Podcast Indonesia : Sejarah & Perkembangannya di Indonesia

Podcast Indonesia

Podcast Indonesia memang belum sedahsyat Youtube. Namun konten yang kebanyakan dalam bentuk audio ini sudah cukup banyak peminatnya.

Perkembangan teknologi yang semakin maju berdampak pada perubahan perilaku masyarakat dalam menjaring informasi dan hiburan. Peran televisi dan radio bahkan tergeser dengan berbagai kemasan konten lainnya, salah satunya dikenal dengan sebutan podcast.

Konten :

Podcast Adalah

Podcast sendiri adalah konten yang membahas berbagai topik sehingga pendengar bebas memilih konten yang sesuai dengan selera mereka.

Selengkapnya : Apa Itu Podcast

Bagi Anda yang penasaran ingin tahu lebih lanjut tentang podcast, berikut ini akan diulas secara lengkap mengenai serba serbi podcast.

Mulai dari sejarah, perkembangan hingga berbagai konten pilihan podcast karya anak bangsa yang membahas beragam topik menarik bisa Anda simak di bawah ini.

Sejarah Podcast Indonesia

Podcast muncul pertama kali pada tahun 2001 berbarengan dengan lahirnya iPod. Asal kata podcast sendiri adalah gabungan dari kata iPod dan broadcasting sebab dulu memang hanya dapat digunakan pada iPhone dan iPad.

Ide pembuatan podcast itu berawal dari rapat antara Adam Curry dan Dave Winner yang terjadi pada tahun 2000. Pertemuan antara mantan juru video dan pengembang perangkat lunak itu kemudian menghasilkan sebuah program yang dikenal dengan nama iPodder.

Intinya, program bernama iPodder itu membuat penggunanya dapat mendownload siaran radio ke iPod dengan menggunakan jaringan internet.

Baru setelah itu, semakin banyak developer perangkat lunak yang ikut mengembangkan program tersebut sehingga sejak saat itu mulai lahir istilah baru yaitu podcasting.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, podcast kini dapat diakses dari berbagai perangkat baik itu yang berbasis sistem operasi iOS, Android bahkan Windows. Meskipun sekilas mirip dengan radio, namun sebenarnya podcast lebih mirip dengan youtube sebab sifatnya on-demand.

Anda bisa bebas mendengarkan podcast kapanpun Anda mau bahkan Anda bisa mengulang siaran podcast kapan saja dan dimana saja. Dengan kata lain, podcast lebih fleksibel dibandingkan dengan siaran radio konvensional.

Berbicara mengenai sejarah podcast Indonesia, di negara kita ini podcast baru mulai dikenal pada tahun 2012. Sistem akses yang kian hari kian fleksibel membuat popularitas podcast di Indonesia juga semakin meningkat.

Perkembangan Podcast di Indonesia

Meskipun sejak tahun 2012 podcast mulai dikenal di tanah air namun baru sekitar tahun 2018 perkembangan podcast di Indonesia terasa semakin pesat. Perkembangan podcast semakin melejit di Indonesia disebabkan karena tersedianya layanan hosting gratis yang diluncurkan oleh platform Anchor.

Sebelum Anchor merilis layanan hosting gratis, kebanyakan kreator podcast Indonesia memilih untuk mendistribusikan konten podcast melalui layanan audio gratis milik Soundcloud.

Popularitas podcast semakin melejit ketika Spotify juga membuka jalur distribusi konten podcast di platform streaming musik tersebut.

Saat ini Spotify tercatat sebagai aplikasi terpopuler untuk mendengarkan podcast.

Selain Spotify, Anda bisa mendengar podcast melalui berbagai platform lainnya contohnya seperti Google Podcast, Apple Podcats, Soundcloud, Sticher, Podcast Go, PodMe, Pocket Casts, CastBox, Anchor dan lain-lain.

Ada berbagai macam alasan yang membuat podcast memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia.

Setidaknya ada tiga alasan utama yang biasanya sering dilontarkan oleh para penggemar podcast yaitu fleksibel, variatif dan lebih mudah dinikmati dibanding konten visual.

Seperti diketahui, konten podcast dalam bentuk audio membuat pendengar bisa tetap mendengarkan berbagai topik menarik yang dibahas dalam podcast sembari tetap beraktivitas. Biasanya, konten podcast didengarkan oleh mereka yang sedang berkendara khususnya di transportasi publik.

Jumlah Pendengar Podcast di Indonesia

Semakin hari jumlah pendengar podcast di Indonesia semakin meningkat. Bukan tidak mungkin sebentar lagi bisa menyaingi siaran radio konvensional. Diantara sekian banyak pendengar podcast, kalangan milenial tercatat paling akrab mendengar podcast.

Berdasarkan sejumlah survey, masyarakat Indonesia yang berusia antara 20-40 tahun sangat antusias terhadap podcast. Rata-rata durasi yang mereka gunakan untuk mendengar podcast sekitar 5-30 menit. Kebanyakan dari mereka setidaknya menyempatkan waktu mendengarkan podcast seminggu sekali.

Sementara itu, menurut data yang dirilis oleh Nielsen pada Februari 2020 tercatat bahwa jumlah pendengar podcast sudah berkembang hingga lebih dari 3,6 juta orang. Sedangkan untuk peningkatan rata-rata jumlah episode per pekan yang didengarkan oleh banyak orang mencapai 10 persen.

Popularitas podcast diprediksi akan semakin melejit sebab kini semakin banyak pula selebritis Indonesia yang ikut membuat konten podcast.

Berbicara mengenai konten podcast, konten bertema komedi, pengembangan diri, dan cerita misteri adalah beberapa jenis konten yang paling banyak penggemarnya.

Sebagai contoh, pada platform Spotify untuk periode Februari 2020 konten podcast bertema komedi berada di peringkat pertama. Sementara itu konten bertema misteri ada di posisi kedua, sedangkan olahraga, hiburan dan sosial budaya termasuk ke dalam lima tema konten podcast favorit di Spotify.

Kebanyakan masyarakat Indonesia memang tampaknya menyukai unsur komedi dan misteri.

Hal tersebut sebenarnya sudah bisa dilihat dari tayangan televisi yang pernah didominasi oleh tayangan komedi dan kisah-kisah misteri. Sehingga tidak mengherankan jika kedua unsur tersebut juga mendominasi podcast.

Podcast Indonesia memang masih sangat bisa digarap sebagai salah satu layanan penyedia hiburan dan informasi alternatif yang gratis namun bermanfaat bagi masyarakat.

Maka dari itu tidak mengherankan jika pada tahun-tahun berikutnya semakin banyak penggemar podcast di Indonesia.

Podcast Indonesia Tentang Cinta

Rintik Sedu

Rintik sedu adalah salah satu konten podcast Indonesia tentang cinta yang berisi cerita melankolis penuh kata-kata puitis.

Podcast ini dipandu oleh Nadhifa Allya Tsana seorang penulis yang bukan hanya pandai merangkai kata secara tertulis namun juga mampu dibawakannya dengan indah dalam bentuk audio.

Rintik sedu sangat cocok didengarkan oleh mereka yang sedang ingin mencari pelipur lara saat sedang patah hati ataupun yang sedang berbunga-bunga karena jatuh cinta. Mendengarkan podcast ini setidaknya akan bisa membuat Anda serasa memiliki teman dengan suasana hati yang sama.

Lovecast

Lovecast adalah singkatan dari Love on Podcast. Sesuai namanya, lovecast menyajikan beragam cerita tentang cinta.

Dalam podcast ini Anda bisa mendengarkan berbagai topik yang membahas tentang hubungan percintaan, kisah cinta yang menyenangkan, menyedihkan bahkan kisah cinta yang lucu.

Jika Anda ingin menikmati indahnya perasaan cinta dalam bentuk cerita cinta romantis maka konten podcast yang hanya tersedia di platform PodMe ini sangat direkomendasikan.

Relationship Under a Microscope

Judul konten podcast Indonesia ini memang berbahasa Inggris. Namun sebenarnya podcast ini dipandu oleh Lex de Praxis seorang dating coach cukup ternama asal Indonesia.

Lex de Praxis sudah 13 tahun berprofesi sebagai dating coach, sehingga kualitas pembahasan cinta dalam podcast ini tidak perlu diragukan.

Keunggulan podcast yang bisa Anda nikmati di Spotify ini bukan hanya membahas mengenai berbagai hal dalam hubungan percintaan yang ada di permukaan saja.

Namun terdapat pula pembahasan mengenai permasalahan sistemik hingga aspek psikologi yang dapat berpengaruh dalam hubungan percintaan.

Panas Dingin Hati

Podcast tentang cinta karya anak bangsa lainnya yang tidak kalah seru untuk didengarkan adalah konten podcast yang baru muncul di Spotify pada akhir 2018 lalu.

Podcast dengan nama panas dingin hati ini mengangkat berbagai macam isu yang tentu masih terkait dengan topik percintaan.

Mulai dari berbagi pengalaman gagal move on dari mantan, cara terbaik untuk putus dengan kekasih hingga nikmatnya menjalani hidup melajang tanpa pasangan diulas secara seru dalam podcast ini.

Selain itu akan dibahas pula bermacam-macam curhatan cinta yang dikirim oleh pendengar setia podcast ini.

Unrequited Love

Berbeda dengan konten podcast bertema cinta pada umumnya, podcast ini dibuat dalam bentuk seperti sebuah drama seri. Unrequited Love adalah konten podcast yang bercerita tentang berbagai permasalahan cinta yang terjadi pada tiga orang mahasiswi.

Alur cerita yang menarik penuh dilema antara cinta dan persabahatan membuat drama seri yang dibuat dalam bentuk audio ini cukup digemari. Apalagi konflik dan kisah cinta yang disajikan dalam podcast Unrequited Love ini terbilang sangat dekat di kalangan anak muda.

