Teknologi

Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Sistem informasi manajemen sekolah memberikan kemudahan bagi semua pihak dalam interaksi. Penggunaan sistem ini merupakan bentuk kemajuan teknologi yang memudahkan pekerjaan dalam bidang tertentu, misalnya di bidang pendidikan.

Banyaknya keuntungan dari sistem informasi manajemen sekolah ini membuat hampir semua lembaga pendidikan memanfaatkannya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui lebih lanjut mengenai sistem ini sebelum menggunakannya.

Keunggulan Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Keunggulan sistem informasi manajemen dalam sekolah antara lain keamanan data terjamin, mampu mengurangi kemungkinan kecurangan absen siswa.

Data absensi disajikan secara realtime sehingga memudahkan penerapan kedisiplinan siswa.

Selain itu, sistem informasi manajemen sekolah memiliki keunggulan lain, seperti memiliki pengamanan otentikasi kode unik, pengaturan menu yang user-friendly

Dan jumlah pengguna dapat disesuaikan, serta memiliki beberapa pilihan bahasa.

Sistem Informasi Manajemen yang Terintegrasi

Sistem informasi manajemen sekolah tidak hanya memiliki satu fungsi atau manfaat saja sehingga akan ada beberapa bagian dalam sistem yang saling terintegrasi satu sama lain untuk memudahkan pekerjaan karyawan atau guru dalam mengolah data.

Dari sekian banyaknya bagian yang terdapat dalam sistem informasi manajemen sekolah, Anda akan menemukan delapan sistem yang sering digunakan oleh sekolah.

Untuk itu, penting bagi kita menyimak ulasan kedelapan sistem berikut ini.

Sistem Informasi Profil

Sistem ini berisi tentang profil sekolah, mulai dari sejarah berdirinya sekolah, visi, misi, fasilitas, kegiatan sekolah, program kelas, forum, galeri foto, buku tamu dan berbagai informasi kesiswaan, seperti kemenangan yang pernah dicapai siswa.

Sistem informasi manajemen sekolah akan menyajikan semua informasi tersebut secara terorganisir dan sistematis sehingga orang yang membutuhkan informasi bisa mengakses sistem ini dengan mudah dan cepat.

Sistem Informasi Personalia

Bagian lain yang terdapat dalam sistem informasi manajemen sekolah adalah sistem informasi personalia. Bagian ini berisi data guru dan staf untuk mengelola informasi dari yang bersangkutan sehingga memudahkan pekerjaan tenaga personalia.

Beberapa data yang biasanya dicantumkan dalam sistem informasi manajemen sekolah adalah biodata, riwayat pendidikan, status bekerja, riwayat pelatihan, riwayat karir, info gaji, tingkat kehadiran, alamat, jam kerja dan informasi lainnya.

Sistem Informasi Sarana dan Prasarana

Sekolah tentu memiliki sarana dan prasarana yang digunakan dalam beberapa kegiatan sekolah. Peralatan ini harus diatur dan dikelola dengan baik karena merupakan aset dari sekolah.

Sistem informasi manajemen sekolah bagian ini berisi informasi tentang manajemen aset sekolah, seperti jumlah aset yang dimiliki, lokasi aset, penomoran aset, penggunaan aset dan lainnya yang berkaitan dengan sarana dan prasarana.

Sistem Informasi Keuangan

Sistem informasi manajemen sekolah bagian ini berisi data tentang pembayaran yang dilakukan siswa dan pembayaran gaji guru maupun staf. Data ini sangat penting untuk mencatat setiap terjadinya pembayaran dari siswa.

Sistem informasi manajemen sekolah bagian keuangan biasanya menyediakan beberapa fitur, seperti laporan siswa yang sudah melakukan pembayaran, laporan siswa yang belum melakukan pembayaran hingga laporan lain terkait honor guru.

Sistem Informasi Siswa

Salah satu bagian penting dalam sistem informasi manajemen sekolah adalah sistem informasi siswa. Bagian ini berisi data penerimaan siswa baru, biodata siswa, pengelolaan kelulusan, pengelolaan kenaikan kelas dan kedisiplinan siswa.

Selain itu, bagian ini juga memiliki fitur pencetakan kartu siswa yang sering digunakan dalam ujian sekolah. Dengan begitu, kesalahan yang mungkin muncul dalam penulisan biodata dalam kartu siswa sangatlah sedikit.

Sistem Informasi Akademik

Sistem informasi manajemen sekolah juga memiliki bagian penting lainnya, yaitu sistem informasi akademik. Bagian ini biasanya berisi tentang pengelolaan kurikulum, presensi dalam kegiatan PBM, pengelolaan nilai akademik dan pembuatan jadwal.

Sistem informasi manajemen sekolah biasanya juga menyertakan fitur laporan hasil studi siswa sehingga guru tidak perlu membuat format laporan dari awal.

Sistem Informasi Perpustakaan

Sistem informasi manajemen sekolah juga memiliki bagian pengaturan untuk keperluan perpustakaan. Bagian ini berisi tentang transaksi peminjaman dan pengembalian buku, pengelolaan anggota, pengelolaan buku dan manajemen arsip.

Sistem informasi manajemen sekolah ini sangatlah membantu staf perpustakaan karena banyak pengaturan yang harus dilakukan dalam perpustakaan karena memiliki banyak buku dan arsip yang harus dikelola.

Sistem E-Learning

Bagian terakhir yang ada dalam sistem informasi manajemen sekolah adalah sistem e-learning. Sekarang ini, sudah banyak sekolah yang menerapkan pembelajaran secara digital untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa.

Sistem informasi manajemen sekolah ini berisi tentang proses pendidikan dengan sistem online bagi siswa dan guru. Biasanya akan ada kuis online, modul sekolah, tugas maupun tanya jawab.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen dalam Sekolah

Melihat bagian-bagian dari sistem informasi manajemen, sebenarnya sudah bisa membuat kita memahami fungsi sistem informasi manajemen dalam sekolah. Sistem ini berfungsi untuk menyajikan informasi sekolah, siswa, guru, dan aset.

Banyak fitur bermanfaat yang disertakan dalam sistem informasi manajemen sekolah untuk memudahkan pekerjaan guru dan staf, misalnya penulisan laporan, pengaturan jadwal pelajaran dan fitur bermanfaat lainnya.

Bagi Anda yang saat ini mengelola data dan informasi sekolah, ada baiknya Anda sudah menggunakan sistem informasi manajemen sekolah agar pekerjaan bisa menjadi lebih muda, cepat dan meminimalkan terjadinya kesalahan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button