Webinar : Arti, Pengertian, dan Cara Membuat Webinar Gratis

Webinar

Webinar adalah sebuah seminar yang dilakukan melalui aplikasi/situs web dan berbasis internet. Singkatan dari web dan seminar, yang bisa juga diartikan sebagai seminar yang berbasis internet karena menggunakan situs web atau aplikasi tertentu dalam membagian informasi tersebut.

Seiring berkembangnya zaman, teknologi kini menjadi solusi yang tepat dalam mengatasi beragam masalah. Khususnya dalam dunia informasi dan pemasaran. Salah satu media yang berfungsi sebagai pembagi informasi disebut dengan webinar.

Teknik tersebut akan memungkinkan pengisi materi dalam membagikan informasi melalui internet.

Tentu banyak orang yang belum paham mengenai web dan seminar tersebut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya webinar merupakan singkatan dari web dan juga seminar.

Apa Itu Webinar

Apa itu Webinar merupakan salah satu bentuk inovasi digital yang memudahkan segala jenis proses pembelajaran melalui jaringan internet, disebut dengan web seminar. Khususnya dalam kalangan karyawan, pebisnis, anak sekolah atau ibu rumah tangga yang tak punya banyak waktu untuk keluar rumah.

Web dan seminar ini menjadi sesuatu yang sering digunakan oleh banyak orang. Walaupun fungsinya sebagai proses pembelajaran, tetapi web ini juga bisa menjadi platform lead generator yang nanti akan membantu para pelaku bisnis dalam menentukan target penjualan.

Pengertian Webinar

Istilah yang diambil dari singkatan antara web dengan seminar ini merujuk pada sebuah aktivitas seminar, yang dilakukan dengan cara online dan menggunakan metode video conference. Webinar telah menjadi salah satu platform yang efektif untuk belajar secara online.

Pesertanya juga tidak terbatas, bisa mencapai ribuan orang yang tak terbatas oleh waktu dan juga lokasi. Artinya peserta yang mengikuti web seminar ini bisa berasal dari mana saja, dan mengikuti seminar online tersebut di mana saja.

Fungsi dan manfaat dari web seminar ini sangat beragam, salah satunya bisa menjadi strategi marketing yang paling mudah dalam berbisnis. Bisa juga digunakan untuk mempelajari sesuatu, yang bisa dibahas secara umum.

Tema yang dipilih dalam melakukan web seminar ini juga beragam, misalnya tema parenting, belajar, anak-anak, pendidikan, marketing dan masih banyak lagi. Tema yang ditentukan bergantung pada kebutuhan masing-masing.

Tak heran, banyak yang mencari webinar gratis 2021 untuk mendapatkan informasi penting yang bisa diakses di mana pun.

Webinar Software

Ada banyak jenis perangkat lunak yang bisa Anda manfaatkan dalam melakukan webinar ini. Untuk meningkatkan minat pada produk dan juga pada layanan Anda. Namun tak semua software web seminar ini cocok digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk itu, Anda bisa memilih beberapa jenis software yang sekiranya cocok dan telah direkomendasikan oleh para penggunanya seperti berikut ini:

Google + Hangouts

Jika Anda ingin menggunakan software gratis maka Anda bisa menggunakan Google + Hangouts. Salah satu pilihan terbaik dari aplikasi ini cocok untuk Anda yang memiliki jumlah anggaran terbatas.

Penggunaannya mudah, Anda harus membuat akun terlebih dahulu dan bisa digunakan oleh 25 orang. Google + Hangout juga bisa digunakan di berbagai jenis platform. Kelola dengan baik siapa saja orang yang bisa mengakses software ini melalui kalender Anda.

Facebook Live

Opsi lainnya dari perangkat lunak untuk web seminar adalah Facebook Live. Software ini juga lebih mudah digunakan karena hampir setiap orang sudah memiliki akun facebook saat ini.

Ketika Anda menyiarkan seminar melalui facebook maka para pengikut Anda bisa ikut menontonnya. Anda juga bisa menentukan siapa saja yang bisa ikut menonton seminar web Anda secara live.

YouTube Live

Selain Facebook Live Anda bisa menggunakan software lainnya yaitu Youtube Live. Bahkan youtube juga bisa dipakai untuk menghost web seminar yang Anda gunakan tersebut.

Google Hangout bisa berintegrasi langsung dengan Youtube sehingga Anda bisa menggabungkan keduanya, supaya lebih luas. Jika streaming video yang Anda lakukan sudah berakhir, kini saatnya untuk mempublikasikannya secara langsung.

Panggilan Grup Skype

Banyak organisasi atau perusahaan yang telah menggunakan IM atau Skype, kemudian memanfaatkan web seminar tersebut. Dalam panggilan grup yang ada di Skype, Anda bisa mengundang 25 orang peserta.

Gunakan juga fitur Rapat Skype yang berkaitan dengan bisnis, jika Anda harus mengundang banyak orang di sana. Anda bisa mengundang 10.000 orang sekaligus, jika menggunakan fitur Rapat Skype tersebut.

Cisco Webex

Salah satu tool pertemuan dan juga acara hosting secara online yang saat ini sedang populer, biasanya menggunakan software Cisco Webex. Anda juga akan memperoleh alat khusus mengenai apa yang ingin Anda lakukan di sana.

Pilih acara hosting yang bisa menyertakan 3000 orang atau pertemuan yang bisa mengundang 40.000 orang peserta. Anda juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa mengakses software tersebut dengan menyiapkan ruang pribadi secara khusus.

Blackboard Berkolaborasi

Apabila Anda baru mengambil kelas tentu Anda sudah tidak asing dengan software Blackboard yang bisa menjadi alat pelatihan. Banyak orang yang tak tahu bahwa Blackboard ini menjadi solusi terbaik dalam bisnis, termasuk software web conferencing.

Jika tujuan dari web seminar yang Anda buat ini memang untuk pelatihan, maka Blackboard menjadi pilihan yang sangat tepat.
Hal itu juga akan memungkinkan Anda dalam mengelola pendaftaran dari webinar tersebut, dengan mengintergrasikan video, membuat rencana pelatihan lainnya dan masih banyak lagi.

GoToWebinar

Perangkat lunak yang satu ini terkenal sebagai software khusus untuk pertemuan secara online. Alat perangkat lunak online ini sama handal dan populernya dengan yang lainnya. Terdapat tiga tingkatan alat yang tersedia di sana, yang dilihat berdasarkan jumlah pesertanya.

Anda bisa menyimpan informasi cukup banyak di aplikasi ini, karena seluruh tingkatannya meliputi analitik dan laporan yang cukup baik. Banyak juga fitur bagus di dalam aplikasi ini seperti selebaran, kemampuan untuk berjejak pendapat, sesi Q&A dan sebagainya.

Livestream

Hampir sama dengan tool live streaming, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan acara web seminar karena aplikasi ini mencakup kemampuan dalam melakukan obrolan tertentu dengan cara real time.

Hal itu akan sangat berguna jika Anda melakukan streaming melalui Youtube atau Facebook. Tersedia pelatihan dan dukungan lainnya yang dilakukan di dalam software Livestream tersebut.

Aplikasi Webinar Gratis

Sebuah aktivitas dalam mentransfer ilmu yang berupa seminar tetapi menggunakan media teknologi, melalui suatu perangkat lunak webinar gratis secara online. Berikut ini beberapa perangkat lunak atau software yang bisa digunakan secara gratis:

ezTalks

ezTalks

Aplikasi gratis yang juga bisa digunakan untuk web seminar adalah ezTalks, yang memiliki sejumlah fitur bagi pemateri/peserta contohnya fitur untuk berbagi chat, layar, file sharing hingga multi perangkat.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tetapi tidak selamanya. Durasi pemakaian gratis atau tidak berbayar pada aplikasi ezTalks hanya satu kali. Sejumlah fitur yang ada di dalamnya juga hanya bisa digunakan oleh pengguna premium atau yang memilih aplikasi berbayar.