Bukan Podcast Cinta

Sesuai namanya Bukan Podcast Cinta memang tidak hanya berbicara tentang cinta namun juga tentang kehidupan, pengalaman serta berbagai tips dan trik dalam menjalani hubungan percintaan. Dipandu oleh Rayhan dan Esqy channel podcast ini sudah memiliki 16 konten podcast.

Podcast yang pertama kali muncul sejak awal Maret 2020 ini memiliki topik obrolan tentang cinta yang seru. Rata-rata durasi podcast yang tersedia di channel podcast ini sekitar 15-60 menit.

Masalah Cinta dan Kerja

Rata-rata kalangan millennial saat ini termasuk ke dalam usia produktif yang pastinya disibukkan dengan pekerjaan. Permasalahan di tempat kerja terkadang bahkan membuat kalangan millennial melupakan cinta. Nah, beragam masalah tentang cinta dan dunia kerja inilah yang menjadi sorotan podcast ini.

Tercatat sudah ada sekitar 16 konten podcast dalam podcast ini. Segala hal yang berkaitan dengan dunia kerja dan percintaan diulas tuntas dalam podcast yang dipandu oleh Lynarsyila ini.

Durasi yang tidak terlalu panjang hanya sekitar 10-15 menit membuat konten podcast ini nyaman dan tidak membosankan.

Cerita Rindu

Rindu memang identik dengan cinta, oleh sebab itu beragam cerita rindu akan membuat hati siapapun yang mendengarnya menjadi nyeri.

Sedikit berbeda dari podcast pada umumnya, konten dalam Cerita Rindu konsepnya seperti syair sehingga durasi masing-masing kontennya pun terbilang singkat.

Masing-masing konten podcast dalam channel Cerita Rindu hanya sekitar 2-3 menit saja. Hingga saat ini tercatat sudah ada sekitar 30 konten podcast yang bisa Anda dengarkan dalam channel Cerita Rindu.

Podcast Indonesia Komedi

PORD (Podcast Raditya Dika)

Raditya Dika dikenal sebagai salah satu penulis, sutradara, serta komika ternama di Indonesia. Kreativitas pria berusia 35 tahun ini juga bisa dinikmati dalam berbagai konten termasuk podcast. Konten podcast bernama PORD (Podcast Raditya Dika) ini menawarkan keseruan yang bisa mengocok perut.

Pada dasarnya format podcast Indonesia bertema komedi ini serupa dengan talk show dalam channel youtubenya. Meskipun demikian, keseruan dan kelucuan dari konten podcast ini tidak berkurang. Format talk show yang diusung podcast ini tentu juga melibatkan bintang tamu yang berbeda-beda.

Berbagai topik menarik dibahas dalam podcast ini mulai dari topik keuangan, keluarga hingga misteri. Semua topik tersebut tentu dikemas dalam balutan komedi sehingga tidak terasa membosankan. Apalagi Raditya Dika juga sering menyelipkan berbagai pengalaman lucu dalam setiap topik yang dibahas.

Rapot

Kehidupan sehari-hari memang selalu bisa dijadikan topik menarik untuk dibahas. Pembahasan mengenai segala hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari juga cukup mudah untuk dijadikan sebagai bahan bercanda.

Itulah yang mendasari dibuatnya podcast yang diberi nama Rapot ini.

Podcast Rapot adalah sebuah podcast yang dibuat seperti obrolan sehari-hari antara Reza, Ankara, Andhini dan Abigail. Jika Anda termasuk orang yang suka mendengar siaran radio dengan obrolan ramai antar penyiarnya, maka podcast ini sangat seru untuk disimak.

Podcast yang muncul sejak awal tahun 2019 ini terbilang sudah memiliki banyak pendengar di Spotify.

Jika suasana hati sedang tidak nyaman podcast ini bisa Anda jadikan sebagai hiburan alternatif yang efektif setidaknya untuk melupakan sejenak masalah yang sedang Anda hadapi dengan tertawa.

Bercanda

Sesuai namanya, podcast ini selalu menyajikan konten yang isinya dipenuhi dengan gurauan dan gelak tawa.

Topik yang dibahas dalam podcast ini bersifat random bahkan dalam podcast yang dipandu oleh Hersal dan Anjas ini juga sering terlontar kata-kata umpatan yang spontan.

Meskipun kata-kata umpatan cukup sering terlontar, bukan berarti podcast Bercanda ini tidak layak untuk didengar. Biasanya mereka mengumpat hanya saat ada momen-momen mengejutkan dan sangat lucu yang membuat mereka tidak bisa mengontrol kata-kata yang keluar dari mulut.

PODKESMAS (Podcast Kesehatan Masyarakat)

PODKESMAS adalah podcast yang dipandu oleh tiga selebritis sekaligus penyiar radio ternama di Indonesia yaitu Ananda Omesh, Surya Insomnia dan juga Imam Darto. Perpaduan ketiga selebritis yang dikenal sangat lucu itu tentu akan menghasilkan konten podcast yang seru dan super lucu.

Selain ketiga selebritis ternama itu sebenarnya ada satu penyiar radio lagi yang sering muncul dalam konten PODKESMAS yaitu Angga Enggok.

Biasanya Angga lebih sering dijadikan sebagai bahan bercanda dari Omesh, Surya dan Imam Darto.

Hampir sama seperti podcast Indonesia bertema komedi lainnya, PODKESMAS juga menyajikan berbagai konten dengan topik yang bersifat random. Segala hal bisa dijadikan pembahasan dalam podcast ini. Keseruan dan kelucuan semakin meningkat sebab podcast ini juga minim sensor.

Podcast ini memiliki jumlah pendengar yang terbilang sangat banyak. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika saat ini PODKESMAS berhasil bertengger di peringkat pertama podcast terpopuler yang ada di Spotify.

BOX2BOX

Jika Anda gemar menonton sepak bola dan ingin mendapatkan informasi terbaru yang dibahas dengan cara seru maka BOX2BOX adalah salah satu podcast terbaik. Podcast berisi ulasan dan perbincangan seputar dunia sepak bola yang dipandu oleh Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana dan Tio Prasetyo.

Meskipun topik utama yang dibahas adalah segala hal tentang sepak bola namun nuansa komedi sangat terasa dalam podcast ini.

Hal tersebut disebabkan karena ketiga pengamat sepak bola yang memandu podcast ini bukan hanya cerdas menganalisa jalannya pertandingan sepak bola namun juga jago melucu.

Bicara sepak bola memang tidak harus selalu serius penuh dengan ulasan kritis dan terlalu fanatis terhadap klub tertentu. Terbukti dari podcast BOX2BOX ini yang juga dapat membuat Anda tertawa lepas mendengar ulasan pertandingan sepak bola yang dibalut dengan gurauan.

10 Menit

Sesuai namanya, podcast komedi ini berisi obrolan ringan yang membahas beragam hal menarik hanya dalam durasi 10 menit saja. Jika Anda sedang lelah sehabis bekerja, podcast komedi ini tampaknya sangat cocok untuk menemani waktu senggang Anda.

Podcast yang baru muncul sejak akhir Maret 2020 ini bisa Anda temukan di Google Podcast dan Spotify. Meskipun jumlah konten podcast di channel 10 menit ini baru 5 konten namun keseruan podcast bertema komedi ini tetap akan membuat hari-hari Anda menjadi lebih menyenangkan.

Podcast Comika

Podcast Comika ini membahas beragam hal yang berkaitan dengan unsur komedi. Banyak komika Indonesia yang mengisi perbincangan di podcast ini, diantaranya seperti Panji Pragiwaksono, Awwe, David Nurbianto, Gamila Arief dan lain-lain.

Podcast yang baru muncul pada pertengahan Maret 2020 ini sudah menyediakan sekitar 14 konten podcast. Rata-rata durasi konten yang ada di channel podcast ini cukup lama, minimal 30 menit.

Walau durasi tiap konten cukup lama namun karena isi podcast ini penuh unsur komedi maka tidak akan terasa membosankan.

OLI (Obrolan Laki-Laki)

OLI podcast adalah singkatan dari obrolan laki-laki yang dipandu oleh Jordan Kyos dan Reynaldo Ravend. Sesuai namanya obrolan mereka kebanyakan berdasarkan keresahan kehidupan laki-laki yang tentunya diselipi dengan unsur komedi.

Hingga kini channel podcast ini berisi 40 konten podcast. Obrolan seru antara dua pria ini rata-rata durasinya sekitar 30 menit. Mendengarkan OLI pasti bisa bikin Anda setidaknya senyum-senyum sendiri karena beragam topik menarik dan seru yang menjadi bahan obrolan dalam podcast ini.

Podcast Indonesia Bisnis

Bisnis Bareng Bram

Podcast ini dipandu oleh Septian Bramadita seorang Social Media Strategist yang sangat handal di bidangnya. Fokus dari podcast Indonesia bertema bisnis ini adalah penjualan online termasuk entrepreneurship dan juga seputar dunia digital marketing.

Podcast bisnis ini disajikan dalam bentuk seri monolog yang akan membahas berbagai pandangan seputar bisnis.

Mulai dari cara terbaik jualan online, skill pengembangan software untuk meningkatkan teknik pemasaran hingga strategi pemasaran visual bisa Anda pelajari secara gratis melalui podcast ini.

Pembahasan yang diulas secara singkat, padat dan jelas dengan pemilihan bahasa sederhana membuat Anda bisa lebih mudah belajar bisnis online.

Yuk Bisnis

Yuk Bisnis merupakan podcast yang menyajikan ulasan permasalahan bisnis lengkap dengan solusinya. Permasalahan bisnis yang diulas berasal dari pertanyaan netizen sehingga solusi yang diberikan untuk masalah bisnis tersebut akan lebih mudah diterapkan bagi calon pelaku usaha.

Solusi yang diberikan terhadap permasalahan bisnis dari pertanyaan netizen juga dilengkapi dengan contoh yang mudah dipahami. Kebanyakan konten podcast Yuk Bisnis berkaitan dengan strategi marketing produk.

Fintalk

Fintalk juga termasuk podcast Indonesia tentang bisnis yang berkonsep sharing monolog. Podcast ini cocok bagi Anda yang saat ini sedang mencari informasi terkait dengan finansial personal hingga finansial untuk usaha. Selain bisnis dan finansial, Fintalk juga membahas tentang investasi.

Fintalk cukup lengkap dalam memberikan ulasan tentang bisnis yang dilihat dalam berbagai sudut pandang. Materi yang diberikan dalam podcast ini juga dibawakan dengan pilihan bahasa yang ringan dan rasional sehingga lebih mudah untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari..

Ngobrol Bisnis

Ngobrol bisnis merupakan podcast yang dipandu oleh Panji Prabowo. Sesuai namanya, konsep dari podcast ini dibuat seperti perbincangan santai seputar bisnis dan keuangan bersama narasumber yang inspiratif.

Kebanyakan narasumber yang diajak berdiskusi adalah para pebisnis muda yang sukses.

Para pebisnis muda itu dapat memberikan tips dan strategi bisnis terbaik. Bukan hanya itu saja, podcast ini juga memberikan berbagai solusi terkait permasalahan bisnis yang dikemas secara ringan sehingga mudah untuk dipahami dan diterapkan, bahkan oleh usaha kecil menengah sekalipun.

Finfolk

Finfolk juga termasuk podcast tentang bisnis terbaik yang bisa Anda dengar. Podcast ini berfokus pada keuangan, investasi, bisnis dan juga pengembangan diri. Diantara keempat fokus pembahasan tersebut, segala hal yang berkaitan dengan uang memang lebih sering dijadikan topik podcast.

Mulai dari cara berhemat hingga bagaimana cara terbaik dalam berinvestasi diulas secara lengkap dengan penjelasan yang mudah dimengerti. Jika Anda memang sedang ingin tahu tentang uang dan investasi, Finfolk bisa dijadikan sebagai salah satu sumber informasi terbaik.

Bisnis Bareng Coach Tom

Ratusan konten podcast tentang bisnis yang sangat bermanfaat khususnya untuk Anda yang masih termasuk pebisnis pemula bisa Anda temukan di Spotify. Salah satunya konten podcast di channel bernama Bisnis Bareng Coach Tom ini.

Podcast ini akan membuat Anda bisa mempelajari beragam cara terbaik untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis. Selain itu terdapat banyak inspirasi bisnis yang akan membuat Anda semakn bersemangat memulai bisnis baru.

Sekolah Pebisnis

Channel podcast ini membahas seputar bisnis dan digital marketing. Segala hal yang berkaitan dengan bisnis akan diulas secara tuntas bersama Yosef yang lebih dikenal lewat Instagram @SekolahPebisnis.

Podcast ini akan membuat Anda bisa mempelajari apa itu kewirausahaan dan mendapatkan banyak inspirasi tentang bisnis.

Beragam topik menarik tentang bisnis, contohnya seperti strategi bisnis toko online, tips menjadi pengusaha sejati dan lain sebagainya bisa Anda temukan di channel podcast ini.

Selain itu terdapat pula beragam obrolan seru dan menarik yang membahas bisnis langsung bersama pakar dan pelaku bisnis yang sukses.

Fahmi Talks

Fokus podcast ini adalah membahas tentang bisnis dan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Pemilik channel podcast ini merupakan salah satu pebisnis online sekaligus digital marketer. Oleh sebab itu, beragam ulasan, tips dan trik seputar bisnis yang ada dalam podcast ini tentu akan sangat bermanfaat.

Meskipun dalam channel podcast ini baru ada 4 konten namun Anda banyak manfaat yang bisa Anda petik. Apalagi jika Anda saat ini sedang kebingungan menghadapi masalah bisnis karena dampak covid-19, sebab channel podcast ini mengulas tentang beberapa manuver terbaik berbisnis di saat krisis.

Podcast Indonesia Motivasi

Makna Talks

Makna Talks merupakan salah satu podcast Indonesia yang fokus pada sesi tanya jawab antara bintang tamu dan Iyas Lawrence sebagai pemandu dari podcast ini. Obrolan seru yang terjadi dalam podcast ini tentu saja sesuai dengan namanya “Makna Talks” sehingga penuh makna dan sangat inspiratif.

Sudah banyak tokoh ternama Indonesia yang menjadi bintang tamu Makna Talks diantaranya seperti Joko Anwar, Danilla, Imam Darto hingga Bambang Pamungkas. Bisa dilihat dari deretan figur publik yang pernah bertandang ke podcast Makna Talks itu berasal dari berbagai profesi.

Bermacam-macam profesi dari figur publik yang diundang sebagai bintang tamu di Makna Talks tentu bisa memberikan beragam konten inspiratif kepada para pendengar podcast ini. Mulai dari kisah hidup, perjalanan karier hingga personal branding mereka diulas tuntas dalam podcast Makna Talks ini.

Makna Talks dapat meningkatkan wawasan Anda terhadap bidang tertentu sekaligus meningkatkan motivasi untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Selain itu kemampuan berbahasa Inggris Anda juga akan semakin terasah, sebab bahasa Inggris yang digunakan dalam podcast ini mudah dipahami.

So Mad About Life

So Mad About Life merupakan salah satu podcast terbaik yang membahas tentang realitas dan permasalahan hidup. Namun bukan hanya sekadar permasalahannya saja melainkan melalui dialog inspiratif dari Alvi dan Ardhi sebagai pemandu podcast ini Anda juga akan mendapat “pencerahan”.

Konten inspiratif yang dibahas dalam podcast ini akan bisa memotivasi sekaligus mengubah perspektif Anda dalam menjalani hidup. Apabila saat ini Anda butuh konten yang penuh inspirasi untuk meningkatkan semangat hidup, So Mad About Life ini adalah podcast yang sangat direkomendasikan.

Inspigo

Sesuai namanya, Inspigo merupakan salah satu podcast berisi perbincangan dengan berbagai macam tokoh ternama Indonesia yang tentunya sangat menginspirasi. Beberapa tokoh inspiratif yang pernah menjadi bintang tamu Inspigo diantaranya seperti Yoris Sebastian, Billy Boen hingga Ahmad Fuadi.

Melalui podcast ini Anda akan dapat mengetahui lika liku hidup yang pernah dijalani para tokoh-tokoh sukses tersebut. Seperti diketahui kebanyakan perjalanan karier tokoh inspiratif itu diawali dengan jatuh bangun sebelum akhirnya bisa memetik hasil yang manis dari perjuangan mereka.

Muda Cuma Sekali

Ada dua topik utama yang biasanya sering membuat kaum muda merasa bimbang yaitu pendidikan dan karier. Banyak pelajaran hidup khususnya yang berkaitan dengan pendidikan dan karier bisa Anda dapatkan dalam podcast bertajuk Muda Cuma Sekali ini.

Sejumlah topik yang pernah dibahas meliputi seputar skripsi, cara agar lebih mudah lolos wawancara kerja, hingga cara terbaik untuk tetap eksis di sosial media tanpa memberikan dampak negatif pada karier. Selain itu, masih banyak konten yang dapat memotivasi diri dalam podcast ini.

Sudut Pandang

Podcast Indonesia lainnya yang bisa memotivasi sekaligus mengembangkan potensi diri Anda adalah Sudut Pandang. Podcast yang dipandu oleh Aria Notharia ini sering membahas mengenai beragam fenomena kehidupan yang saat ini sedang dihadapi oleh kalangan generasi millennial.

Bermacam-macam obrolan seru khas generasi millennial tersaji dalam podcast ini. Obrolan yang tersaji pun sangat terstruktur dan inspiratif. Durasi dari konten podcast ini juga tidak terlalu lama, rata-rata antara 5-59 menit saja sehingga tidak terasa membosankan.

Selain itu, Sudut Pandang juga berisi monolog yang kaya akan pesan kehidupan. Monolog yang dibacakan oleh host podcast ini dapat memainkan emosi sekaligus memotivasi Anda apalagi backsound yang mengiringi monolog itu terdengar sangat sendu sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Biasanya podcast ini diawali dengan pembahasan tentang topik utama berupa fenomena kehidupan. Setelah itu akan ada dialog atau monolog yang dapat membuat Anda lebih mengerti tentang arti kehidupan dan sekaligus memberikan sudut pandang baru terhadap pembahasan topik utama tersebut.

Zona Motivasi Bebas Racun

Podcast ini membahas berbagai tema tentang motivasi untuk dapat melihat masa depan yang lebih cerah dalam kondisi yang penuh tantangan.

Podcast yang dipandu oleh Johan dan Firdaus, dua mahasiswa yang kini berkuliah di Perth ini akan membuat Anda belajar mengembangkan diri dengan pola pikir yang optimis.

Zona Motivasi Bebas Racun termasuk podcast yang cukup rutin dalam mengunggah kontennya. Terbukti walau baru muncul sejak awal April 2020, hingga kini konten podcast dalam channel ini jumlahnya sudah lebih dari 20 konten.

Ngomongin Hidup

Podcast bertajuk Ngomongin Hidup ini membahas beragam masalah di sekitar Anda yang seringkali Anda sadari ataupun tidak. Tentunya selain membahas tentang permasalahan kehidupan, podcast ini juga membagikan pengalaman untuk menghadapi masalah tersebut.

Konsep podcast ini adalah diskusi sehingga diharapkan bisa memberikan sudut pandang baru yang dapat membantu Anda menghadapi permasalahan hidup. Pemilihan bahasa yang sederhana membuat konten podcast yang rata-rata durasinya sekitar 30 hingga 60 menit ini tidak terasa membosankan.

Lentera Hati

Lentera hati merupakan podcast yang berisi kumpulan narasi singkat tentang beragam hal sederhana dalam hidup. Meskipun terkesan sederhana namun menyimpan arti yang dalam dan inspiratif. Rata-rata durasi konten podcast yang kini jumlahnya sudah mencapai 60 konten hanya sekitar 4-10 menit saja.

Mendengarkan narasi singkat di channel podcast lentera hati ini setidaknya akan membuat hati menjadi lebih tenang. Jika hati sudah tenang, Anda akan bisa berpikir lebih jernih dan kemudian motivasi untuk menjalani hidup dengan cara lebih baik pun akan semakin meningkat.

Podcast Indonesia Artis

#ClosedTheDoor (Deddy Corbuzier)

Deddy Corbuzier mengawali kariernya sebagai pesulap yang kemudian banting setir menjadi host sebuah talk show. Setelah lama terjun di dunia pertelevisian Indonesia, kini pria berusia 43 tahun itu lebih aktif berkarya di youtube khususnya melalui podcast yang setiap hari diunggah di channel youtubenya.

Konten podcast bertajuk #closedthedoor karya Deddy Corbuzier ini selain dijadikan sebagai konten youtube juga bisa didengarkan di Spotify. Sudah banyak figur publik ternama di Indonesia yang menjadi bintang tamu dalam podcastnya, mulai dari selebritis hingga politisi.

Setiap harinya podcast ini menghadirkan banyak figur publik ternama tanah air, mulai dari pejabat publik seperti Anies Baswedan, selebritis cantik seperti Sophia Latjuba hingga para youtuber yang channelnya sudah memiliki jutaan subscriber.

Konsep dari konten podcast Deddy Corbuzier ini berbentuk dialog dengan narasumber yang memang ahli di bidangnya.

Topik pembahasan dalam podcast ini pun beraneka ragam, namun kebanyakan adalah pembahasan tentang topik terkini yang menjadi viral dan mengulik sisi lain kehidupan selebriti.

Keunggulan podcast ini terletak pada gaya bicara Deddy Corbuzier yang blak-blakan dan santai meskipun terkadang topik yang dibahas cukup berat. Obrolan seperti itu tentu akan tetap terasa mengasyikkan untuk didengar walau durasinya lebih dari 60 menit.

DESTAnya Siapa? (Desta Mahendra)

Desta Mahendra termasuk salah satu selebriti Indonesia yang sudah banyak mencicipi beragam kegiatan di industri kreatif. Mulai menjadi drummer band Club 80’s, penyiar radio, host talk show di televisi hingga pemain film sudah pernah dilakukannya.

Melihat trend hiburan masa kini yang didominasi dengan konten digital di berbagai platform Desta tampaknya juga ingin menjajal dunia podcast. Oleh sebab itu beberapa waktu lalu suami dari aktris Natasha Rizky ini membuat podcast bertajuk DESTAnya Siapa?

Topik yang dibahas dalam podcast Indonesia milik artis ini sifatnya random, sebab setiap minggunya menghadirkan bintang tamu yang berbeda. Namun diantara sekian banyak bintang tamu yang diundang, salah satu yang menjadi favorit adalah pembahasan mengenai pendidikan seks bersama Dr. Boyke.

Sama seperti cara Desta ketika siaran radio atau menjadi host sebuah talk show, obrolan dalam podcast ini juga penuh dengan celetukan lucu yang tentunya akan menambah keseruan dan mengundang gelak tawa pendengarnya.

Podnes (Ernest Prakasa)

Di dunia hiburan Indonesia, Ernest Prakasa pertama kali dikenal sebagai seorang komika. Setelah terkenal di dunia Stand Up Comedy, Ernest kemudian melebarkan sayapnya ke dunia film sebagai penulis skenario dan sutradara handal.

Kini Ernest juga mulai terjun ke dunia podcast yang diberi nama Podnes. Konten podcast yang dibuat oleh Ernest Prakasa ini kebanyakan membahas tentang film, namun ada pula topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Gritte Buka Praktek (Gritte Agatha)

Sebelum terjun ke dunia podcast, Gritte Agatha dikenal sebagai pemain FTV. Selebriti muda ini kemudian mencoba profesi baru yaitu menjadi seorang youtuber, namun konten youtubenya yang paling mencuri perhatian adalah ketika ia membuat sesi curhat dalam bentuk podcast.

Sesi curhat berkonsep podcast yang diberi nama Gritte Buka Praktek ini sudah menghadirkan banyak bintang tamu dengan berbagai kisah menarik dan inspiratif. Bukan hanya terbatas pada bintang tamu dari kalangan selebritis saja, Gritte juga mengundang narasumber dari berbagai macam latar belakang.

Mulai dari ibu tunggal, korban KDRT hingga korban kekerasan seksual pernah diundang untuk bisa curhat di podcast ini. Bukan hanya deraian air mata yang bisa disaksikan dalam podcast ini melainkan Anda juga bisa mengambil hikmah dari berbagai kisah inspiratif yang terlontar dalam sesi curhat tersebut.

Jokan (Joko Anwar)

Joko Anwar merupakan salah satu sutradara handal Indonesia. Mulai dari film komedi romantis, horror, thriller hingga film bertema superhero pernah digarap oleh sutradara kelahiran Medan ini. Kini, Joko Anwar juga mulai tertarik untuk terjun ke dunia podcast.

Meskipun belum terlalu aktif di podcast namun mendengar seorang sutradara kenamaan membacakan sebuah dongeng yang pernah ditulisnya pada tahun 1995 tentu akan terasa menarik. Konten podcast bertajuk Memetik Batu Kilau adalah salah satu konten favorit yang ada di podcast milik Joko Anwar ini.

Atta Hallilintar

Dikenal sebagai salah satu youtuber dengan subscriber terbanyak di Asia Atta Halilintar tampaknya juga tidak mau ketinggalan trend yaitu membuat podcast. Baru-baru ini Atta di channel youtubenya mengunggah konten podcast dengan bintang tamu pilihan.

Durasi podcast yang tidak terlalu panjang membuat podcast milik Atta ini tidak terasa membosankan. Apalagi beberapa bintang tamu yang datang ke podcast Atta ini cukup seru untuk diajak ngobrol. Contohnya beberapa waktu lalu Atta mendatangkan keluarga Anang Hermansyah yang dikenal sebagai keluarga selebritis yang harmonis.

RANS (Rafi Ahmad & Nagita Slavina)

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang pasangan selebritis yang sangat kreatif dan pandai membuat peluang usaha. Melihat trend podcast yang semakin naik daun, membuat Raffi dan Nagita juga ingin terjun ke dunia podcast.

Awalnya konten podcast RANS hanya diunggah ke channel youtube mereka, namun saat ini juga telah ada tayangan televisi berkonsep podcast dengan host Raffi dan Nagita. Alasan mereka setuju untuk membuat acara talk show di televisi dengan konsep podcast adalah agar lebih banyak keluarga Indonesia terhibur dengan podcast mereka.

Pocari (Awkarin)

Pocari merupakan singkatan dari podcast Awkarin. Sama seperti beberapa selebgram yang ingin terjun ke dunia podcast, Awkarin juga mengunggah konten podcastnya hanya di youtube saja. Uniknya adalah beberapa bintang tamu yang diundang Awkarin ke podcastnya bukanlah tamu biasa yang tentu akan membuat Anda penasaran.

Podcast Anime Indonesia

Otaku Box

Sesuai namanya, podcast Otaku Box ini membahas semua hal yang berkaitan dengan Jepang. Mulai dari berbagai macam anime, manga, hingga kebudayaan Jepang akan dibahas tuntas dalam podcast yang dipandu oleh Rana, Rindra dan Rendy ini.

J-Pop Podcast Indonesia

J-Pop Podcast merupakan salah satu podcast Indonesia tentang anime terbaik yang bisa Anda simak. Namun tentunya bukan hanya informasi tentang anime yang bisa Anda dapatkan melalui podcast ini, melainkan beragam informasi tentang budaya pop Jepang, seperti musik, dorama, film dan lain sebagainya.

Terdapat lebih dari 30 episode tentang berbagai budaya pop Jepang yang bisa Anda dengarkan lewat podcast ini. Banyak informasi seputar anime terbaru, rekomendasi anime terbaik dan masih banyak lainnya yang bisa Anda dapatkan lewat podcast yang bisa dinikmati di platform podtail ini.

Ngobrol Kaori

Ngobrol Kaori merupakan tajuk dari podcast resmi buatan Kaori Nusantara. Podcast yang bisa Anda saksikan di channel youtubenya ini akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan budaya pop Jepang. Mulai dari anime, manga, otaku, dorama dan lain sebagainya akan tersaji dalam podcast seru ini.

Warkop Anime

Sesuai namanya, warkop anime merupakan podcast yang membahas tentang berbagai jenis anime yang saat ini sedang menjadi trending. Podcast ini bisa Anda dengarkan melalui aplikasi Stitcher yang bebas didownload di perangkat iOS ataupun Android.

Meskipun baru terdiri dari 5 episode namun cukup banyak informasi mengenai anime di podcast ini. Beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan diantaranya seperti tips mencari anime paling bagus, rekomendasi anime terbaik tahun 2019 hingga rekomendasi anime yang cocok menjadi teman di rumah saja selama pandemi covid-19.

Podcast Wibu Pocin Manga & Anime Review

Jika ingin mencari tahu review manga dan anime terbaru maka Wibu Pocin adalah salah satu podcast yang layak untuk disimak. Setiap minggunya akan dibahas berbagai informasi menarik tentang manga dan anime. Anda bisa menyimak podcast ini lewat aplikasi Apple Podcast dan Google Podcast.

Hingga saat ini konten podcast yang ada di channel Wibu Pocin sudah sekitar 28 episode. Beberapa manga dan anime yang paling sering dibahas di podcast ini diantaranya seperti One Piece, Hunter X Hunter, Shingeki no Kyojin, One Punch Man dan Boku No Hero Academia.

Podcast Megane

Podcast yang hanya bisa Anda temukan di Radiopublic ini merupakan podcast yang khusus membahas berbagai macam budaya pop khas Jepang. Mulai dari manga, tokusatsu hingga anime dibahas tuntas dalam podcast ini.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 30 konten podcast yang bisa Anda dengarkan di channel podcast ini. Rata-rata durasi tiap konten di channel ini sekitar 30 menit hingga 1 jam, sehingga ulasan anime dalam konten tersebut tentu akan sangat jelas dan lengkap.

GeekinOut Indonesia

GeekinOut Indonesia memang bukan hanya berfokus pada pembahasan anime, namun anime masuk ke dalam beberapa konten dari podcast ini. Selain anime, podcast ini membahas beragam budaya pop lainnya misal seperti film, musik, series, komik, dan juga game.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 50 konten podcast yang bisa Anda temukan dalam channel GeekinOut Indonesia. Rata-rata durasi dari tiap konten podcast di channel ini sekitar 20 hingga lebih dari 1 jam. Meskipun terkesan cukup lama namun obrolan seru dan menarik membuat konten podcast ini tidak membosankan.

Cast_tar

Jika Anda ingin mendengarkan obrolan seru tentang anime, game, dan sesekali teknologi terkini maka cast_tar adalah channel podcast yang layak untuk disimak. Obrolan seru dalam podcast ini bisa Anda temukan dengan mudah di Google Podcast dan juga Spotify.

Podcast ini sudah memiliki sekitar 6 konten podcast, masing-masing konten podcast yang ada di channel ini berdurasi antara 30 hingga 60 menit. Meskipun terkesan cukup lama durasinya namun pembahasan yang seru tentang berbagai budaya pop dalam channel podcast ini akan membuat Anda lupa waktu.

Podcast Cerita Horror Indonesia

Do You See What I See?

Do You See What I See? adalah salah satu podcast Indonesia terpopuler. Podcast ini bahkan sering bertengger pada posisi pertama di chart podcast Spotify. Keunggulan dari DYSWIS terletak pada kesan natural dari cerita horror dalam podcast milik Rizky Adi Nugroho atau yang lebih dikenal dengan sebutan mizter popo ini.

Setiap cerita horror yang dibagikan dalam podcast ini memang terkesan natural sebab yang bercerita merupakan orang yang langsung mengalami peristiwa horror tersebut. Apalagi ditambah dengan backsound menyeramkan yang disesuaikan dengan cerita horrornya semakin menambah kengerian dari kisah tersebut.

Podcast ini pertama kali muncul pada November 2018 dan sejak saat itu hingga kini sudah lebih dari 8 juta pendengar podcast tersebut di Spotify. Hingga saat ini sudah lebih dari 200 konten cerita horror yang tersedia dalam podcast Do You See What I See?

Bagi Horror

Bagi horror juga merupakan podcast berisi konten cerita misteri yang dapat Anda nikmati di Spotify. Podcast yang dipandu oleh Pradipta Arga ini mengunggah konten baru hampir setiap hari sehingga Anda tidak akan kekurangan cerita baru yang dapat membuat bulu kuduk berdiri.

Uniknya lagi, dalam podcast ini bukan hanya bercerita tentang cerita horror yang dikirimkan oleh para pendengar baik itu lewat email atau twitter melainkan juga kisah yang berkaitan dengan mitos dan legenda. Suasana mistis semakin terasa dengan adanya backsound membuat Anda akan semakin merinding.

Malam Kliwon

Walau masih terbilang baru podcast bertajuk Malam Kliwon juga cukup seru bagi para penggemar cerita misteri. Podcast ini dipandu oleh 2 orang yaitu Bimo Kusumo dan Ramadhanu dan hingga kini sudah ada sekitar 20 episode konten podcast yang tersedia.

Beberapa konten podcast Malam Kliwon yang seru untuk disimak diantaranya seperti Jin Penunggu Gedung Arsip Nasional, Kereta Hantu yang ada di Stasiun Depok Baru dan Kuntilanak Merah yang ada di Komplek Sunter.

Podcast Kamis Misteri

Konten-konten yang ada dalam podcast ini sebenarnya berasal dari thread horror yang cukup viral di salah satu situs komunitas terbesar Indonesia, yaitu Kaskus. Cerita horror yang dijadikan sebagai konten podcast ini sangat beragam dan tercatat sudah ada puluhan cerita yang bisa Anda simak.

Beberapa cerita misteri dalam podcast Kamis Misteri diantaranya seperti kisah nyata narapidana di Surabaya yang satu sel dengan hantu, boneka mistis yang berasal dari Indonesia dan ada pula mitos tentang jam 3 pagi yang erat kaitannya dengan sebutan jam iblis.

Meskipun telah banyak konten cerita horror seru tersedia dalam podcast ini sayangnya cukup lama pula tidak ada konten baru. Tercatat unggahan konten terakhir di podcast Kamis Misteri terjadi pada awal September 2019.

Ludah Pocong

Jika penasaran ingin mendengar berbagai kisah horror namun Anda termasuk orang penakut maka konten di podcast Ludah Pocong ini tampaknya cocok untuk Anda. Podcast yang dipandu oleh Hadid Abdurrohman dan Gilang Ageng ini dikenal sebagai podcast yang seram tapi juga lucu.

Hampir di setiap cerita horor yang mereka bagikan dalam podcast akan diselipkan celetukan-celetukan lucu yang otomatis akan langsung membuat suasana seram menjadi sedikit lebih cair.

Segala pengalaman mistis yang tersedia di podcast ini berasal dari pengalaman mereka sendiri dan juga dari pendengar yang mengirim cerita kepada mereka lewat email.

Hingga saat ini sudah tersedia sekitar 50 cerita horror yang bebas Anda simak dalam podcast ini. Rata-rata durasi cerita horror yang ada di podcast Ludah Pocong terbilang cukup lama apalagi jika dibandingkan dengan cerita horror lainnya yaitu sekitar 20 menit hingga 3 jam.

Malam Seram

Setelah belasan tahun disiarkan dalam bentuk siaran radio, kisah Malam Seram kini hadir dalam konsep podcast.

Podcast yang ditayangkan di youtube ini memiliki rata-rata durasi yang cukup panjang, sekitar 90 menit. Walau durasinya terbilang sangat panjang namun kisah misteri yang seram membuat podcast ini tidak membosankan untuk didengar.

Paranormal Activity

Podcast ini berisi beragam pengalaman mistis yang pernah dialami oleh host dan juga beberapa tamu yang diundang ke dalam podcast bertajuk Paranormal Activity ini. Semua kisah yang diceritakan dalam podcast ini adalah kisah nyata.

Channel podcast ini sudah memiliki lebih dari 30 konten yang rata-rata durasinya antara 10-30 menit. Durasi konten podcast di channel ini memang tidak sepanjang podcast cerita horror lainnya namun cerita mistis singkat yang dipadukan dengan backsound seram yang tepat akan tetap membuat buku kuduk merinding.

Indonesia Horror Story

Indonesia Horror Story berisi berbagai kisah mistis yang dibuat dalam cerita singkat. Rata-rata konten podcast yang tersedia dalam channel podcast ini hanya sekitar 2 hingga 4 menit saja. Walau singkat, nuansa horror sangat terasa apalagi dipadukan dengan background musik yang akan menambah kengerian.

Podcast Film Indonesia

Epilogue

Epilogue merupakan salah satu podcast tentang film yang dipandu oleh Dedy Dahlan. Bukan hanya membahas review film, podcast ini juga sering mengundang bintang tamu dari kalangan dunia film Indonesia. Pembahasan review film lengkap dengan sesi diskusi film membuat podcast ini sangat seru untuk disimak.

Podstalgia

Sesuai namanya, podcast Indonesia yang membahas tentang film ini lebih berfokus pada film-film tempo dulu. Anda bisa menyimak berbagai ulasan film secara detail melalui podcast ini di Spotify, Apple Podcast, Google Podcast dan juga Youtube.

Tercatat sudah tersedia 105 konten podcast yang bisa Anda simak. Selain review film lawas, terdapat pula konten rekomendasi film dari para reviewer film. Bukan hanya itu saja, podcast ini juga menyajikan obrolan seru bersama praktisi perfilman Indonesia mulai dari aktor dan aktris hingga sutradara film.

SHOWBOX

SHOWBOX merupakan podcast hasil kerjasama dari Goodshow dan BOX2BOX Media Network. Podcast ini membahas serba serbi dunia film dan serial televisi. SHOWBOX yang dipandu oleh seorang jurnalis bernama Lisa Siregar ini akan selalu merilis konten setiap minggu.

Dalam podcast ini Anda akan bisa menyimak berbagai ulasan film serta ada pula beberapa konten yang mendatangkan bintang tamu dari praktisi perfilman Indonesia. Hingga saat ini tercatat sudah tersedia 80 konten podcast yang bebas Anda dengarkan di Spotify.

Doyan Film

Podcast bertajuk Doyan Film ini dikenal sebagai podcast yang mengulas film secara jujur. Jika mereka merasa bahwa film yang diulas adalah film bagus maka mereka akan memberikan berbagai sanjungan. Begitupun sebaliknya berbagai kritik pedas akan terlontar jika mereka merasa film tersebut jelek.

Habis Nonton Film

Podcast yang terbentuk sejak tahun 2018 ini merupakan salah satu podcast Indonesia dengan ulasan film yang cukup lengkap. Bukan hanya film Indonesia dan Holywood saja yang diulas bahkan terdapat pula ulasan lengkap mengenai drama korea yang sedang naik daun.

Selain ulasan film masih banyak konten podcast lainnya yang masih berkaitan dengan film dan tentunya tidak kalah seru untuk disimak. Tercatat sudah ada 81 konten podcast yang bisa Anda dengarkan dan rata-rata durasi kontennya sekitar 30 menit.

