Belajar SEO YouTube : Cara SEO Untuk YouTube Video Menjadi Trending

Tips, trik, cara, dan teknik belajar SEO YouTube berikut ini pastinya wajib banget Anda cermati baik-baik bila ingin menjadi YouTuber sukses!

Karena, di zaman yang serba internet seperti sekarang, YouTube kini sudah menjadi profesi yang cukup menggiurkan, bahkan mampu menarik perhatian banyak orang, dan mungkin Anda salah satu diantaranya.

Secara umum, YouTube adalah salah satu situs yang memiliki jumlah pengunjung terbesar di setiap harinya. Digunakan sebagai platform promosi, branding, atau pun mencari uang dari iklan, tentu saja traffic yang tinggi pada video yang diunggah serta kemunculan iklan akan menjadi ladang dimana Anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah.

SEO untuk YouTube sendiri merupakan langkah penting untuk melakukan optimasi pada sebuah video yang diunggah. Tujuan utama dilakukan optimasi tersebut tidak lain agar video lebih banyak diakses.

Oleh karenanya pastikan Anda sudah menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat sehingga video bisa muncul diposisi teratas.

Apabila Anda masih kebingungan mengenai hal tersebut, tak perlu khawatir, berikut akan kami bagian penjelasan selengkapnya untuk Anda.

 

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

 

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

 

Pastikan Anda Sudah Memiliki Akun YouTube

 

Ya, sebagai langkah awal belajar SEO YouTube yang harus Anda tahu dan lakukan sudah pasti Anda harus terlebih dulu memiliki akun YouTube itu sendiri.

Bagaimana Anda bisa belajar SEO YouTube kalau Anda ternyata tidak memiliki akun YouTube? Tak perlu khawatir, sebab untuk membuat akun YouTube ini terbilang mudah sekali, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1. Anda harus terlebih dulu Log-In ke akun Google.

2. Jika sudah, baru Anda bisa membuka situs YouTube seperti biasa.

3. Untuk membuat Channel YouTube Anda harus mengeklik opsi My Channel yang bisa ditemukan di sebelah kiri di situs YouTube tersebut.

4. Nanti Anda akan mendapati beberapa pilihan, apa Anda akan menggunakan nama asli atau nama lain sebagai nama channel-mu.

5. Lanjutkan dengan mengeklik link To Use A Business or Other Name, Click Here, dengan begitu Anda akan langsung diarahkan menuju halaman baru.

6. Di halaman baru inilah Anda bisa memasukkan nama channel-mu. Jangan lupa juga untuk centang di bagian I Agree To The Pages Terms.

7. Klik Done.

 

Mulai Upload Video Secara Rutin

 

Cara SEO Youtube

Sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube Anda tentu saja disarankan untuk membuat konte video yang original untuk diunggah di channel YouTube yang sudah dibuat tadi.

Namun meskipun demikian, pastikan pula konten video tersebut tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari video clip, image, logo, hingga back sound.

Anda harus lebih rajin dan rutin lagi dalam mengunggah video ke channel YouTube. Setidaknya Anda harus mengunggah sekitar 100-200 video original yang unik dan menarik untuk mendapatkan penghasilan lebih besar lagi.

Semakin banyanya video yang diunggah, maka akan semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

 

Meningkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

 

Meningkatkan Popularitas Channel YouTube

Pada dasarnya ada banyak sekali langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kepopularitasan channel YouTube Anda, beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. Lebih rajin lagi mengunggah konten video yang unik, menarik, dan bermanfaat. Jangan lupa pula untuk memperhatikan dengan baik kualitas video tersebut, sangat disarankan sekali agar video Anda memiliki resolusi yang baik dan penampilan jelas.

2. Tetap fokus mengunggah konten video sesuai niche atau minat Anda. Dengan begitu channel-mu akan lebih mudah dikenal banyak orang.

3. Jangan sungkan-sungkan untuk mengajak pengunjung atau penonton channel-mu untuk menjadi subscriber.

4. Mempromosikan video atau channel-mu ke sosial media yang Anda miliki, contohnya Facebook, Twitter, Instagram, LINE, WhatsApp, dan lain-lain.

 

Mendaftar ke Google Adsense

 

1. Pertama, Log-In ke channel YouTube Anda.

2. Masuk ke menu Pengaturan atau Setting, caranya adalah dengan mengeklik Icon Profile – Setting.

3. Klik Icon Profile – Creator Studio, dengan begitu Anda bisa masuk dalam Dashboard Studio yang Anda miliki. Dashboard ini berisikan sekumpulan pengaturan yang akan memudahkan pemilik akun YouTube dalam mengelola video dan akunnya.

4. Pada bagian channel klik opsi Others Features – Monetization.

5. Buka menu tersebut maka Anda akan langsung dibawah menuju halaman YouTube Partner Program. Dimana halaman ini berisikan tahapan yang harus dilakukan untuk mendaftar YouTube Adsense, antara lain sebagai berikut.

– Persetujuan YouTube Partner Program

– Menghubungkan akun YouTube dan Adsense

– Pengaturan pemilihan monetisasi

– Review setelah mendapatkan 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber

 

Cara Agar Trending di YouTube

 

Cara Agar Trending di YouTube

 

Membuat Konten Lain Dari Yang Lain

 

Belajar SEO YouTube memang terlihat mudah, tapi dalam praktiknya ternyata banyak pula dari mereka yang pada akhirnya berhenti di tengah jalan, dan tidak melanjutkan membuat konten untuk channel YouTube-nya.

Buat Anda nih yang ingin konten video YouTube terbaru masuk trending topik di YouTube, maka sebagai langkah pertamanya adalah memastikan Anda sudah membuat konten lain dari yang lain.

Selain itu, pastikan pula konten video tersebut benar-benar original, berbeda, dan pastinya menarik perhatian pengguna YouTube.

Sebab, seperti yang kita tahu bersama, bahwa bukan hanya Anda saja yang setiap harinya mengunggah konten video di YouTube, oleh karenanya untuk mencuri perhatian pengguna YouTube yang tingkat persaingannya cukup ketat tentu saja Anda harus membuat konten semenarik dan sekreatif mungkin.

 

Peran Penting Judul dan Deskripsi Video YouTube

 

Meskipun kelihatannya sepele, tapi pada kenyataannya pemilihan kata yang diselipkan pada judul konten YouTube sangat penting sekali, bahkan memiliki pengaruh cukup besar bagi video Anda untuk masuk ke daftar trending saat ini.

Oleh karenanya Anda disarankan untuk memilih kata mearik dan mengundang pengguna YouTube untuk mengeklik, menyukai, dan membagikan video Anda.

Kemudian untuk deskripsinya sendiri juga sangat menentukan apa video tersebut bisa terlihat menarik atau tidak bagi para pengguna YouTube. Dalam hal ini Anda dituntut untuk menyematkan kata kunci yang menarik dan disukai oleh mesin pencari dan pengguna YouTube.

 

Membuat Thumbnail Yang Menarik

 

Apabila konten video yang dibuat sudah original dan menarik, maka Anda juga tidak boleh sampai lupa dengan peranan thumbnail pada konten video Anda tersebut.

Sebaiknya Anda buat thumbnail yang menarik untuk memikat para pengguna YouTube. Tapi pastikan Anda tidak membuat thumbnail yang menipu, sebab hal ini akan sangat merugikan channel YouTube Anda.

 

Mengajak Pengguna YouTube Untuk Berlangganan

 

Cara Menambah Subscribe Youtube Dengan Cepat

Langkah terakhir belajar SEO YouTube agar konten Anda bisa tranding satu di YouTube adalah mengajak pengguna YouTube untuk berlangganan atau menjadi subscriber Anda. Ini tentunya penting untuk dilakukan, sebuah ajakan bisa saja mempengaruhi pengunjung lain untuk ikut berlangganan terhadap konten video Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan interaksi komunikatif yang intens dengan pengunjung YouTube-mu. Sebab, hal tersebut pastinya akan mendatangkan sebuah keuntungan besar apalagi jika komunikasi berjalan dengan baik.

 

Teknik SEO YouTube

 

Teknik SEO YouTube Riset Keyword

 

Melakukan Riset Kata Kunci Atau Keyword

 

Dalam belajar SEO YouTube bagi pemula yang mudah Anda juga mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Tidak jauh berbeda dengan konten yang ada pada sebuah blog atau website, di sini Anda juga harus menempatkan kata kunci dengan tingkat kerapatan tertentu.

Mulai dari kata kunci utama, turunan, dan sinonimnya atau LSI. Kata kunci tersebut nanti akan menjadi penentu dimana posisi konten video yang Anda buat.

 

Membuat Video Dengan Kualitas Bagus

 

Tidak jauh berbeda dengan Google, algoritma YouTube ternyata juga tidak kalah rumitnya dan bahkan sering sekali berubah-ubah. Sehingga, cara SEO video YouTube menjadi semakin keren untuk dipelajari lebih lanjut dan mendalam.

Dengan kata kunci yang sama, pastinya konten video yang Anda buat memiliki kesempatan ada di halaman pencarian kesekian dan milik orang lain ada dalam daftar paling atas.

Dalam pencarian YouTube ternyata video yang ada di posisi paling atas adalah video yang paling sesuai dengan kata kunci atau memiliki kata kunci yang relevan. Selain itu, pastikan video yang dibuat memiliki kualitas yang bagus agar bisa menarik perhatikan pengguna YouTube.

 

Melakukan Optimasi Metadata

 

Pada pembahasan di atas, banyak yang mengatakan kata kunci atau keyword, tapi pada kenyataanya tak banyak orang tahu dimana kata kunci tersebut harus diletakkan. Apa harus di dalam video atau pada caption, tag, deskripsi, dan lain-lain. Untuk urusan satu ini Anda bisa meletakkan kata kunci di tempat mana saja.

 

Mempromosikan Video YouTube Anda

 

Apabila Anda sudah melakukan berbagai cara belajar SEO YouTube di atas, lantas apa tugas Anda sudah selesai sampai di situ? Tentunya tidak.

Masih ada banyak hal yang harus dilakukan agar konten video Anda bisa menarik banyak penonton, misalnya saja dengan melakukan promosi, di berbagai sosial media yang Anda miliki atau dengan mengiklankan video Anda.

 

Evaluasi Video YouTube Anda

 

Sebagai langkah terakhir adalah melakukan evaluasi. Dalam hal ini Anda perlu melakukan sejumlah evaluasi pada semua konten video yang sudah dirilis. Untuk melakukan evaluasi video di YouTube ini sebenarnya mudah sekali, Anda bisa mencoba menggunakan Analytics Tool.

Anda hanya perlu membuka Studio YouTube lalu mengarahkan kursormu ke bagian kiri dan klik saja pada opsi Analytics.

 

Cara Riset Keyword YouTube

 

Cara Riset Keyword YouTube

 

Keywordtool.io

 

Cara riset keyword YouTube yang pertama adalah melalui tool terbaik satu ini, yakni Keywordtool.io. Kehebatan tool tersebut memang tak perlu diragukan lagi, Keywordtool.io tidak hanya digunakan di Google, tetapi juga Amazon, Bing, App Store, eBay, dan tentu saja YouTube.

Tidak hanya tersedia dalam versi gratisan, Keywordtool.io namun juga bisa digunakan pula dalam versi berbayar.

Tapi sangat disayangkan sekali, pada saat Anda menggunakannya dalam versi gratisan maka Anda tidak bisa melihat search volume, CPC, trend, dan competition. Bahkan saran kata kunci terkait kata kunci yang Anda miliki pun juga dibatasi.

 

Google Trends

 

Tool berikut ini juga tidak kalah bagusnya untuk digunakan mencari kata kunci dalam pembuatan konten video YouTube terbaru. Metode untuk melakukan riset kata kunci Google Trends bisa dibilang sangat bagus sekali.

Tidak hanya akurat untuk mencari trend apa saja yang sedang dibicarakan oleh orang banyak, Google Trends ternyata juga memudahkan Anda untuk mencari kata kunci apa yang banyak dicari orang di dunia mata.

 

VidIQ

 

Lalu untuk pilihan berikutnya ada VidIQ yang juga tidak kalah menariknya untuk dimanfaatkan saat Anda ingin melakukan riset keyword untuk konten YouTube Anda. Tool tersebut bahkan bisa melengkapi data pencarian berdasarkan negara tertentu.

Selain itu, VidIQ juga menjadi salah satu tool premium pencari kata kunci YouTube dengan hasil analisis yang lebih mendalam dan akurat pastinya.

 

SEMrush

 

Buat pemula yang baru belajar SEO YouTube Anda lebih disarankan untuk menggunakan tool satu ini pada saat mencari kata kunci. Meskipun sangat sederhana sekali, tetapi tool tersebut terbukti mampu menyediakan informasi yang akurat berdasarkan search volume Google.

Juga memberikan pengguna insight topik yang paling banyak dicari orang. SEMrush juga akan memperlihatkan skor kesulitan kata kunci yang dicari.

 

Keyword Everywhere

 

Lalu untuk pilihan terakhir adalah Keywords Everywhere yang merupakan plugin Mozilla Firefox dan tersedia pula sebagai ekstensi di Google Chrome.

Tool satu ini akan memungkinkan Anda untuk bisa tahu search volume, CPC, juga kompetisi AdWords untuk kata kunci yang ingin digunakan. Selain itu, melalui tool ini pula Anda tidak hanya bisa menggunakannya di Google saja, tetapi juga di YouTube.

Cara penggunaan tool untuk riset keyword YouTube tersebut mudah sekali, Anda hanya perlu memasang plugin ini di browser yang Anda gunakan. Kemudian mencari kata kunci atau keyword yang diinginkan pada kolom pencarian Google atau YouTube. Maka secara otomatis data akan muncul di bawah kolom pencarian.

Meskipun sekarang sudah berbayar, semoga tidak menjadi kendala ya.

 

Aplikasi SEO YouTube

 

Aplikasi SEO Youtube

 

All In One SEO Pack

 

Aplikasi SEO YouTube pertama yang harus Anda download dan install pada saat ingin belajar SEO YouTube adalah All In One SEO Pack. Ini sebetulnya merupakan aplikasi yang masuk dalam golongan plugin WordPress, itu artinya pengguna WordPress bisa mengaplikasikannya dengan sangat baik.

All In One SEO Pack

 

Namun meskipun demikian, Anda juga bisa menggunakannya ketika belajar SEO YouTube. Untuk menggunakan aplikasi tersebut sebenarnya mudah sekali, Anda hanya perlu Add New Plugin – All In One SEO Pack – menginsall Plugi – Activate Plugin.

Sementara itu untuk melakukan pengaturan tambahan Anda bisa mencoba melihat pada bagian Sidebar menu dengan nama All In One SEO.

 

EasyHits4U

 

EasyHits4U

Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik yang tidak kalah menariknya untuk diandalkan pada saat Anda belajar SEO website atau YouTube.

Aplikasi tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan traffic pengunjung. Secara umum, aplikasi tersebut memang dibuat secara khusus untuk mendatangkan pengunjung.

 

Open Site Explorer

 

Open Site Explorer

Pada dasarnya ada banyak sekali aplikasi belajar SEO YouTube yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah Open Site Explorer.

Kabar baiknya, ternyata aplikasi tersebut juga bisa diandalkan untuk membantu Anda dalam melihat link building website atau blog kompetitor, anchor text yang kerap kali mengarah ke situs kompetitor, juga keterangan pihak mana saja yang melakukan link building ke situs kompetitor.

 

Ahrefs

 

Smentara untuk aplikasi satu ini ternyata akan membantu penggunanya untuk mendapatkan data penting mengenai sejauh mana strategi online yang tepat diterapkan di sebuah akun YouTube atau website maupun blog berhasil.

 

Tubebuddy

 

Terakhir ada Tubebuddy, ini merupakan aplikasi terbaik yang akan menjadi alat untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan mengoptimasi video maupun channel YouTube Anda. Melalui aplikasi ini pula Anda bisa secara otomatis memperbaharui, mengunggah, atau menghapus anotasi juga kartu pada channel Anda.

 

Jasa SEO YouTube Terbaik

 

Tidak ada salahnya jika Anda belajar SEO terlebih dahulu sebelum menggunakan jasa seo YouTube. Sebenarnya, untuk memudahkan Anda dalam hal pemilihan jasa SEO YouTube yang lebih qualified.

Dan saya coba jabarkan poin penting dalam pemilihan jasa SEO YouTube seperti di bawah ini :

 

Verifikasi Informasi Jasa SEO YouTube

 

Dalam pemilihan jasa SEO murah berkualitas Anda harus memilih perusahaan jasa SEO yang memberi Anda alamat fisik dan informasi kontak secara jelas.

Verifikasi informasi yang diberikan akan memberikan Anda sebuah informasi secara mendetail dengan baik dan benar Google pun bisa mengenali dengan baik alamat fisik mereka.

 

Berbicara Dengan Pelanggan Saat Ini Dan Sebelumnya

 

Cara lain untuk mendapatkan perusahaan jasa SEO yang baik dan bisa bekerja secara profesional adalah berbicara dengan pelanggan atau klien mereka saat ini dan sebelumnya.

Pihak penyedia jasa SEO terkemuka pastinya akan memiliki umpan balik dan testimonial pelanggan di situs web mereka. Oleh karena Anda harus meluangkan waktu untuk membaca, bila memang memungkinkan Anda juga bisa menghubungi beberapa dari mereka.

 

 

Memilih Jasa SEO Yang Tidak Terdaftar Di Situs Web Penipuan

 

Scam merupakan salah satu situs web yang mencantumkan beberapa jasa yang sudah melakukan penipuan kepada para pelanggan atau kliennya.

Jadi, apabila Anda menemukan jasa SEO yang masuk dalam daftar tersebut maka Anda perlu berhati-hati, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk menggunakan jasanya.

Ok. Sekian informasi tentang belajar SEO Youtube ini saya perbuat, semoga menjadi bahan bacaan yang bermanfaat untuk pengunjung setia wahyublahe.id

2 thoughts on “Belajar SEO YouTube : Cara SEO Untuk YouTube Video Menjadi Trending

  1. Thanks mas artikelya sangat membantu. Berapa maksimal internal link dalam satu postingan yanh baik. Thanks sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *