Wisata Halal di Indonesia yang Terkenal dan Wajib Dikunjungi

Wisata Halal Indonesia telah diketahui dunia menjadi destinasi wisata halal terbaik dunia tahun 2019 ini. Banyaknya tempat wisata halal yang terkenal dan wajib dikunjungi tentunya menjadi prestasi bagi Indonesia.

Ditujukan secara khusus untuk wisatawan muslim, menikmati liburan ke salah satu tempat wisata muslim pastinya akan menjadi hal yang menyenangkan. Bahkan memberikan Anda kesempatan untuk mengenal lebih dekat alam dan berbagai budaya Indonesia.

Ini tentu saja bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan bersama orang-orang tercinta. Misalnya saja dengan berkunjung ke salah satu tempat wisata halal di Indonesia berikut.

 

Batam

 

Rekomendasi tempat wisata halal di Indonsia yang pertama wajib dikunjungi adalah Batam. Bahkan sampai saat ini pemerintah di kota tersebut masih terus melakukan sejumlah pembenahan, tujuannya tidak lain agar pariwisata halal di Batam terus maju dan berkembang. Tak ayal jika yang demikian mampu membuat jumlah wisawatan muslim yang datang meningkat drastis.

Lantas bagaimana dengan Anda sendiri? Apa masih ingin berdiam diri di rumah saat weekend? Kunjungi Batam yuk, dengan begitu Anda akan tahu keindahan kota tersebut lebih dekat. Menariknya, di Batam Anda tidak hanya bisa mengunjungi tempat wisata alam, budaya, dan sejarahnya, tetapi juga bisa berwisata kuliner.

Adapun beberapa destinasi wisata Batam terbaik yang wajib masuk dalam list liburanmu nanti adalah Ex-Camp Vietnam. Ini merupakan bangunan rumah tua aman dulu yang dipergunakan oleh pengungsi Vietnam. Jika kurang tertarik, maka Anda bisa mencoba berkunjung ke Ocarina Park yang letaknya berdekatan dengan pelabuhan Ferry International Batam Center, Anda pastinya lebih mudah lagi saat mencarinya.

Pastinya masih ada banyak lagi tempat wisata halal di Batam, Indonesia yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi, seprti Pantai Nongsa, Khazanah Plaza, Nagoya, dan lain sebagainya.

 

Jakarta

 

Pengen liburan, tapi tidak mau jauh-jauh kalau harus datang ke Batam? Tenang, buat Anda yang tinggal di Jakarta, juga bisa menemukan tempat wisata halal yang recommended untuk orang muslim. Berbeda dengan tempat wisata muslim yang ada di Batam, di Jakarta ini ternyata pengembangan pariwisatannya mengusung konsep Pariwisata Moslem Friendly sehingga akan sangat memanjakan wisatawan muslim.

Ada banyak sekali lokasi wisata di Jakarta yang bisa dikunjungi saat weekend, seperti Kota Tua, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monas, Pantai Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Taman Nasional Kepulauan Seribu, Dunia Fantasi Ancol, dan masih ada banyak lagi. Khususnya buat Anda yang ingin berwisata budaya di Jakarta, maka Anda bisa datang ke Rumah Adat Betawi, Situs Religi, dan beberapa danau yang ada di pinggiran kota Jakarta.

Kabar baiknya, selain dilengkapi dengan tempat wisata halal, beribadah saat liburan di Jakarta pun jadi lebih mudah. Apalagi pemerintah juga sudah memfasilitasi para wisatawan muslim dengan bus pariwisata yang bisa melayani pengunjung untuk menuju ke masjid Istiqlal, juga beberapa masjid di Jakarta yang lain. Tak perlu khawatir, sebab di Jakarta juga sudah tersedia tempat perbelanjaan terkenal yang memiliki ruang khusus untuk sholat.

 

Jawa Barat

 

Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, jadi untuk mencari tempat wisata halal di Indonesia pastinya tidak terlalu sulit. Misalnya saja di Jawa Barat, Anda akan menemukan banyak sekali rekomendasi tempat wisata yang recommended untuk kaum muslim, seperti Pantai Pelabuhan Ratu yang ada di Sukabumi. Juga ada pula Kawa Putih di Bandung, Wisata Lembang di Bandung, Green Canyon di Pangandaran, dan Taman Safari Indonesia di Bogor.

