Marketing

Tujuan Digital Marketing

Menguasai pangsa pasar menjadi bagian dari tujuan digital marketing yang saat ini sering dilakukan. Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, banyak pemain baru bermunculan menawarkan berbagai produk menarik.

Jika, Anda tidak mampu menguasai pertarungan tersebut, maka penjualan akan menurun tajam.

Inilah alasannya mengapa strategi digital marketing perlu dilakukan oleh setiap pengusaha. Semakin luas mereka menjangkau konsumen, maka kesempatan untuk meningkatkan keuntungan cukup tinggi, coba lihat ilustrasi di bawah ini.

Ada tiga merek menjual produk tahu walik. Dimana, dua brand lainnya, menggunakan sistem lama yaitu menyebar brosur dan pamflet ke seluruh area. Tetapi, satu lagi cukup memanfaatkan berbagai platform medsos.

Setelah tiga hari melakukan teknik tersebut, ada perbedaan signifikan terjadi. Merek yang menjalankan konsep digital marketing ini ternyata mampu memberikan keuntungan 2x lipat Karena, konsumennya tidak hanya satu area saja.

Melainkan, bisa sampai ke wilayah dengan radius 10 km, apakah ilustrasi ini hanya penipuan dan sekedar cerita saja? Jawabannya adalah tidak, karena mereka mampu menjangkau orang lebih jauh dari brosur.

Tujuan Digital Marketing Sebagai Bentuk Penghematan

Tujuan selanjutnya mengapa Anda harus menggunakan teknik ini dalam menjalankan usaha adalah mengurangi biaya promosi. Masih berdasarkan contoh di atas. Dimana, dua brand lainnya memanfaatkan pamflet dan brosur.

Kedua komponen marketing tersebut pasti membutuhkan uang cukup banyak. Tidak mungkin mencapai Rp100 ribu, bisa lebih dari angka tersebut. Tetapi, coba lihat hasilnya, apakah efektif? Rasanya tidak, justru sama saja.

Inilah maksud dari tujuan digital marketing sebagai bagian dari penghematan dan menguasai pangsa pasar.

Tidak harus mengeluarkan uang sekian tetapi, hasilnya bisa diketahui. Apakah ini bagian dari klenik atau magic?

Bukan, zaman serba digital seperti ini, cara tersebut sudah tidak lagi berlaku. Dalam pemasaran secara online ini memanfaatkan media sosial dan juga mesin pencari sebagai media, bukan lagi kertas.

Dari prosesnya menjaring pelanggan sebenarnya, tidak jauh berbeda. Cukup menempelnya agar semua orang bisa tahu dan membaca informasi tersebut. Perbedaannya, tempat penempelannya, di jalanan serta platform internet.

Saat ini banyak orang tidak bisa hidup tanpa internet. Mereka selalu membuka dan mencoba mencari berbagai informasi dari sana. Bukan hanya satu wilayah saja, hampir seluruh dunia bisa membacanya.

Berbeda dengan brosur atau pamflet, hanya satu orang dan berada di wilayah itu saja. Dari sini, sudah mengerti mengapa ilustrasi di atas terjadi perbedaan cukup signifikan bukan?

Tujuan Digital Marketing Mampu Memilih Konsumen

Strategi pemasaran online terasa lebih menguntungkan karena, mampu memilih konsumen yang tepat dan sesuai. Contohnya, Anda sedang menjual koas khusus untuk bayi. Dalam metode ini Anda bisa melakukan promosi khusus.

Jadi, informasi tersebut lebih tepat pada sasaran. Dibandingkan melalui offline, banyak orang membacanya. Sayangnya, mereka tidak membutuhkan akhirnya, ditinggal begitu saja tidak disampaikan kepada saudara atau temannya.

Berbeda dengan saat sebuah brand memanfaatkan medsos sebagai salah satu teknik pemsarannya. Saat beberapa orang tidak membutuhkan bahan bacaan tersebut, ternyata dikemudian hari info itu akan muncul lagi.

Otomatis mereka ingat ada saudara atau teman yang membutuhkan. Tanpa harus pergi kemana-mana, cukup sebarkan link dengan mengirim pesan saja. Kabar berita itu sudah sampai, cepat sekali bukan?

Inilah maksud dan tujuan pemasaran online dalam memilih pelanggan. Bahkan, tanpa ilustrasi di atas, medsos akan mengarahkan sendiri. Apa saja yang dibutuhkannya dengan memunculkannya di dalam beranda.

Jadi. para pelanggan baru tidak perlu lagi pusing atau bingung dalam mencari berbagai barang atau jasa yang diperlukan. Karena, semua tersedia cukup pilih saja mana yang diinginkan, cukup efektif bukan?

Tujuan Digital Marketing Lebih Dekat dengan Pelanggan

Dalam menjalankan strategi pemasaran ini, setiap pengusaha bisa berinteraksi dengan semua pelanggannya dengan mudah, cepat, dan tidak perlu rumit mencari. Contohnya, saat Anda ingin membeli sebuah handphone.

Cukup pergi saja ke medsos, kemudian lihat apa saja yang mereka sampaikan. Bahkan, disana ada juga nomor telepon, bila tidak tercantum bisa langsung mengirim pesan atau menulis komentar.

Inilah kelebihan digital marketing dimana, para pengusaha bisa lebih dekat dengan konsumen. Caranya menanggapi semua pesan baik itu berupa orderan atau keluhan. Untuk meningkatkan kualitas Anda harus tahu pendapat pembeli.

Bagaimana rasanya menggunakan produknya? Apakah menarik, biasa saja, atau memang memuaskan. Semua komentar ini bisa dijadikan sebagai bahan tambahan untuk promosi, karena sudah terbukti kualitasnya.

Teknik promosi lebih dekat dengan pelanggan seperti ini mulai dilakukan oleh berbagai pengusaha. Karena, cukup efektif dalam meningkatkan penjualan. Perlu diketahui, saat ini pembeli sudah pintar dalam membedakan sebuah produk.

Bahkan, dari kedekatan Anda dengan pelanggan, mampu mengerti apa kebutuhannya. Jadi, produk dikemudian hari dapat memenuhi harapan serta keinginannya tersebut. Inilah tujuan digital marketing yang harus diketahui.

Anda perlu memahami lebih lanjut mengenai tujuan digital marketing dari segi jangkauan pasar yang jauh lebih luas dan spesifik hanya di sini.

Klik 2x Selengkapnya

Wahyu Blahe

Guru SEO, Blogger Medan, Public Speaker, Digitalpreneur, Konsultan Digital Marketing | WA: 085261199133

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button