Bisnis

Sering Gagal? Penuhi 9 Syarat Menjadi Wirausaha Yang Berhasil

Syarat-syarat menjadi wirausaha yang berhasil perlu dipenuhi terlebih dahulu jika ingin sukses. Yakni memiliki ide usaha dan memang segera bertindak untuk mewujudkannya.

Itu adalah hal yang sangat penting mengingat wirausaha itu bukan hanya soal business plan yang bagus.

Namun, wirausaha adalah pekerjaan yang sangat menantang mengingat seseorang akan menjadi bos untuk dirinya sendiri, usahanya dan bahkan mungkin karyawannya.

Syarat-syarat tersebut harus dipenuhi agar bisnis memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Pintar Memanfaatkan Peluang

Syarat yang pertama ialah harus pintar memanfaatkan peluang. Bagi seorang wirausaha, peluang ini adalah hal yang penting dan sangat diperhatikan. Bukan hanya memperhatikan, namun seorang wirausaha akan pintar memanfaatkan peluang tersebut.

Sekalipun peluang itu kecil, namun mereka yang memang berjiwa wirausaha akan mampu menjadikannya sebagai sumber pendapatan yang dapat mendatangkan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan peluang kecil sekalipun kalau dimanfaatkan dengan baik akan memberikan hasil yang besar

Sebaliknya, peluang yang besar jika dilewatkan begitu saja maka tidak akan memberikan keuntungan apapun. Peluang ini sendiri datangnya bisa dari mana saja termasuk dari sekeliling Anda.

Tentu saja diperlukan kepekaan untuk menilai apakah sesuatu bisa dianggap sebagai peluang atau tidak. Meskipun Anda tidak memiliki kepekaan seperti itu, namun jika melatih diri lama-lama Anda akan mampu mengamati dan menemukan peluang di lingkungan sekitar.

Tidak Gengsi dan Mudah Bergaul dengan Orang Lain

Seorang wirausaha tidak boleh gengsi terhadap apapun selama itu tidak merugikan orang lain. Pasalnya, sikap gengsi, rendah diri dan pemalu hanya akan menghancurkan usaha yang akan Anda jalankan. Percaya dirilah, dengan demikian Anda dapat menjalankan usaha dengan baik.

Gengsi itu sendiri merupakan sifat yang berusaha menampilkan terbaik serta mewah dibandingkan dengan yang lain atau setidaknya setara dengan yang lain.

Jika Anda mengikuti sifat ini, maka harta, dana atau modal Anda lama-lama akan habis terbuang percuma. Oleh sebab itu, penting untuk Anda membiasakan diri menjadi orang sederhana untuk menyingkirkan dan terhindar dari sifat gengsi ini.

Selain itu, seorang wirausaha juga tidak akan gengsi menawarkan produknya ke orang lain sekalipun brand-nya belum terkenal.

Di sisi lain, menjadi wirausaha juga harus mau bergaul baik dengan orang lain. Sebab, orang-orang yang memperlakukan orang lain dengan baik, baik dari segi perilaku maupun cara berbicara yang lebih memiliki peluang untuk sukses.

Dengan sifat ini, calon pengusaha nanti akan lebih mudah mencari pelanggan dan juga partner kerja yang akan memberikan manfaat besar bagi usaha.

Tidak Lekas Puas dan Selalu Bersyukur

Syarat-syarat menjadi wirausaha yang sukses lainnya ialah tidak mudah merasa puas. Orang yang mudah merasa puas dengan hasil kerjanya cenderung akan menjadi malas. Akibatnya nanti usaha tidak akan berkembang dan mungkin akan kalah dengan pesaing lain yang selalu melakukan inovasi.

Tidak cepat merasa puas dalam hal ini bukan berarti tidak bersyukur, ya. Tetap seorang wirausaha harus bersyukur atas apa yang telah dicapainya guna menambah kebahagiaan serta semangat untuk terus menjalankan usaha.

Dengan memiliki kedua sikap ini, seorang wirausaha nantinya tidak akan menjadi pelit. Sebaliknya, dia akan mudah berbagi dengan sesama karena menyadari bahwa rezeki datangnya dari Tuhan dan Tuhan akan memberinya ganti yang lebih baik jika dia berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Disiplin dan Memiliki Prinsip

Jika ingin menjadi pengusaha yang sukses, maka Anda harus disiplin dan ini perlu diterapkan ke semua bagian perusahaan. Disiplin akan mendatangkan hasil yang baik sehingga setiap karyawan juga harus diajarkan sikap ini.

Bukan hanya disiplin, keinginan untuk menjadi pengusaha yang sukses harus dibarengi dengan prinsip. Jika hendak dijabarkan, maka prinsip merupakan pendirian seorang wirausaha yang terus dipegangnya sejak usaha yang dilakoninya itu dirintis.

Prinsip ini dapat diturunkan menjadi visi misi yang wajib diwujudkan oleh karyawan yang ada. Bagi seorang wirausaha sendiri, prinsip yang benar-benar harus dipegangnya ialah kuat dan tahan banting. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada profesionalisme serta cara kerja karyawan.

Kreatif Serta Penuh Inovasi

Bisnis yang bergerak secara monoton tentu tidak akan berkembang, bahkan mungkin tidak akan bertahan lama sekalipun pada awalnya terlihat lancar. Untuk menghindari hal tersebut, harus ada inovasi baru yang diterapkan supaya tidak tertinggal dari para pesaing.

Masih jarang loh pengusaha yang kreatif serta inovatif pada usahanya. Untuk mendukung hal tersebut, maka Anda harus selektif dalam memilih karyawan. Manfaatkan kelebihan mereka dan perlakukan mereka dengan baik, maka usaha yang Anda jalankan juga akan maju dan berkembang.

Menerima Berbagai Masukan

Seorang wirausaha yang sukses tidak akan bersikap kaku apalagi otoriter dan semaunya sendiri. Pasalnya, seorang wirausaha yang seperti itu akan menyadari bahwa apa yang telah dicapainya saat ini tidak lepas dari pendukung yang ada di belakangnya.

Para pendukung ini meliputi banyak orang, termasuk keluarga, kerabat dan karyawan. Karena tidak bersikap kaku, sudah tentu seorang wirausaha akan mau menerima berbagai masukan yang ada. Namun tidak asal menerima juga, melainkan menyaring masukan-masukan tersebut.

Mengambil masukan-masukan yang sekiranya baik untuk bisnis sekaligus menarik kesimpulan guna memecahkan masalah yang ada.

Berani Mengambil Risiko

Lebih lanjut lagi, seorang wirausaha juga harus berani mengambil risiko. Hal ini utamanya harus diperhatikan oleh para calon wirausaha atau wirausaha pemula. Risiko yang dimaksud juga merupakan risiko yang positif dan juga risiko yang negatif.

Risiko akan muncul sebagai akibat dari pengambilan keputusan, dan umumnya seorang wirausaha akan mengambil keputusan yang risiko negatifnya kecil namun keuntungannya besar. Akan tetapi, apapun risiko yang diterimanya nanti seorang wirausaha akan tetap mengambil keputusan.

Dengan demikian, bisnis bisa terus melangkah sekalipun nanti menghadapi masalah serta mengalami kerugian.

Memiliki Visi dan Misi yang Jelas

Syarat-syarat menjadi wirausaha yang sukses lainnya ialah memiliki visi serta misi yang jelas. Anda sudah tentu paham bahwa mengandalkan keinginan saat ini saja tidak cukup, karena Anda harus merencanakan bisnis dengan baik agar memiliki masa depan.

Tentukan apa yang menjadi tujuan bisnis supaya Anda tahu apa yang ingin dicapai baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Dengan demikian, Anda bisa memikirkan strategi apa yang perlu dilakukan guna mengejar berbagai target tersebut.

Bijak dalam Mengatur Waktu dan Mengelola Keuangan dengan Baik

Menjadi wirausaha yang sukses harus bijak dalam mengatur waktu. Pastikan Anda memanfaatkan waktu setiap hari dengan baik dan penuh pertimbangan. Sebaliknya, hindarilah aktivitas-aktivitas yang tidak begitu penting agar waktu berharga Anda tetap dapat dilalui dengan produktif.

Terutama untuk jam kerja, ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Jangan lupa juga untuk menyediakan waktu untuk diri sendiri dan keluarga supaya tercipta kehidupan yang bahagia untuk Anda.

Namun, seorang wirausaha juga tidak hanya harus bijak dalam mengatur waktu, tapi juga harus pandai dalam mengelola keuangan. Bagaimanapun juga, keuangan ini adalah hal yang sangat vital dalam menjalankan usaha sehingga modal yang ada harus dipergunakan dengan baik.

Ada baiknya jika Anda memisahkan uang pribadi dari uang bisnis sehingga perkembangan bisnis bisa lebih mudah terbaca.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button