Teknologi

Sistem Informasi Manajemen Hotel

Sistem informasi manajemen hotel hadir untuk membantu pekerjaan karyawan hotel agar lebih mudah dan cepat. Keberadaan sistem ini juga mampu mengurangi kesalahan yang bisa muncul akibat kekeliruan yang dilakukan oleh karyawan.

Hotel termasuk dalam suatu bisnis properti yang memiliki banyak aktivitas.

Mulai dari melayani check in dan check out pengunjung, mengurus gaji karyawan, strategi marketing, bisnis restoran dan lain sebagainya.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen Hotel

Seperti yang kita tahu bahwa hotel memiliki banyak kegiatan yang dilakukan oleh karyawan, mulai dari melayani pengunjung, mengelola restoran hingga laporan.

Itulah mengapa dibutuhkan sistem informasi manajemen hotel sebagai solusinya.

Sistem informasi manajemen hotel ini mampu membantu pekerjaan karyawan, baik dalam keseharian maupun pembuatan laporan.

Dengan begitu, pekerjaan seperti menerima tamu, mendata tagihan tamu, hingga pembayaran tamu lebih mudah.

Kategori Aliran Data dari Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen hotel akan mengumpulkan data untuk keperluan tertentu dan kemudian mengolahnya agar menjadi lebih bernilai.

Data inilah yang nantinya akan digunakan untuk memudahkan pekerjaan para karyawan hotel.

Sistem informasi manajemen hotel menghasilkan beberapa aliran data dengan spesifikasinya masing-masing. Kita harus mengenal apa saja kategori dalam setiap aliran data yang dihasilkan oleh sistem tersebut.

Top Manager

Top manager merupakan level aliran data yang paling atas dan memiliki sifat jangka panjang. Selain itu, aliran data top manager ini bersifat sangat tidak pasti sehingga dibutuhkan pengalaman dan keahlian dalam mengelola data tersebut.

Sistem informasi manajemen hotel pada level ini berisi perencanaan dan kebijakan tentang hotel. Setelah data terkumpul, laporan dari data ini akan berbentuk lebih ringkas.

Midle Manager

Pada level tengah kita menyebutnya dengan istilah midle manager di mana data bersifat jangka menengah. Dibandingkan dengan data top manager, midle manager ini memiliki data yang lebih pasti dan organizational.

Sistem informasi manajemen hotel sudah dalam tahap pelaksanaan kebijakan dan perencanaan taktis. Itulah mengapa hasil laporannya akan lebih terperinci dan detail dibanding level paling atas.

Lower Manager

Level berikutnya yang berada di paling bawah adalah lower manager. Kebutuhan akan data dan informasi pada level ini berjangka pendek dan bersifat sedikit pasti. Selain itu, level ini berbentuk departemental atau terdiri dari beberapa departemen.

Sistem informasi manajemen hotel ini berguna dalam pelaksanaan aktivitas harian dan pemeliharaan aset yang dimiliki hotel sehingga laporannya akan lebih terperinci dari level sebelumnya.

Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen di Hotel

Ruang lingkup sistem informasi manajemen sangatlah luas, termasuk sistem yang ada di perhotelan. Setiap hotel juga memiliki besaran ruang lingkup yang berbeda-beda karena ini tergantung juga dengan kelengkapan fitur yang dimiliki.

Meski begitu, ada beberapa ruang lingkup yang sering kita jumpai di banyak hotel sehingga bisa dijadikan gambaran mengenai sistem informasi manajemen hotel.

Divisi Kamar

Hotel merupakan bisnis yang menawarkan persewaan kamar dengan berbagai jenis dan spesifikasi yang dimilikinya. Sistem informasi manajemen hotel akan mengumpulkan data tentang ketersediaan kamar di hotel tersebut.

Bukan hanya itu, sistem informasi manajemen hotel juga bisa membantu karyawan dalam memberikan pelayanan check in dan check out yang dilakukan oleh tamu atau pengunjung hotel.

Divisi Accounting

Setiap jenis kamar memiliki harga yang berbeda-beda, belum lagi dengan fitur tambahan lain yang diinginkan oleh tamu. Namun, Anda tidak perlu khawatir sistem informasi manajemen hotel bisa membantu perhitungan tagihan pembayaran.

Sistem informasi manajemen hotel ini mampu menghitung berapa biaya per kamar, tambahan pelayanan lain dan lain sebagainya sehingga pekerjaan karyawan lebih mudah.

Divisi Restoran dan Bar

Selain kamar, hotel biasanya juga menyediakan layanan berupa restoran dan bar untuk memenuhi kebutuhan makan para tamu. Sistem informasi manajemen hotel juga bisa digunakan untuk divisi yang satu ini.

Sistem informasi manajemen hotel akan membantu mengelola pendapatan restoran dan bar, pembuatan laporan keuangan, harga dari menu makanan, data karyawan, pencatatan stok makanan dan lain sebagainya.

Divisi Marketing

Sebagai suatu bisnis, sudah seharusnya jika hotel membutuhkan divisi marketing untuk mempromosikan bisnis tersebut. Sistem informasi manajemen hotel mampu mengumpulkan data terkait target pasar, pengaduan dan lainnya.

Data yang dikumpulkan sistem informasi manajemen hotel ini kemudian akan dikelola sedemikian rupa sehingga menghasilkan bahan evaluasi untuk memaksimalkan strategi marketing agar memberikan manfaat lebih.

Divisi Teknisi dan Peralatan

Sistem informasi manajemen hotel juga dibutuhkan dalam divisi teknisi dan peralatan yang ada di hotel. Misalnya saja, peralatan dapur, peralatan yang ada di kamar, dan lain sebagainya.

Peralatan ini harus mendapatkan pemeriksaan secara berkala, seperti AC agar tidak menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sistem informasi manajemen hotel akan membantu karyawan divisi teknisi dan peralatan dalam melakukan tugasnya.

Bagi Anda yang sedang mengelola bisnis hotel, ada baiknya memanfaatkan sistem canggih ini. Sistem informasi manajemen hotel yang baik akan memberikan manfaat besar bagi kinerja karyawan dan memberikan keuntungan lebih untuk hotel.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button