Cinema Paradisco

Cinema Paradisco adalah podcast yang mengulas beragam jenis film, baik itu film Indonesia ataupun film luar negeri. Pilihan film yang diulas dalam podcast ini sangat variatif bahkan bukan hanya film yang tayang di bioskop saja melainkan film-film independen yang biasanya hanya tayang di festival.

Hingga saat ini sudah ada sekitar 30-an konten ulasan film di channel Cinema Paradisco ini. Rata-rata durasi masing-masing konten yang ada di channel ini sekitar 15 hingga lebih dari 1 jam. Selain ulasan film, podcast ini juga menyajikan konten berisi obrolan santai tentang film.

Belajar dari Film

Ulasan film yang ada di dalam podcast ini bukan hanya dijelaskan dari plot ceritanya saja. Sesuai namanya, Belajar dari Film juga akan membuat Anda mengetahui seperti apa karakter, teknis dan juga pelajaran hidup yang bisa diambil dari sebuah film.

Anda bisa menemukan channel podcast tentang film ini di Google Podcast dan juga Spotify. Saat ini, channel podcast ini baru berisi 1 konten yaitu belajar dari film Parasite. Seperti diketahui, Parasite adalah salah satu film Korea dengan plot yang fenomenal apalagi baru-baru ini film tersebut mendapatkan piala Oscar.

Penonton Bayaran

Sama seperti podcast tentang film pada umumnya, Penonton Bayaran juga akan memberikan ulasan film yang cukup lengkap. Bukan hanya film yang tayang di bioskop saja yang dibahas dalam podcast ini melainkan beberapa series juga bisa Anda temukan ulasannya.

Podcast Game Indonesia

Review Games ID

Meskipun masih cukup baru di dunia podcast namun Review Games ID ini mampu menyajikan konten tentang games yang cukup menarik. Sejak April 2020 telah ada 3 konten tentang games yang bisa Anda dengarkan.

Sementara ini, memang baru ada beberapa informasi tentang games yang bisa Anda ketahui dari podcast Review Games ID ini, seperti deretan games yang akan dirilis pada April 2020 dan ulasan game Borderlands 2. Namun selanjutnya akan semakin banyak informasi dan ulasan games yang seru untuk disimak.

Mobileague Indonesia

Mobileague Indonesia juga belum lama ada di dunia podcast, hingga saat ini tercatat baru 3 konten yang diunggah. Salah satu konten podcast yang tersedia di Mobileague Indonesia contohnya seperti tentang game Beat & Rhythm

Thursday Night FIFA Podcast

Thursday Night FIFA Podcast adalah salah satu podcast yang fokus membahas game EA Sports FIFA. Game sepak bola ini tentu sudah tidak asing lagi untuk para gamers di Indonesia. Podcast ini membahas beragam fitur dan berita paling baru yang berkaitan dengan EA Sports FIFA.

Hingga saat ini sudah tercatat 11 konten podcast yang sudah diunggah. Kebanyakan dari konten yang sudah diunggah itu membahas informasi tentang FIFA Ultimate Team, perkembangan EA Sports FIFA di tanah air dan dunia.

Camp Cartel

Camp Cartel adalah salah satu podcast Indonesia terbaik yang membahas tentang game. Berbeda dengan podcast game pada umumnya yang mengulas berbagai macam games, Camp Cartel hanya fokus mengulas PUBG.

Seperti diketahui saat ini pemain PUBG di Indonesia semakin banyak jumlahnya. Tentu saja mereka ingin mencari tips menang PUBG, ulasan game PUBG dan lain sebagainya. Oleh sebab itu podcast tentang PUBG seperti Camp Cartel ini cukup banyak peminatnya.

Football Manager Punya Cerita

Sesuai namanya, podcast ini sangat cocok bagi Anda yang juga gemar bermain game Football Manager. Selain mengulas game Football Manager, podcast ini juga membahas fitur baru yang bisa Anda temukan dalam game FM20 serta beragam obrolan seru bersama sesama fans game FM.

Hingga saat ini tercatat sudah ada 19 konten podcast yang bisa Anda dengarkan. Rata-rata durasi pembahasan dalam podcast Football Manager Punya Cerita ini antara 5 hingga 50 menit.

Gedebah

Gedebah adalah salah satu podcast yang membahas industri game secara lengkap bersama dengan para narasumber yang ahli di bidangnya. Salah satu obrolan menarik yang ada dalam podcast ini adalah sesi wawancara dengan para pembicara IGDX seperti Philip dan Gilbran Imami.

Menyimak perbincangan di podcast ini akan membuat Anda lebih mengetahui seperti apa kondisi industri game, proses pengembangan game dan berbagai hal menarik lainnya seputar pembuatan game.

Funway Podcast

Walau baru muncul di tahun 2020 ini, Funway Podcast adalah salah satu podcast tentang game dengan konsep yang cukup matang. Hal tersebut bisa terasa dari kualitas audio podcast ini sebab sudah menggunakan mikrofon yang mampu menghasilkan suara dengan kualitas yang sangat jernih.

Sementara itu untuk konsep dari konten podcast ini Anda akan bisa mendapatkan beragam ilmu tentang game yang dibagikan oleh para narasumber berpengalaman. Podcast ini dapat dibilang sebagai salah satu corong yang dapat mengalirkan ilmu tentang proses pembuatan dan pengembangan game.

CastCastan

Podcast ini menyajikan berbagai konten menarik tentang industri game. Dipandu oleh Yodi, seorang CEO studio game Tamatin membuat segala pembahasan game menjadi lebih lengkap dan jelas. Apalagi channel podcast ini juga mengundang banyak narasumber yang sangat ahli di bidangnya masing-masing.

Podcast Parenting Indonesia

The Parent Story

The Parent Story adalah sebuah podcast Indonesia yang menghadirkan bermacam-macam perbincangan seru seputar pengalaman menjadi orang tua. Obrolan yang dikemas dalam bahasa santai ini bukan hanya melibatkan figur publik ternama Indonesia melainkan juga pakar parenting.

Pembahasan bermanfaat dan inspiratif seputar parenting akan membuat Anda bisa meningkatkan wawasan tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik.

Beberapa pembahasan bertema parenting yang bisa Anda temukan di podcast The Parent Story diantaranya seperti trik hemat belanja kebutuhan bayi dan cara mengelola keuangan saat baru memiliki anak.

Curhat Babu

Nama podcast ini cukup menarik perhatian, namun sebenarnya “babu” disini merupakan singkatan dari bapak dan ibu. Sesuai namanya, podcast yang dipandu oleh suami istri Ario Pratomo dan Nucha Bachri ini berisi curahan hati mereka sebagai orang tua dengan konsep obrolan ringan.

Keduanya saling membagikan sudut pandang mereka terkait dengan peran orang tua dalam tumbuh kembang anak. Mulai dari gaya pengasuhan hingga keuangan keluarga dibahas tuntas dalam podcast ini. Bahkan terkadang mereka juga mengundang pakar di bidangnya untuk diajak diskusi.

Mendengarkan obrolan santai bersama para pakar di bidang parenting bukan hanya akan meningkatkan wawasan Anda dalam pola asuh anak. Namun juga akan membuat waktu senggang Anda menjadi lebih bermanfaat.

The Story of Ubi

Bena Kribo mungkin lebih dikenal sebagai youtuber dan komedian, namun di dunia podcast ternyata Bena bersama istri dan anak mereka membuat sebuah podcast yang diberi nama The Story of Ubi. Dalam podcast ini akan dibahas mengenai berbagai hal terkait kehidupan pernikahan dan parenting.

Jika Anda suka dengan gaya humor Bena Kribo di youtube ataupun instagram, maka konten podcast tentang parenting ini juga akan terdengar menarik bagi Anda. Pembahasan ringan dan santai sesekali diselipkan unsur humor membuat Anda tidak akan bosan menyimak isi dari podcast keluarga ubi ini.

Bapak Rumah Tangga

Bukan hanya ibu yang membutuhkan banyak wawasan seputar parenting, bapak juga perlu mengetahui cara menerapkan pola asuh anak yang baik. Jika Anda termasuk pasangan yang baru memiliki buah hati ada baiknya mendengarkan podcast Indonesia bertema parenting.

Salah satu podcast berbahasa Indonesia tentang parenting yang layak disimak adalah podcast bertajuk Bapak Rumah Tangga ini. Podcast yang dipandu oleh Zulfikri Syatria dan Surya Hadiansyah ini sangat bagus untuk didengarkan para bapak yang baru dikaruniai momongan.

Berbagai pembahasan mengenai segala hal yang terkait dengan pola asuh anak dan rumah tangga akan dibahas tuntas di podcast ini. Namun tentunya segala pembahasan tersebut dilihat dari perspektif laki-laki.

Obrolan Babibu

Podcast bertema parenting dibuat oleh suami istri Esha Mahendra dan Ankatama. Obrolan antara pasangan suami istri ini termasuk seru untuk didengar sebab meskipun yang hanya membahas topik ringan tentang rumah tangga namun cocok untuk menemani Anda menjalani rutinitas sehari-hari.

Dalam podcast ini, mereka secara jujur bercerita bahwa sebenarnya terdapat cukup banyak ketidakcocokan diantara mereka berdua. Hanya saja perbedaan yang tidak cocok itu mereka usahakan untuk menjadi sebuah kekuatan yang bisa mengisi kekurangan satu sama lain.

Family Talks with Leonny

Family Talks with Leonny merupakan podcast yang membahas berbagai cara dan tips terbaik yang berkaitan dengan keluarga, hubungan pernikahan dan tentunya tentang pola asuh anak. Podcast ini akan membuat Anda mendapatkan inspirasi yang berkaitan dengan cara menemukan kebahagiaan dalam berumah tangga.

