TeknologiBisnis

Sistem Informasi Manajemen Yang Baik, Ini Kata Para Ahli

Sistem informasi manajemen tidak hanya dibutuhkan dalam bidang bisnis namun juga sains. Karena secara umum informasi dan manajemen dibutuhkan oleh kedua disiplin ilmu tersebut.

Oleh karena itu baik bagi scientist atau businessman disiplin pengetahuan tersebut sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan.

Tanpa adanya penerapan yang bagus maka mustahil sebuah projek berjalan lancar.

Dalam dunia bisnis ilmu ini merupakan fundamental sehingga selalu diaplikasikan untuk menjaga agar sebuah perusahaan tetap berjalan. Jadi bagi para ekonom atau pebisnis perannya sangat vital.

Perkembangan manajemen juga berjalan seiring dengan kebutuhan bisnis. Jadi metode yang diaplikasikan hari ini belum tentu sama dengan teori pendahulunya karena kebutuhan ekonomi juga berbeda.

Disiplin ilmu lain juga digabungkan untuk menyempurnakan agar metode menjadi lebih bagus. Matematika tentu menjadi salah satu fundamental utama pada manajemen karena berkaitan dengan angka.

Jadi perhitungan akan semakin akurat dan memitigasi adanya kesalahan prediksi. Berbicara masalah prediksi, ini merupakan salah satu fungsi penting. Tujuannya agar masa depan perusahaan dapat diperkirakan.

Dalam dunia sains model sistem informasi manajemen juga diterapkan untuk kebutuhan riset. Ini berguna untuk menyederhanakan, membuat hipotesis, dan menganalisis masalah yang ada.

Jadi memang disiplin ilmu satu ini memang cukup kompleks karena mencakup berbagai bidang. Tidak hanya ekonomi bisnis saja namun juga matematik dan sains. Semuanya harus berjalan bersama agar mendapatkan hasil optimal.

Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pakar yang mendefinisikan pertanyaan tersebut. Jadi disini kami akan memberikan beberapa pendapat para ahli agar dapat dijadikan referensi. Berikut ini adalah pendapat para ahli terkait MIS.

Azhar Susanto

Merupakan kumpulan baik fisik maupun non fisik yang saling berkaitan. Tujuannya untuk membuat prediksi, analisis, evaluasi, dan perbaikan secara berkelanjutan terhadap sebuah aktivitas.

Ludwig von Bertalanffy

Merupakan seperangkat unsur yang mencakup antara manusia dan lingkungan sehingga mampu memberikan hasil sederhana dalam sebuah tindakan penelitian, baik sains maupun non sains.

L. James Harvey

Merupakan produk logika yang digunakan untuk merancang atau membuat seperangkat komponen bekerja. Jadi antara satu komponen dan lainnya saling bergerak harmonis.

Dari ketiga definisi tersebut materi sistem informasi manajemen dapat dirumuskan sebagai berikut. Sistem informasi manajemen merupakan bentuk logika dari sekumpulan unsur yang disamakan kerjanya agar terbentuk produk stabil.

Masih banyak pakar lainnya yang memiliki definisi tersendiri mengenai disiplin ilmu ini. Jadi memang artinya sangat luas sehingga dapat diterjemahkan sesuai dengan cara berpikir pribadi masing-masing.

Selama tujuan utama dari disiplin ilmu Sistem informasi manajemen adalah mempermudah prediksi, analisis, dan pengambilan keputusan maka tidak melenceng dari fundamentalnya. Ini perlu diketahui agar tidak salah dalam menafsirkan.

Ketika Anda ingin menggunakannya tentu harus berdasarkan dengan perhitungan matematik. Jadi analisis yang diambil akan memiliki dasar teori tepat untuk kemudian diterapkan di lapangan.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen merupakan salah satu disiplin ilmu yang memiliki tujuan untuk mempermudah proses analisis terhadap sesuatu. Analisis sangat penting dilakukan karena memiliki peran sebagai fundamental dari proses pekerjaan.

Apabila mendasari sesuatu tanpa analisis maka hasilnya tentu tidak sesuai keinginan. Karena semua aspek harus dapat dikalkulasi untuk menentukan tepat atau tidaknya langkah yang akan diambil.

Banyak metode penelitian yang dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil optimal. Sistem informasi manajemen merupakan salah satu metode yang dapat dijadikan rujukan bagi peneliti baik dalam ekonomi maupun sains.

Karena disiplin ilmu ini memiliki peran vital banyak orang yang mempelajarinya. Pengaplikasiannya juga tidak terbatas pada urusan bisnis dan sain saja namun dapat lebih luas.

Bahkan disiplin ilmu seperti ini dapat diterapkan untuk merubah pola hidup menjadi lebih baik. Banyak orang memiliki pendapat bahwa sistem informasi manajemen juga dapat diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan seseorang.

Karena tujuan penerapannya bervariasi jadi ada banyak sub ilmu yang dihasilkan. Mulai dari akuntansi, statistika, personalia, distribusi, hingga monitoring. Memang sangat kompleks dan fleksibel diterapkan di berbagai aspek.

Bagi pelajar pengetahuan ini akan berguna layaknya bimbingan konseling. Jadi seseorang akan lebih mudah memahami kebutuhan primer agar tujuan jarak pendek dapat tercapai secara optimal.

Bagi mahasiswa hal tersebut juga bagus diterapkan karena dapat membantu berbagai hal. Tidak hanya dari materi kuliah saja namun juga bagaimana memanajemen materi perkuliahan yang akan diambil.

Memperhitungkan dampak positif dan negatif dari berbagai hal tentu sangat fleksibel sifatnya. Apabila Anda bisa melakukan analisis secara bagus maka hasil akhirnya tentu tidak mengecewakan.

Manfaat dari Sistem Informasi Manajemen

Manfaat konkret yang diperoleh ketika menerapkan metode tersebut dalam kehidupan sehari-hari tentunya banyak sekali. Mulai dari kedisiplinan hingga bagaimana mengatur keuangan harian.

Tergantung dari jenis sistem informasi manajemen yang digunakan maka dampaknya tentu berbeda. Oleh karena itu disini kami akan memisahkannya berdasarkan dengan jenis yang dipakai.

Akuntansi

Dalam dunia akuntansi diterapkannya disiplin sistem informasi manajemen akan membuat penyeimbangan neraca keuangan lebih mudah. Dengan memprioritaskan kebutuhan primer maka pengeluaran tentu bisa lebih sehat.

Personalia

Tidak hanya di dunia kerja saja, manajemen personalia dapat dilakukan pada diri sendiri. Jadi Anda dapat mengubah kebiasaan agar tetap produktif setiap hari sehingga lebih menguntungkan.

Akademik

Menerapkan manajemen dalam bidang akademik artinya Anda dapat memilih materi yang lebih penting. Dengan begitu proses belajar tentunya akan menjadi lebih efektif.

Ketiganya merupakan sebagian kecil saja penerapan dari sistem informasi manajemen. Bidang lain juga membutuhkan manajemen sehingga membuatnya menjadi disiplin ilmu paling fleksibel untuk diterapkan.

Modal awal untuk efektif dalam menerapkan pengetahuan ini adalah konsistensi. Tanpa adanya konsistensi maka mustahil sebuah manajemen dapat diterapkan secara efektif pada sebuah bidang.

Oleh karena itu banyak pakar juga berpendapat bahwa metode mendisiplinkan personalia dapat memakai sistem informasi manajemen. hal seperti ini tentu sangat menguntungkan jika diterapkan dalam jangka panjang.

Sumber daya manusia dapat berkembang secara pesat apabila memiliki pola pikir dan kerja optimal. Itu semua dapat tercapai dengan adanya metode manajemen bagus dalam kegiatan hariannya.

Sejarah dari Sistem Informasi Manajemen

Tidak ada yang tahu pasti kapan disiplin ilmu ini mulai ditemukan oleh manusia. Jika ditarik dari bukti sejarah maka penggunaannya sudah ada sejak zaman mesir kuno. Ini diterapkan dalam pembuatan piramida mesir.

Bayangkan saja tanpa adanya pengaturan terhadap material dan sumber daya yang dimiliki bagaimana sebuah bangunan sebesar itu dapat berdiri. Oleh karena itu banyak pakar mengatakan ini sebagai ilmu paling tua.

Jika ditarik kebelakang lagi saat manusia masih memiliki pola hidup nomaden tentu manajemen makanan sangat penting. Kjokkenmoddinger merupakan bukti utama manusia menerapkannya sebelum peradaban.

Tumpukan kerang yang menggunung tersebut adalah bukti bagaimana homo sapiens mengatur makanan hasil buruannya setiap hari. Selain kerang sebenarnya masih banyak buruan lain namun ini yang ditemukan memfosil.

Bahkan binatang juga melakukan manajemennya sendiri untuk dapat bertahan hidup. Tupai misalnya melakukan penimbunan makanan sebelum musim dingin tiba. Hal tersebut dilakukan agar tidak kelaparan.

Binatang yang melakukan hibernasi juga melakukan pengaturan terhadap konsumsi hariannya. Dengan mengunyah makanan secara perlahan dan sedikit melakukan aktivitas untuk menyimpan energi.

Begitu juga dengan metabolisme tubuh yang melakukan manajemen energi secara mandiri. Pada saat Anda kekurangan energi tubuh akan menjadi lemas dengan tujuan untuk mengurangi konsumsi tenaga.

Ini adalah bukti bahwa sebenarnya sistem informasi manajemen tidak hanya sebatas disiplin ilmu saja. Namun sudah sebagai insting makhluk hidup yang ingin bertahan dan beradaptasi pada kondisi perubahan alam sekitarnya.

Dengan menerapkan pengetahuan ini secara disiplin ada banyak sekali capaian yang bisa didapatkan. Oleh karena itu Anda wajib mempelajari sistem informasi manajemen agar bisa sukses dalam hidup.

Ok itu aja ya, artikel publish di wahyublahe.id kategori Bisnis, semoga bermanfaat informasi yang disajikan.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button