Google Hangouts

Google Hangouts

Software berikutnya yang juga tidak dikenakan biaya dan bisa direkomendasikan adalah Google Hangout. Aplikasi meeting online yang satu ini bisa dipakai sebagai alat bantu untuk kebutuhan web seminar.

Terdapat fitur screen sharing pada aplikasi Google Hangout ini, yang nantinya bisa sangat berguna untuk pemateri ketika mereka memaparkan materi atau presentasi di dalamnya.

Zoom

Zoom

Aplikasi atau software gratis berikutnya yang sering dipakai untuk kebutuhan web seminar adalah Zoom. Aplikasi yang satu ini menjadi jenis aplikasi yang paling banyak digunakan. Khususnya ketika masa pandemi, aplikasi Zoom menjadi aplikasi yang sangat populer.

Selain bisa digunakan gratis, Zoom juga memberikan sesi selama 40 menit dari setiap seminar web yang dilakukan. Aplikasi ini juga tersedia dalam berbagai platform, dekstop, mobile dan sebagainya sehingga lebih mudah diakses oleh siapa saja.

Lebih dari 100 orang peserta meeting bisa ditampung di aplikasi Zoom ini, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan lebih leluasa.

Google Meet

Google Meet

Aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk web seminar dan tidak berbayar adalah Google Meet. Namanya di playstore bisa terkadang berubah menjadi Hangout Meet.

Hampir sama dengan Google Hangout, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk berbagi chat/layar dan menjadi ruang diskusi di sel-sela web seminar berlangsung.

Cara Membuat Webinar

Dalam menyelenggarakan sebuah seminar tatap muka tentu merupakan hal yang umum dilakukan, sehingga mudah dibuat oleh siapa saja. Namun, kelemahan dari seminar tatap muka ini adalah jangkauan audiens yang tidak luas.

Kini muncul inovasi penyelenggaraan seminar yang lebih canggih, dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Inovasi terbaru ini dinamakan web seminar yaitu seminar yang dilaksanakan dengan cara online, dan mampu menjangkau banyak orang/peserta di manapun.

Cara membuat web seminar ini juga mudah, yaitu melalui tips berikut ini:

Fokus pada Tujuan Anda dalam Menyelenggarakan Webinar

Persiapan pertama yang harus Anda lakukan dalam menyelenggarakan web seminar adalah dengan menentukan tujuan terlebih dulu. Banyak sekali motif atau tujuan yang bisa Anda pilih, misalnya dalam hal ilmu dan pengalaman, pengenalan bidang baru, atau promosi bisnis.

Tentukan dahulu satu tujuan besar dan fokus di tujuan tersebut agar Anda bisa menyelenggarakan atau membuat web seminar dengan baik.

Siapkan Topik dan Narasumber yang Kompeten

Setelah itu Anda bisa menentukan topik dan narasumber yang sesuai dengan tema dan tujuan pembuatan seminar web tersebut. Contohnya pilih topik belajar menggunakan optimasi fitur bagi para pebisnis pemula, di instagram bisnis.

Kemudian Anda juga harus mencari narasumber yang kompeten, yang memiliki keahlian di topik yang Anda pilih. Akan lebih baik jika narasumbernya adalah orang terdekat atau orang yang Anda kenal.

Bisa juga gunakan narasumber dengan posisi tertentu di suatu perusahaan, apabila skala web seminar yang Anda selenggarakan lebih besar dan luas.

Menentukan Platform yang Sesuai

Web seminar tidak akan terselenggara dengan baik jika Anda tidak menggunakan platform. Banyak sekali pilihan platform yang bisa dipilih, misalnya dengan menggunakan Zoom atau Google Meet.

Membuat Prosedur Penyelenggaraan Web Seminar

Jika seluruh persiapan yang dilakukan sudah siap, maka Anda harus menentukan prosedur penyelenggaraannya terlebih dulu. Contohnya menentukan alur pendaftaran peserta melalui Zoom, Google Form dan lain sebagainya.

Lalu tentukan juga peraturan selama seminar web itu berlangsung, buat susunan acara supaya waktu yang sudah ditentukan tidak molor. Konsep dalam seminar web ini harus dibuat dengan matang, dan perhatikan hal kecil apapun dalam memilih moderator.

Jangan memilih moderator dengan asal karena peran mereka sangat penting dalam menggali informasi dari narasumber, serta memahami para peserta seminar web dengan baik.

Mulai Gencarkan Promosi Webinar

Kini waktunya untuk melakukan promosi, misalnya dengan membuat poster elektronik yang disertai dengan keterangan dari web seminar tersebut. Sebarkan informasi tentang web seminar ini di media sosial dan minta orang-orang terdekat untuk membagikannya kembali.

Waktu untuk memulai promosi ini jangan terlalu dekat atau jauh, agar orang-orang juga memiliki persiapan untuk mengikuti web seminar tersebut.

Keuntungan Menggunakan Webinar

Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menggunakan web seminar dalam membagikan informasi, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

Sebagai Wadah yang Tepat dalam Mengumpulkan Leads

Sama dengan mengumpulkan anggota yang mempunyai satu kesamaan, leads yang nantinya akan Anda peroleh adalah orang-orang yang tertarik dengan tawaran pada web seminar tersebut.

Para penonton adalah orang-orang yang ingin mengetahui informasi yang Anda bagikan dengan lebih dalam. Maka perhatikanlah pemilihan topik di seminar web ini, jangan memilih topik yang kurang diminati.

Membantu Pengumpulan Feedback

Apabila Anda ingin tahu hasil dari campaign/promo yang telah Anda lakukan, maka berikan kuesioner melalui web seminar tersebut. Jika Anda memerlukan inovasi baru dalam bisnis yang dijalankan saat ini, maka gunakanlah web seminar itu.

Persiapkan beberapa pertanyaan yang relevan sampai Anda dapat memberi jawaban atau solusi yang diperlukan.

Media Promosi Produk atau Campaign Terbaru

Anda bisa menggunakan web seminar dalam membagikan informasi yang berhubungan dengan campaign produk dan promosi produk, dari barang/jasa yang Anda jual saat ini. Hal ini akan menjadi cara yang sangat efektif, dalam meningkatkan omset penjualan.

Utamakan kualitas dalam membagian materi dalam web seminar tersebut. Seminar yang berkualitas baik tentu akan memberi manfaat bagi banyak orang, atau setidaknya bagi para peserta yang mengikuti seminar tersebut.

Menunjukkan Keunggulan dari Bisnis/Keahlian suatu Brand

Bukan hanya membagikan materi yang bermanfaat saja, tetapi Anda juga bisa membagikan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk barang/jasa yang Anda jual. Walaupun Anda menyelipkan iklan di tengah materi, tetapi isi dari materi itulah yang lebih penting.

Anda juga bisa meyakinkan para peserta webinar terlebih dulu melalu materi yang disampaikan. Setelah itu barulah lakukan soft selling pada produk yang Anda jual. Hal ini juga merupakan cara yang sangat efektif untuk menjaring pembeli melalui web seminar.

Keuntungan Bagi Peserta Webinar

Adanya web seminar tersebut untuk peserta, adalah dapat menambah ilmu yang berasal dari beragam sumber. Cara ini sangat tepat dalam menggali informasi yang dibutuhkan. Ditambah lagi banyak sekali topik yang bisa dibahas, tak hanya soal bisnis.

Banyak hal yang bisa Anda dapatkan misalnya tips dan trik, menyusun strategi bisnis, hingga cara mengoperasikan sebuah sistem. Ditambah dengan ragam topik yang sesuai dengan passion atau bidang pekerjaan Anda saat ini.

Ada banyak jenis webinar yang bisa Anda gunakan dengan pilihan aplikasi yang akan memudahkan kinerja dari web seminar yang Anda buat nantinya.

Keuntungan Bagi Pemateri Webinar

Jika Anda merupakan pemasar yang ingin menjaring leads dengan cara mempromosikan suatu produk melalui web seminar, maka seminar online ini bisa menjadi langkah yang sangat tepat. Anda bisa melihat hasil penjualan secara langsung, setelah membuat web seminar.

Nah, semoga tulisan mengenai webinar kali ini dapat menjadi referensi bacaan Anda ya.

Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133