Cara Submit URL Terbaru di Google Agar Artikel Cepat Terindex

Kebiasaan saya selama ini dalam submit url Google agar terindex dengan mengetikkan kata kunci : add url google, atau add site, sudah tidak berfungsi lagi. Padahal cara tersebut sangat memudahkan pengerjaan saya dalam melakukan submit url, yang tak lain bertujuan agar robotnya Google mau merayapi halaman dari website saya dan cepat muncul di hasil pencarian search engine Google.

Apalagi untuk setiap url baru, yang link tautannya saya jadikan backlink guna optimasi dari website utama, biasanya dengan cara submit url google saja sudah bisa tanpa melakukan ping.

Begitupun, tidak jadi masalah dari apa yang diterapkan dengan cara terbaru submit url Google kali ini, tampak lebih sederhana dalam hal penyajian fitur-fiturnya. Terlihat jelas pada akhir Agustus 2018 yang lalu, dan saya sempat kebingungan untuk memaparkan bagaimana cara “Fetch as Google” dengan tampilan baru Google Search Console, maka saya masih menggunakan versi yang lama pada link bagian kiri bawah.

 

Submit URL di Google Webmaster

 

Nah, kali ini coba klik : Google Webmaster, ini untuk masuk padaย  Search Console tampilan lama.ย  Untuk masuk kepada Search Console tampilan baru, maka ada tombol berwarna biru kanan atas bertuliskan : Gunakan Search Console baru, dalam Bahasa Indonesia, untuk berBahasa Inggirs, bisa menyesuaikan saja.

 

Google Webmaster Tampilan Lama

google webmaster lama

Saya masih sangat nyaman dengan yang tampilan Google Webmaster Tampilan Lama, karena sudah nempel di hati aja mungkin ya.

Begitupun bagi para blogger yang pemula, sangat diwajibkan mendaftarkan blog kalian di Google Webmaster, karena dapat mengoptimasi postingan blog di search engine Google, yang tentunya agar blog yang kita miliki bisa terindex dengan baik.

 

Google Webmaster Tampilan Baru

google webmaster baru

Cobalah lebih fokus pada artikel tentang submit url Google ya. Jangan terlalu fokus melihat sumber trafiknya ya, masih sedikit. Ini juga web baru, yang lama sudah bukan saya lagi yang punya.

 

Submit URL Google Webmaster Terbaru

 

Kali ini coba Anda klik menu : Inspeksi URL, maka Anda dapat mengisikan di kolom telusuri tersebut dengan website Anda.

inspeksi url google search console

Hasil Inspeksi URL :

Inspeksi URL Google

Pada baris URL ada di Google, artinya website dari https://wahyublahe.id sudah terindex di search engine. Pada bagian Minta Pengindeksan, apabila url website kita belum terindex, maka boleh dilik, maka akan ditemukan nanti Pengindeksan diminta : URL telah ditambahkan ke antrean crawl prioritas.

Mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah prioritas atau posisi antrean. Artinya, tidak perlu melakukan pengindeksan secara terus menerus.

Lalu, pada baris ke-dua, klik pada centang hijau : Liputan (English : Coverage), maka akan keluar laporan :

Pada submit url Google kali ini, diberitahukan bahwa, Peta Situs sudah ada beserta halaman perujuknya. Dilakukan Crawl terakhir padaย  17 September 2018 dan berstatus berhasil. Dan semoga apa yang Anda lakukan juga sama seperti gambar di atas ya.

Demikianlah cara submit URL terbaru di Google Webmaster, semoga dengan adanya artikel singkat ini bagian dari belajar SEO yang saya pelajari, dapat menjadi hal yang bermanfaat untuk Anda sekalian yang cinta akan blog yang dimiliki saat ini.

52 thoughts on “Cara Submit URL Terbaru di Google Agar Artikel Cepat Terindex

  1. masih bingung dengan tampilan baru google sekarang. tapi kalau gak di cohba gak berkembang lah nnti y kan bang

  2. Penting banget kah submit url ke google?
    Karena selama ini saya natural aja, biarkan google index sendiri walaupun lama.

    1. Saya juga natural untuk beberapa website yang sudah kuat authority-nya bang. Untuk blog masih belia, pakai submit url sangat membantu..

  3. Sejak Google Webmaster berubah ke tampilan baru, aku ngga pernah submit url karena bingung, Bang. Untung ada tip ini, mau dicoba dulu. Maklumlah amatiran๐Ÿ˜‚.

  4. agak ribet liat tampilan yang baru, lebih nyaman dengan tampilan yang lebih lama.
    oia kalau peta situs. saya memasukan sitemap.xml (itu benar atau salah)

  5. Kalo bole jujur sih aku lebih suka tampilan Webmaster sekarang, terlepas kata orang lebih simple yang dulu. Tapi tulisan Abang ini emang bantu aku banget buat lebih tahu gimana nge-submit url di Webmaster yang sekarang.

  6. Kalau saya pribadi sih masih tetap lebih mudah dengan tampilan yang lama dari submit URL postnya mas.. ๐Ÿ˜€

  7. Bagus nih, saya juga sempat kebingungan ketika tampilan google web master berubah.

  8. Apa nantinya itu sama seperti yang di add url dulu bang ,
    Artikelku banyak yang gk muncul gara2 gk submit ,padahal dulu submit besoknya sudah muncul

  9. perbedaanya banyak banget ternyata ya. di versi baru setelah submit langsung auto index. cepat banget menurut saya.

  10. Masih belum faham bang…… saya nyoba tapi tidak sesuai yang ditulis di atas…

  11. wah terimakasih infonya gan,secepatnya saya akan submit blog saya biar cepet ke index googlenyah

  12. Bang biasanya kan ane submit url langsung kek add url di google, trus ane mau nanya, apa bedanya sama webmaster? Trus lebih efisien yang mana bang?

  13. Makasih abang suhu kami yg soleh, bermanfaat kali bg, makaasiiih byk y bg, sehat teruuuusss… Alhamdulillah awak jg blog baru lagi, udah 3x gitu๐Ÿ˜…
    Ni bljr seo dr blog abg.. Hehe

  14. berawal ketika bang blahe ganti domain jadi dot id, awak jadi kepikiran untuk ganti domain dot id dan mulai diseriusin, alhamdulillah terwujud.

    pas cek webmaster eh tampilannya memang jauh berbeda, disitulah awak googling trus ketemu ama artikel abang awak ini, sangat membantu, tapi boleh dong bang bikinin penjelasan juga tentang sitemap, karena beberapa blog ada yang pake sitemap dari wordpress ada juga yang pake sitemap dari blogspot, ini yang buat adinda bingung.

    oh iya bang, awak dah ketemu niche blog awak setelah sekian lama, insyaAllah konsisten

  15. Haloo Bang.

    Sy cuma daftar web di google search console tanpa setting ini itu karena blm paham. apa yg dilakukan utk blog baru supaya index cepat ya?

    Makasi.

  16. Awak lagi browsing info di google, eh nemu blog abang ini. Awak langsung klik dan baca informasi lengkapnya. Duh memang bermanfaat yah setelah disubmit gini. Thank you ,bang.

  17. Di segi penampilan emang halaman webmaster yang baru ini lebih bersahabat, tapi agak ribet mungkin karena fiturnya yang masih tergolong baru kita jumpai. Untungnya masih ada versi yang lama. Mantap banget dah google

  18. Terimakasih banyak, sangat berguna bagi newbie seperti saya ini.

  19. situs saya bacaannya gini om pada liputan “Diindeks, tidak dikirim di peta situs” kemudian “Penemuan, Peta Situs : T/A”

    berarti situs saya nggak ada di index google ya om? memang sih baru submit /sitemap.xml tanggal 26 januari 2019 lalu.
    mohon om jawabannya

  20. Mantap nih pembahasanya sob, oy saya mau nanya nih sob, kalo misalkan saya punya postingan baru, terus saya ingin submit urlnya. Apakah saya harus memasukkan url halaman utama saja atau url postingan secara lengkap?. Sebelumnya terima kasih sob.

  21. Webmaster sekarang tampilannya baru
    agak bingung juga pas pertama nyoba
    nice share mas ๐Ÿ™‚

  22. min, di inspek ane tertulis “url is not in google”

    udah ane ikutin cara ente , untuk “request indek ”

    tetapi setiap ane cek setengah jam , url is not in google. dan minta request lagi .

    begitu seterusnyaa . gimana solusinnya min

    1. Kita cukup melakukan indexing, terindex atau tidaknya, itu tergantung kualitas blog kita dan beberapa pengaruh lainnya. Sejauh ini, saya punya blog yang dilakukan inspek, hasilnya juga url is not in google, saya biarkan. Beberapa lama kemudian, rupanya sudah terindex, walaupun tidak cepat indexnya.

  23. apakah ada keunggulan dari cara pengindexan dengan webmaster versi baru dengan lama?

  24. setiap bikin artikel baru apa harus request index diwebmaster tool gan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *