Apa Itu Search Engine? Cara Kerja Search Engine Disini!

Apa itu search engine? Dan bagaimana cara kerja search engine coba saya jabarkan dalam tulisan ini.

Tanpa disadari, kita tahu bahwa saat ini untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan sudah menjadi hal mudah dan praktis, sebab Anda bisa mencarinya di search engine.

Caranya, Anda hanya perlu mengetikkan kata yang ingin Anda ketahui, lalu tunggu beberapa saat maka tak butuh waktu lama Anda akan menemukan banyak informasi. Namun meskipun demikian sudahkah Anda tahu apa itu search engine?

Search engine atau mesin pencari adalah program PC, komputer, atau laptop yang dibuat secara khusus untuk melakukan sebuah pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan pada layanan www, publikasi milis, news group, atau pun ftp.

Ada pula yang mengatakan bahwa search engine merupakan sebuah perangkat penelusuran informasi dari berbagai dokumen yang tersedia.

Jika dilihat dari segi fungsinya, search engine ini berfungsi untuk mengelompokkan, menemukan, serta menyimpan banyak informasi dalam sebuah website agar mudah ditemukan kembali.

Namun demikian, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai search engine, mari simak selengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Search Engine

 

Membahas mengenai apa itu search engine memang menarik sekali. Kenapa demikian? Sebab, lewat search engine inilah orang di seluruh penjuru dunia akan mencari segala informasi yang mereka butuhkan. Pengertian search engine atau yang juga disebut dengan mesin pencarian ini merupakan program pencarian khusus yang nanti akan mengidentifikasikan informasi dalam database.

Dimana database tersebut pastinya akan sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dimasukan pengguna pada search engine.

Lalu, apa sih yang ada pada database tersebut? Database ini umumnya berisikan mengenai alamat dan konten situs atau website tertentu yang ada di World Wide Web atau yang biasanya dikenal dengan ‘WWW’.

Dengan begitu sangat jelas sekali kalau search engine ini berfungsi untuk mencari berbagai jenis informasi dari database.

Lalu hasil pencariannya nanti akan ditampilkan dalam bentuk daftar, yang sering sekali diurutkan menurut tingkatan akurasi atau pun rasio pengunjung atas suatu dokumen, berkas, atau file yang disebut sebagai hits.

Tentu saja informasi yang dijadikan sebagai target pencarian bisa ada dalam berbagai macam jenis berkas, seperti halaman situs website, gambar, atau pun yang lainnya. Tapi apa iya hanya sesederhana dan sesimpel itu saja?

Beberapa search engine bahkan diketahui telah melakukan sebuah pengumpulan informasi atas data-data yang tersimpan dalam suatu basis data, atau pun direktori website.

Penting pula untuk diketahui bahwa search engine biasanya dihubungkan dengan jaringan internet. Dengan begitu search engine bisa lebih mudah diakses oleh siapa pun asalkan mereka memiliki akses internet, baik WiFi atau data internet. Mendata dan mendaftarkan informasi apapun tentang situs website, database, dan lain-lain.

Tentu saja yang demikian tersebut berkat perkembangan teknologi yang kini berjalan begitu pesat, hingga akhirnya mampu mempengaruhi pula terhadap pola tingkah laku seseorang.

Apabila dulu pada saat seseorang ingin mencari sesuatu, maka orang tersebut harus terlebih dulu bertanya pada seseorang yang mungkin mengetahui atau pun pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan informasi yang dicarinya.

Perlu untuk diketahui juga bahwa sebagian besar search engine dijalankan oleh perusahaan-perusahaan swasta, khususnya bagi mereka yang menerapkan algoritme kepemilikan dan berbasis data tertutup. Antara lain seperti Safari Google (MSN Search dan Yahoo).

Hingga akhirnya terciptalah search engine dengan sumber terbuka, contohnya OpenFTS, Htdig, Egothor, dan Nutch.

 

Macam Macam Search Engine dan Penjelasannya

 

 

Google – www.google.com

 

Google

Setelah kami membahas lebih lengkap dan detailnya tentang apa itu search engine, kini saatnya untuk membaca mengenai macam macam search engine lengkap dengan penjelasan singkatnya.