Joy Parenting

Sesuai namanya, podcast ini akan membahas berbagai cara terbaik untuk menerapkan pola asuh anak sehingga akan tercipta suasana keluarga yang bahagia. Channel podcast ini memang termasuk baru, konten pertamanya muncul pada akhir April lalu.

Walau baru namun pembahasan tentang parenting yang diunggah channel podcast ini sangat menarik untuk disimak dan tentunya bermanfaat. Apalagi jika Anda sedang mencari cara parenting terbaik selama pandemi covid-19.

Parenting Bersama Ayah Edy

Pemandu podcast ini berprofesi sebagai praktisi pendidikan yang lebih suka memanggil dirinya dengan sebutan ayah Edy. Melalui podcast ini Anda akan banyak mempelajari cara mendidik anak berbasis kecerdasan majemuk.

Berbagai permasalahan yang sering dihadapi dalam pola asuh anak diulas secara lengkap dalam podcast ini. Mulai dari masalah anak malas sekolah, anak yang masih suka rewel hingga bagaimana cara terbaik untuk membuat anak menjadi disiplin.

Podcast Psikologi Indonesia

Mind and Brain Indonesia

Mind and Brain Indonesia adalah salah satu podcast terbaik yang membahas bermacam-macam hal terkait dengan psikologi. Meskipun ilmu psikologi kesannya berat namun pembahasan dalam podcast ini lebih kepada isu praktis psikologi yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu pembahasan yang terdapat dalam podcast ini setidaknya cukup dekat dengan perilaku sehari-hari. Mulai dari pola asuh anak, pengembangan diri hingga beberapa gangguan psikologis diulas tuntas dalam podcast ini.

Hingga saat ini Mind and Brain Indonesia sudah menyediakan 9 konten podcast tentang psikologis. Unggahan konten terbaru yang juga bisa Anda simak di youtube Mind and Brain Indonesia adalah “Cara terbaik melatih empati pada anak”.

Simply-POD

Simply-POD membahas segala hal yang berkaitan dengan psikologi khususnya kesehatan mental dan fenomena psikologi yang kini semakin sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Hingga saat ini sudah tersedia 7 konten dalam podcast ini yang kebanyakan membahas permasalahan psikologi terkait covid-19.

Edukasi kesehatan mental yang diulas dalam podcast ini dijelaskan secara informatif dan menarik. Konsep dari podcast ini dibuat seperti obrolan santai bersama para narasumber yang ahli di bidangnya sehingga lebih terpercaya.

Psychology Room

Podcast bertajuk Psychology Room ini dibuat oleh Nerin Pratiwi seorang mahasiswi jurusan psikologi UNISBA Blitar. Beberapa materi tentang psikologi yang dibahas dalam podcast ini diantaranya seperti cara mengembangkan kecerdasan kognitif anak, teori psikososial hingga perbandingan teori perkembangan.

Rata-rata durasi dari materi psikologi yang dibahas dalam podcast ini panjangnya sekitar 10-15 menit. Ulasan yang jelas dengan durasi yang tidak terlalu lama membuat podcast yang tersedia di Apple Podcast dan Anchor ini lebih nyaman untuk disimak.

Hey Psyche

Hey Psyche merupakan podcast yang akan mengajak Anda menyelam lebih dalam dunia psikologi dengan cara yang tidak membosankan. Lewat podcast ini Anda akan lebih mengetahui bagaimana seorang psikolog membuat kliennya dapat mengeluarkan semua keluhan dan unek-unek yang selama ini tersimpan dalam hati.

Podcast yang pertama kali muncul di awal Februari ini sudah menghasilkan 12 konten podcast. Rata-rata durasi konten podcast dalam Hey Psyche sekitar 15-60 menit. Beberapa materi psikologi pernah diulas oleh podcast ini diantaranya seperti belajar menjadi konselor, cara ampuh mengatasi cemas karena corona dan lain-lain.

Psikologid

Sedikit berbeda dengan podcast Indonesia tentang psikologi lainnya, podcast ini lebih fokus membahas psikologi aplikatif. Selain itu, terdapat pula pembahasan mengenai cara pengembangan diri dan hal-hal yang terkait dengan kesehatan mental.

Rata-rata materi tentang psikologi yang diulas dalam podcast ini memang terbilang cukup singkat hanya sekitar 10 – 15 menit saja. Meskipun demikian, penjelasan materi tentang psikologi dalam podcast ini sudah terbilang cukup jelas.

KALM Podcast

KALM adalah sebuah podcast yang akan membuat pikiranmu menjadi lebih tenang saat mendengarnya. Konten podcast ini menyajikan obrolan yang berkaitan dengan psikologi dan kesehatan mental. Selain itu, akan dibacakan pula beberapa cerita yang khusus dikirim oleh para pendengar podcast ini,

Hingga saat ini sudah ada belasan konten yang dalam podcast ini. Rata-rata materi tentang psikologi yang diulas dalam KALM podcast tidak terlalu panjang. Durasinya hanya sekitar 30 – 45 menit saja, namun penjelasan materi psikologi dalam podcast ini termasuk cukup mudah dipahami.

Cerita Jiwa

Vindy Ariella yang berperan sebagai host dalam podcast ini adalah seorang bipolar yang kini juga menjalani kehidupan sebagai seorang aktivis yang menangani kesehatan jiwa. Maka dari itu, isi dari channel podcast ini juga sangat berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan jiwa.

Dalam podcast ini, Vindy akan menceritakan pengalamannya tentang permasalahan kejiwaan yang pernah dihadapinya. Selain itu terdapat unsur edukasi pula di dalamnya sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai referensi terbaik karena berasal dari sudut pandang orang yang langsung mengalaminya.

Sebuah Siniar

Podcast ini sebenarnya membahas berbagai macam masalah dan isu-isu sosial yang terjadi di lingkungan sekitar. Namun, dalam pembahasan tersebut akan dibumbui dengan perspektif psikologis. Hal tersebut akan membuat Anda bisa mengetahui sudut pandang lain yang bisa diambil dari sebuah masalah.

Podcast Inspirasi Islam Indonesia

Belajar Hijrah

Podcast belajar hijrah ini merupakan salah satu podcast inspirasi Islam yang berisi kajian dari Ustadz ternama Indonesia yaitu Ustadz Adi Hidayat. Podcast ini tersedia di beberapa platform seperti Spotify, Apple Podcast dan juga Anchor.

Beberapa materi kajian yang bisa Anda dengarkan di podcast Belajar Hijrah ini diantaranya seperti konsep berdagang ala Nabi Muhammad SAW, jenis amalan yang harus dilakukan oleh umat Islam dan masih banyak yang lainnya.

Materi kajian yang tersedia dalam podcast ini jumlahnya memang belum terlalu banyak.

Namun mendengarkan kajian di podcast ini setidaknya akan membuat Anda lebih bersemangat untuk memperbaiki diri agar bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan sekitar.

Berceloteh Dakwah

Sesuai namanya, podcast ini berisi kumpulan dakwah yang berasal dari ustadz-ustadz yang namanya sudah sangat dikenal di Indonesia. Popularitas dari ustadz yang ada di podcast ini tentunya sebanding dengan keilmuan yang mereka miliki tentang Islam.

Di dalam podcast Indonesia bertajuk Berceloteh Dakwah ini Anda bisa mendengarkan dakwah dari KH Zainudding MZ, Hanan Attaki dan masih banyak yang lainnya. Selain dakwah, dalam podcast ini juga tersedia lantunan sholawat dan murottal yang tentunya akan semakin menentramkan hati.

Podcast ini sudah tersedia di platform Spotify sehingga Anda lebih mudah jika tertarik mendengarkan kumpulan dakwah yang ada di dalam podcast Berceloteh Dakwah ini. Jadi di saat senggang dari kegiatan sehari-hari, sempatkan waktu untuk melakukan suatu hal yang baik.

Kajian Hanan Attaki

Hanan Attaki merupakan salah satu Ustadz yang populer di kalangan anak muda. Pemilihan bahasa yang santai saat berdakwah membuat Ustadz Hanan Attaki lebih mudah diterima oleh anak muda bahkan memiliki banyak penggemar.

Jika Anda tertarik mendengarkan dakwah Ustadz ini via podcast Anda bisa mendengarkannya di Spotify. Beberapa materi kajian dalam podcast ini diantaranya seperti “Sedekah tidak akan mengurangi harta”, “Tips mudah menghafal Al Quran meski bukan anak pesantren”, “Sabar yang menghasilkan jutaan kebaikan” dan lain-lain.

Ngaji Gus Baha

Pola pikir dan penjelasan logis dari Gus Baha di setiap ceramahnya membuat penceramah ini cukup disegani oleh masyarakat. Kini Anda semakin mudah untuk mendengarkan ceramah dari Gus Baha lewat smartphone sebab sudah tersedia podcast Ngaji Gus Baha yang bisa Anda akses di Spotify.

Gus Baha memang cukup sering menggunakan Nasouihul Ibad sebagai kitab yang dikajinya. Namun, kemungkinan materi kajian dari penceramah ini juga akan terus disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Kajian Ustad Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah termasuk salah satu pemuka agama Islam yang bukan hanya aktif berdakwah keliling Indonesia namun juga memanfaatkan media digital untuk syiar agama. Podcast yang berisi kajian Ustadz Khalid Basalamah ini bisa Anda temukan di Spotify dan Anchor.

Konten podcast yang tersedia juga sudah cukup banyak jumlahnya. Beberapa materi kajian yang bisa Anda temukan dalam podcast tersebut diantaranya seperti kajian tentang masjid, hadits, sholat sunnah, dan masih banyak yang lainnya.

Durasi setiap konten podcast yang tersedia dalam kajian Ustadz Khalid Basalamah cukup bervariasi, rata-rata durasinya sekitar 1 hingga 2 jam tergantung dari materi kajian yang diutarakan. Biasanya materi kajian yang sifatnya wajib akan lebih lama durasinya daripada materi kajian yang sifatnya sunnah.

M. Quraish Shihab Podcast

Podcast ini berisi berbagai macam kajian seputar Islam yang disampaikan langsung oleh M. Quraish Shihab. Seperti diketahui, Quraish Shihab adalah seorang pemuka agama Islam ternama yang ceramahnya selalu mampu membuat hati siapapun yang mendengarnya menjadi lebih tenang.

Beberapa kajian yang terdapat dalam podcast ini diantaranya seperti kajian tematik yang berasal dari rekaman pengajian, kajian mengenai tafsir Al-Quran hingga pemaparan tafsir Al-Misbah. Berbagai kajian yang ada dalam podcast ini akan membantu Anda meningkatkan pemahaman dan keimanan Anda terhadap Al-Quran.

Rata-rata durasi kajian dalam channel podcast yang hingga kini sudah mencapai 60 konten itu terbilang cukup singkat. Meskipun singkat namun jika Anda mendengarkan secara sungguh-sungguh maka wawasan dan keimanan Anda akan Islam semakin bertambah kuat.

Kajian Tafsir Al-Quran

Kajian tafsir Al-Quran ini dipandu oleh ustadz Firanda Andirja Abidin, seorang ustadz yang tentunya sangat ahli dalam menafsirkan Al-Quran dengan bahasa yang mudah dipahami. Podcast ini sudah berisi lebih dari 40 konten yang masing-masing kontennya berdurasi sekitar 2 hingga 3 jam.

Meskipun durasi konten yang terdapat dalam podcast ini terbilang sangat panjang namun ulasan lengkap yang sangat detail terkait tafsir Al-Quran membuat Anda akan tetap betah mendengarkannya. Podcast ini memang cocok bagi Anda yang ingin belajar Al-Quran dengan cara yang lebih efisien.

Dakwah Sunnah

Dakwah Sunnah merupakan podcast yang membahas berbagai hal seputar kajian, dakwah serta ajaran Islam sesuai dengan apa yang tertulis dalam Al-Quran. Hingga kini podcast ini sudah menyediakan konten yang jumlahnya mencapai 58 konten.

Konten-konten kajian yang terdapat dalam channel podcast ini memiliki durasi yang cukup panjang. Rata-rata durasi kontennya lebih dari 1 jam, namun karena kajiannya menarik disimak durasi sepanjang itu tidak akan terasa membosankan.

Podcast Digital Marketing Indonesia

Penasaran Digital

Jika Anda merupakan pengusaha yang bergerak di sektor digital marketing maka Anda perlu strategi yang tepat agar terjadi peningkatan pada bisnis Anda. Oleh sebab itu lebih banyak dibutuhkan wawasan mendalam tentang strategi bisnis digital marketing seperti yang bisa Anda temukan dalam podcast ini.

Podcast bernama Penasaran Digital bisa Anda dengarkan dengan mudah melalui platform Spotify. Wiliam Jakfar yang dikenal sebagai edukator digital marketing akan memberikan ulasan terbaiknya seputar bisnis dan digital marketing.

Hingga saat ini sudah tersedia 7 konten podcast yang mengulas bisnis dan digital marketing yang bisa Anda dengarkan di Spotify. Rata-rata durasi konten podcast Penasaran Digital sekitar 15-30 menit. Durasi tersebut sangat cukup memberikan wawasan dan sudut pandang baru tentang digital marketing.

Maestro Digital Marketing

Podcast Maestro Digital Marketing ini dibuat oleh Antony Putu seorang ahli di bidang Search Engine Optimization (SEO). Wawasan dan pengalamannya dalam dunia digital marketing tentu sudah tidak perlu diragukan sehingga kiat-kiat yang diberikan dalam podcast ini sangat layak untuk disimak dan dipelajari.

Podcast Indonesia ini akan memberikan beragam wawasan baru seputar SEO, mulai dari cara terbaik untuk bisa memaksimalkan mesin pencari, cara memaksimalkan potensi bisnis hingga belajar SEO dari segi teknisnya. Pembahasan tentang digital marketing diulas dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami.

Digital Marketing with Denny Santoso

Denny Santoso dikenal sebagai seorang digital marketer paling ternama di Indonesia. Melalui podcast ini tentunya Anda bisa lebih banyak belajar beragam ilmu dan praktek yang terkait dengan digital marketing. Pembahasan dengan bahasa yang sederhana membuat ilmu digital marketing yang terkesan berat lebih mudah dipahami.

Materi digital marketing yang terdapat dalam podcast ini sangat beraneka ragam. Mulai dari cara mencari ide bisnis, trik mengetahui target pasar dan berbagai tips dan trik lainnya seputar dunia bisnis dan digital marketing bisa Anda simak dalam podcast ini.

Indonesia Digital Marketing

Podcast ini akan mengajak Anda untuk mempelajari beragam strategi pemasaran produk secara digital. Dikenal sebagai seorang internet marketing sekaligus konsultan website, Ryan Kristo Muljono pemandu podcast ini akan menjelaskan beragam cara terbaik agar bisnis online Anda semakin berkembang.

Digipreneur

Berbicara mengenai entrepreneurship yang terkait dengan digital marketing maka podcast Digipreneur ini bisa dibilang sebagai podcast Indonesia terbaik. Digipreneur akan memberikan Anda wawasan baru terkait dengan bisnis online, digital marketing dan pengembangan diri sebagai seorang pengusaha.

Hingga saat ini sudah tersedia lebih dari 70 konten podcast yang mengulas tuntas strategi terbaik seputar digital marketing. Uniknya, dalam podcast ini rata-rata durasi pembahasan digital marketing hanya sekitar 5-10 menit saja. Meski durasi kontennya sangat singkat, kebanyakan pendengar cukup puas dengan materi yang didengarnya.

AWK Podcast

AWK podcast merupakan salah satu jenis podcast bertema bisnis yang fokusnya pada pengembangan bisnis lewat digital marketing. Rata-rata durasi tiap konten yang ada di channel podcast ini terbilang cukup singkat, namun dalam singkatnya durasi tersebut Anda akan menemukan banyak pencerahan terkait digital marketing.

Digital Marketing Podcast by Yuda Ps

Podcast ini membahas seputar digital marketing dengan bahasa yang cukup ringan sehingga mudah dipahami. Kebanyakan konten podcast ini akan membahas mengenai pengertian beberapa istilah digital marketing dan juga berbagai tips yang berkaitan dengan digital marketing.

Rata-rata durasi dari konten di channel podcast ini tidak terlalu panjang, hanya sekitar 30 menit saja. Meskipun cukup singkat namun penjelasan seputar digital marketing dalam podcast ini sudah cukup jelas sehingga pendengarnya akan lebih mudah memahaminya.

Ngobrol.IM

Podcast bertema digital marketing ini digagas oleh Iqbal Maulana seorang CEO digital agency yang bernama Advertisa. Dalam podcast ini Iqbal yang juga bertindak sebagai host ingin berbagi pengalaman seputar internet marketing khususnya advertising pada Facebook dan Instagram.

Sudut pandang tentang digital marketing yang dibahas dalam podcast ini dijelaskan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Setiap minggunya, akan ada konten baru yang diunggah ke channel podcast yang baru dibuat pada Mei 2020 ini.

Hingga saat ini tercatat sudah ada 11 konten, rata-rata durasi dari konten podcast ini terbilang cukup singkat. Durasi terlama hanya sekitar 30 menit saja dan yang paling cepat sekitar 10 menit.

Pembahasan yang tidak bertele-tele akan membuat Anda lebih mudah dalam mempelajari digital marketing lewat podcast ini.

Cara Download Podcast

Mengakses dan mendengarkan podcast itu sebenarnya cukup mudah, bahkan di Spotify Anda bisa mendengarkan podcast hanya dengan berbekal kuota internet ataupun wifi.

Tanpa berlangganan pun Anda bisa mendengarkan podcast yang tersedia dalam sebuah channel di Spotify secara utuh.

Berikut ini akan dijelaskan cara mengakses dan mendengarkan podcast yang tersedia di platform Spotify:

  1. Langkah pertama adalah mendownload aplikasi yang menyediakan podcast. Kali ini untuk contohnya menggunakan Spotify, sehingga Anda terlebih dahulu harus mendownload Spotify yang bisa Anda unduh secara gratis baik di App Store ataupun di Google Play Store.
  2. Selanjutnya lakukan register dengan memasukkan email dan username Anda
  3. Setelah itu lakukan log in dan pilih podcast yang ingin Anda dengarkan. Di Spotify terdapat jutaan podcast yang bisa bebas Anda dengarkan hanya dengan berbekal kuota internet atau wifi.

Meskipun cara mengakses podcast sangat mudah namun terkadang Anda tetap ingin mendownload podcast agar bisa didengarkan secara offline tanpa perlu menggunakan jaringan internet.

Agar Anda bisa mendownload podcast maka lakukan cara-cara berikut ini.

  1. Kali ini contoh yang diberikan masih menggunakan podcast yang ada di Spotify. Oleh sebab itu pastikan sebelum mendownload, Anda sudah berlangganan akun premium. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buka podcast yang ingin Anda download
  2. Kemudian klik simbol panah berwarna putih yang mengarah ke bawah. Simbol seperti itu selama ini Anda kenal sebagai simbol download.
  3. Jika proses download berhasil maka simbol panah yang mengarah ke bawah itu akan berubah menjadi hijau.
  4. Podcast yang telah Anda download secara otomatis akan langsung tersimpan di Gallery smartphone Anda.

Proses memutar podcast Indonesia yang sudah Anda download tadi juga cukup mudah. Anda hanya perlu mengatur aplikasi Anda itu untuk masuk ke mode offline.

Setelah itu, sudah bisa mendengarkan podcast yang telah Anda download tanpa perlu khawatir kuota internet berkurang.

Atau Anda ingin memiliki podcast sendiri? Silahkan baca : Cara Membuat Podcast di Berbagai Platform

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133