SEOMarketing

Peran SEO Untuk UKM di Era Digital

Jika berbicara mengenai peran SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang paling nyata terlihat di era digital seperti sekarang adalah trafik potensial yang datangnya dari mesin pencarian Google.

Bahkan tidak ada lagi alasan untuk tidak memanfaatkan dengan baik SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis.

Alasannya, karena pada dasarnya semua jenis bisnis ternyata bisa melakukan dan mendapatkan benefit dari SEO.

Artikel ini ditulis, menjawab banyaknya pertanyaan tentang peran SEO dalam pemasaran online. Dan apa peranan SEO bagi website atau blog pebisnis perorangan atau perusahaan.

Yang untuk saat ini pembahasannya saya kelompokkan dalam kategori peran SEO untuk UKM.

Tapi, sudahkah Anda tahu apa itu SEO?

Secara umum, pengertian dari SEO (Search Engine Optimization) adalah beberapa upaya yang dilakukan pada sebuah halaman blog atau website, untuk meningkatkan visibilitas halaman website tersebut agar jadi lebih baik di mesin pencarian.

Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin sengit di era digital seperti saat ini, Anda sebagai pelaku bisnis, wirausahawan ataupun sebagai digitalpreneur tentu saja tidak hanya diwajibkan untuk memiliki media sosial yang aktif, website bisnis saja.

Namun, juga paham cara agar website tersebut masuk di halaman utama pencarian Google serta pemahaman digital mindset wajib dikuatkan.

Hal tersebut juga menjadi materi saya dalam memberikan informasi di Coaching Clinic Bank Indonesia, diadakan dua minggu sekali, tampak pada gambar di bawah ini

Wirausaha Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara

 

Wirausaha Bank Indonesia

Bagi yang berminat, bisa daftar di link berikut ini.

Klik : bit.ly/coachingclinicBI

Pengertian SEO Untuk UKM

Pada dasarnya apapun jenis usaha atau bisnis yang akan dijalankan semuanya bisa melakukan SEO sendiri. Tapi pastikan Anda sudah memiliki pengetahuan mengenai basic SEO yang baik dan benar.

Secara teori sebenarnya ilmu SEO itu tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang sangat sederhana sekali.

Tetapi dalam praktiknya, SEO tergolong sebagai aktifitas yang cukup membosankan dan menjenuhkan, karena melibatkan banyak hal.

Seperti popularitas sebuah website, algoritma Google dinamis, butuh waktu yang sedikit, dan masih ada banyak lagi.

Jika berbicara mengenai apa itu SEO untuk UKM, SEO di sini sejenis pemasaran yang butuh waktu untuk mendapatkan hasilnya.

Tentu saja tidak bisa disamakan seperti iklan pada umumnya, SEO membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan. Atau bahkan bisa lebih untuk melihat langsung hasilnya.

Namun, meskipun demikian Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab, basic SEO bisa dipelajari secara otodidak dari berbagai sumber yang didapatkan di internet. Akan ada banyak sekali website atau blog yang membahas mengenai SEO.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang benar di mesin pencarian. Misalnya saja untuk kata kunci pakar SEO, belajar SEO, strategi SEO, cara optimasi SEO di website, dan lainnya.

SEO Untuk UKM di Era Digital

Setelah membahas informasi lebih lengkapnya mengenai apa itu SEO, kini saatnya untuk mengetahui peran penting SEO untuk UKM itu sendiri.

Pada dasarnya ada banyak sekali macam cara yang dilakukan pelaku bisnis atau pengusaha untuk dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnisnya tersebut.

Baik itu dengan melakukan pemasaran secara offline atau internet marketing.

Berikut adalah beberapa peran SEO dalam pemasaran online untuk UKM yang perlu Anda tahu.

Mendatangkan Trafik Potensial

Perlu untuk diketahui bahwa pada dasarnya halaman website atau blog yang sudah teroptimasi dengan baik dari sisi SEO, maka akan dapat peringkat yang baik di mesin pencarian.

Tentu saja semakin baiknya posisi halaman website bisnis UKM yang Anda miliki, maka peluang untuk mendapat pengunjung atau trafik yang potensial pun jadi semakin besar lagi.

Pengunjung yang potensial seperti ini nanti akan menjadi calon customer atau pelanggan baru Anda.

Disebut dengan trafik yang potensial, karena tidak semua sumber trafik akan memberikan benefit bagi bisnis UKM Anda. Apalagi jika trafiknya sendiri asalnya dari website auto surf yang bisa memberikan visitor bot ke situs Anda.

Trafik yang seperti ini tentunya sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan dan keberhasilan bisnis Anda.

Selain itu juga perlu untuk diketahui bahwa biasanya pengguna Google akan mengetikkan kata kunci (keyboard) unik pada saat mereka akan mencari produk atau barang-barang yang diinginkan.

Dan juga, mencari informasi bermanfaat untuk mendapatkan sejumlah solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi.

Nah, saat mereka menemukan situs Anda lewat mesin pencarian Google yang notabenennya selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka besar kemungkinan mereka akan kembali dan menjadi customer setia Anda.

Sebab, mereka menggunakan kata kunci relevan dengan bisnis Anda.

Trafik yang potensial di bisnis UKM tentu saja akan datang secara terus-terus di website bisnis Anda secara gratis. Trafik potensial tersebut nanti juga akan membantu meningkatkan jumlah customer juga penjualan Anda.

Mampu Meningkatkan Brand Atau Merk Awareness

Setelah Anda tahu apa itu SEO, kini saatnya untuk mengetahui pengertian dari brand atau merk awareness. Ini merupakan kemampuan calon pembeli maupun konsumen untuk mengenali serta mengingat sebuah brand atau merk.

Semakin dikenalnya sebuah merk, maka kemungkinan intensitas penjualan alami kenaikan pun akan semakin besar.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sebuah UKM. Misalnya saja dengan melakukan optimasi website bisnis di mesin pencarian. Besar kemungkinan, branding dari usaha yang dikelola meningkat drastis.

Pada saat pengguna internet mencari informasi yang ada kaitannya dengan niche atau merk Anda lewat mesin pencarian, dan berhasil menemukan informasi yang dibutuhkan maka kemungkinan besar mereka terus ingat halaman website tersebut.

Semakin banyaknya orang yang membuka atau berkunjung ke website bisnis Anda dari mesin pencarian, maka merk atau brand bisnis akan secara otomatis semakin terkenal oleh pengguna internet dari berbagai daerah.

Mendapat Data Pribadi Customer Secara Gratis

Semakin banyak pebisnis UKM yang sudah mulai mengembangkan bisnisnya di ranah online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan.

Tujuannya tidak lain untuk mendapat data kontak, seperti email, alamat, nomor telepon, dan lain-lain calon customer maupun pelanggan bisnis mereka.

Dengan mengetahui data calon customernya, maka tentunya akan lebih mudah lagi untuk menghubunginya saat Anda mengeluarkan produk terbaru. Atau ketika ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk produk lama.

Intinya di sini adalah agar Anda dan customer bisa tetap terhubung di setiap saat. Jika website atau situs bisnis Anda ada di posisi teratas di mesin pencarian, maka pastinya juga akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan data customer baru atau lamamu, tentu saja gratis.

Namun demikian, pastinya Anda juga butuh layanan lain untuk simpan data base customer. Seperti layanan autoresponder untuk membangun email list customer.

Terlepas dari hal tersebut, dalam praktiknya seorang pemula dalam SEO biasanya akan alami banyak tantangan.

Faktor kesabaran pun penting peranannya dan bahkan menjadi penentu berhasil atau tidaknya seseoang dalam pemasaran bisnis UKM lewat SEO. Mereka yang tidak sabaran dan ingin melihat hasilnya dalam waktu singkat di mesin pencarian pasti akan menyerah lebih dulu.

Apabila posisi website bisnis Anda sudah ada di posisi teratas maka Anda juga perlu mempertahankan posisi tersebut dan meningkatkan trafik di mesin pencarian.

Bagi para pebisnis UKM, tentu saja akan lebih efektif lagi jika membidik SEO lokal atau pun mengoptimasi kata kunci yang sifatnya sesuai area. Penggunaan nama tempat dalam kata kunci nanti akan menunjukkan lokasi target market Anda.

Pembahasan tentang peran SEO untuk UKM di Era Digital saat ini juga dibahas pada modul Cara Mengelola Keberadaan Anda Secara Online di kelas Gapura Digital.

Seperti gambar di bawah ini, saya membawakan materi Pengenalan SEO Untuk UKM

UKM Go Digital

 

UKM Digital Medan

Bagi yang berminat, bisa daftar di link berikut ini.

Klik : bit.ly/daftardigitalmedan

Baca Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

19 Comments

  1. Untuk mendapatkan data customer, diharapkan para pelaku UMKM tetap dapat bijak dalam mengelola data customer sendiri. Jangan sampai ntar datanya bisa bocor hingga merugikan si customer itu sendiri.

    SEO memang penting banget sih untuk pelaku UMKM karena zaman sekarang sangat efektif bagi UMKM melakukan pemasaran dan cara SEO ini sangat tepat dalam membidik customer.

    1. Iya nikmal, karena SEO itu gratis bermodalkan blog gratisan, efeknya fantastis. Namun, kesan akan SEO itu susah untuk diterapkan, yang menghalangi kadang pelaku usaha enggan untuk mendalaminya.

      Kenyataannya, sangat mudah. Dan bakal ketagihan pun untuk menerapkan ke semua jenis usaha..

  2. Saya masih belajar dasar SEO bang, artikelnya menarik dan menggelitik. Benar banget, di era serba praktis saat ini banyak yang mau serba instan juga. Karena belum mendapatkan hasil langsung (efek makan cabe) langsung nyerah deh. Makasih banyak ilmu nya bang Wahyu. Gak sabar nunggu bang Wahyu punya waktu ngisi materi di BlogM ✌️

    1. Itu alasan SEO ini bisa bertahan bertahun-tahun lamanya. Karena efeknya lama dan panjang. Mendapatkannya juga tidak sebentar, untuk itu tunggu aja waktunya biar jumpa dan ngisi materi di BlogM

  3. Masih suka keliru, padahal main SEO harus punya website dulu kan bang sebagai badannya, sehingga orang yang datang dari google arahnya ke sana.

    UMKM sekarang harus mengerti memang minimal paham sedikit tentang perkembangan pemasaran digital. Karena SEO bagian dari pemasaran digital iti sendiri, bagaimana kiat kita agar produk kita ditemukan orang di situs pencari.

    Aku pun masih belajar belajar nih tentang SEO, karena begitu luas

    1. Iya benar, yang ada di search engine Google itu semua website berbagai platform. Targetnya optimisasi bisnis ataupun usaha kita agar mudah dijumpai orang banyak

  4. aku juga belajar menerapkan ilmu seo ke blog personall maupun blog jualan gitu bang, belajar-belajar nerapkan ilmu seo yang telahh dipelajari.

    1. Menerapkan seo ini yang sebenarnya berat ya bang. Tp kl udah tau kunci-kuncinya, bakal gampang mendapat pasar.
      Pelaku UMKM emang perlu ya bg punya web yg bener-bener terlihat profesional dan ramah seo. Membangunnya mungkin perlu biaya dan tenaga untuk hasil yg juga pastinya lebih baik.

      1. Iya Zaimah, nggak banyak juga modal, tanpa modal juga bisa.. Memanfaatkan gratisan..

  5. Belajar Seo ini emang wajib kali udahan, setelah kita buat website kan mesti lah banyak pengunjung nya. Kalau enggak sayang juga website nya kan bang. Apalagi kayak website toko online, mesti di update terus kan informasi nya.

  6. Dulu pernah main-main sama SEO gak nyangka kalau misalnya impactnya sebesar ini. Makasih banyak bang tulisannya mantep syekali

    1. Jangan segan untuk buka materi di kategori SEO lainnya, banyak hal penting di sana..

  7. Pernah belajar SEO di Google Gapura Digital, pengalaman luar biasa. Ilmu dan insightnya banyak sekali. Semoga bisa ikutan lagi. Props untuk Pakar SEO Medan kita.

  8. Daku belum pernah belajar SEO yang fokus. Baru denger-denger kulitnya aja. Kalau ada kelas lagi di Blogger Medan, aku mau betul ikutan, supaya makin cerah.

    1. Iya, untuk kakak apa yang nggak kita usahakan.. Makin cerah lah nanti kita buat yooo

  9. Masih belajar terus tentang SEO. Tulisan ini semakin memperkaya khazanah per-SEOan hehehhehe

    Sering ikut kelas gapura digital tapi belum pernah dapat kelas Bang Wahyu. Semoga segera dipertemukan waktunya. Amin

    Ditunggu tulisan selanjutnya bang. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button