Strategi Marketing Gojek Yang Efektif

Strategi Marketing Gojek

Sebelum membahas lebih jauh mengenai strategi marketing Gojek, sudahkah Anda tahu apa itu strategi marketing?

Secara umum pengertian strategi marketing adalah upaya dalam memasarkan suatu jumlah penjualan barang maupun jasa, dengan cara menerapkan pola rencana dan trik tertentu.

Dengan begitu pendapatan yang didapatkan pun jadi lebih banyak lagi.

Strategi marketing bahkan juga bisa diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan, tak terkecuali untuk perusahaan Gojek dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

Gojek adalah salah satu perusahaan jasa transportasi yang berbasis di Jakarta dan sudah beroperasi sejak 2011 lalu. Gojek tidak hanya menawarkan faktor keamanan, juga kecepatan dan kenyamanan bagi pelanggannya.

Untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan lebih banyak lagi dengan mudah, di sinilah strategi marketing memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan jasa transportasi tersebut.

 

Peran Strategi Marketing

Oleh karenanya, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak strategi marketing Gojek yang efektif berikut ini.

 

Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Setiap Pelanggan

Sebagai pelaku bisnis, Gojek mengartikan pelanggan atau konsumennya sebagai seorang rekan, team, atau bahkan raja.

Oleh karenanya pelaku bisnis di bidang transportasi online satu ini harus benar-benar bisa fokus pada kosumen yang menggunakan jasanya.

Akan lebih baik lagi kalau pelaku bisnis transportasi online menyadari bahwa pasar menginginkan mereka untuk menjadi prioritas dan skala bagi kebutuhan perusahaan.

 

Memberikan Harga Yang Pasti

Pada dasarnya kegiatan menentukan harga lebih memainkan peranan penting dalam proses pemasaran.

Penting di sini dimaksudkan bahwa keputusan dalam penetapan harga layanan transportasi tersebut akan menjadi penentu dari seberapa jauhnya konsumen menilai sebuah layanan jasa transportasi online.

Selain itu, hal ini juga akan menjadi penentu pula dari proses pembangunan citra.

Penentuan harga bahkan memberikan prespeksi tersendiri dari segi kualitas. Dimana dalam hal ini Gojek menetapkan tarif yang sangat terjangkau sekali.

Hal tersebut dipercaya akan mampu membuat konsumen yang tadinya menggunakan jasa ojek biasa kini beralih ke Gojek.

 

Fokus Pada Perbaikan

Perlu diketahui juga bahwa sebuah keberhasilan transportasi online dalam bersaing di pasar adalah hal yang patut diapresiasi. Meskipun di beberapa perkotaan besar, layanan yang berbasis online satu ini ditentang.

Namun, pada kenyataannya sampai sekarang layanan tersebut justru semakin merambat ke semua sektor.

Bahkan saat ini Gojek tidak hanya menawarkan layanan jasa pengantar saja, tetapi juga menawarkan banyak sekali layanan untuk memudahkan kebutuhan para konsumennya.

Tidak heran jika saat ini sudah ada 10 juta orang lebih yang telah mendownload dan menikmati layanan yang mereka tawarkan.

 

Lebih Peka Lagi Terhadap Kebutuhan Pasar

Strategi marketing Gojek yang lainnya adalah belajar untuk lebih peka lagi terhadap kebutuhan pasar. Dimana dalam hal ini, business owner ternyata memiliki peranan penting untuk menentukan arah perusahaan.

Dengan begitu akan terlihat secara jelas perusahaan tersebut bergerak ke arah yang lebih signifikan lagi.

 

Memberikan Pembaharuan Dan Penyempurnaan

Di zaman sekarang pasar akan terus alami perubahan dan bisnis yang berbasis online pun kini sudah semakin gencar untuk terus berkembang. Apabila Anda lamban dalam mengejar kesempurnaan, maka bersiap-siaplah untuk tertinggal.

Oleh karenanya Anda harus melakukan sejumlah pembaharuan dan penyempurnaan diwaktu yang tepat dan cepat, dengan begitu Anda bisa ciptakan sebuah trend dan pola terbaru dalam konsumsi di masyarakat.

Gojek adalah jenis transportasi online yang bisa dibilang cukup sukses dalam memperkenalkan model bisnis terbarunya, yakni dengan mengkombinasikan teknologi dan model bisnis kreatif inovatif.

Sebagai jasa transportasi online yang berbasis aplikasi, Gojek tepat memberikan kemudahan bagi setiap konsumennya.

 

Memperluas Target Pasar

Dalam memberikan layanan yang baik kepada para konsumennya, Gojek ternyata memiliki strategi marketing jitu, yakni bisa menjangkau semua kalangan dengan mudah dan praktis.

Apabila dulu Gojek hanya bisa digunakan bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan bermotor, tapi untuk saat ini Gojek bisa digunakan untuk melakukan pemesanan makanan, tiket, belanja bulanan, dan lain-lain.

Dengan begitu Gojek lewat aplikasi online-nya bisa digunakan oleh banyak kalangan.

 

Fokus Pada Konsumen Journey Dan Experience

Terakhir adalah fokus terhadap konsumen journey dan experience. Melalui kedua hal tersebut maka perusahaan jasa transportasi online satu ini bisa lebih mudah memahami kebutuhan, harapan, dan keinginan para konsumennya.

Itu artinya, Gojek bisa mendapatkan konsumen yang setia menggunakan setiap layanan yang ditawarkannya.

 

Tujuan Strategi Marketing Gojek

Secara umum ada beberapa tujuan strategi marketing Gojek, antara lain sebagai berikut.

1. Guna meningkatkan kualitas koordinasi tiap-tiap individu dalam team pemasaran

2. Dijadikan sebagai alat ukur hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan

3. Dijadikan sebagai dasar yang logis dalam pengambilan keputusan pemasaran

4. Guna meningkatan kemampuan beradaptasi jika terjadi perubahan dalam pemasaran

 

Fungsi Strategi Marketing Gojek

Dan berikut ini adalah beberapa peranan atau fungsi penting strategi marketing bagi perusahaan jasa transportasi online, Gojek, diantaranya.

 

Meningkatkan Motivasi

Tujuan utama diterapkannya strategi marketing Gojek yang perlu diketahui adalah sebagai upaya untuk memberikan motivasi manejemen perusahaan, sehingga bisa berpikir dan melihat masa depan dengan cara berbeda yang kreatif dan inovatif.

Hal tersebut tentunya sangat diperlukan guna menjaga keberlansungan perusahaan jasa transportasi online Gijek di masa yang akan datang.

Penting sekali bagi perusahaan Gojek untuk ikuti ritme pasar yang ada. Tapi kadang kalanya perusahaan juga harus memiliki gebrakan-gebrakan baru.

 

Koordinasi Pemasaran Jadi Lebih Efektif

Pada dasarnya masing-masing perusahaan yang ada di Indonesia khususnya memiliki strategi marketing sendiri, tak terkecuali untuk perusahaan jasa transportasi online satu ini, Gojek.

Strategi marketing tersebut berfungsi untuk mengarur arah jalan perusahaan. Dengan begitu bisa membentuk team koordinasi yang solid dan efektif juga tepat sasaran pastinya.

 

Merumuskan Tujuan Perusahaan Jasa Transportasi Online

Para pelaku bisnis, tak terkecuali untuk bisnis jasa transportasi online satu ini pastinya juga ingin bisa melihat secara jelas apa tujuan perusahaan mereka.

Dengan adanya strategi marketing yang baik dan jitu, maka pelaku usaha akan sangat terbantu sekali untuk membuat detail tujuan yang akan dicapai, baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang.

 

Pengawasan Kegiatan Marketing

Dengan adanya strategi marketing Gojek, maka perusahaan jasa transportasi berbasis online tersebut pastinya akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya denga baik.

Sehingga pengawasan kegiatan masing-masing anggotanya jadi lebih mudah dipantau guna mendapatkan mutu serta kualitas kerja yang efektif.

 

Jasa Layanan Gojek

Adapun jasa layanan Gojek yang bisa dinikmati antara lain sebagai berikut.

 

Transportasi & Logistik

  • Go-Ride
  • Go-Car
  • Go-Send
  • Go-Box

Jasa Layanan Gojek Goride Gocar Gosend Gobox

Makan & Belanja

  • Go-Food
  • Go-Med
  • Go-Mart

Jasa Layanan Gojek Gofood Gomed Gomart

Pembayaran

  • Go-Pay
  • Go-Bills
  • Go-Points
  • Paylater

Jasa Layanan Gojek Gopay Gobills Gopoints Paylater

Kebutuhan

  • Go-Life
  • Go-Massage
  • Go-Clean
  • Go-Auto

Jasa Layanan Gojek Golife Gomassage Goclean Goauto

Nah, sedikit tercerahkan bukan? Terimakasih sudah berkunjung ke blog wahyublahe.id dan semoga artikel mengenai apa saja strategi marketing Gojek dapat terjawab dari penjabaran di atas. Salam!

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133