Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode

WhatsApp Dark Mode tentunya sudah ditunggu-tunggu penggunanya. Melalui fitur Fitur Dark Mode atau Mode Gelap maka Anda bisa lebih nyaman lagi saat mengakses aplikasi WhatsApp dalam waktu lama sebab sedikitnya cahaya.

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan saya bagikan cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode yang mudah kepada Anda semua.

Setelah sebelumnya Instagram Dark Mode secara resmi dirilis, kini giliran WhatsApp.

Fitur Dark Mode sebenarnya menjadi salah satu fitur unggulan bagi banyak platform sosial media. Bagaimana tidak, melalui fitur tersebut maka pengguna akan lebih nyaman lagi menatap aplikasi WhatsApp dalam waktu lebih lama lagi.

Kabar baiknya, ternyata dengan mengaktifkan fitur Dark Mode tersebut maka perangkat Anda juga bisa lebih hemat daya. Karena warna gelap atau warna hitam membutuhkan daya yang lebih sedikit dibanding warna putih saat ditampilkan pada layar.

Download Aplikasi WhatsApp

Siapa diantara Anda yang belum kenal dengan aplikasi chatting satu ini, WhatsApp? WhatsApp adalah aplikasi IM yang bisa dikatakan veteran.

Pada dasarnya aplikasi WhatsApp tersebut bukanlah merupakan aplikasi terbaru untuk kategori aplikasi sosial media.

Namun sejak hadir dalam versi baru kini WhatsApp mampu bersaing dengan banyaknya aplikasi serupa yang belakangan ini banyak bermunculan.

Menariknya, kini WhatsApp telah hadir di platform Android sehingga Anda bisa mendapatkan dan menggunakannya secara gratis.

Melalui aplikasi WhatsApp inilah Anda bisa melakukan panggilan secara gratis, chatting, berkirim gambar atau foto, dan masih ada banyak lagi.

Beralihlah dari SMS biasa ke WhatsApp untuk bisa menikmati layanan berkirim dan menerima pesan, gambar, voice note, dan lain-lain.

Melalui versi terbarunya, beberapa fitur yang ditawarkan WhatsApp antara lain sebagai berikut.

  1. Video call.
  2. Gambar atau penambahan teks dan emoji ke foto maupun video yang diambil di WhatsApp.
  3. Pemilihan ukuran kuas dan gaya font dengan menarik pada pemilihan warna.
  4. Dalam grup, pengguna bisa menyebutkan orang spesifik dengan cara mengetikkan simbol @.
  5. Admin grup bisa mengundang orang lain dengan mudah dan membagikan sebuah tautan.
  6. Kemudahan pengiriman satu emoji dengan tampilan yang lebih besar di chat.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, fitur Dark Mode yang dihadirkan pada aplikasi WhatsApp ini ternyata tengah dikembangkan untuk semua pengguna setia WhatsApp, baik Android atau iOS.

Nanti fitur tersebut juga akan ramah dengan pengguna layar OLED.

Di bawah ini ada beberapa keuntungan mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp yang perlu Anda tahu.

  1. Suplay cahaya menjadi lebih stabil.
  2. Dapat mengurangi radiasi cahaya yang masuk secara langsung ke mata.
  3. Dapat membuat mata lebih fokus dalam membaca chat yang masuk.
  4. Dapat menghemat penggunaan daya baterai smartphone.
  5. Membuat pengguna semakin nyaman saat mengoperasi aplikasi WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp Melalui Aplikasi

Pertama

Sebagai langkah pertamanya cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode adalah melalui aplikasi pihak ketiga. Silakan Anda download dan install aplikasi YO WhatsApp ke perangkat Anda.

YO WhatsApp adalah aplikasi Mod terbaik dari WhatsApp yang dikembangkan oleh Yousef Albasha.

Melalui aplikasi YO WhatsApp tersebut Anda akan mendapati fitur yang lebih lengkap, salah satunya adalah fitur Dark Mode.

Apabila aplikasi YO WhatsApp tersebut sudah terinstall, maka Anda harus uninstall aplikasi WhatsApp resmi yang ada di smartphonemu.

Baru kemudian Anda bisa masuk ke aplikasi YO WhatsApp, lalu melakukan Registrasi dengan menggunakan nomor WhatsApp Anda seperti pada saat pertama kalinya Anda membuat akun WhatsApp.

Kedua

Jika sudah selesai dan berhasil melakukan Registrasi, Anda bisa mulai masuk ke halaman chat WhatsApp. Tap pada ikon opsi yang ada di bagian sudut kanan atas. Kemudian pilih opsi YOMods untuk mengaktifkan fitur Dark Mode di WhatsApp.

Pilih YoThemes, setelah itu lanjutkan dengan memilih opsi Download YoThemes. Di sinilah Anda bisa memilih berbagai macam tema WhatsApp, salah satunya adalah Dark Mode.

Ketiga

Pada langkah ketiga ini Anda bisa mulai melakukan aktivasi fitur Dark Mode di WhatsApp. Caranya adalah dengan memilih tema YoDestinyDark. Kemudian tap Install, maka nanti akan muncul Pop-Up langsung saja Anda pilih opsi Ok atau Yes.

Selesai, kini fitur Dark Mode pada aplikasi WhatsApp Anda sudah berhasil diaktifkan. Baik pada halaman utama aplikasi WhatsApp, atau ruang chatting, status, dan kontak, semuanya akan berwarna gelap.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di Android

Pada dasarnya kini pengguna Android sudah bisa menikmati fitur WhatsApp Dark Mode tersebut. Tapi sayangnya, fitur ini tersedia pada perangkat yang sudah terpasang Android Q. Buat Anda yang masih ada di versi Beta, cara mengaktifkan Dark Mode di Instagram berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk bisa menikmati fitur terbaru WhatsApp tersebut.

1. Untuk mengaktifkan fitur Dark Mode atau Mode Gelap di WhatsApp langkah pertamanya Anda harus menuju ke menu Setting atau Pengaturan di perangkat Anda. Jika sudah, masuk ke bagian Display.

2. Pilih opsi Select Theme.

3. Pilih opsi Dark. Apabila fitur Dark Mode tersebut diaktifkan di level sistem, maka selanjutnya Anda perlu membuka pengaturan Developer Options.

4. Tetapi jika masalahnya pengaturan Developer Options tersebut belum muncul, maka Anda bisa mencoba mengaktifkannya lewat menu Setting dan masuk ke About Phone. Tekan berulang kali opsi Build Number sampai muncul pesan ‘Developer Options is Turned On’.

5. Apabila Anda sudah berhasil masuk ke dalam halaman pengaturan pada Developer Options, maka Anda perlu mencari dan mengaktifkan opsi Override Force Dark.

Dengan mengaktifkan opsi inilah seharusnya aplikasi yang mendukung Dark Mode akan secara otomatis menggunakan mode tersebut.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di iOS

Bagi Anda para pengguna perangkat iOS, sebenarnya fitur WhatsApp Dark Mode ini sudah bisa dinikmati dan digunakan sejak iOS 11, atau versi yang lebih baru. Caranya mudah sekali, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama-tama silakan Anda aktifkan fitur Smart Invert. Ini merupakan salah satu fitur terbaik iOS yang dibuat khusus untuk membalikkan warna layar di perangkat iOS pastinya.

2. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu masuk menuju halaman Setting atau Pengaturan.

3. Jika sudah, pilihlah opsi Accessibility.

4. Kemudian lanjutkan dengan mencari dan memilih opsi Display Accommodations.

5. Pilih opsi Invert Colors.

6. Lalu aktifkan saja opsi Smart Invert.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan fitur Dark Mode iOS yang saat ini masih ada dalam tahapan Beta. Caranya sebagai berikut.

1. Pertama, silakan Anda langsung menuju ke menu Setting atau Pengaturan.

2. Kemudian masuk ke bagian Display

3. Terakhir, Anda hanya perlu memilih opsi Dark di bagian Appearance.

Baca Juga : Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram

Demikian informasi mengenai WhatsApp Dark Mode, semoga artikel di blog wahyublahe.id ini bermanfaat untuk Anda pembaca sekalian. Salam..

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133