Ragam

Salah Satu Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan Adalah Berikut Ini

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah dengan melakukan shuttle run. Namun masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan, untuk meningkatkan kelincahan tubuh dalam bergerak, dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Saat ini olahraga tidak perlu membutuhkan peralatan yang sulit ditemukan.

Anda tetap bisa meningkatkan kebugaran tubuh dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, namun tetap bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh di rumah saja.

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah agar tubuh bisa lebih berenergi, dan juga menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit. Jika tubuh jarang diajak untuk berolahraga, pasti Anda akan merasa lesu atau mudah lelah.

Namun jika kebugaran tubuh terjaga, maka Anda akan lebih bersemangat dalam beraktivitas serta tubuh akan terasa lebih ringan. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jasmani, namun kesehatan mental Anda juga akan lebih terjaga, sehingga terhindar dari stress atau depresi.

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah berikut ini :

Cukup banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan, dan berfungsi untuk meningkatkan kelincahan tubuh. Jika Anda rutin untuk melakukannya, maka kegiatan ini bisa membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh dan mental

Shuttle Run

Salah satu bentuk latihan untuk meningkatkan kecepatan adalah shuttle run, atau biasa juga disebut lari bolak-balik. Anda tidak memerlukan lapangan luas saat melakukannya, mencoba shuttle run di rumah juga bisa dilakukan.

Caranya adalah cobalah untuk menentukan titik start dan finish, kemudian pasanglah timer agar bisa menghitung berapa menit yang diperlukan untuk mencoba titik start dan finish. Anda bisa mencoba 6 sampai 10 kali shuttle run, dengan jarak titik start dan finish yang sama.

Pertama Anda perlu lari secepatnya menuju titik finish, lalu berlari mundur menuju titik start. Dengan melakukannya secara rutin, maka tubuh Anda bisa lebih lincah dan lentur dari sebelumnya.

Menangkap Bola

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah menangkap bola. Caranya adalah dengan memantulkan bola ke dinding, kemudian menangkapnya dengan kedua tangan, lalu cobalah untuk menangkap bola dengan tangan paling dominan.

Jika sudah mencobanya beberapa kali, Anda bisa mencoba untuk menangkap bola dengan tangan yang tidak dominan. Menangkap bola akan jauh lebih menyenangkan, jika Anda melakukannya bersama teman atau keluarga.

Lompat Zig Zag

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah lompat zig zag. Kegiatan ini bisa Anda lakukan di rumah, dengan memanfaatkan selotip untuk memberikan jarak sekitar 30 sampai 60 cm di setiap garis selotip secara zig zag.

Kemudian cobalah untuk melompat sekuat tenaga, menuju titik selotip tersebut. Lakukan secara cepat dan berulang, dengan kegiatan ini kekuatan pada kaki Anda akan semakin terlatih.

Memukul Balon

Untuk meningkatkan daya tahan otot, bentuk latihan yang dapat digunakan yaitu memukul balon. Anda perlu menyiapkan dua balon, kemudian memukulnya secara bergantian. Dan pastikan bahwa kedua balon tersebut tidak menyentuh lantai dan tetap mengapung.

Dengan memukul kedua balon secara terus menerus, otot tangan akan terasa lebih kuat. Anda juga bisa melakukannya dalam posisi squat, agar bisa meningkatkan kekuatan pada otot kaki.

Squat Thrust

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah squat thrust, kegiatan ini bisa meningkatkan massa otot, kesehatan kardio vascular dan efektif membakar lemak tubuh. Otot kaki dan tangan Anda akan terasa lebih kokoh dan kencang, dan membantu pembentukan otot.

Pertama ambil posisi jongkok, kemudian berubah ke posisi push up dengan kedua tangan lurus menyentuh lantai. Posisikan kedua lutut masuk di antara kedua tangan, dan kembalikan kaki ke dalam posisi lurus.

Kemudian lakukan kembali olahraga ini secara berurutan, Anda bisa menambahkan tempo menjadi lebih cepat dan lakukan sekitar 1 menit. Agar kekuatan tangan dan kaki, bisa lebih ditingkatkan.

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah squat thrust, dimana aktivitas ini akan membantu otot tubuh menjadi lebih terbentuk. Namun masih banyak aktivitas lain, untuk meningkatkan kelincahan tubuh.

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button