Teknologi

Sistem Informasi Manajemen Perbankan

Sistem informasi manajemen perbankan memberikan manfaat yang sangat banyak dalam kinerja para staf atau karyawan dalam bank. Bank merupakan tempat yang memberikan pelayanan dalam bidang keuangan kepada individu atau organisasi.

Setiap individu tentu memiliki urusan keuangan yang mengharuskannya pergi ke lembaga perbankan.

Tidak heran jika banyak hal yang harus dilakukan oleh staf perbankan untuk memberikan pelayanan terbaik pada nasabah atau masyarakat.

Definisi Sistem Informasi Manajemen Perbankan

Sistem informasi manajemen perbankan merupakan sistem yang bertugas untuk melakukan pengelolaan data dan informasi di dalam bank. Keberadaan sistem ini berguna untuk mendukung pengambilan keputusan masalah perbankan.

Bank membutuhkan pengelolaan dan manajemen yang baik karena berurusan dengan banyak hal dan orang. Oleh karena itu, semua bank sudah menggunakan sistem informasi manajemen yang canggih.

Sistem Informasi Manajemen yang Sering Digunakan Perbankan

Setiap bank tentu memiliki kriteria tersendiri dalam mengembangkan sistem informasi manajemen perbankan. Itulah mengapa fitur dan arsitektur setiap sistem informasi manajemen di bank berbeda-beda.

Meski demikian, ada beberapa sistem informasi manajemen yang paling sering digunakan di berbagai perbankan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai masing-masing sistem tersebut.

Sistem Informasi Nasabah Baru

Nasabah baru bisa datang kapan saja sehingga lembaga perbankan harus siap mengatur pendaftaran atau pembukaan rekening. Sistem informasi manajemen perbankan bertugas untuk mengelola nasabah baru yang ingin membuka rekening.

Penggunaan sistem informasi manajemen perbankan ini membantu staf bank untuk menyimpan data nasabah dalam jangka panjang tanpa risiko hilang atau rusak.

Sistem Informasi Pelayanan Bank

Pelayanan bank sangat penting untuk menarik minat nasabah baru sehingga digunakan sistem informasi manajemen perbankan untuk membantu pelayanan bank.

Sistem informasi manajemen perbankan bertugas untuk memantau pelayanan apa saja yang dibutuhkan nasabah dan bagaimana responnya terhadap pelayanan yang diberikan sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi terhadap pelayanan bank.

Sistem Informasi Marketing Perbankan

Semakin hari semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh lembaga perbankan sehingga persaingan di bidang ini sangat ketat. Itulah mengapa sistem informasi manajemen perbankan dibutuhkan untuk mengembangkan luas pangsa pasar.

Sistem ini membantu pihak bank dalam melihat data potensi pemasaran secara realtime melalui informasi geografis. Dengan begitu, strategi manajemen yang dilakukan pihak bank lebih tepat sasaran.

Sistem Informasi Peminjaman Kredit Perbankan

Salah satu layanan bank yang diminati banyak orang adalah peminjaman kredit perbankan. Sistem informasi manajemen perbankan akan membantu pengelolaan data mengenai nasabah yang mengajukan kredit.

Pihak bank bisa memantau data nasabah, riwayat pembayaran, dan hal lain terkait peminjaman kredit perbankan melalui sistem. Hal ini mampu menghindari terjadinya kesalahan pada pengelolaan data dan layanan.

Sistem Informasi Pengaduan nasabah

Meski setiap perbankan ingin memberikan pelayanan terbaik, pasti ada saja pengaduan yang masuk ke bank. Informasi mengenai pengaduan ini harus dikelola dengan baik melalui sistem informasi manajemen perbankan.

Apabila informasi dapat dikelola dengan baik maka bisa menghasilkan bahan evaluasi dari pengaduan tersebut untuk meningkatkan mutu dan integritas dari perbankan.

Sistem Informasi Evaluasi Karyawan

Evaluasi selalu dibutuhkan setiap perusahaan atau organisasi untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan. Sistem informasi manajemen perbankan akan membantu pihak bank dalam memberikan dan memantau kinerja staf.

Melalui data yang dikelola oleh sistem ini, pihak bank bisa memberikan reward maupun punishment terhadap karyawan sesuai prestasi dan kinerja yang dilakukannya selama ini.

Hal Penting dalam Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen di Bank

Mengembangkan sistem informasi manajemen perbankan bukan perkara mudah karena akan melibatkan banyak komponen. Apalagi seperti yang kita tahu bahwa lembaga keuangan ini memiliki banyak pekerjaan dan urusan di bidang keuangan.

Oleh karena itu, Anda harus bisa mengembangkan sistem informasi manajemen perbankan yang sesuai dengan kebutuhan agar memberikan manfaat yang maksimal.

Infrastruktur

Bagian ini merupakan landasan yang menunjang pengembangan sistem informasi manajemen perbankan. Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari sistem informasi, Anda harus memastikan bahwa infrastrukturnya juga baik.

Infrastruktur memiliki pengaruh besar dalam fungsi sistem informasi manajemen perbankan, yaitu mencegah terjadinya gangguan sistem, seperti kapasitas server yang rendah, jaringan kurang memadai, server lemah dan lainnya.

Sumber Daya Manusia

Bukan hanya teknologi, pengembangan sistem informasi manajemen perbankan juga membutuhkan SDM yang handal. Itulah mengapa dibutuhkan pelatihan dan bimbingan teknis agar sistem berjalan dengan lancar.

Lembaga perbankan negeri maupun swasta biasanya akan memberikan pelatihan pada karyawannya agar bisa menggunakan sistem informasi manajemen perbankan dengan baik dan tepat untuk keperluan lembaga.

Anggaran dan Kebutuhan

Hal lain yang harus diperhatikan dalam mengembangkan sistem informasi manajemen perbankan adalah melihat anggaran dan kebutuhan. Pengembang biasanya akan menyesuaikan pembuatan sistem dengan anggaran yang dimiliki.

Sebelumnya, Anda harus mengetahui kebutuhan lembaga perbankan agar bisa menghasilkan sistem informasi manajemen perbankan yang tepat dan memiliki kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan dari bank tersebut.

Bagi Anda yang sedang kesulitan dalam mengelola urusan dalam perbankan, tidak ada salahnya menggunakan teknologi terbaru. Sistem informasi manajemen perbankan akan memudahkan pekerjaan perbankan sehingga lebih efektif.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button