Jasa Social Media Marketing Strategy & Management Handling

Jasa Social Media Marketing Strategy & Management Handling

Jasa social media marketing strategy & management handling itu sangat penting untuk bisnis Anda. Karena ada sejumlah alasan yang membuat banyak pebisnis butuh melakukan promosi menggunakan social media.

Tak heran apabila saat ini begitu mudahnya orang-orang menjumpai penyedia jasa social media marketing & management strategy handling.

Umumnya para pebisnis menggunakan jasa social media management, jasa social media handling, ataupun jasa social media marketing strategy, guna memperoleh bantuan dalam mencari pelanggan baru.

Di samping itu, penyedia jasa sosmed marketing juga senantiasa akan memberikan kemudahan khususnya dalam mencari tahu hal-hal apa saja yang diperlukan pelanggan.

Pemasaran melalui social media juga sangat efektif untuk membangun citra brand di mara para pelanggan. Seiring meningginya citra brand, tentu akan sejalan dengan keuntungan bisnis yang diperoleh.

Social Media Marketing itu Apa?

Maraknya penggunaan jasa social media marketing tentu membuat Anda harus tahu definisinya secara jelas.

Social media marketing adalah serangkaian aktivitas promosi jasa dan produk via media sosial. Secara umum ini adalah bagian dari digital marketing yang sangat penting bagi kemajuan bisnis Anda.

Nantinya Anda bisa mendapatkan begitu banyak pelanggan dari berbagai macam social media seperti Instagram, Facebook, Twitter bahkan Youtube sekalipun. Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui konten menarik bagi audiens baik dalam bentuk tulisan, gambar hingga video.

Ada begitu banyak orang saat mendengar kata social media marketing tentu langsung membayangkan iklan produk. Namun, pada kenyataannya istilah tersebut tidak melulu merujuk kepada transaksi jual beli langsung.

Pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, itu sangat besar. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan berbagai social media, Anda bisa membuat banyak konten yang menarik minat pengunjung terhadap jasa atau produk bisnis tersebut.

Tidak hanya untuk memasarkan jasa dan produk saja, pemasaran dengan social media juga turut mempromosikan merek.

Makna dari pemasaran merek sejatinya merupakan pengenalan merek bisnis Anda kepada masyarkat skala luas. Istilah pemasaran merek seringkali disebut dengan brand awarness. Brand awarness tentu sangat penting bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Apabila Anda mengenalkan merek kepada masyarakat luas, maka sejatinya Anda bisa tengah memberikan impresi yang cukup baik. Niscaya kepercayaan masyarakat senantiasa meningkat. Kiranya bisa meningkatkan konversi marketing ke arah penjualan.

Manfaat Menggunakan Social Media Marketing

Terdapat sejumlah keuntungan yang dapat diperoleh apabila Anda menggunakan social media maerketing. Keuntungan-keuntungan tersebut ialah seperti berikut.

Harga Relatif Terjangkau

Tidak dapat dipungkiri bahwa keuntungan pertama yang bisa Anda peroleh setelah menggunakan jasa social media marketing ialah penawaran harga terjangkau. Bahkan untuk membuat akun social media saja, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Berikutnya tentu Anda memerlukan tim handal untuk menciptakan konten berkualitas prima. Semakin mahir tim Anda dalam membuat konten bermutu, semakin sukses pula promosi yang Anda lakukan.

Jalannya Paid Advertising Amat Fleksibel

Paid advertising juga menjadi salah satu mode keuntungan penggunaan social media marketing. Paid ini ditawarkan oleh akun social media Facebook Ads yang sangat nyaman digunakan. Hal ini mengingat bahwa iklan ini bisa dijalankan kapan saja saat Anda butuhkan.

Tarifnya juga amat terjangkau. Kisarannya menyesuaikan dengan besaran budget yang Anda miliki. Lakukanlah diskusi yang baik dengan penyedia jasa social media marketinguntuk mendapatkan harga ideal.

Rutinnya Penggantian Konten Secara Teratur

Social media marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan berupa rutinnya penggantian konten secara teratur. Anda bebas mengunggah konten berbeda tiap harinya dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Anda bisa membandingkan penggunaan social media marketing dengan media promosi lainnya. Misalnya, iklan radio atau televisi. Tentu saja baik iklan radio maupun televisi akan menjalankan hanya satu skrip yang telah disiapkan saja.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mulai memakai jasa social media marketing. Media promosi ini tentu akan begitu banyak memberikan keuntungan bagi bisnis Anda.

Social Media Presence

Social media presence tentu amat dibutuhkan dalam suatu bisnis. Hal ini dikarenakan bahwa konsumen senantiasa melakukan pencarian informasi seputar produk maupun layanan lainnya melalui laman social media (jika tidak menemukan melalui mesin pencarian).

Maka dari itu, saat menggunakan social media marketing tentu Anda juga akan mendapatkan social media presence. Bayangkan saja betapa banyak kemudahan yang bisa Anda peroleh apabila menggunakan social media sebagai media promosi bisnis.

Adanya Kemudahan Untuk Berhubungan Baik Dengan Konsumen

Sebagai seorang pebisnis tentu amat penting menjalin hubungan baik dengan konsumen. Untuk itu, Anda bisa coba segera menggunakan jasa social media marketing. Dengan adanya hubungan baik ini, maka kemungkinan konsumen lari ke kompetitor juga amat tipis.

Akun social media yang Anda buat untuk bisnis tentu bisa menjadi penampung bagi berbagai macam keluhan maupun saran yang dialami oleh para konsumen. Dengan demikian, Anda akan tahu apa saja yang perlu segera diperbaiki secara cepat terkait produk maupun layanan bisnis.

Komponen Penting dalam Social Media Marketing

Anda harus tahu bahwa ada sejumlah komponen yang wajib ada dalam social media marketing. Hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari Anda, khususnya bagi pebisnis pemula. Kiranya bisa memberikan manfaat bagi Anda.

Sabar

Komponen penting dalam melakukan promosi via social media ialah sabar. Social media marketing tentu memerlukan kesabaran lebih sebab peluang menyerahnya seorang marketer terbilang cukup besar.

Target konsumen perlu diyakinkan dengan cara yang tidak menggurui. Hal ini bertujuan agar target konsumen tersebut sudi membeli jasa atau produk yang ditawarkan dengan sukarela. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan promosi secara berkala dan menjadikannya menarik.

Fokus

Orang awam mungkin akan beranggapan bahwa promosi menggunakan social media sangatlah mudah. Faktanya, memang benar. Promosi via sosmed dapat dilakukan oleh siapa saja dengan ketentuan mempunyai akun sosmed serta bisa melakukan pemasaran.

Penting diingat bahwa sebelum melakukan promosi, Anda perlu menentukan target terlebih dahulu. Jauh lebih baik mempromosikan produk atau jasa bisnis kepada 100 target tepat sasaran ketimbang 1000 orang yang belum tentu tahu konten promosi Anda.

Di samping itu, ada manfaat lain yang bisa dituai oleh pebisnis. Dengan senantiasa fokus pada target, maka hal tersebut juga bisa meningkatkan penjualan barang.

Penggabungan Banyak Platform

Tidak salah jika Anda fokus kepada satu sosmed saja. Akan tetapi, jika Anda dapat memasukkan sejumlah sosmed dengan sangat baik tentu hal ini dapat membuat promosi bisnis tersebut akan semakin lancar.

Umumnya terdapat sejumlah pengguna social media pada berbagai macam platform. Mereka juga mempunyai keunikan tersendiri ketika memberikan tanggapan promosi. Tidak sedikit yang menyukai promosi hard selling, promo ringan, media gambar hingga video sekalipun.

Mengikutsertakan Influencer

Bukan hanya sekadar menciptakan konten bermutu saja. Akan tetapi, Anda juga bisa mengikursertakan influencer untuk pengembangan sayap bisnis yang diinginkan. Influencer amat penting guna menarik lebih banyak calon pembeli.

Misalnya, dengan menggunakan jasa selebgram untuk promosi produk, Bahkan apabila dana Anda memadai tentu bisa dengan mudahnya memanfaatkan jasa artis untuk melakukan promosi. Tentu sudah bisa Anda bayangkan betapa menguntungkannya promosi dengan mengajak influencer.

Bangun Interaksi yang Aktif

Dalam dunia nyata, interaksi sangat penting demi mewujudkan berbagai macam tujuan. Begitu pula dalam dunia promosi sosmed. Jangan pernah sekalipun melupakan interaksi dengan masyarakat skala luas.

Apabila nantinya ada masyarakat yang mau komplain, maka Anda harus memberikan tanggapan dengan baik. Jangan sampai justru menunjukkan sifat sebaliknya. Interaksi yang aktif tentu saja dapat menjadikan merek Anda semakin banyak dipercaya.

Tips Menjalankan Bisnis dengan Jasa Social Media Marketing

Dalam memasarkan bisnis via social media, maka Anda perlu mencermati sejumlah tips berikut. Ini penting demi lancarnya perjalanan bisnis Anda.

Buatlah Konten yang Tepat

Dalam pembuatan konten promosi di social media sangatlah pentig untuk menyelaraskan dengan tujuan awal yang hendak dicapai. Misalnya, apabila target konsumen Anda memiliki kriteria usia muda. Maka dari itu, Anda perlu membuat konten yang segar dan menarik bagi mereka.

Begitupula sebaliknya yang terjadi jika target konsumen Anda adalah mereka yang berusia lebih tua. Jangan lupa selaraskan pada pemilihan gambar serta warna-warna yang sesuai dengan kriteria target konsumen Anda.

Konten yang tepat sasaran tentu bisa memberikan hasil rating konversi yang prima. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Apabila konten tidak sesuai dengan kriteria target konsumen, maka tentu saja tak akan membuahkan hasil memuaskan.

Buatlah Perencanaan Promosi yang Matang

Sebagai seorang pebisnis penting bagi Anda untuk menghasilkan ragam konten bermutu. Akan tetapi, apabila akun social media bisnis Anda hanya dipenuhi oleh berbagai gambar produk yang dijual saja, maka akan sulit rasanya untuk mendatangkan traffic.

Misalnya, begitu penting bagi para pebisnis seperti Anda guna mengunggah greetings sebagai penunjuk engagement bisnis ke social media. Konten greetings tersebut bisa berupa ucapan selamat menunaikan ibadah puasa.

Utamakan Konsisten

Konsistensi sangat penting dalam menjalankan promosi via social media. Konsitensi yang berkesinambungan dengan komitmen pada tim marketing bisnis Anda dalam menjalankan kampanye social media amatlah penting untuk dipegang teguh.

Bayangkan saja apabila Anda hanya mengunggah postingan tiap dua atau tiga bulan sekali. Lantas, bagaimana dengan pengikut akun social media Anda? Tentu mereka akan berasumsi kalau brand produk Anda tidak konsisten.
Bahkan risiko paling menakutkan lainnya adalah mereka bisa meninggalkan akun social media Anda. Bahkan konsistensi sangat penting saat aktivitas awal social media bisnis Anda.

Lakukan Analisis Terhadap Kompetitor

Meskipun menggunakan social media, analisis terhadap kompetitor juga amat penting dilakukan. Pantau apa saja aktivitas social media akun kompetitor Anda. Pahamilah konten seperti apa yang mereka posting di akun social media tersebut.

Meski terdengar mirip seorang stalker, akan tetapi analisis ini penting Anda pelajari. Ini mengingat bahwa akan ada alasan bagi setiap kegiatan pemasaran yang tengah kompetitor lakukan.

Sangat mungkin bagi Anda untuk menjumpai strategi konten yang amat lebih menarik dibanding kompetitor tersebut. Kiranya promosi via social media Anda akan lebih berhasil.

Lakukan Analisis Terhadap Aktivitas Social Media

Dalam melakukan promosi produk via social media, tentu Anda perlu mencermati banyaknya jumlah followers, likes serta comments. Ketiga hal tersebut tentu sangat penting dijadikan sebagai standar indikator setiap waktu.

Angka-angka yang diraih oleh ketiga hal tersebut akan menujukkan suatu keberhasilan kampanye produk maupun jasa secara kuantitatif. Meskipun demikian, jangan sampai mengesampingkan hal-hal yang bersinggungan dengan standar kualitatitf.

Misalnya, jumlah pertanyaan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Di samping itu, perhatikan juga terkait pemesanan produk serta saran dari para followers.

Lakukan Pemberian Gimmick

Anda harus tahu bahwa gimmick sangat penting dalam suksesnya promosi via social media. Pada dasarnya setiap orang tentu akan tertarik dengan promo seperti diskon produk, ongkos kirim (untuk pemesanan jarak jauh atau COD), hingga buy 1 get 1.

Gimmick dalam suatu promosi produk bisnis sudah banyak terbukti mampu meningkatkan engagement para calon konsumen. Jangan lupa pikirkan matang-matang terkait strategi yang hendak dilakukan.

Apa Butuh Influencer Dalam Social Media Marketing?

Influencer marketing atau key opinion leader merupakan kegiatan promosi yang dilakukan oleh seorang influencer maupun KOL itu sendiri. Biasanya ia adalah seorang individu yang telah memperoleh kredibilitas dari masyarakat luas pada masing-masing bidang.

Influencer telah mempunyai banyak followers di akun social media yang senantiasa setia serta menghargai opini maupun lifestyle yang telah dimilikinya. Umumnya, influencer akan melakukan influence atau memberikan pengaruh bagi followersnya guna mengikuti pembelian produk.

Di Indonesia sendiri ada begitu banyak influencer yang telah banyak menerima endorsment ptoduk. Misalnya, di bidang kecantikan dikenal yang namanya Tasya Farasya dan Ayudis Bing Slamet.

Kemudian di bidang kuliner dikenal Tanboy Kun dan Magdalena Fridawati. Sementara itu, di bidang fashion juga dikenal yang namanya Rachel Vennya dan Yuki Kato. Anda bisa menggunakan jasa para influencer sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Akan tetapi, sebelum menggunakan jasa social media marketinginfluencer maka Anda mesti mencermati sejumlah tips berikut. Penting bagi Anda menentukan strategi pemilihan influencer yang pas demi memberi begitu banyak efek positif bagi berlangsungnya bisnis tersebut.

Pilihlah Platform Yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih influencer ialah memilih platform yang pas. Ingat, influencer adalah wakil dari brand bisnis Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk cermat dalam memilih platform yang tepat.

Dengan adanya influencer, kemungkinan besar Anda tidak perlu lagi aktif di berbagai akun social media. Ini mengingat bahwa tidak semua akun social media efektif dijadikan sebagai media promosi online. Pahami platform social media beserta tipe penggunaannya.

Buatlah Brand Guidelines

Walaupun influencer yang Anda pilih mempunyai kebebasan untuk bebas membuat konten, akan tetapi Anda tetap wajib memiliki brand guidelines bagi influencer tersebut. Brand guidelines sangat penting sebagai pedoman brand dari perusahaan terkait elemen desain produk.

Di samping itu, brand guidelines juga memuat bagaimana cara pengaplikasian desain produk tersebut pada seluruh media digital maupun cetak. Tujuannya tidak lain adalah untuk merepresentasikan nilai bisnis atau brand Anda serta konsisten dalam mengkomunikasikannya.

Tentukan Kategori Influencer

Hal berikutnya yang wajib dicermati ialah menentukan kategori influencer terlebih dahulu. Influencer sendiri telah dibagi menjadi empat kategori yakni mega, micro, macro dan nano influencer. Perbedaan tersebut dapat dikategorikan berdasarkan besaran jumlah followers.

Mega influencer mempunyai jumlah followers di atas 500 ribu sedangkan macro influencer memiliki jumlah followes sebesar 50 sampai 500 ribu. Adapun micto influencer jumlah followersnya berkisar 10 ribu sampai 50 ribu.
Kategori terakhir adalah nano influencer. Jumlah followers nano influencer berkisar mulai dari seribu sampai 10 ribu akun social media.

Cermati Sistem Kerja Dengan Para Influencer

Tips terakhir adalah mencermati sistem kerja dari para influencer Anda. Tentukan strategi kampanye marketing produk yang tepat dengan para influencer bisnis Anda. Biasanya sistem kerja tersebut bisa berupa ulasan produk, give away, kunjungan toko, unboxing dan lainnya.

Harga Jasa Social Media Marketing Strategy

Ini tergantung dari seberapa besar budget iklan untuk promosi yang disiapkan oleh perusahaan. Pihak pengelola akun social media, atau penyedia jasa dikenakan biasa management fee 20-35% dari total yang dibelanjakan, dan tergantung kebutuhan pengerjaan.

Harga Jasa Social Media Management Handling

Kisaran harga optimisasi social media, mulai Rp5juta/bulan, Rp10juta/bulan, 25juta/bulan, dengan kontrak minimal 3-6 bulan pengerjaan.

Klien

Sarang Tawon

Sirup Sarang Tawon
Sirup Sarang Tawon Desain

Grab Medan

Grab Medan

Grab Medan Desain

Cerita Medan

Cerita Medan Instagram
Cerita Medan Desain

Nah, sekian informasi mengenai jasa social media marketing strategy & management handling untuk bisnis Anda.

Informasi, hubungi Wahyu Blahe : 085261199133

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133