Nah, salah satu macam atau jenis search engine yang populer dan memiliki pengguna paling banyak di dunia adalah Google. Anda dan orang lain di luaran sana pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan mesin pencarian satu ini?

Luar biasanya, bahkan sampai saat ini Google masih menjadi nomor satu sebagai search engine terbaik di dunia. Menduduki peringkat pertama, Google merupakan search engine terpopuler di dunia maya. Apalagi banyak praktisi yang mengoptimalkan websitenya dengan SEO Google.

Anda bisa memanfaatkan untuk mencari segala informasi yang dibutuhkan dengan mudah, cepat, dan praktis.

Juga bisa pula berupa pencarian alamat situs website, file atau dokumen, gambar, dan untuk mengetahui situs website topik-topik juga masih ada banyak lagi.

 

DuckDuckGo – www.duckduckgo.com

 

DuckDuckGo

Ya, DuckDuckGo memang terdengar masih sangat asing di telinga, tetapi ternyata search engine satu ini memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan search engine lainnya.

Dimana pada saat Anda mencoba menanyakan mengenai sejarah atau pun fakta-fakta menarik, maka hasil pencarian akan dipaparkan secara pantas, dengan menggunakan enjin janaan Wofram Alpha.

Satu kotak yang terpapar nanti akan memberikan Anda definisi secara lebih terperinci. Kabar baiknya, DuckDuckGo ternyata juga akan benar-benar menghormati privasi penggunanya.

Itu artinya Anda tidak perlu takut atau merasa khawatir pada saat mencari informasi tertentu lewat search engine satu ini.

 

Bing – www.bing.com

 

Bing

Sementara itu untuk yang berikut ini ternyata produk milik Microsoft. Tidak sama seperti DuckDuckGo, Bing ternyata masih banyak orang yang mengenalinya.

Menjadi salah satu bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ke-3 search engine produksinya yang terdahulu, antara lain seperti MSN Search, Live Search, dan Windows Live Search.

Keistimewaan dari penggunaan mesin pencari satu ini adalah Bing menawarkan hasil pencarian yang jauh lebih akurat. Alasannya, Bing menggunakan teknologi terkini yang bernama PowerSet.

Bing bahkan juga akan mengelompokkan pencarian berdasarkan 4 kategori, yakni pencarian gambar, situs atau website, berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari pengguna Bing.

 

Yahoo! – www.yahoo.com

 

Yahoo

Bisa dibilang, Yahoo merupakan salah satu search engine terbesar setelah Google. Menjadi salah satu mesin pencari milik perusahaan multinasional yang ada di Amerika Serikat, tepatnya di Sunnyvale, California, Yahoo! didirikan oleh David Filo bersama Jery Yang.

Tidak jauh berbeda dengan Google, Yahoo! juga melakukan pengelompokkan pada berbagai kategori, seperti website, berita, gambar, video, dan audio. Search engine satu ini bahkan akan selalu tampilkan kata yang mirip dengan kata kunci yang sedang dicari pengguna.

 

Ask – www.ask.com

 

Ask

Lalu untuk yang terakhir ini juga tidak kalah populernya sebagai search engine yang memiliki pengguna cukup banyak di dunia. Berdiri sejak tahun 1996 silam, Ask didirikan oleh Garret Gruener bersama David Warthen.

Berbeda dengan search engine di atas, Ask memiliki fitur unggulan seperti Q & A Community. Fungsi dari fitur tersebut mirip seperti dengan Yahoo Answers. Ask sendiri merupakan mesin pencari yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diketikkan melalui search engine satu ini.

 

Kelebihan dan Kekurangan Search Engine

 

Google

 

 

Kelebihan Google

 

1. Memiliki kecematan yang sangat baik dalam mencari informasi

2. Memiliki fitur yang lebih lengkap

3. Memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan

4. Memiliki cache sehingga pengguna bisa menghemat waktu pencarian

 

Kekurangan Google

 

1. Menjadi bidikan para spamer untuk menampilkan berbagai iklan yang diperlukan

 

DuckDuckGo

 

Kelebihan DuckDuckGo

 

1. Memberikan hasil pencarian akan dipaparkan secara pantas

2. Satu kotak yang terpapar memberikan definisi yang terperinci

3. Menjaga privasi pengguna

4. Memiliki tampilan yang ringan, bersih, dan sederhana

5. Tidak memiliki tracking

6. Memiliki forum sehingga antar pengguna bisa saling berkomunikasi

 

Kekurangan DuckDuckGo

 

1. Belum dikenal banyak orang

2. Hasil pencariannya masih mencakup hal yang lebih luas

3. Belum cukup lengkap

 

Bing

 

Kelebihan Bing

 

1. Memiliki fasilitas instant answer

2. Hasil pencarian video atau gambar bisa ditampilkan maupun disaring secara detail

3. Memiliki kotak detail di link hasil pencarian

4. Search engine yang komplit

5. Sistem filtr bisa diaktifkan atau dinon-aktifkan

 

Kekurangan Bing

 

1. Tidak memiliki fitur lengkap

2. Tidak bisa berhitung

3. Kurang diminati pengguna

4. Kurang cepat dalam mencari informasi

 

Yahoo!

 

Kelebihan Yahoo

 

1. Lebih lengkap dan sama seperti Google

2. Mudah diakses

3. Menyediakan peta dan yellow page

4. Memiliki fitur email

5. Mudah dan cepat dalam pencarian

6. Memiliki fitur yang lengkap

7. Menyediakan katalog website

 

Kekurangan Yahoo

 

1. Loading yang terlalu lama

2. Software pendukung masih kurang

 

Ask

 

Kelebihan Ask

 

1. Akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan pengguna

2. Lebih canggih dan bisa menampilkan informasi lebih banyak di halaman pertama

3. Background yang bisa diganti-ganti

 

Kekurangan Ask

 

1. Database kecil

2. Fitur yang tidak lengkap

3. Dari segi tampilan yang ditinjau biasa-biasa saja

4. Pencarian tidak ada filtering

5. Tidak ada pengelompokkan data khusus dalam pembukaan gambar

 

Search Engine Selain Google

 

 

Ask

 

Ini merupakan perusahaan induk dari situs website terpopuler, yakni Teoma, Ask for Kids, dan Bloglines. Memiliki tampilan yang begitu sedehana dan efisien, search engine tersebut bisa merespon pencarian berdasarkan frasa, pertanyaan, atau sepatah kata.

 

Dogpile

 

Ini adalah mesin meta pencarian terbaik yang bisa Anda gunakan pula untuk mencari berbagai informasi yang Anda butuhkan. Dogpile nanti akan bekerja dengan cara mengumpulkan berbagai informasi dari beragam search engine.

 

DuckDuckGo

 

Apabila Anda memang membutuhkan mesin pencari yang memberi perlindungan penuh pada privasi Anda, maka DuckDuckGo adalah jawabannya.

Search engine ini pada dasarnya dibuat secara khusus untuk memberi perlindungan privasi kepada para pengguna, misalnya saja dengan cara membatasi data profiling, menghindari filter bubbles, hingga mengurangi advertiser tracking.

 

AOL

 

Ini adalah mesin pencarian yang mendapat dukungan Bing. AOL atau America Online menyetujui hubungan strategis dengan Microsoft di tahun 2015 silam, misalnya dengan melebarkan cakupannya.

 

Baidu

 

Ini adalah search engine terbaik dan terkemuka di China. Baidu memang hanya digunakan di China itu artinya Anda yang tinggal di Indonesia tidak bisa menggunakannya untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Baidu bahkan mampu meraih pangsa pasar global dan sampai sekarang terus bertumbuh dengan sangat baik.

 

Bing

 

Jika berbicara mengenai popularitasnya, Bing memang tidak terlalu populer seperti Google. Namun meskipun demikian, Bing masih memiliki bagian besar pada lalu lintas mesin pencarian. Bing bahkan menyumbang 6.45 persen dari pasar pencarian global.

 

Yahoo!

 

Meskipun bukan nama baru sebagai search engine, tetapi ternyata Yahoo! masih ada di bawah Google. Tidak hanya dijadikan sebagai mesin pencari, Yahoo! juga menawarkan fitur menarik lainnya, seperti finance, news, dan mail.

 

Yandex

 

Lalu untuk yang berikut ini merupakan search engine terbak dan terpopuler di Rusia. Yandex bahkan memiliki pangsa pasar di lebih dari 50% di negaranya jika dibandingkan dengan Google.

Search engine tersebut bahkan juga hadir di negara lain, seperti Belarusia, Ukraina, Turki, dan Kazakhstan.

 

Naver

 

Tidak hanya terdengar asing, tetapi search engine yang satu ini memang hanya memiliki persentase yang sangat sedikit dari segi pangsa pasar global. Namun meskipun demikian, Naver memiliki basis besar di pasar dalam negeri, yakni Korea Selatan.

Hadir dengan algoritmanya yang menggunakan bahasa Korea, search engine tersebjt memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan Google.

 

Gibiru

 

Ini adalah browser yang juga tidak kalah menariknya dari search engine di atas. Namun demikian, ternyata Gibiru lebih memperhatikan mengenai privasi dan isu sensor konten.

Oleh karenanya Gibiru menjadi mesin pencari alternatif yang tepat apabila Anda memiliki perhatian pada kedua isu tersebut.

 

Internet Archive

 

Jika dilihat dari segi namanya, memang agak sulit jika mengatakan search engine tersebut sebagai sebuah mesin pencari. Namun demikian, apabila berpatokan pada jenis mesin pencarian yang sudah kami sebutkan sebelumnya, maka Internet Archive bisa digolongkan sebagai mesin pencari yang dikurasi manusia.

Mesin pencari tersebut bisa bekerja seperti museum atau perpustakaan yang menyimpan berbagai macam buku, musik, website, film, dan software.

 

CC Search

 

Bisa dibilang, CC Search merupakan solusi untuk mendapat berbagai konten gambar berlisensi gratis. Melalui search engine satu ini maka Anda bisa lebih mudah mendapatkan gambar-gambar yang keren. Tak perlu khawatir, sebab semua gambar yang tersedia dapat dipastikan sudah memenuhi sistem lisensi Creative Commons.

 

Swisscows

 

Lalu untuk yang terakhir ini merupakan search engine alternatif buat Anda yang berkomitmen pada keamanan privasi dan pengguna data personal. Tidak jauh berbeda dengan search engine pada umumnya, Swisscows juga tidak menyimpan data personal juga riwayat pencarian pengguna.

 

Cara Kerja Search Engine

 

 

Crawling – penelusuran atau penjelajahan

 

Pada tahapan yang pertama ini search engine nanti akan menjelajahi banyaknya halaman dan dokumen yang ada pada ‘WWW’ atau World Wide Web.

Mesin pencari tentu saja akan selalu memulai penelusuran data dari situs website yang terpercata dan berkualitas untuk memberikan informasi yang dibutuhkan pengguna bisa didapatkan secara akurat.

Dalam proses pencarian dokumen atau informasi tersebut biasanya disebut dengan Spider atau Crawler.

 

Indexing – pengindeksan

 

Lalu untuk yang berikut ini merupakan daftar raksasa pada semua halaman situs website dan konten yang ditemukan bot. Dokumen juga halaman yang ditelusuri mesin pencari pada proses Crawling akan dimasukkan dalam list database.

Search engine menggunakan indeks tersebut sebagai sumber informasi yang nanti akan ditampilkan pada laman hasil penelusuran.

Namun meskipun demikian ternyata tidak semuanya bot dapat menemukannya dalam indeks mesin pencari. Hanya dokumen yang relevan saja yang dipilih dari database.

 

Ranking – peringkat

 

Cara search engine melakukan peringkat di halaman utama mesin pencari adalah rahasia dan memiliki cara atau trik tersendiri.

Setidaknya ada ratusan cara yang dilakukan untuk menentukan peringkat, termasuk di dalamnya seperti kata-kata pada halaman, jumlah situs yang menghubungkan ke sana, dan konten-konten terbaru.

Demikian informasi mengenai apa itu search engine. Salam suskses ya untuk pembaca setia weblog wahyublahe.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *