Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Cara Membuat Tanda Tangan Digital

Bagaimanakah cara membuat tanda tangan digital? Pada mulanya tanda tangan dilakukan secara manual, jenis tanda tangan digital online saat ini mulai populer dan banyak digunakan perkantoran dan perusahaan besar.

Dan, pembuatan tanda tangan digital bisa dilakukan dengan berbagai media seperti Word hingga QR Code.

Untuk itu, artikel ini hadir karena melihat bahwa setiap orang pasti memiliki tanda tangan untuk mengesahkan dan memastikan keaslian suatu dokumen atau surat penting. Era teknologi yang semakin maju seperti sekarang tentunya bisa dimanfaatkan untuk pembuatan tanda tangan digital.

Berikut ini beberapa proses cara membuat tanda tangan digital yang tidak bikin ribet dalam penggunaannya.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Word

Microsoft word menjadi salah satu software yang sangat diperlukan dalam pembuatan sebuah dokumen, tanpa kecuali untuk pembuatan tanda tangan digital.

Pembuatan tanda tangan melalui microsoft word adalah salah satu cara yang paling mudah untuk diterapkan.

Siapkan kertas HVS dan Foto Tanda Tangan

Langkah awal untuk membuat tanda tangan digital yakni menyiapkan kertas HVS kosong, kemudian tanda tangani dengan ukuran sedang. Selanjutnya foto dengan kamera hp dan pindahkan file foto ke komputer.

Buka Microsoft Word dan siapkan gambar

Buka Microsoft Word pada komputer Anda. Siapkan dokumen yang ingin Anda bubuhi tanda tangan. Selain itu, siapkan pula gambar tanda tangan yang sudah difoto tadi. Arahkan kursor Anda sesuai yang diinginkan (biasanya di pojok kanan bawah atau tengah bawah).

Masukkan gambar tanda tangan

Setelah letak sudah sesuai, pilih menu insert pada Word – pilih picture – pilih gambar tanda tangan – klik insert. Foto tanda tangan Anda sudah tertempel di dokumen.

Atur ukuran dan sesuaikan background

Jika ukuran gambar tanda tangan terlalu besar atau kecil, Anda cukup menyesuaikannya dengan menarik garis pinggir gambar. Anda juga bisa mengatur background menjadi hitam putih agar tanda tangan terlihat lebih natural, caranya:

  • Pilih format picture.
  • Pilih picture..
  • Klik recolor
  • Klik pilihan warna black and white.
  • Pilih close

Pembuatan tanda tangan digital sudah selesai

Cara Membuat Tangan Tangan Digital di PDF

Hal yang perlu disiapkan tidak banyak, seperti dibawah ini :

Smartphone

Docusign

a. Install aplikasi Docusign pada playstore dan app store (sesuaikan dengan smartphone Anda). Pastikan koneksi internet Anda tersambung dengan baik dan lancar agar proses download bisa lebih cepat.

b. Login akun menggunakan email, facebook atau yahoo. Login akun ini difungsikan agar tanda tangan digital Anda tetap tersimpan dan bisa digunakan kapan saja.

c. Aktivasi akun dilakukan di email. Sebelum memulai membuat tanda tangan, Anda harus melakukan aktivasi akun hingga menampilkan kolom ‘sukses’.

d. Masuk ke dashboard aplikasi, cari ‘quick action’ dan pilih ‘create your signature’. Pada menu ini, Anda mendapatkan 2 pilihan yakni ‘take a picture of your sign’ atau ‘ draw your sign’. Jika memilih menggambar, maka secara otomatis akan menuju halaman kosong.

e. Setelah selesai membuat tanda tangan, Anda harus memilih menu ‘save’ untuk menyimpan tanda tangan ke penyimpanan internal telepon.

f. Langkah selanjutnya yakni kembali ke beranda aplikasi. Anda harus memilih icon ‘+’ untuk mengunggah file PDF. File PDF bisa diambil dari penyimpanan internal telepon, google drive dan sebagainya.

g. Pilih ‘sign now’

Menu ini akan menampilkan dokumen PDF Anda dengan layar penuh. Kemudian Anda cukup mengetuk area yang ingin dibubuhi tanda tangan. Secara otomatis tanda tangan akan ditambahkan.

h. Done

Opsi done sudah menunjukkan dokumen Anda telah berhasil ditambahkan tanda tangan. Anda bisa langsung menyimpannya atau membagikan dokumen tersebut melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, email dan sebagainya.

Adobe fill & sign

a. Cari dan download aplikasi Adobe Fill & Sign melalui smartphone Anda baik melalui App store maupun playstore. Aplikasi ini hanya memiliki kapasitas memori 20 Mb saja, sehingga tidak akan memberatkan perangkat Anda.

b. Masuk ke aplikasi dan pilih ‘select a form to fill out’, kemudian pilih file pdf yang ingin dibubuhi tanda tangan digital.

c. Klik dokumen yang baru diunggah dan pilih skala penuh. Skala penuh ini akan memudahkan Anda dalam memba dokumen sekaligus membuat tanda tangan.

d. Klik area yang ingin ditambahi tanda tangan dan tulis nama Anda. Terdapat 2 jenis tanda tangan yang bisa Anda buat yakni huruf biasa dan tulisan tangan. Jika menginginkan signature dari tulisan tangan, Anda harus memilih icon pena dan pilih menu ‘create signature’

e. Layar pop up atau ‘place signature’ akan muncul. Langkah ini digunakan sebagai tempat Anda membuat signature tulisan tangan. Caranya cukup gunakan jari tangan Anda layaknya sebuah pena. Klik ‘done’.

f. Pengaturan sesuai keinginan
Jika tanda tangan yang dibuat masih tidak sesuai (terlalu kecil atau besar), Anda bisa mengaturnya dengan menyeret garis pingirnya.

Komputer

Cara membuat tanda tangan digital via PDF tidak hanya melalui smartphone saja, tetapi sudah pasti bisa dilakukan melalui komputer juga. Langkahnya adalah:

Buka browser dan cari situs edit pdf e-sign smallpdf

Muncul pilihan ‘sign a document’ dan ‘sign a signature’

Pilih ‘place signature’ pada menu yang disediakan.

– Draw : menulis tangan tangan baru
– Upload : memasukkan tanda tangan berupa gambar
– Camera: mengambil gambar tanda tangan secara langsung

Pengaturan posisi tanda tangan

Pengaturan ini untuk membuat letak tanda tangan Anda berada di posisi yang tepat sehingga sesuai dengan tampilan dokumen non digital.

Finish dan download

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah pembuatan tanda tangan hingga penyematannya, Anda bisa mendownload file utuh PDF maupun hanya berupa tanda tangannya saja. Fitur ini akan memudahkan Anda di kemudian hari, sehingga tidak perlu membuat signature lagi.

Cara Membuat Tangan Tangan Digital QR Code

Pribadi

Pilih penyedia aplikasi QR Code gratis

Ketika Anda ingin membuat tanda tangan digital QR Code dan digunakan untuk kepentingan pribadi, maka usahakan memilih aplikasi pembuat yang bisa diakses gratis. Hal ini karena Anda tidak memerlukan fasilitas yang lengkap layaknya tanda tangan keperluan bisnis.

Memilih format data

Format data yang ada di aplikasi tanda tangan digital QR Code sangatlah beragam, yakni mulai dari URL web, teks simpel, perpesanan teks, id card, nomor telepon, hingga tanda tangan itu sendiri.

Memasukkan data sesuai keinginan

Data yang dimasukkan dalam signatur QR Code termasuk nama lengkap Anda dan beberapa informasi lainnya. Anda bebas mengisi data sesuai keinginan.

Pengaturan ukuran dan warna kode QR

Meskipun hanya sekedar tanda tangan, namun Anda harus tetap mengatur ukuran dan warna tanda tangan QR Code. Caranya sangatlah mudah yakni, masuk ke menu Options dan pilih lagi menu color. Anda bisa memilih warna apa saja baik satu warna atau campuran banyak warna.

Share kode

Tanda tangan digital QR Code yang sudah jadi biasanya akan berupa format PNG. Anda bisa membagikan tanda tangan ini hanya melalui media sosial seperti whatsapp. Namun, tetap pastikan untuk tidak menyebarkannya secara sembarangan.

Bisnis

Unduh aplikasi berbayar

Membuat tanda tangan digital QR Code untuk keperluan bisnis sebaiknya menggunakan aplikasi berbayar. Hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan multiple kode, sehingga tanda tangan digital Anda lebih aman dan tidak mudah disalahgunakan.

Merancang QR Kode

Memastikan data pribadi termasuk tanda tangan digital QR Code untuk tetap aman yakni menggunakan rancangan spesifik dan unik. Tujuannya agar tidak mudah ditebak dan diubah oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Menciptakan kode

Setelah Anda membuat rancangan yang rumit, unik dan spesifik, Anda bisa memberikan tambahan tautan sebanyak mungkin. Tautan ini bisa memberikan informasi prnting yang dibutuhkan orang lain terkait keberadaan Anda.

Share kode QR

Tanda tangan QR Code yang sudah dibuat, bisa langsung dibagikan kepada rekan bisnis yang membutuhkannya. Selain itu, adanya tanda tangan jenis ini juga bisa memudahkan Anda dalam bekerja sama di dunia usaha.

Penelurusan QR Kode

Versi pro atau premium dari aplikasi pembuat tanda tanda digital QR Code sudah dilengkapi dengan fitur pelacakan dan jumlah penggunaan kode QR. Fitur ini akan memuat informasi mengenai letak penggunaan tanda tangan digital Anda beserta jumlahnya.

Tidak hanya fitur pelacakan saja, masih ada fitur canggih lainnya yang bisa Anda manfaatkan dalam pembuatan tanda tangan digital QR Code versi bisnis.

Cara Membuat Tangan Tangan Digital Jadi Transparan

Word

Foto atau scan gambar tanda tangan

Tanda tangan yang dibuat berupa tulisan tangan di kertas kosong, kemudian bisa langsung difoto dengan kamera smartphone maupun melalui proses scan dokumen.

Copy paste gambar tanda tangan di halaman kosong Ms Word

Foto atau gambar tanda tangan bisa langsung di copy dan disalin ke halaman kosong Ms Word.

Klik bagian kiri gambar dan muncul tab format

Cara untuk membuat tanda tangan digital Anda menjadi transparan dimulai dari memilih menu format, kemudian klik icon ‘text wrapping’. Icon ini memiliki beberapa opsi, Anda harus memilih ‘behind text’. Posisi gambar sudah berada di bawah tulisan.

Merapikan gambar

Meskipun gambar tangan tangan transparan, Anda harus tetap merapikannya menggunakan fitur crop. Fitur ini difungsikan untuk memotong bagian yang tidak diperlukan atau bagian gambar yang tertumpuk.

Pengaturan warna

Setelah mengatur kerapian tanda tangan, Anda bisa mengubah warna tanda tangan digital sesuai keinginan. Caranya cukup memilih menu format – recolor. Kemudian pilih menu set transaprant color dan sesuaikan warnanya.

Dokumen sudah dijamin asli karena telah dibubuhi tanda tangan Anda

Dengan adanya tanda tangan digital, dokumen pun dijamin keasliannya.

Excel

Masuk ke Ms Excel (Ms Excel 2007-2013)

Penyisipan gambar

Setelah Anda masuk ke Ms Excel, Anda perlu menyisipkan gambar tanda tangan (dari dokumen, penyimpanan telepon atau google drive). Pilihlah menu insert – picture, kemudian import gambar tanda tangan yang sudah dibuat, klik insert

Atur gambar

Gambar tanda tangan yang sudah ada di dokumen mungkin saja masih belum sempurna. Maka, Anda harus mengaturnya agar lebih rapi. Langkahnya adalah klik kiri gambar tanda tangan Anda – pilih menu format. Kemudian pilih color – transparant color, lalu klik gambar.

Tanda tangan transparan siap Anda gunakan dan bagikan

Tanda tangan siap untuk digunakan. Dan keabsahannya semakin jelas.

Nah, demikian artikel mengenai cara membuat tanda tangan digital online, agar memudahkan dalam hal segala pengurusan dokumen.

Untuk konten digital lainnya, klik : Peran konsultan digital

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133