Belajar SEO
Belajar SEO

Pakar SEO, Guru SEO, Master SEO, Konsultan SEO, Ahli SEO, Praktisi SEO, tetap butuh belajar SEO lebih giat lagi agar semakin baik kedepannya. Cocok?

Dengan belajar SEO, dan membuat artikel yang disukai search engine terutama google, tentu merupakan salah satu upaya optimizer agar beberapa kata kunci yang sangat tinggi tingkat persaingannya dapat raih. Bisa dikatakan susah untuk bisa di halaman satu google dengan beberapa kata kunci tersebut. Meskipun begitu, tidak ada salahnya mencoba beberapa teknik optimasi agar bisa di halaman pertama search engine google. Cocok?

Nah, belajar SEO untuk bisa menjadi seorang Pakar SEO tidak melulu tentang optimasi mesin pencari, namun juga harus memiliki pemahaman bahwa kita bisa menjadi seorang yang paham melihat peluang, itu menjadi tolak ukur keberhasilan diri kedepannya. Kita tentunya berusaha bukan untuk menjadi yang terbaik, namun tetap memberikan yang terbaik. Karena saya yakin, berbagi ilmu yang bermanfaat merupakan amal jariah tak habis dimakan zaman.

Cara saya berbagi juga tidak sembarangan, artinya punya aturan main yang diterapkan agar tidak terkesan gampangan. Bisa dengan cara menjadi fasilitator di Google Gapura Digital berbagi ilmu SEO, ataupun bagi Anda yang ingin belajar SEO, boleh juga rutin mengunjungi kantor yang saat ini saya sewa di Komplek Bumi Asri Blok B No. 186, Medan.

Google Gapura Digital Medan - Belajar SEO

Bila ingin jumpa tengah pun boleh, dan bisa di cafe atau tempat yang nyaman untuk bisa berbagi. Yang terpenting adalah keinginan mereka yang mau belajar. Paling, saya diberikan air minum berwarna dan cemilan agar tidak pahit lidah kalau tidak ada yang dikunyah. Itu juga karena saya memberikan ilmu kepada mereka yang sangat ingin belajar, tanpa wajib membayar.

Yang dikenakan bayaran adalah bagi mereka yang ingin cepat mendapat ilmu SEO ataupun digital marketing secara instan. Seperti Abang yang di foto ini, Private Premium. Selebihnya, tidak.

Belajar SEO di Medan

Ok. Sebelum terlalu jauh pembahasan kita mengenai SEO, ada baiknya Anda mengetahui defenisi apa itu SEO serta cara mengoptimasinya. Bisa dari pencarian di mesin pencari Google, membaca artikel tentang seputar SEO, dan sebagainya.

Namun, perlu diketahui bahwa tujuan dari pengotimalan SEO adalah agar website atau blog menduduki peringkat atas dari pencarian di google atau search engine lainnya. Cara optimasi SEO dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page. Dengan menduduki peringkat awal di mesin pencarian maka ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pemilik website atau blog. Misalnya saja mendapatkan banyak pengujung, karena sebagian besar pengujung biasanya akan meng-klik artikel yang berada di posisi awal halaman. Sehingga artikel Anda akan lebih banyak dibaca orang.

Ada banyak kelebihan jika Anda menggunakan teknik optimasi SEO. Dalam belajar SEO, pertama Anda akan mendapatkan visitor atau pengunjung pada blog atau website Anda semakin bertambah. Kedua, hal tersebut akan meningkatkan citra dari usaha atau perusahaan yang Anda kelola dalam website. Ketiga, jika Anda menjual suatu produk maka penjualan produk tersebut akan meningkat. Dan keempat atau yang terakhir adalah Anda akan mendapatkan biaya promosi yang murah dan dapat bekerjasama dengan Google Adsense. Dengan begitu maka pundi-pundi uang Anda akan semakin bertambah.

Pemahaman tentang SEO sebenarnya sangat luas dan mencangkup banyak hal. Akan tetapi ada beberapa hal dasar yang memang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu. Termasuk pemahaman tentang pentingnya SEO untuk website.

Di dalam tulisan ini menjelaskan bahwa SEO penting untuk website. SEO menjadi penentu keberhasilan website yang Anda kembangkan. Dengan menerapkan SEO yang baik maka perkembangan website Anda akan semakin baik, apapun tujuan Anda membuat website, SEO tetap dibutuhkan. Selain menjadi publisher adsense, program affiliasi atau menjadikan website sebagai online shop, semua membutuhkan peran SEO untuk keberhasilan website Anda.

Karena pada dasarnya pola dari internet marketing adalah mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin, menjadikan website berada di peringkat atas dan hal-hal yang berkaitan lainnya. Semua itu bisa didapatkan hanya jika Anda menerapkan SEO yang baik pada website Anda. Pada intinya SEO adalah kunci dalam perkembangan website, sangat jarang ditemukan sebuah website yang mampu bertahan tanpa menerapkan SEO. Jadi, jika Anda sedang membangun dan mengembangkan website, pahami dan terapkan SEO di dalamnya.

Bagi saya, belajar menjadi seorang yang paham mengenai ilmu search engine dengan berbekal belajar SEO yang bisa dikatakan belum lama, tahun 2014 mulai mengaktifkan diri tepatnya di bulan Mei, perlahan mencoba peruntungan baru di dunia internet marketing. Dan di tahun 2015 melakukan percepatan branding diri sebagai salah seorang yang paham mengenai SEO dengan gelaran seminar SEO pertama di Medan yang melibatkan banyak peserta.

Belajar SEO

Alih stir dari seorang Buzzer menjadi “Guru SEO” sebagai sebutan dari mereka yang pernah belajar SEO kepada saya, dan ini memang memerlukan kegigihan, ketekunan serta kesempatan waktu yang luang untuk bergelut di dunia internet marketing. Sementara, untuk weblog pribadi dioptimasi guna personal branding yang tidak melulu tentang SEO, namun dengan tulisan-tulisan narsis yang kadang isinya gak begitu penting. Tujuan untuk senang-senang menulis, kadang dalam 1 tahun hanya memiliki tulisan 2 postingan.

Begitupun lagi-lagi karena waktu, mengoptimasi bukan hanya untuk online, tapi diri juga perlu dioptimasi untuk berbagi sapa kawan-kawan nongkrong, bersosialisasi kepada banyak pihak menjadikan kadang waktu untuk online mulai tersita. Dan terus menyempatkan diri untuk tetap pada posisi profesional menjalankan bisnis secara digital. Karena keinginan yang tinggi untuk menjadi Pakar SEO maka diperlukan keseriusan. Harapannya bisa menjadi seorang optimizer yang baik. Artinya baik dalam hal membuat konten yang tidak mengandung unsur kekerasan, fitnah, manipulasi data, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana saya melakukan optimasi untuk postingan ini? Saya menerapkan Latent Semantic Indexing yang akrab disingkat LSI. Adalah algoritma yang diterapkan oleh mesin pencari untuk meningkatkan akurasi dari informasi yang disajikan agar menjadi relevan bagi pengunjung sesuai keinginan mereka.

Cara kerja dari LSI itu sendiri adalah mengumpulkan data yang relevan, lalu menyesuaikan hasil sesuai permintaan pencarian yang dimasukkan di mesin pencari oleh pengunjung. Oleh karena itu, tulisan ini dibuat agar semakin relevan untuk mereka yang mencari kata kunci belajar SEO di mesin pencari.

Contohnya saya ketik “Belajar SEO” di mesin pencari Google :

Belajar SEO

Penerapan dari LSI biasanya saya letakkan di dalam tulisan, dan setidaknya artikel yang saya tulis mengandung kata kunci sesuai pada gambar di atas. Saya membidik kata kunci belajar seo di medan, karena saya berlokasi di Kota Medan. Jadi, kalaupun ada yang ingin belajar mengoptimalkan SEO di blognya, bisa dapat langsung private SEO bersama saya.

Namun, kata kunci di atas saat dimasukkan ke dalam tulisan kita jangan terkesan “keyword stuffing” yang dilakukan dengan metode pengulangan kata kunci di dalam artikel. Sehingga pengunjung ataupun pembaca artikel tidak nyaman membaca tulisan kita karena terlalu sering diulang-ulang hanya untuk membidik kata kunci tersebut. Seperti pada paragraf pertama di atas, hampir terkesan maksa ya.

Selain itu, saya juga melakukan optimasi dengan menerapkan strategi Google Suggestion. Dengan melakukan beberapa optimasi diantaranya yakni mengupayakan agar keyword yang diinginkan tersebut banyak dicari dengan frekuensi tingkat pencarian yang sering.

Wahyu Blahe Google Suggestion

Namun, terlebih dahulu buat konten tulisan dengan judul yang kita bidik. Lalu upayakan tulisan tersebut itu muncul di halaman pertama pencarian Google dengan teknik SEO dasar yang Anda miliki. Setidaknya teknik link building dan SEO Silo menjadi kunci mudahnya teknik tersebut dilakukan.

Google Suggestion Wahyu Blahe

Tentunya tidak lupa membuat url yang singkat, https://wahyublahe.id/seo agar memudahkan nantinya dalam hal mengoptimasi beberapa kata kunci. Contohnya, tulisan ini dengan judul Belajar SEO Dari Guru Pakar Master Konsultan Ahli SEO Indonesia dengan harapan beberapa kata kunci dapat dioptimasi dan mampu masuk di halaman pertama pencarian. Untuk mempermudah pengecekan, saya menggunakan SERP Checker di serprobot.com seperti di bawah ini :

Wahyu Blahe Pakar SEO SERP Checker

Jadi, dengan dilakukannya teknik SEO Off Page pada tulisan ini, yakni melakukan backlink di salah satu keyword yang dibidik, maka besar kemungkinan target kata kunci lainnya juga ikut naik dan muncul di halaman pertama pencarian. Namun, kalau ada teknik lainnya yang Anda ketahui lebih baik, boleh saling sharing di nomor WA : 085261199133

Nah! Untuk optimasi selanjutnya, akan saya update di postingan ini. Atau bisa membaca artikel :

1. Blogwalking, Cara Yang Baik Untuk Backlink Atau Kekuatan Networking?

2. Cara Submit URL Terbaru di Google Webmaster

Semoga ulasan mengenai belajar SEO yang saya buat bisa menjadi rujukan ya. Dan kalau tulisan ini dirasa bermanfaat, boleh bantu share. Salam SEO yes!

14 thoughts on “SEO

  1. Melipir kesini setelah klik link dari grup blogM. Astaga, ngebacanya takjim sampai tuntas. Semoga ada sempat belajar langsung sama bang guru pakar master konsultasi ahli SEO.
    Tabik bang?

  2. Enaknya belajar langsung ini kan bang, wih dah , malu sendiri, padahal dr dulu abang dah nawarin untuk kami, kalau mau belajar, datang ke kantor abang, cuma kami belum datang2 ???

  3. jadi dapat tools baru buat test, kmaren masih nge cek satu satu kalau liat pringkat.
    tq bg udh share ilmu nya

  4. Tulisannya panjang, tapi kok enak ya dibaca, buat awak paham,tapi tetep aja, ini harus Diajarin langsung biar perfect… Good Luck Father of Seo Medan city…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *