+24 Situs Jurnal Internasional

Situs Jurnal Internasional Gratis dan Diakui Dikti

Situs Jurnal Internasional memang sangat penting untuk penelitian skripsi, disertasi, dan thesis. Bagi Anda yang pernah mengerjakan karya ilmiah tersebut, setidaknya pernah menggunakan satu jurnal internasional. Terutama pada karya thesis dan disertasi yang membutuhkan sumber tepat dan terpercaya. Dan jurnal ini tidak bisa diterbitkan sembarangan, melainkan harus dengan ketentuan yang berlaku.

Jurnal Internasional adalah salah satu jurnal ilmiah karena sifatnya yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Artinya, jurnal ini bersifat mendunia dan diakui di berbagai negara. Konten jurnal ini telah melalui seleksi yang sangat ketat dan merupakan hasil penelitian terbaru.

Tak heran jika jurnal ini memiliki tingkatan yang tertinggi dibanding jurnal lainnya. Karya ilmiah ini memiliki tingkatan tinggi tidak hanya sebagai simbolis. Namun dapat dilihat bahwa jurnal ini diterbitkan secara ketat berdasarkan kriteria tertentu.

Jadi, tidak sembarang jurnal yang dibuat peneliti kualitasnya bisa sesuai standar internasional. Hasil jurnal pun harus melewati berbagai review yang cukup ketat. Terutama agar bisa ditampilkan di situs jurnal internasional yang kredibel.

Lembaga Dikti juga telah mengumumkan beberapa situs mencari jurnal internasional yang diakui. Bagi yang penasaran dengan situs jurnal internasional tersebut, simak terus ulasannya di bawah ini.

18 Situs Jurnal Internasional Gratis

Tidak sedikit yang terkendala untuk mengakses situs jurnal internasional. Padahal jurnal ini penting sebagai referensi kuliah untuk perguruan tinggi. Umumnya, situs jurnal internasional tersebut tidak bisa diakses karena tidak memiliki ID akses atau tidak berlangganan.

Beberapa kampus memang sudah mengatasi hal ini agar civitas akademika dapat mengakses situs jurnal internasional yang dibutuhkan. Pada dasarnya, beberapa situs internasional memang baru bisa diakses jika pengguna membayar sejumlah biaya.

Namun, hal ini sebanding dengan nilai lebih yang ditawarkan. Terutama pada jumlah akses jumlah yang tidak terbatas di setiap waktu. Lalu, bagaimana bagi yang ingin menggunakan jurnal internasional gratis? Tidak perlu khawatir, hal ini tetap bisa dilakukan dengan mencari situs download jurnal internasional gratis.

Setidaknya berikut ini kumpulan situs jurnal internasional gratis yang bisa digunakan.

DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ banyak memuat tulisan ilmiah yang berlimpah, diantaranya adalah jurnal dan artikel ilmiah. Sifatnya yang open access, membuat situs ini kerap kali menjadi pilihan kalangan akademik di seluruh dunia.

Situs jurnal internasional ini dirilis tahun 2003. DOAJ sudah memiliki lebih dari 11.000 jurnal dari 127 negara di seluruh dunia. Sedangkan jumlah artikel ilmiah yang bisa diakses berjumlah 3 juta artikel.

Microsoft Academic

Situs ini menyediakan berbagai data jurnal dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Anda bisa mengaksesnya di alamat https://academic.microsoft.com. Pada tampilan awal, silahkan masukkan kata kunci yang ingin dicari jurnal ilmiahnya.

Tidak hanya itu, pengguna bisa memanfaatkan kolom-kolom kategori tertentu agar lebih mudah menemukan jurnal yang dimaksud. Misalnya Author (nama pengarang), Date Range (tahun terbit), Affiliaton (sumber jurnal), dan Field of Study (subjek program study).

Academia.edu

Situs ini memang cukup populer di kalangan akademisi, misalnya mahasiswa, dosen, dan peneliti. Academia.edu dikenal sebagai jejaring sosial para akademisi untuk saling berbagi hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Anda bisa memanfaatkan fitur follow dengan bidang penelitian serupa. Untuk dapat mengakses berbagai jurnal internasional, pengguna harus menggunakan akun Google maupun media sosial Facebook.

Research Gate

Situs ini tidak jauh berbeda dengan academia.edu. Situs ini juga dirancang sebagai platform media sosial khusus peneliti. Hal ini karena adanya forum diskusi yang melibatkan banyak peneliti dari berbagai negara.

Hingga saat ini, Research Gate kerap kali menjadi pilihan bagi yang sedang menjalani pendidikan S1 maupun S2. Situs ini juga ramah bagi pemula karena tampilannya yang begitu ringan dan mudah dimengerti.

Untuk beberapa jurnal publikasi, memang tidak bisa diakses terlalu terbuka. Artinya, Anda masih membutuhkan izin bagi yang membuatnya.

Google Scholar

Sesuai dengan namanya, situs ini merupakan salah satu produk baru dari Google. Situs jurnal internasional ini berisi ratusan ribu jurnal ilmiah. Menariknya, jurnal-jurnal tersebut bisa diakses dengan berbagai format yang disediakan.

Situs ini menyediakan berbagai macam tesis, paper, jurnal, ebook, artikel, dan literatur ilmiah lainnya. Semua hal tersebut bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya apapun.

ProQuest

Pada dasarnya situs jurnal internasional ini juga bisa menjadi referensi terpercaya. Situs ini menyediakan banyak jurnal ilmiah dan sumber artikel yang bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Ebsco

Situs jurnal internasional gratis berikutnya adalah Ebsco. Situs ini memungkinkan Anda mencari referensi untuk keperluan tugas. Berbagai karya ilmiah tersebut didapat dari berbagai interdisipliner dari bidang yang bervariasi. Misalnya kesehatan, kemiliteran, dan kepemerintahan.

ScienceDirect

ScienceDirect merupakan website yang sudah tidak asing bagi berbagai kalangan akademisi. Misalnya para peneliti, dosen, guru, dan pekerja profesional lainnya di bidang akademik. Situs jurnal internasional ini memiliki banyak artikel ilmiah yang bisa dijadikan referensi.

Research Gate

Salah satu keunggulan dari Research Gate adalah situs ini memungkinkan penggunanya untuk request jurnal. Mengingat situs ini juga merupakan tempat komunitas para peneliti yang membuat jurnal ilmiah.

Namun, untuk mengakses jurnal di dalamnya memerlukan email dari kampus atau institusi masing-masing. Menariknya, Anda juga bisa mengupload jurnal internasional gratis tanpa biaya apapun.

Anda juga bisa dengan leluasa melontarkan pertanyaan terkait karya ilmiah yang sedang dilakukan. Tak heran jika situs ini juga merupakan tempat berdiskusi yang menarik dan cukup efektif. Bagi yang sedang mencari referensi untuk skripsi, situs ini juga menyediakannya.

Ada referensi yang bisa didownload gratis, namun ada juga yang berbayar. Meski demikian, Research Gate merupakan pilihan yang tepat untuk mencari jurnal ilmiah.

Cambridge Journal

Situs jurnal internasional yang satu ini menyediakan jurnal yang cukup beragam. Tampilan interfacenya cukup mudah dipahami. Dengan demikian, bagi pemula pun tidak akan kesulitan ketika hendak mengunduhnya.

Anda tinggal mengetikkan di mesin pencari untuk mendapatkan jurnal dan referensi karya ilmiah lainnya melalui situs ini.

Journal Online LIPI

LIPI memang memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia berupa kumpulan jurnal dengan berbagai tema menarik. Lembaga non kementerian ini memiliki jurnal kimia dan jurnal fisika yang cukup lengkap.

Situs online LIPI menyediakan berbagai jurnal tersebut dan bisa diakses secara gratis. Meski gratis, tentunya kualitas yang ditawarkan tidak perlu diragukan. Bagi Anda yang sedang melakukan thesis atau karya ilmiah lainnya, situs online LIPI bisa menjadi salah satu referensi.

PubMed Central

PubMed Central menjadi referensi jurnal internasional selanjutnya yang bisa dijadikan referensi. PMC menjadi repositor digital yang bisa diakses publik secara gratis. Tersedia berbagai artikel yang cukup lengkap, terutama tentang life sciences dan biomedis.

Database artikel ilmiah ini dikembangkan oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI). Seluruh artikel yang dimuat PubMed Central tersedia secara gratis berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Namun, sebagian penerbit menunda untuk mengunggah karya ilmiah ke situs ini sementara waktu. Biasanya dalam kurun waktu enam bulan setelah makalah diterbitkan. Arsip ini sudah menyimpan lebih dari 2.6 juta item yang meliputi artikel, surat, dan editorial.

FreeFullPdf

Masih belum menemukan jenis jurnal yang tepat untuk penelitian yang dilakukan? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengunjungi FreeFullPdf yang menyediakan referensi cukup lengkap. Bahkan situs ini menyediakan karya ilmiah berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sebagai referensi.

Bagi yang mencari thesis dan skripsi, situs ini juga menyediakannya. Jadi, tidak hanya berupa jurnal ebook saja. Untuk mengunduhnya, Anda bisa menggunakan kolom Search untuk mencari referensi yang dibutuhkan.

Situs ini akan menampilkan sejumlah jurnal yang berkaitan dengan keyword yang dicari. Jika ingin mengunduhnya, pengguna tinggal klik pada bagian judul saja. Semua ini bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan kunjungi www.freefullpdf.com.

International Journal of Education & The Arts (Ijea)

Situs jurnal internasional yang direkomendasikan selanjutnya adalah Ijea atau International Journal of Education & The Arts. Mungkin situs ini belum begitu populer dibanding situs jurnal internasional lainnya. Situs ini kebanyakan berisi jurnal berbahasa asing.
Bagi yang sedang mencari referensi jurnal berbahasa asing, situs Ijea ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Oxford Academic

Tidak jauh berbeda dengan situs jurnal internasional lainnya, Oxford Academic juga berisi konten jurnal yang beragam. Anda bisa mencari jurnal terpercaya menggunakan abjad sehingga lebih memudahkan. Situs ini merupakan milik Oxford dan menyediakan jurnal berbahasa asing.

Tidak hanya bisa menemukan jurnal berdasarkan urutan abjad, Anda juga bisa mencarinya di kolom Cari yang sudah disediakan. Tidak hanya itu, pengguna akan semakin dimudahkan dengan adanya kategori jurnal.

Beberapa kategori dalam Oxford Academic ini diantaranya adalah Societies, Authors, Librarians, Advertisers, dan Sponsors.

Sage Publishings

Sage Publishings merupakan situs yang tepat untuk mencari referensi jurnal internasional. Situs ini dimiliki oleh sebuah perusahaan penerbit di USA. Situs ini sudah menerbitkan setidaknya 1000 jurnal dari berbagai bidang ilmu.

Diantaranya adalah kriminologi, hubungan internasional, politik, manajemen, sosiologi, bisnis, dan lain-lain. Menariknya, situs ini dilengkapi dengan fitur favorites yang akan memudahkan pengguna membuat list jurnal favorit. Situs ini bisa diakses di laman https://journals.sagepub.com/.

JSTOR

JSTOR atau Journal Storage merupakan referensi situs jurnal internasional selanjutnya. Situs ini cukup terpercaya karena menawarkan 12 juta jurnal, artikel, dan buku digital dari banyak negara. Bahkan jumlahnya mencapai 75 disiplin ilmu, misalnya arkeologi, kajian film, hubungan internasional, dan lainnya.

Tidak sembarang jurnal bisa ada di situs JSTOR. Jurnal-jurnal yang berada di situs ini telah melewati proses review dan penilaian yang cukup ketat. Tak heran jika jurnal yang dipilih harus memenuhi kriteria tertentu. Jika Anda ingin mengakses situs ini, silahkan menuju https://www.jstor.org.

International Journal of Education and Research

Website yang satu ini berisi berbagai review jurnal penelitian yang cukup beragam. Terutama yang diterbitkan oleh Kontemporer Research Center (CRC Publications) yang sudah terakreditasi dengan baik

Cara Mencari Jurnal Internasional

Meski jurnal internasional memiliki segudang manfaat, tidak sedikit yang masih kebingungan ketika ingin mencarinya. Mungkin dahulu sumber jurnal ini lebih sulit didapatkan. Mengingat keterbatasan teknologi yang ada pada saat itu.

Namun, kini mencari jurnal lebih mudah dilakukan dan tidak sesulit dahulu. Terlebih teknologi internet yang semakin berkembang membuat jurnal online bisa ditemukan dengan mudah di dunia maya. Mulai dari jurnal nasional sampai jurnal internasional yang banyak dibutuhkan untuk karya ilmiah.

Jurnal internasional sangat krusial dalam membuat penelitian ilmiah, tesis, maupun skripsi. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara mencari jurnal internasional yang mudah dilakukan.

Berikut ini beberapa cara mencari situs download jurnal internasional di berbagai situs pencarian jurnal internasional. Anda bisa mulai mencari referensi satu per satu dari situs yang disebutkan berikut ini.

Cara Mencari Jurnal Internasional via Google Scholar

Google Scholar menjadi salah satu sumber jurnal internasional yang banyak dipilih. Produk Google ini memang tidak perlu diragukan konten dan kualitasnya. Bagi yang ingin mencari jurnal internasional melalui Google Scholar kenali terlebih dahulu beberapa fiturnya berikut ini.

  • Menyediakan literatur di berbagai disiplin ilmu.
  • Banyak dipilih akademisi di seluruh dunia untuk mendapatkan referensi terpercaya.
  • Menyajikan artikel teks dan dokumen lainnya secara lengkap.
  • Memungkinkan penelitian terbaru lebih berkembang.
  • Dapat menjadi pilihan untuk melakukan kroscek terhadap dokumen tertentu.

Fitur-fitur yang telah disediakan di atas memang menjadi kelebihan tersendiri bagi Google Scholar. Tak heran jika platform ini termasuk banyak direkomendasikan oleh banyak orang. Anda bisa mendapatkan berbagai jurnal internasional terpercaya melalui platform ini.

Adapun langkah-langkah mencari jurnal internasional via Google Scholar adalah sebagai berikut.

  • Buka browser lalu kunjungi laman web Google Scholar di https://scholar.google.com.
  • Pada tampilan awal halaman, akan muncul menu Cari layaknya pada search engine Google.
  • Pastikan Anda sudah mengetahui kata kunci yang hendak dicari. Masukkan kata kunci tersebut pada kolom Cari. Misalnya dengan mengetikkan “Penanganan Covid-19 pada manula”.
  • Kemudian, halaman Google Scholar akan menampilkan beberapa dokumen yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari.
  • Silahkan pilih atau buka hasil pencarian satu per satu sesuai kebutuhan. Pastikan referensi yang diambil sesuai dengan syarat jurnal internasional yang berlaku. Dengan demikian, karya ilmiah yang akan dibuat pun akan menghasilkan informasi yang kredibel.
  • Cara membuka hasil pencarian adalah dengan klik langsung pada dokumen yang dituju. Bisa juga dengan cara klik kanan pada file berformat PDF.
  • Setelah itu, tekan Download.

Anda bisa langsung membaca jurnal internasional yang sudah didapatkan. Pada tampilan hasil pencarian di Google Scholar, pengguna juga bisa mempersempit pencarian terkait file yang ingin dicari. Misalnya diurutkan berdasarkan waktu publikasi jurnal.

Salah satu yang membuat Google Scholar dipilih adalah banyaknya jurnal terbaru yang bisa didapatkan. Nah, hal ini penting dilakukan agar dokumen yang dicari benar-benar relevan dan terupdate. Lalu, bagaimana cara menemukan jurnal terbaru di Google Scholar?

Anda bisa menemukannya dengan mudah dengan memilih opsi “Since Year” yang berada di sebelah kiri layar. Beberapa makalah baru akan ditampilkan berdasarkan relevansi yang diinginkan. Misalnya dengan klik “Urutkan berdasarkan tanggal”.

Terdapat ikon amplop yang memungkinkan Anda mendapatkan informasi mengenai hasil terbaru yang akan dikirimkan via email.

ScienceDirect

Cara mencari jurnal internasional berikutnya adalah melalui situs Science Direct. Situs ini juga menyediakan artikel dan buku yang cukup lengkap. Jadi, lingkupnya tidak hanya seputar jurnal internasional.

Sayangnya, tidak semua dokumen karya ilmiah di dalamnya gratis. Untuk beberapa dokumen, pengguna memang harus membayar jika ingin mengaksesnya. Untuk mendapatkan jurnal melalui Science Direct, caranya sangat mudah.

Silahkan kunjungi situs resminya terlebih dahulu. Setelah itu, cari di menu Open Access. Ketikkan kata kunci yang diperlukan lalu pada kolom akan muncul judul dan abstrak dari jurnal yang dicari.

Alamat situs: https://www.sciencedirect.com/

Cara Mencari Jurnal Internasional via Research Gate

Research Gate merupakan situs yang populer di kalangan komunitas online peneliti. Tak heran jurnal internasional di dalamnya dikenal kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Peneliti dari berbagai negara bisa mengupload jurnal yang telah dibuat.

Menariknya, bisa juga saling request jurnal secara gratis lho. Untuk dapat mengakses situs ini, pendaftaran dilakukan oleh email institusi atau kampus.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan akses di Research Gate, silahkan hubungi pihak kampus masing-masing untuk meminta email khusus mahasiswa.

Alamat situs: https://www.researchgate.net/

Cara Mencari Jurnal Internasional via Cambridge Core

Fitur-fitur terbari dar Cambridge Core akan membuat Anda lebih mudah mengakses jurnal internasional. Termasuk ketika memilih tipe-tipe jurnal berdasaran kebutuhan. Situs ini juga memungkinkan penggunanya membaca buku secara gratis kapanpun dan dimanapun.

Tak terkecuali jurnal internasional dari berbagai macam topik. Tak heran jika Cambridge Core merupakan situs yang bersifat open access untuk berbagai kalangan.

Alamat situs: https://www.cambridge.org/core.

Cara Mencari Jurnal Internasional via DOAJ

Situs jurnal internasional ini memang begitu populer dan bisa didapatkan secara gratis. Untuk mencari jurnal internasional melalui situs ini, caranya adalah dengan mengunjungi website resminya.

Alamat situs: https://www.doaj.org.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan jurnal yang dibutuhkan via DOAJ adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs resmi DOAJ melalui browser.
  • Pada kolom pencarian, silahkan ketikkan keyword. Apabila hasil pencarian hanya membutuhkan jurnal, hilangkan centang pada bagian articles.
  • Tunggu hasil pencarian yang relevan.
  • Sebaiknya, klik satu per satu agar memahami rincian jurnal yang ditampilkan.
  • Pilih jurnal sesuai kebutuhan.

Setelah memilih jurnal yang sekiranya paling sesuai, Anda bisa melihat list dari beberapa jurnal dengan judul yang bervariasi. Oleh karena itu, klik saja bagian Abstract atau Full Text.

Cara Mencari Jurnal Internasional via LIPI

LIPI merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memiliki situs resmi berisi jurnal internasional. Lembaga non kementerian ini memiliki koordinator Kemenristekdikti. Jurnal internasional yang disediakan cukup lengkap dan hampir semuanya bisa diunduh secara gratis.

Selain itu, bahasa pengantarnya pun bahasa Indonesia sehingga lebih memudahkan untuk menggunakannya sebagai referensi. Anda bisa mendapatkan jurnal internasional ini dengan mengunjungi situs resminya.

Alamat situs: https://jurnal.lipi.go.id/

Cara Mencari Jurnal Internasional via Perpusnas

Untuk dapat mengakses platform Pepusnas, Anda harus berstatus sebagai member resmi. Member resmi Perpusnas akan mendapatkan nomor yang sah. Dengan demikian, pengguna bisa memanfaatkan semua layanan digital yang disediakan Perpustakaan Nasional.

Misalnya dengan berlangganan berbagai jenis jurnal yang kredibel dan terpercaya. Jurnal internasional yang terbaik dan terupdate bisa didapatkan sebagian besar secara gratis. Tidak hanya itu, platform ini juga menyediakan fitur digital library.

Jadi, Anda bisa mendownload softfile jurnal secara gratis kapanpun dan dimanapun. Untuk mendapatkan jurnal internasional sesuai kebutuhan, silahkan kunjungi website resmi Perpusnas.

Alamat situs: https://www.perpusnas.go.id/

Cara Mencari Jurnal Internasional via Oxford Journal

Sesuai dengan namanya, situs ini memang dimiliki oleh kampus Oxford. Tak heran jika kumpulan jurnal internasional di dalamnya kredibel dan terpercaya. Selain itu, pengguna juga tidak akan dikenalkan biaya apapun alias gratis.

Jurnal internasional yang tersedia cukup beragam. Anda bisa menemukan jurnal dari berbagai disiplin ilmu, mulai dari biologi, fisika, dan lain sebagainya. Cara mencari jurnal internasional melalui Oxford Journal adalah dengan mengunjungi website resminya.

Alamat situs: https://www.oxfordjurnals.org

Contoh Jurnal Internasional

Bagi yang baru pertama kali mencari referensi jurnal internasional, mungkin masih belum terbanyang seperti apa konten di dalamnya. Jurnal internasional terdiri dari berbagai disiplin ilmu.

Jadi, Anda harus menemukan referensi yang tepat dan sesuai dengan karya ilmiah yang hendak dibuat. Seperti yang telah disebutkan di atas, jurnal internasional mendukung penelitian ilmiah, thesis, maupun skripsi yang akan dikerjakan.

Berikut ini merupakan berbagai contoh jurnal internasional dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Contoh Jurnal Internasional Pendidikan

situs jurnal internasional tentang pendidikan

Bidang pendidikan menjadi salah satu disiplin ilmu yang banyak diteliti dan dibuat jurnal. Ruang lingkup pendidikan sendiri begitu luas. Tak heran jika jurnal internasional mengenai pendidikan cukup mudah ditemukan di berbagai situs.

Meski demikian, Anda harus tetap mencari sumber situs jurnal internasional tentang pendidikan yang terpercaya dan diakui. Hal ini dilakukan demi hasil karya ilmiah yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut ini merupakan contoh-contoh jurnal internasional di bidang pendidikan.

  • Studies in Science Education
  • Scientific Studies of Reading
  • Journal of Educational Psychology
  • Educational Administration Quarterly
  • Educational Research Review
  • Language Learning
  • Academic Medicine
  • Journal of Education Policy
  • Journal for Research in Mathematics Education
  • Journal of the Learning Sciences
  • Education Finance and Policy
  • Strategic Organization
  • Studies in Second Language Acquisition
  • Science Education
  • Journal of Youth and Adolescence
  • Harvard Educational Review
  • Reading Research Quarterly
  • American Journal of Education
  • Journal of Second Language Writing
  • Research in Higher Education
  • Contemporary Educational Psychology
  • Trends in Neuroscience and Education
  • Academy of Management Learning and Education
  • Critical Studies in Education
  • Journal of School Psychology
  • Language Learning and Technology
  • Journal of Educational and Behavioral Statistics
  • ReCALL
  • Remedial and Special Education
  • Educational Policy
  • Race Ethnicity and Education
  • American Educational Research Journal
  • Educational Researcher
  • Review of Educational Research
  • Journal of Teacher Education
  • Child Development
  • Scientific data
  • Review of Research in Education
  • Educational Evaluation and Policy Analysis
  • Journal of Research in Science Teaching
  • Sociology of Education
  • Internet and Higher Education
  • Learning and Instruction
  • Journal of Human Evolution
  • Journal of Educational Measurement
  • Computers and Education
  • Developmental Review

Contoh Jurnal Internasional Kesehatan

Jurnal internasional kesehatan juga termasuk yang banyak dicari hingga saat ini. Mengingat penelitian ilmiah mengenai kesehatan begitu luas. Tak heran jika berbagai situs jurnal internasional kesehatan banyak yang menyediakan. Bahkan tidak sedikit yang bisa diakses secara gratis.

Berikut beberapa contoh jurnal internasional mengenai kesehatan.

  • International Journal for Quality in Health Care
  • Journal of Healthcare Quality
  • Quality Management in Health Care
  • Health Policy
  • Health Policy and Planning
  • Health Policy and Technology
  • Health Research Policy and Systems
  • Health Systems & Reform.
  • International Journal of Health Policy and Management
  • Medical Law Review
  • Policy, Politics, & Nursing Practice (PPNP)
  • Substance Abuse Treatment, Prevention, and Policy
  • Food and Public Health
  • International Journal of Food Safety, Nutrition and Public Health
  • Journal of Health, Population and Nutrition (JHPN)
  • Journal of Nutrition Education and Behavior
  • Journal of the World Public Health Nutrition Association
  • Nutrition Reviews
  • Public Health Nutrition
  • The Journal of Nutrition
  • Applied Health Economics and Health Policy
  • Cost Effectiveness and Resource Allocation
  • Health Economics
  • Health Economics, Policy and Law.
  • Health Economics Review
  • International Journal of Health Economics and Management
  • Journal of Health Economics
  • The European Journal of Health Economics
  • The World Bank Econommic Review
  • Value in Health
  • American Journal of Medical Quality
  • BMJ Quality & Safety

Contoh Jurnal Internasional Ekonomi

Penelitian dan thesis mengenai bidang ekonomi juga termasuk yang banyak dilkukan. Bahkan ruang lingkupnya sangat luas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan referensi jurnal internasional yang kredibel untuk menciptakan karya ilmiah yang berkualitas.

Berikut ini merupakan beberapa contoh jurnal internasional di bidang ekonomi.

  • International Journal of Business and Economics Research
  • International Journal of Business, Humanities and Technology
  • Journal of Business Law
  • Business and Economics Journal
  • Journal of Hotel & Business Management
  • Journal of Business & Financial Affairs
  • Arabian Journal of Business and Management Review
  • Journal of Business Research
  • International Journal of Economics and Business Research
  • Journal of Indian Business Research
  • South Asian Journal of Global Business Research
  • Global Journal of Business Research
  • Frontiers of Business Research in China
  • Academy of Management Perspectives
  • Journal of Business Strategy
  • Journal of Business Ethics
  • Journal of Business Logistics
  • Journal of Business Models
  • The Journal of Business Venturing
  • Journal of business strategy
  • Journal of business economics and management
  • Journal of business finance and accounting
  • Journal of business and economics
  • Journal of business and psychology
  • Research Journal of Business and Management
  • Eurasian Journal of Business and Economics
  • International Journal of Business and Social Science
  • Journal of Business and Finance
  • The Journal of Business Studies Quarterly
  • Journal of Business & Economic Policy
  • The International Journal of Business and Public Administration
  • International Journal of Business and Information
  • Journal of Business and Management

Daftar Jurnal Internasional yang Diakui Dikti

Bagi seorang peneliti, daftar jurnal internasional yang diakui Dikti sangat penting keberadaanya. Misalnya artikel ilmiah yang dibuat terbit secara resmi di situs jurnal internasional. Tentunya, hal ini akan berdampak positif terhadap karir peneliti tersebut di masa depan.

Namun, memilih jurnal internasional tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Meskipun jurnal tersebut berbahas internasional (bahasa Inggris), tidak sedikit yang ternyata bersifat abal-abal atau disebut juga predator.

Pastikan karya ilmiah terbit di jurnal internasional yang memiliki reputasi baik. Hal yang tidak kalah penting adalah jurnal tersebut diakui oleh Dikti. Ciri jurnal internasional yang diakui Dikti adalah yang terindex di beberapa database di bawah ini.

DOAJ

DOAJ (Directory of Open Access Journals) merupakan mesin pengindeks berskala global yang memiliki reputasi sedang. Konten DOAJ adalah berupa database jurnal dan bersifat open access. Artinya, proses indeksasi tidak dipungut biaya apapun.

Sudah tercatat 113 negara, 14.675 jurnal, dan 4.918.888 buah artikel yang terindeks di DOAJ per Mei 2020. Pada dasarnya, jurnal yang terindeks di DOAJ memang memiliki daya tarik tersendiri bagi peneliti ilmiah.

Tak heran jika banyak pengelola jurnal yang berupaya maksimal agar jurnal yang dibuatnya terindeks di DOAJ. Adapun manfaat yang bisa dirasakan apabila sebuah jurnal terindeks di DOAJ.

Akreditasi Jurnal Meningkat

Jurnal yang terindeks di DOAJ memang memiliki pengelolaan yang mengikuti standar ilmiah. Tak heran jika jurnal-jurnal di dalamnya memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya dalam hal akreditasi jurnal.

Artinya, jurnal yang terindeks di DOAJ akan memiliki poin yang menutup penilai unsur yang lain. Misalnya ketika jurnal tersebut mendapat nilai 3 dari nilai maksimal 4 karena terindeks di DOAJ.

Angka Kredit Maks 20 kum

Jurnal yang dibuat peneliti dan terindeks DOAJ juga akan mempengaruhi angka kredit kenaikan jabatan dosen lho. Mengingat angka kredit maksimal yang didapatkan bisa mencapai 20 kum.

Bayangkan jika artikel ilmiah yang terindeks di DOAJ jumlahnya 4, tentunya sang peneliti akan lebih cepat naik pangkat.

Mengingkatkan Jumlah Kunjungan Situs Jurnal

DOAJ berisi database artikel jurnal yang bisa diakses secara global. Jadi, situs ini bisa diakses secara terbuka oleh siapapun. Maka tak heran DOAJ menjadi salah satu situs favorit untuk mencari referensi artikel. Tentunya, sesuai dengan tema riset atau thesis yang sedang dikerjakan.

Bahkan Anda tidak mengetikkan keyword sesuai kebutuhan saja. Nantinya, hasil pencarian akan segera ditampilkan. Misalnya berupa file PDF, judul-judul artikel, dan informasi jurnal.

Ketika memilih opsi jurnal, maka akan secara otomatis diarahkan menuju situs jurnal yang kredibel. Dengan demikian, traffic website jurnal akan meningkat, bahkan secara drastis

Diarahkan Membuat Jurnal yang Lebih Atraktif

Setiap jurnal yang terindeks di DOAJ memang sudah terkualifikasi sesuai standar ketat secara internasional. Tidak ada jurnal abal-abal yang bisa masuk dan terindeks di DOAJ. Oleh karena itu, hal inilah yang penting diperhatikan oleh pengelola jurnal.

Ketika melihat kumpulan jurnal berkualitas di DOAJ, tentunya akan menginspirasi pengelola jurnal agar bisa bekerja dengan lebih baik. Jadi, pengelolaan jurnal yang baik akan memotivasi bagi yang sedang mengelola situs jurnal.

Lebih Mudah Mencari Referensi

Peneliti, guru, dan mahasiswa memang tidak bisa lepas dari mencari referensi untuk karya ilmiah yang tengah dibuat. Misalnya seorang mahasiswa yang hendak mengerjakan skripsi, tentunya bisa memanfaatkan jurnal yang berada di DOAJ.

DOAJ memberikan rujukan mutakhir berdasarkan riset yang kredibel. Tak heran jika banyak yang menjadikan DOAJ sebagai referensi terbaik untuk mencari jurnal internasional.

Link: https://www.doaj.org/

Wiley Online Library

Wiley Online Library merupakan platform database dengan koleksi karya ilmiah yang sangat luas. Bahkan disiplin ilmu yang meliputinya yaitu sains, medis, fisika, humaniora, dan ilmu sosial. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses berbagai karya ilmiah tanpa batas.

Tersedia lebih dari 1.500 jurnal, 4 juta artikel, 9.000 buku digita, dan ratusan referensi, dan database lainnya. Selain itu, layanan ini juga ramah bagi pemula. Dengan kata lain, tampilannya tampak sederhana dan mudah dimengerti.

Navigasi pada situs ini mudah digunakan, kemampuan pencarian ditingkatkan, dan nilai fungsionalnya diperluas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini berbagai kelebihan yang bisa dirasakan pengguna Wiley Online Library.

Interface Mudah Dipahami

Platform ini mudah digunakan dengan tampilan yang mumpuni. Hal ini karena pengembangannya yang telah melalui konsultasi yang serius. Tak heran jika situs ini memiliki navigasi yang mudah. Pengguna bisa mengakses referensi, artikel, dan informasi lainnya tanpa ribet.

Konten Relevan Lebih Mudah Ditemukan

Pada dasarnya menemukan referensi yang sesuai memang tidak selalu mudah. Namun, situs ini bisa diandalkan karena memudahkan penggunanya menemukan konten yang relevan. Mengingat terdapat fitur filter pencarian, artikel terkait, dan nilai inisiatif di dalamnya.

Selalu Up-to-date

Anda bisa mengetahui penelitian terbaru yang dipublikasikan dengan mudah. Hal ini karena adanya pemberitahuan konten dan langganan berita yang bisa diaktifkan. Termasuk rilis terbaru, artikel yang diterima, hasil pencarian, dan lain-lain.

Link: https://www/onlinelibrary.wiley.com/

Scopus

Scopus merupakan salah satu database karya ilmiah yang dikembangkang Elsvier selaku penerbit terkemuka di dunia. Awal kemunculannya adalah pada 2004 dan hingga saat ini cukup krusial keberadaannya bagi peneliti.

Salah satu kompetitor berat Scopus adalah Web of Science (WOS). WOS sendiri merupakan pusat data terbesar di dunia dan diterbitkan oleh Thomson Reuters. Meski muncul lebih dulu, tak lantas membuatnya lebih diminati dibanding Scopus.

Jurnal yang terbit di Scopus dianggap lebih prestisius, mengapa demikian? Hal ini karena konten jurnal internasional di dalamnya telah memiliki reputasi.

Pada dasarnya, jurnal yang terindeks di Microsoft Academic Search, Scopus, dan Web of Science memang memiliki nilai kredit lebih tinggi. Nilai tersebut sangat berarti bagi peneliti dan dosen. Tidak sembarang jurnal bisa terindeks di Scopus.

Sebuah jurnal harus melewati review yang sangat ketat sebelum terindeks di Scopus. Maka tak heran jika jurnal, artikel, buku, dan karya ilmiah lainnya memiliki reputasi yang tidak bisa dianggap enteng. Link jurnal internasional ini adalah sebagai berikut.

Link: https://www.scimagojr.com/

Thomson Reuters

Thomson Reuters menjadi salah satu sumber jurnal terkemuka di dunia, baik untuk para profesional maupun perusahaan. Publikasi penelitian Indonesia di Thomson Reuters pada dasarnya tergolong rendah. Namun, kualitas riset yang dimiliki terbilang unggul.

Tak heran jika karya ilmiah yang terindeks di dalamnya dikenal berkualitas dunia. Riset Indonesia di situs ini didominasi disiplin ilmu zoologi, botani, lingkungan, penelitian, geologi, dan medis.

Link: https://www.ip-science.thomsonreuters.com/mjl.

Elesevier

Memiliki publikas karya ilmiah memang efektif melejitkan karir seorang peneliti maupun dosen. Salah satu penerbit berskala internasional yang bisa menaunginya adalah Elsevier. Sedangkan produk jurnal digital yang diandalkannya adalah ScienceDirect yang begitu populer.

Bahkan hampir setiap jurnal internasional yang terbit di situs ini memiliki indeks nilai yang tinggi. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa manuskrip jurnal yang diterbikan berkualitas dunia. Tidak hanya dari segi konten, namun juga dari segi kebahasaan.

Artinya, sebuah jurnal harus melewati seleksi yang ketat sebelum terbit di Elsevier. Seorang peneliti juga harus memperhatkan tujuan publikasi jurnal yang dibuatnya. Pada dasarnya, penulis bisa mempublikasikannya secara gratis jika hanya bertujuan menambah angka kredit.

Sayangnya, publikasi secara gratis sedikit kemungkinannya akan digunakan sebagai referensi peneliti lain. Mengingat pengguna harus membayar jika ingin mengakses jurnal secara lengkap.

Sedangkan jika tujuan publikasi adalah untuk menaikkan reputasi, misalnya yang sering dilakukan para peneliti professional. Publikasi berbayar lebih banyak direkomendasikan, yaitu untuk Guru Besar, Professor, dan Doktor.

Link: https://www.elsevier.com/

Springer

Springer merupakan perusahaan penerbitan berskala internasional yang merilis buku digital, buku, dan jurnal ilmiah. Terutama di bidang teknik, medis, dan tentunya sains. Springer juga memiliki sejumlah pangkalan data ilmiah, misalnya Springer Protocols, SpringerLink, dan SpringerImages.

Tak heran jika karya ilmiah yang diterbitkan merupakan sejumlah referensi besar. Diantaranya adalah buku teks, seri buku, dan monograf. Hingga saat ini, Springer telah menerbitkan lebih dari 88.000 judul buku digital sejumlah 18 kategori.

Link: https://www.springer.com/gp/

Taylor & Francis

Taylor & Francis merupakan penerbit berskala internasional yang merilis berbagai karya ilmiah, yaitu berupa jurnal akademis dan buku digital. Penerbit ini didirikan di Inggris dan menjadi salah satu yang cukup banyak diminati.

Link: https://www/tandfonline.com/

Daftar jurnal internasional di atas memang diakui Dikti sebagai karya ilmiah yang kredibel. Jika jurnal yang tidak terindeks di tujuh penerbit di atas, maka boleh dikatakan bahwa jurnal tersebut kemungkinan abal-abal.

Cara Download Jurnal Internasional

Jurnal internasional memang banyak dicari berbagai kalangan. Terutama sebagai referensi penelitian, riset, skripsi, atau hanya sebagai penambah pengetahuan. Namun, tidak semua memahami bagaimana cara download jurnal internasional.

Banyak situs yang saat ini menyediakan jurnal internasional dengan berbagai pembahasan. Sayangnya, tidak semuanya bisa didownload alias diakses secara gratis. Terdapat pilihan jurnal berbayar karena memang memiliki kualitas yang lebih unggul.

Bagi yang membutuhkan jurnal internasional gratis, hal ini tetap bisa dilakukan. Terutama bagi yang memiliki dana terbatas. Pada dasarnya, pengguna bisa mendownload jurnal internasional melalui tiga cara, yaitu.

  • Pengguna membayar sendiri dengan harga yang bervariasi, bahkan cenderung mahal.
  • Pihak kampus menyediakan fasilitas berupa layanan akses menuju situs jurnal internasional tertentu. Caranya adalah dengan menggunakan akun students yang sudah terdaftar.
  • Mendownload jurnal internasional yang bisa digunakan secara gratis.

Nah, yang akan dibahas kali ini adalah cara mendownload jurnal internasional berbayar secara gratis. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Download Jurnal Internasional Berbayar secara Gratis Tanpa Biaya

Beberapa dari situs jurnal internasional memang bersifat open source. Artinya, pengguna tidak perlu membayar sejumlah biaya apapun. Referensi yang ditemukan bisa langsung di download saja. Namun, terkadang seseorang membutuhkan jurnal internasional di situs berbayar.

Tidak perlu khawatir, berikut ini akan diulas cara mendownload jurnal internasional di situs download jurnal internasional berbayar secara gratis. Ikutilah langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Melalui Library Genesis

Salah satu metode untuk mendapatkan jurnal internasional secara gratis adalah melalui platform Library Genesis. Berikut ulasan caranya.

  • Buka browser lalu kunjungi situs https://sciencedirect.com.
  • Masukkan keyword yang berhubungan dengan jurnal internasional yang ingin dicari.
  • Misalnya dengan mengetikkan “Energi Panel”, lalu tekan Enter.
  • Akan ditampilkan berbagai macam jurnal internasional yang berkaitan dengan keyword yang dimasukkan.
  • Copy kode DOI jurnal tersebut, lalu buka halaman Library Genesis : Science Articles di https://libgen.be
  • Selanjutnya tekan Enter.
  • Akan ditampilkan ikon Download, lalu klik Start Download.

Melalui Sci-Hub

Sci-Hub merupakan mesin pencari online yang memungkinkan penggunanya menemukan jurnal penelitian, artikel, dan makalah ilmiah. Platform ini berisi lebih dari 64.500.000 jurnal ilmiah dan selalu diperbarui.

Anda bisa mendownload jurnal internasional melalui fitur ini, caranya adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama adalah Anda harus mengenal identitas jurnal yang ingin didownload. Misalnya sebuah jurnal yang berada di situs Spinger. Sayangnya, situs tersebut tidak memungkinkan pembaca bisa mendapatkannya pada full version. Namun, pengguna bisa mendapatkan kode DOI jurnal tersebut. Silahkan copy pada kode jurnal yang diinginkan.
  • Langkah kedua, buka platform Sci-Hub di link berikut ini https://sci-hub.tw/
  • Paste kode DOI atau bisa juga menggunakan URL pada kolom yang sudah disediakan, selanjutnya klik Enter.
  • Silahkan start download jurnal internasional tersebut.

Demikian informasi yang disajikan tentang situs jurnal internasional gratis untuk Anda.

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133