MarketingTeknologi

5 Perusahaan Digital Marketing Terkenal di Indonesia

Perusahaan digital marketing di Indonesia cukup banyak yang bermunculan, hal tersebut menjadi sebuah tantangan baru bagi pelaku bisnis yang belum menerapkan strategi ini.

Apalagi di zaman semakin canggih ini, Anda sebagai pelaku bisnis harus bisa cepat beradaptasi.

Beberapa perusahaan yang mulai melek teknologi, mulai melakukan transisi digital agar bisa bersaing dengan perusahaan lebih maju.

Penggunaan internet semakin luas di Indonesia, menjadi sebuah tantangan sekaligus dorongan bagi beberapa pelaku usaha.

Kemampuan dalam bidang digital marketing, memang menjadi suatu hal paling dibutuhkan. Beberapa perusahaan mulai mengincar seseorang yang memang berkompeten dalam bidang digital marketing, agar mereka bisa mengelola pemasaran di media digital dengan baik.

Untuk mencapai keberhasilan bagi perusahaan di dunia digital ini, tentunya tidak mudah dan bisa dibilang selalu ada tantangan baru yang akan dihadapi. Setiap perusahaan akan berlomba-lomba untuk menunjukkan kemampuan mereka di depan para pesaing.

Contoh Perusahaan Digital Marketing

Beberapa perusahaan sudah mulai menerapkan strategi digital marketing, dan beberapa perusahaan yang akan kita bahas ini, bisa dibilang cukup sukses dalam menerapkan strategi ini dan memiliki beberapa pelanggan loyal di berbagai kota hingga negara.

By.U Telkomsel

By.U merupakan produk telkomsel, dan menjadi provider digital pertama yang membebaskan penggunanya dalam memilih atau mengatur kuota, mengatur nomor handphone sendiri, hingga memesan kartu SIM via aplikasi.

Hal ini tentunya sangat berbeda dari yang biasa kita lakukan, seperti harus membeli SIM Card atau pulsa di konter atau gerai resmi. Namun dengan kemajuan teknologi di bidang digital ini, By.U berinovasi untuk memberikan kemudahan oleh para penggunanya.

Gojek

Gojek menjadi salah satu perusahaan terbaik di Indonesia pertama, dan mulai berinovasi dalam bidang transportasi. Dulu kita seringkali memesan ojek yang berada di pinggir jalan, atau menunggu transportasi umum yang lewat.

Namun dengan adanya Gojek, masyarakat dimudahkan dalam memesan transportasi umum. Selain itu pemesanannya juga cukup mudah, hanya menggunakan aplikasi yang sudah diunduh pada smartphone Anda, maka gojek akan menuju di tempat Anda berada.

Netflix

Anda pasti sudah tidak asing juga dengan aplikasi streaming film bernama Netflix, perusahaan digital marketing asal Amerika Serikat ini cukup eksis di Indonesia. Netflix berhasil mempromosikan jasa mereka, dengan strategi ampuh dan berpengaruh kepada konsumen.

Dengan kesuksesan yang telah mereka raih, Netflix berhasil mengubah cara kita menonton film dengan lebih mudah. Jika dulu kita perlu menyewa film di toko, maka di aplikasi ini kita hanya perlu membayar per bulannya saja dan bisa menikmati banyak film di dalamnya.

Blue Bird

Contoh perusahaan marketing yang berhasil di Indonesia adalah Blue Bird, meskipun popularitas jasa taksi ini sempat menurun, namun mereka kembali bangkit dengan menyediakan jasa taksi online, yang bisa menjemput pelanggannya dimana saja.

Tokopedia

Bisnis e-commerce di Indonesia juga cukup booming, salah satu yang terkenal adalah Tokopedia. Dengan memanfaatkan strategi digital marketing, mereka mulai menggunakan jasa public figure dengan melakukan endorsement agar bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Kini para pedagang tidak perlu menyewa tempat untuk menjual produk mereka, cukup menjualnya secara online, maka Anda tetap bisa memasarkan produk dengan mudah.

Strategi Perusahaan Digital Marketing untuk Menarik Konsumen

Untuk menarik konsumen memang perkara yang tidak mudah, pelaku bisnis harus cermat dalam mencari cara agar konsumen bisa tertarik untuk membeli produk atau jasa pebisnis.

Ada beberapa strategi dalam digital marketing yang bisa Anda lakukan.

Social Media Marketing

Cukup banyak keuntungan bagi pebisnis, jika memanfaatkan social media marketing dalam pemasaran produk atau jasa mereka. Terbukti dengan saat ini beberapa perusahaan sudah mulai membuat social media mereka sendiri, agar bisa lebih dekat dengan pelanggan.

Hadirnya media sosial di tengah kehidupan kita, memang membuat segalanya lebih mudah. Seperti halnya memanfaatkan media sosial dalam dunia usaha, dengan memasarkan produk atau jasa melalui internet, biaya pemasaran akan jauh lebih hemat.

Email Marketing

Strategi perusahaan digital marketing selanjutnya adalah Email Marketing, yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan promosi produk melalui email pelanggan. Strategi ini dinilai jauh lebih aman, karena pelanggan tidak merasa terganggu dengan email yang perusahaan kirim.

Teknik ini cukup tepat untuk dilakukan perusahaan, agar bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Beberapa perusahaan besar di Indonesia juga menggunakan strategi ini, untuk bisa memberikan informasi terbaru seputar produk atau jasa yang mereka miliki.

Blog Marketing

Perusahaan digital marketing lainnya juga menggunakan teknik blog marketing, untuk membuat konten seputar produk atau jasa yang dijual, artikel, berita atau membagikan informasi penting lainnya di dalam blog perusahaan mereka.

Dengan hadirnya blog perusahaan, maka pelanggan akan lebih mudah menemukan informasi terbaru. Selain itu mereka tidak akan merasa terganggu dengan kehadiran blog tersebut, sehingga tugas perusahaan adalah selalu memberikan informasi atau berita terupdate.

Dalam dunia bisnis, kita seringkali dikelilingi oleh rasa khawatir. Apakah orang-orang akan menyukai produk atau jasa yang dijual.

Namun, perusahaan digital marketing yang telah sukses di Indonesia ini mengajarkan kita, bahwa kita harus selalu menemukan ide baru dalam berbisnis.

Baca Juga : Pembicara Digital Marketing

Demikian tulisan ini dibuat guna mengenal perusahaan digital marketing yang cukup sukses di Indonesia. Serta Anda juga bisa memahami apa saja strategi marketing yang digunakan.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button