Tempat wisata Indonesia bernuansa Islami, terutama di Jawa Barat memang ada banyak sekali. Jika mau, Anda juga bisa datang berkunjung ke sebuah pondok pesantren yang bernama Daarut Tauhid di Bandung atau Kampoeng Bakery di Bandung. Khususnya di Kampoeng Bakery Anda akan menemukan banyak sekali jajanan kue dengan produknya yang sudah berlabel halal.

Selain itu juga ada masjid Dian Al Mahri atau yang biasanya dikenal dengan sebutan ‘masjid Kubah Emas’ Ini merupakan satu – satunya masjid termegah di Jawa Barat yang memiliki kubah terbuat dari emas asli. Replika Museum Assalamualaikum Ayyuhan Nabi dan masjid Terapung yang ada di Gedebage juga menarik sekali untuk dikunjungi.

 

Pulau Lombok

 

Pesona yang ditawarkan Pulau Lombok adalah salah satu alasan kenapa Anda harus mengunjungi pulau yang indah tersebut. Apalagi jika Anda mencari tempat wisata halal di Indonesia yang terbaik, maka Pulau Lombok ini jadi jawaban tepatnya. Adapun tempat wisata halal di Lombok diantaranya Pantai Tanjung Aan, Gunung Rinjani, Gili Meno, dan Danau Segara Anak.

Ada banyaknya tempat wisata ramah muslim di Lombok bahkan membuatnya mampu mengalahkan beberapa destinasi halal di luar Indonesia. Seperti Malaysia, Qatar, Turki, dan Abu Dhabi. Karena ditujukan untuk orang muslim, sudah pasti fasilitas yang disediakan akan memudahkan wisatawan muslim saat ingin melakukan ibadah atau pun mencari makanan halal di Lombok.

Memiliki banyak masjid-masjid sehingga membuatnya dijuluki sebagai ‘Pulau Seribu Masjid’. Adapun akomodasi di Lombok juga sudah memenuhi kebutuhan pengunjung muslim, seperti tersedianya peralatan sholat, arah kiblat, dan Al-Quran.

 

Aceh

 

Selain beberapa tempat di atas, Aceh juga dikenal akan keramahannya sebagai destinasi wisata halal di Indonesia. Hal ini terbukti dari penghargaan yang pernah diterimanya di ajang World Halal Tourism Awards di tahun 2016 lalu. Dimana saat itu Aceh berhasil memboyong buah penghargaan sekaligus, yakni World’s Best Airline for Halal Travellers dan World’s Best Halal Cultural Destination.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak dibangun Kebun Raya Aceh, Museum Banda Aceh, Pusat Kebudayaan Islam Aceh, dan Pendidikan Halal. Arsitektur dari semua bangunan tersebut tentu saja mengusung konsep arsitektur Islami. Salah satu objek wisata ramah muslim di Aceh yang wajib Anda kunjungi adalah masjid Raya Baiturrahman, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Museum Tsunami.

 

Sumatera Barat

 

Pilihan terakhir tempat wisata yang tidak kalah menariknya untuk kaum muslim di Indonesia adalah di Sumatera Barat. Jika dibandingkan dengan beberapa daerah atau wilayah di atas, Sumatera Barat ini ternyata memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Bagaimana tidak, Sumatera dikenal dengan Jam Gadang yang menjadi salah satu destinasi halal terbaik di Indonesia yang patut Anda kunjungi.

Alam Sumatera Barat yang tidak kalah menawanya adalah Pantai Pemutusan, Pantai Pegang, Lembah Harau, Puncak Lawang. Dan masih ada banyak lagi tempat berkunjung ke tempat wisata alam di Sumatera Barat.

Anda juga bisa mencoba mencicipi makanan khas Sumatera Barat yang pastinya sangat menggunggah dan memanjakan lidah. Seperti, Rendang, Gulai Itiak, Dendeng Batoko, Keripik Balado, Kerupuk Kulit, Sala Lauak, dan lain sebagainya.

Baca Juga : (Calendar of Event Wonderful Indonesia 2020)

Demikian informasi mengenai Wisata Halal Indonesia. Salam sukses untuk pembaca wahyublahe.id dimanapun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *