Belajar SEO WordPress yang Mudah untuk Pemula

Belajar SEO Wordpress

Belajar SEO WordPress itu tidak terlalu sulit, paling hanya seputar riset kata kunci (keywords), optimasi on page, dan optimasi off page.

Namun demikian, meskipun hanya ada tiga poin penting, tapi ternyata penjabaran masing-masing poin tersebut terbilang cukup banyak untuk meningkatkan SEO WordPress Anda.

SEO adalah istilah yang cukup populer di dunia digital marketing, singkatan dari Search Engine Optimization.

Belajar optimasi SEO WordPress dapat dikatakan berhasil apabila sebuah website tersebut memiliki peringkat yang baik di mesin pencarian atau SERP (Search Engine Result Page).

Menyinggung mengenai optimasi SEO yang baik bagi pemula, bisa dibayangkan sendiri bahwa tidak hanya satu kata kunci (keywords) yang muncul di halaman mesin pencari Google.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar sebuah website bisa memiliki tempat yang bagus di mesin pencari Google, diantaranya sebagai berikut.

Jangan Lupa Install Plugin SEO WordPress

Langkah pertama belajar SEO WordPress bagi pemula adalah menginstall plugin SEO WordPress. Tujuannya tidak lain agar sebuah website bisa lebih efisien lagi, hal tersebut juga memungkinkan Anda untuk bisa mengontrol secara penuh website-mu. Anda bisa menggunakan Yoast SEO atau All In One SEO Pack, silakan pilih salah satunya.

Mengoptimalkan Permalink

Secara umum, WordPress akan menghasilkan struktur permalink yang panjang berupa tanggal dan nama url.

Namun demikian, ternyata permalink yang paling disukai Google adalah yang mengandung judul atau kata kunci (keywords). Sementara itu permalink yang pendek bisa memberikan performa yang jauh lebih baik lagi.

Disarankan agar Anda menggunakan Post Name pada saat menentukan permalink yang baik. Cara tersebut diyakini bisa membuat kata kunci yang diterapkan lebih mudah terlihat website Anda tampil di mesin pencari Google.

Sangat disarankan sekali agar Anda tidak melakukan perubahan permalink pada saat postingan Anda sudah terlanjur dishare, karena bisa dipastikan postingan tersebut tidak bisa diakses.

Melakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci pada dasarnya menjadi salah satu faktor penting yang akan menentukan peringkat artikel di halaman hasil pencarian. Makanya, riset kata kunci harus dilakukan. Selain riset, Anda juga bisa tahu kata apa yang tepat tentang kata kunci yang sebaiknya digunakan pada artikel Anda.

Anda bisa memanfaatkan beberapa tools, seperti SEMrush, Google Keyword Planner, atau Ahrefs untuk riset dan menentukan kata kunci yang tepat.

Menentukan Kata Kunci Postingan

Hasil riset kata kunci yang sudah Anda lakukan pada poin di atas harus diletakkan di dalam postingan atau artikel.

Kata kunci yang terfokus nanti akan membuat artikel yang dibuat mudah dipahami pengunjung atau pembaca maupun sistem mesin pencari.

Bahkan yang demikian juga memudahkan Anda untuk memenangkan persaingan di halaman hasil pencarian Google.

Menentukan Title Tag

Langkah selanjutnya adalah menentukan title tag, caranya mudah sekali Anda hanya perlu masuk ke kolom SEO title.

Sangat disarankan sekali untuk meletakkan kata kunci secara natural tepat di awal title tag.

Contohnya seperti ini, jika kata kuncinya ‘belajar SEO WordPress’, maka Anda bisa menggunakan judul ‘Belajar SEO WordPress yang Mudah untuk Pemula’.

Perlu untuk diingat, dalam pembuatan judul artikel pastikan tidak lebih dari 65 karakter.

Sebab, yang demikian tidak hanya mempengaruhi SEO, tetapi juga pada Click Through Rate. Bila perlu, Anda juga bisa melakukan beberapa percobaan dengan A/B testing judul.

Menentukan Meta Description

Semakin banyaknya meta deskripsi yang dibuat, maka akan semakin tinggi pula CTR artikel Anda.

Hal demikian bahkan akan mempengaruhi peringkat di mesin pencari Google, sebab semakin tingginya CTR, maka akan semakin besar kemungkinan website-mu tampil di posisi teratas hasil pencarian.

Untuk membuat meta deskripsi yang baik sebenarnya mudah sekali, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO.

Menggunakan Tag Header (H1, H2, dan H3)

Hal penting lain yang tidak kalah pentingnya pada saat pertama kalinya Anda belajar SEO WordPress adalah mengenai tag header. Tujuan dari hal demikian yakni untuk menentukan tingkatan kerelevaan dari konten yang telah dibuat. Biasanya pada sebuah artikel ada satu tag H1, dan beberapa ada tag H2 dan H3.

Alt Text Pada Gambar Atau Foto

Sementara itu untuk tag alt ini sendiri biasanya digunakan untuk menentukan seberapa relevannya gambar dengan konten yang telah dibuat. Itu artinya penambahan tag alt penting peranannya di setiap gambar pada sebuah website.

Title Text Pada Gambar Atau Foto

Pada dasarnya title text ini tidak berpengaruh untuk SEO, tetapi yang demikian akan membantu menambah user experience. Pada saat mouse diarahkan pada gambar atau foto, maka akan tampil title text dari gambar tersebut.

Menambahkan Kata Kunci Di Paragraf Pertama

Penambahan kata kunci pada paragraf pertama dalam sebuah artikel memiliki peranan yang cukup penting sekali. Alasannya, Google akan melakukan perayapan dimulai dari paragraf pertama.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan plugin Yoast SEO, apabila Anda melupakan langkah ini maka Anda akan mendapati tanda berwarna merah.

Memberikan Nama Pada File Gambar

Jangan lupa pula untuk menambahkan nama pada file gambar dari konten Anda. Selain itu, gunakan pemisah berupa tanda strip agar bisa dibaca Google. Bila memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan kata kunci pada nama file gambar.

Menambahkan Internal Link

Langkah berikutnya adalah menambahkan internal link untuk meningkatkan SEO artikel di website Anda. Internal link ini nanti akan mengarah ke artikel lain yang ada di website Anda.

Internal link tentu saja sangat berguna sekali untuk membantu para pengunjung untuk bisa membaca beberapa artikel yang relevan di website-mu.

Bahkan hal demikian juga bisa meningkatkan waktu pengunjung dalam mengunjungi website Anda. Disarankan untuk menambahkan 3-5 internal link di setiap postingan.

Namun apabila konten Anda ternyata memiliki banyak kata, maka Anda bisa menambahkan yang lebih banyak lagi internal link-nya.

Membuat Sitemap XML

Tahukah Anda apa kegunaan dari sitemap XML? Ini nanti akan memudahkan Search Engine dalam mengindeks website Anda. Jika sudah, jangan lupa untuk melakukan verifikasi Bing dan Google Webmaster.

Membangun Backlink

Backlink saat ini masih menjadi faktor penting pada sebuah website. Backlink nanti akan membantu dalam meningkatkan rangking sehingga mudah bersaing di mesin pencari Google.

Namun demikian, untuk membangun backlink, sangat disarankan sekali menggunakan link langsung dari artikel website yang memiliki rangking tinggi ke website Anda.

Menggunakan HTTPS

Perlu untuk diketahui bahwa HTTPS juga turut menentukan peringkat sebuah website di Search Engine. Jadi, apabila Anda menginginkan website bisa bersaing di Search Engine silakan Anda gunakan HTTPS.

Terlepas dari hal-hal tersebut pada dasarnya belajar SEO WordPress ini tidak ada hentinya. Apalagi Algoritma Google akan terus dilakukan pembaharuan sehingga para pemilik website atau blog wajib melakukan update strategi SEO-nya.

Baca juga : SEO Untuk Branding

Demikian yang dapat disajikan mengenai belajar seo wordpress. Artikel lainnya, klik : Update SEO Terbaru

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133