Peran SEO Untuk UKM di Era Digital

Jika berbicara mengenai peran SEO untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang paling nyata terlihat di era digital seperti sekarang adalah trafik potensial yang datangnya dari mesin pencarian Google.

Bahkan tidak ada lagi alasan untuk tidak memanfaatkan dengan baik SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis. Alasannya, karena pada dasarnya semua jenis bisnis ternyata bisa melakukan dan mendapatkan benefit dari SEO.

Artikel ini ditulis, menjawab banyaknya pertanyaan tentang peran SEO dalam pemasaran online. Dan apa peranan SEO bagi website atau blog pebisnis perorangan atau perusahaan. Yang untuk saat ini pembahasannya saya kelompokkan dalam kategori peran SEO untuk UKM.

Tapi, sudahkah Anda tahu apa itu SEO?

Secara umum, pengertian dari SEO (Search Engine Optimization) adalah beberapa upaya yang dilakukan pada sebuah halaman blog atau website, untuk meningkatkan visibilitas halaman website tersebut agar jadi lebih baik di mesin pencarian.

Untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin sengit di era digital seperti saat ini, Anda sebagai pelaku bisnis, wirausahawan ataupun sebagai digitalpreneur tentu saja tidak hanya diwajibkan untuk memiliki media sosial yang aktif, website bisnis, tetapi tahu cara agar website tersebut masuk di halaman utama pencarian Google serta pemahaman digital mindset wajib dikuatkan.

Hal tersebut juga menjadi materi saya dalam memberikan informasi di Coaching Clinic Bank Indonesia, diadakan dua minggu sekali, tampak pada gambar di bawah ini

Wirausaha Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara

 

Wirausaha Bank Indonesia

Bagi yang berminat, bisa daftar di link berikut ini.

Klik : bit.ly/coachingclinicBI

 

Pengertian SEO Untuk UKM

 

Pada dasarnya apapun jenis usaha atau bisnis yang akan dijalankan semuanya bisa melakukan SEO sendiri. Tapi pastikan Anda sudah memiliki pengetahuan mengenai basic SEO yang baik dan benar. Secara teori sebenarnya ilmu SEO itu tidaklah sulit, bahkan bisa dibilang sangat sederhana sekali.

Tetapi dalam praktiknya, SEO tergolong sebagai aktifitas yang cukup membosankan dan menjenuhkan, karena melibatkan banyak hal. Seperti popularitas sebuah website, algoritma Google dinamis, butuh waktu yang sedikit, dan masih ada banyak lagi.

Jika berbicara mengenai apa itu SEO untuk UKM, SEO di sini sejenis pemasaran yang butuh waktu untuk mendapatkan hasilnya. Tentu saja tidak bisa disamakan seperti iklan pada umumnya, SEO membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan. Atau bahkan bisa lebih untuk melihat langsung hasilnya.

Namun, meskipun demikian Anda juga tidak perlu khawatir. Sebab, basic SEO bisa dipelajari secara otodidak dari berbagai sumber yang didapatkan di internet. Akan ada banyak sekali website atau blog yang membahas mengenai SEO.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci yang benar di mesin pencarian. Misalnya saja untuk kata kunci belajar SEO, strategi SEO, cara optimasi SEO di website, dan lainnya.

 

SEO Untuk UKM di Era Digital

 

Setelah membahas informasi lebih lengkapnya mengenai apa itu SEO, kini saatnya untuk mengetahui peran penting SEO untuk UKM itu sendiri. Pada dasarnya ada banyak sekali macam cara yang dilakukan pelaku bisnis atau pengusaha untuk dapat meningkatkan keuntungan bagi bisnisnya tersebut. Baik itu dengan melakukan pemasaran secara offline atau internet marketing.

Berikut adalah beberapa peran SEO dalam pemasaran online untuk UKM yang perlu Anda tahu.

 

Mendatangkan Trafik Potensial

 

Perlu untuk diketahui bahwa pada dasarnya halaman website atau blog yang sudah teroptimasi dengan baik dari sisi SEO, maka akan dapat peringkat yang baik di mesin pencarian.

Tentu saja semakin baiknya posisi halaman website bisnis UKM yang Anda miliki, maka peluang untuk mendapat pengunjung atau trafik yang potensial pun jadi semakin besar lagi. Pengunjung yang potensial seperti ini nanti akan menjadi calon customer atau pelanggan baru Anda.

Disebut dengan trafik yang potensial, karena tidak semua sumber trafik akan memberikan benefit bagi bisnis UKM Anda. Apalagi jika trafiknya sendiri asalnya dari website auto surf yang bisa memberikan visitor bot ke situs Anda. Trafik yang seperti ini tentunya sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan dan keberhasilan bisnis Anda.

Selain itu juga perlu untuk diketahui bahwa biasanya pengguna Google akan mengetikkan kata kunci (keyboard) unik pada saat mereka akan mencari produk atau barang-barang yang diinginkan. Dan juga, mencari informasi bermanfaat untuk mendapatkan sejumlah solusi atas masalah yang sedang mereka hadapi.

Nah, saat mereka menemukan situs Anda lewat mesin pencarian Google yang notabenennya selalu menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, maka besar kemungkinan mereka akan kembali dan menjadi customer setia Anda. Sebab, mereka menggunakan kata kunci relevan dengan bisnis Anda.

Trafik yang potensial di bisnis UKM tentu saja akan datang secara terus-terus di website bisnis Anda secara gratis. Trafik potensial tersebut nanti juga akan membantu meningkatkan jumlah customer juga penjualan Anda.

 

Mampu Meningkatkan Brand Atau Merk Awareness

 

Setelah Anda tahu apa itu SEO, kini saatnya untuk mengetahui pengertian dari brand atau merk awareness. Ini merupakan kemampuan calon pembeli maupun konsumen untuk mengenali serta mengingat sebuah brand atau merk.

Semakin dikenalnya sebuah merk, maka kemungkinan intensitas penjualan alami kenaikan pun akan semakin besar.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sebuah UKM. Misalnya saja dengan melakukan optimasi website bisnis di mesin pencarian. Besar kemungkinan, branding dari usaha yang dikelola meningkat drastis.

Pada saat pengguna internet mencari informasi yang ada kaitannya dengan niche atau merk Anda lewat mesin pencarian, dan berhasil menemukan informasi yang dibutuhkan maka kemungkinan besar mereka terus ingat halaman website tersebut.

Semakin banyaknya orang yang membuka atau berkunjung ke website bisnis Anda dari mesin pencarian, maka merk atau brand bisnis akan secara otomatis semakin terkenal oleh pengguna internet dari berbagai daerah.

 

Mendapat Data Pribadi Customer Secara Gratis

 

Semakin banyak pebisnis UKM yang sudah mulai mengembangkan bisnisnya di ranah online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan. Tujuannya tidak lain untuk mendapat data kontak, seperti email, alamat, nomor telepon, dan lain-lain calon customer maupun pelanggan bisnis mereka.

Dengan mengetahui data calon customernya, maka tentunya akan lebih mudah lagi untuk menghubunginya saat Anda mengeluarkan produk terbaru. Atau ketika ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk produk lama.

Intinya di sini adalah agar Anda dan customer bisa tetap terhubung di setiap saat. Jika website atau situs bisnis Anda ada di posisi teratas di mesin pencarian, maka pastinya juga akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan data customer baru atau lamamu, tentu saja gratis.

Namun demikian, pastinya Anda juga butuh layanan lain untuk simpan data base customer. Seperti layanan autoresponder untuk membangun email list customer.

Terlepas dari hal tersebut, dalam praktiknya seorang pemula dalam SEO biasanya akan alami banyak tantangan.

Faktor kesabaran pun penting peranannya dan bahkan menjadi penentu berhasil atau tidaknya seseoang dalam pemasaran bisnis UKM lewat SEO. Mereka yang tidak sabaran dan ingin melihat hasilnya dalam waktu singkat di mesin pencarian pasti akan menyerah lebih dulu.

Apabila posisi website bisnis Anda sudah ada di posisi teratas maka Anda juga perlu mempertahankan posisi tersebut dan meningkatkan trafik di mesin pencarian. Bagi para pebisnis UKM, tentu saja akan lebih efektif lagi jika membidik SEO lokal atau pun mengoptimasi kata kunci yang sifatnya sesuai area. Penggunaan nama tempat dalam kata kunci nanti akan menunjukkan lokasi target market Anda.

Pembahasan tentang peran SEO untuk UKM di Era Digital saat ini juga dibahas pada modul Cara Mengelola Keberadaan Anda Secara Online di kelas Gapura Digital.

Seperti gambar di bawah ini, saya membawakan materi Pengenalan SEO Untuk UKM

UKM Go Digital

 

UKM Digital Medan

Bagi yang berminat, bisa daftar di link berikut ini.

Klik : bit.ly/daftardigitalmedan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *