teks ASCII tanpa kode format tertentu.

Kekurangan WordStar

  • Perintah untuk fungsi-fungsi di dalamnya harus dihafal terlebih dahulu. Inilah yang membuat aplikasi ini kurang relevan di zaman ini karena rumit dan tidak efektif.
  • Sudah tidak digunakan lagi karena ketinggalan zaman. Mengingat saat ini orang-orang lebih memilih aplikasi yang memudahkan pengguna.

Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor

Software pengolah kata selanjutnya adalah Atlantis Word Processor. Software ini tergolong baru karena perilisannya di tahun 2019 lalu oleh The Atlantis Word Processor Team sebagai developernya.

Software ini menjadi pengolah kata yang bersifat open source yang muncul di era modern. Keunggulannya yang bisa diakses gratis ini diharapkan bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang memiliki dana terbatas.

Kelebihan Atlantis Word Processor

  • Proses pembuatan dan penyuntingan dokumen termasuk mudah dan cepat.
  • Membantu proses pengetikan cepat karena memiliki teknologi mind database untuk mengindikasikan kesalahan pengejaan.
  • Termasuk software pengolah kata modern yang bisa digunakan sebagai alternatif.
  • Bersifat open source alias gratis digunakan publik.

Kekurangan Atlantis Word Processor

  • Masih jarang digunakan karena kemunculannya yang masih baru.
  • Hanya kompatibel dengan sistem operasi Windows.

Lyx

Lyx

Software pengolah kata ini bisa dipilih jika Anda sedang mengerjakan dokumen ilmiah seperti tesis, laporan, dan skripsi. Penggunaan aplikasi ini memang dikhususkan untuk karya ilmiah agar lebih mudah dalam penyusunannya.

Software ini memungkinkan pengguna menyusun dokumen yang memiliki banyak halaman agar lebih teratur. Tidak hanya itu, penyusunan tiap dokumen memiliki tingkat konsistensi tampilan yang berbeda-beda.

Kelebihan Lyx

  • Memudahkan pengguna untuk membuat ratusan halaman dengan tampilan yang bervariasi. Misalnya ketika membuat paragraf atau bab penulisan skripsi.
  • Memungkinkan navigasi untuk setiap bagian dokumen, misalnya judul, sub judul, bab, sub bab, dan lain sebagainya.

Kekurangan Lyx

  • Penggunaannya masih jarang secara umum, kecuali untuk membuat karya ilmiah.
  • Tidak mudah untuk mengatur style sesuai keinginan.
  • Dibutuhkan ketelitian dan usaha yang lebih untuk mendapatkan tampilan dokumen yang bagus.

Contoh Software Pengolah Kata Lainnya

  • Docx Viewer
  • Notepad
  • Wordpad
  • Google Docs Suite
  • Word Online
  • Ez Word
  • R4U
  • Ssuite WordGraph Editor
  • FocusWriter
  • Kural Tamil Software (Tamil)
  • Writemonkey
  • Typeit
  • FormulatePro
  • EndNote
  • NFOViewer
  • Plain Text Editor
  • ABBYY FineReader Pro for Mac
  • Final Draft
  • Werdsmith
  • Writers Outlet
  • AndrOpen Office
  • FlexNote

Beberapa contoh software pengolah kata di atas belum melingkupi seluruh jenis aplikasi ini. Pada dasarnya, masih banyak jenis software ini yang belum disebutkan. Mungkin Anda lebih akrab dengan Microsoft Word dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Padahal, masih banyak alternatif pengolah kata lainnya yang tak kalah menarik untuk digunakan. Bahkan beberapa opsi di atas bersifat open source sehingga tidak perlu melakukan pembelian aplikasi.

Macam-Macam Perangkat Lunak Pengolah Kata

Software pengolah kata memang cukup banyak. Bahkan penggunaannya juga tidak hanya di OS Windows saja, melainkan juga di MacOS dan Linux. Mungkin dalam keseharian banyak orang lebih akrab dengan produk Microsoft. Padahal, Anda masih memiliki opsi lainnya yang bisa digunakan.

Macam-macam software pengolah kata juga bisa dibagi berdasarkan kategori tertentu, sebagai berikut :

Berdasarkan Sifatnya

Macam macam perangkat lunak pengolah kata berdasarkan sifatnya, yaitu

Software Pengolah Kata Open Source

Perangkat lunak pengolah kata yang bersifat open source artinya software ini bisa secara bebas digunakan, disalin, dipelajari, diubah sesuai kebutuhan, dan dipublikasikan kembali. Artinya, software ini bersifat gratis dan kode sumbernya bersifat terbuka.

Tak heran jika pengguna pun berkesempatan untuk mengembangkannya. Adapun beberapa contoh software pengolah kata open source alias gratis di antaranya LibreOffice Writer, Atlantis Word Processor, Open Office Writer, Abi Word, dan lain sebagainya.

Software Pengolah Kata Berbayar

Pengguna baru bisa menggunakan software pengolah kata ini jika sudah melakukan pembelian aplikasi. Penggunaan aplikasi resmi dari vendor berbayar memang dikenal memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap.

Contoh software pengolah kata yang berbayar di antaranya adalah Microsoft Word, Star Office Writer, dan Corel Word Perfect.

Berdasarkan Sistem Operasi yang Digunakan

Macam macam perangkat lunak pengolah kata berdasarkan sistem operasi yang digunakan, yaitu

Software Pengolah Kata untuk Windows

Windows memang menjadi OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, yakni mencapai 47.7% per 2020. Keberadaan software pengolah kata menjadi salah satu yang penting untuk OS ini. Tak heran jika software pengolah kata untuk Windows pun begitu beragam.

perangkat lunak pengolah kata bawaan sistem operasi windows adalah Microsoft Office, WPS Office, LibreOffice, Apache OpenOffice, SoftMaker FreeOffice, ONLYOFFICE, Polaris Office, OfficeSuite, dan lain-lain.

Software Pengolah Kata untuk MacOS

Sistem operasi MacOS dikenal lebih stabil dan banyak digunakan. OS besutan Apple Inc ini juga memungkinkan penggunanya untuk memakai software pengolah kata yang beragam. Di antaranya adalah Apple Pages, Writer, Ulysses, Byword, iA Writer, Scrivener 2, dan sebagainya.

Berdasarkan Basis yang Digunakan

Macam macam perangkat lunak pengolah kata berdasarkan basis yang digunakan, yaitu

Software Pengolah Kata Berbasis OS

Artinya, software pengolah kata ini bisa dijalankan di komputer meskipun tidak terhubung dengan internet. Adapun beberapa contohnya adalah Microsoft Word, Notepad, Open Office Word, WPS Office, Abi Word, dan sebagainya.

Software Pengolah Kata Berbasis Web

Seiring perkembangan zaman, kecanggihan perangkat lunak pengolah kata memang semakin berkembang. Salah satunya yang berbasis web dan cukup mudah digunakan. Tentunya, pastikan komputer Anda terhubung ke internet untuk menggunakannya.

Contoh pengolah kata berbasis web adalah Office Word Online, Google Documents, dan Pages. Software pengolah kata jenis ini cukup banyak dipilih karena bisa menyimpan dokumen secara cloud.

Fungsi Perangkat Lunak Pengolah Kata

Sebuah software pengolah kata memang wajib dimiliki di komputer/laptop masa kini. Mengingat keberadaannya yang sangat penting di berbagai bidang. Terutama para akademisi maupun untuk kebutuhan penulisan.

Fungsi software jenis ini sendiri adalah untuk memudahkan pengguna dalam proses mengolah kata yang meliputi menulis, menyusun, mengelompokkan, menyunting, membuat variasi, dan sebagainya.

Hal tersebut menjadikan pemilihan software pengolah kata yang nyaman digunakan sangat penting. Walau bagaimanapun juga, hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat sebuah dokumen yang rapi dan bagus.

Manfaat Perangkat Lunak Pengolah Kata

Mengingat keberadaannya yang cukup penting, software pengolah kata memang memiliki banyak manfaat. Bayangkan jika Anda membuat sebuah karya ilmiah tanpa software ini. Pastinya, hal tersebut akan sangat merepotkan. Adapun beberapa manfaat adanya perangkat lunak ini, yaitu.

Memudahkan Pengetikan Dokumen

Baik dokumen berbasis teks maupun simbol, keduanya akan lebih mudah dengan adanya aplikasi pengolah kata. Terlebih beberapa jenis software ini juga mendukung berbagai macam bahasa. Dengan demikian, pengguna akan terbantu dengan pekerjaan yang dilakukan.

Menyunting dan Format Dokumen

Proses penyuntingan memang kerap kali dilakukan saat membuat karya ilmiah maupun karya tulis. Hal ini untuk memastikan agar isi dokumen benar-benar sudah sesuai. Software pengolah kata masa kini sudah sangat memudahkan penggunanya untuk mengubah dokumen.

Membantu Pencetakan Dokumen

Printer yang terintegrasi dengan komputer memang akan sangat memudahkan untuk melakukan pencetakan. Sebelum mencetak, tentunya pengguna bisa melihat preview dokumen tersebut melalui aplikasi pengolah kata.

Membuat Sampul Laporan

Aplikasi pengolah angka juga bisa diandalkan untuk membuat sampul lho. Jadi, tidak selalu harus menggunakan aplikasi pengolah gambar yang memang membutuhkan skill khusus. Pembuatan sampul di aplikasi ini biasanya untuk sampul yang sederhana saja.

Misalnya sampul laporan, skripsi, makalah, dan sebagainya. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk membuat sampul buku yang keren. Pada dasarnya, hal ini kembali lagi kepada kemampuan dan kreativitas yang dimiliki pengguna.

Menyusun Laporan Lebih Mudah

Sebuah laporan yang tersusun rapi dan sistematis tentunya akan memudahkan suatu perusahaan, organisasi, maupun untuk pribadi. Dengan menggunakan aplikasi pengolah kata, Anda bisa membuat laporan yang rapi dan berkualitas.

Membantu Kegiatan Surat Menyurat Lebih Cepat

Kegiatan surat-menyurat penting dilakukan instansi pemerintahan, bisnis, dan pendidikan. Proses membuat surat akan lebih menghemat waktu dengan menggunakan software pengolah kata. Selain itu, surat pun akan terlihat lebih formal karena adanya kop surat dan bagian lainnya.

Selain itu, surat yang ditulis di aplikasi pengolah kata juga lebih mudah disalin. Artinya, pengguna tidak perlu mengetik ulang untuk jenis surat yang sama. Hal yang dilakukan biasanya mengubah nomor surat dan pihak yang dituju terkait pembuatan surat tersebut.

Alternatif Pembuatan Tabel

Pada dasarnya, membuat tabel memang akan lebih cepat dan efektif menggunakan aplikasi pengolah angka. Namun, bukan tidak mungkin Anda bisa membuat tabel yang rapi menggunakan software pengolah kata.

Terlebih jika tabel yang digunakan terbilang sederhana tanpa banyak dimodifikasi. Oleh karena itu, Anda tetap bisa menggunakan software pengolah kata untuk menciptakan tabel yang sistematis.

Meminimalisir Kesalahan Penulisan

Di zaman serba modern ini, kesalahan penulisan memang cukup fatal. Untungnya, teknologi yang ada saat ini sangat memudahkan untuk meminimalisir kesalahan penulisan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pengolah kata.

Sudah banyak aplikasi jenis ini yang memungkinkan penggunanya mengetik dokumen tanpa kesalahan pengejaan. Namun, fitur ini memang perlu diaktifkan secara khusus. Oleh karena itu, pastikan software pengolah kata yang digunakan sudah dilengkapi pendeteksi kesalahan penulisan.

Salah satu aplikasi pengolah kata berbasis web, yaitu Google Docs banyak digunakan karena terdapat fitur pendeteksi kesalahan pengejaan.

Dengan meminimalisir kesalahan penulisan, tentunya dokumen yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan enak dibaca. Jika terdapat kesalahan penulisan, Anda pun bisa menyuntingnya dengan mudah melalui software ini.

Menghemat Waktu Pembuatan Dokumen

Bayangkan jika pembuatan dokumen di masa modern ini masih menggunakan cara lama. Berapa banyak waktu dan tenaga yang tersita untuk membuat satu dokumen? Di zaman dahulu, para cendikiawan memang masih mengandalkan pena dan kertas dalam menulis buku.

Di era modern seperti saat ini, orang-orang banyak dimudahkan dengan keberadaan aplikasi pengolah kata. Tak heran jika produktivitas penulis pun lebih banyak saat ini karena lebih hemat waktu dan tenaga.

Bahkan adanya fitur pengejaan otomatis akan lebih menghemat waktu untuk menulis. Dengan demikian, keberadaan aplikasi pengolah kata ini memang begitu penting.

Mengurangi Limbah Kertas

Hadirnya software pengolah kata memang sangat berpengaruh terhadap jumlah limbah kertas yang ada. Meski pada dasarnya tidak menguranginya secara keseluruhan. Artinya, fungsi kertas tetap dibutuhkan karena tidak semuanya ditampilkan secara digital.

Kehadiran software ini tapi jelas lebih memudahkan dan meminimalisir penggunaan kertas. Misalnya ketika seorang pelajar yang mengumpulkan tugas via dokumen berupa soft file, pengeditan dokumen dapat dilakukan dengan mudah tanpa mencetak ulang.

Karya tulis buku pun sudah banyak yang berupa e-book. Karya tulis yang jumlahnya sampai ratusan lembar bisa dijadikan buku digital yang sudah meliputi seluruh isi buku. Tak heran jika perkembangan software pengolah angka ini turut mengurangi jumlah sampah kertas di dunia.

Dan masih banyak lagi lainnya.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul :

Perangkat lunak pengolah kata pada sistem operasi windows dikenal dengan nama apa, dan perangkat lunak pengolah kata sering disebut apa? Jawabannya adalah Microsoft Word

Perangkat lunak pengolah kata seperti microsoft word dapat digunakan untuk keperluan berikut ini, maka jawabannya adalah untuk keperluan membuat surat

Semoga tulisan mengenai pengertian, contoh, fungsi, manfaat, dan macam macam perangkat lunak pengolah kata ini bisa menjadi referensi bacaan Anda.

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133