Anti Gagal, Inilah Cara Menjadi Youtuber Sukses 2020!

Cara Menjadi Youtuber

Cara menjadi youtuber sukses 2020!

Yuk sini!

Industri kreatif mengalami kemajuan pesat di tengah meningkatnya perkembangan teknologi digital. Salah satu profesi baru yang mulai populer beberapa tahun belakangan adalah Youtuber.

Profesi ini menjanjikan penghasilan cukup besar. Tak heran jika banyak orang mencari cara menjadi Youtuber.

Baca : 24 Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Youtuber sendiri mengandalkan satu platform yaitu Youtube untuk menghasilkan uang. Dulunya menjadi seorang content creator di Youtube merupakan hobi atau kesenangan belaka. Tak disangka, menjadi pembuat konten di situs berbagi video dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sebut saja David Brendi dari kanal GadgetIn. Pria ini memulai video gadget review di Youtube hanya karena penasaran.

Saat ini ia memiliki 4,53 juta subscriber dengan keuntungan $2,4 juta/tahun.

Nah, apa Anda ingin juga menjadi seorang Youtuber? Berikut tips cara menjadi Youtuber:

Etika Youtuber

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang pembuat konten di Youtube?

Hal pertama yang wajib untuk Anda pahami dalam tips cara menjadi Youtuber adalah etika atau sopan santun menjadi seorang Youtuber. Etika ini ada yang tertulis dalam peraturan Youtube, namun ada juga yang bukan peraturan tertulis.

Jangan Pernah Mencemarkan Nama Baik

Nama baik merupakan salah satu hal yang wajib dijaga. Hal ini pun diatur dalam Undang-undang Informasi Transaksi Elektronik pasal 27 ayat 3 dan Kitab Undang-undang Hukum Pidana pasal 310 ayat 1.

Perhatikan materi yang akan Anda sampaikan ketika akan membuat konten. Pastikan tidak terdapat unsur menghina dan mencemarkan nama baik individu maupun instansi. Apabila terdapat pihak yang merasa dihina dan dicemarkan nama baiknya, Anda bisa dituntut dan mendekam di bui.

Contoh kasus yang baru-baru ini hangat dibicarakan mengenai pencemaran nama baik yaitu kanal Rey Utami & Benua. Saat itu, Galih Ginanjar diundang sebagai bintang tamu. Ternyata terdapat beberapa kalimat yang terkesan menghina dan mencemarkan nama baik mantan istri Galih Ginanjar.

Saat ini, ketiganya mendekam di penjara akibat kasus tersebut. Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Jadikan kasus tersebut sebagai pembelajaran agar Anda membuat konten yang lebih bijak di platform Youtube.

Jangan Mengungkapkan Sisi Buruk Sebuah Brand

Etika dalam cara menjadi Youtuber yang kedua masih berkaitan erat dengan poin nomor satu, jangan pernah mengungkapkan keburukan brand tertentu. Hal ini sama saja dengan pencemaran nama baik dan penghinaan. Beberapa brand atau unit usaha merasa keberatan akan review yang kurang baik.

Anda tetap bisa memberikan review untuk brand yang memberikan produk atau pelayanan kurang baik. Sampaikan dengan bahasa yang santun dan berikan kritik yang membangun. Sebelum melakukan review, sebaiknya Anda meminta izin terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan.

Ada beberapa video yang menuai kontroversi akibat mengungkapkan keburukan sebuah usaha. Salah satunya adalah video berjudul “Pergi ke Salon Terburuk di Kotaku” yang diunggah oleh Youtuber bernama Pebbi Lieyanti.

Banyaknya kontra dari warganet membuat pemilik kanal harus mematikan fitur komentar pada video tersebut. Meskipun tak berlanjut ke jalur hukum seperti kasus Rey Utami, video ini memberi pelajaran bahwa memberikan cap buruk pada sebuah usaha atau brand merupakan tindakan kurang baik.

Jangan Membuat Video yang Berpotensi Menjadi Kontroversi

Etika yang ketiga dalam cara menjadi Youtuber, yaitu membuat video yang tak berpotensi menjadi kontroversi. Contoh video yang kontroversial antara lain penyiksaan binatang, perusakan fasilitas umum, pencemaran lingkungan, dan hal lain yang serupa.

Sebisa mungkin buatlah konten yang berkualitas dan menginspirasi. Meskipun konten yang Anda buat kurang memberikan inspirasi, setidaknya jangan buat penonton menjadi geram.

Pikirkan kembali konsep video secara matang sebelum Anda melakukan pengambilan gambar dan menyuntingnya. Pertimbangkan apakah video yang Anda buat dapat diterima oleh masyarakat atau tidak.

Melakukan tindakan kurang terpuji dapat membuat nama baik Anda dan kanal Youtube yang Anda buat menjadi hancur. Orang pun akan malas menonton konten-konten Anda yang baru.

Contoh video yang mengundang kontroversi belakangan ini adalah konten prank ojek online. Dalam video tersebut ditunjukkan seseorang memesan makanan melalui aplikasi ojek online kemudian membatalkannya secara sepihak.

Di akhir video, pemilik konten memberikan hadiah kepada tukang ojek online. Meskipun niatnya baik, yaitu memberi hadiah, namun cara yang ditempuh dinilai kurang terpuji. Video sejenis ini banyak dikecam oleh masyarakat luas.

Jangan Memuja AdSense

Pendapatan seorang Youtuber sebagian besar bersumber dari AdSense. Jumlah pendapatan seorang pemilik kanal di Youtube berbanding lurus dengan jumlah penonton.

Oleh sebab itu, banyak content creator berlomba-lomba membuat konten paling menarik agar mendapatkan lebih banyak penonton.

Hal tersebut sesuai dengan : Algoritma Youtube 2020

Jangan sampai Anda mengharapkan pendapatan yang besar hingga melanggar norma dan etika. Sebagai seorang pembuat konten di Youtube, Anda sudah tergolong sebagai influencer. Sehingga setiap hal yang Anda lakukan berpotensi dapat dicontoh oleh para penonton.

Ingatlah 3 hal yang telah dibahas di atas, camkan etika tersebut dalam benak Anda. Dengan begitu, Anda akan berkembang menjadi seorang Youtuber yang sukses. Cara menjadi youtuber pun akan terasa lebih mudah dan tidak menuntut.

Aplikasi Edit Video Youtuber

Apakah Anda sudah paham tentang etika menjadi seorang youtuber atau norma membuat konten di Youtube? Jika sudah paham, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai aplikasi untuk mengedit video. Mampu mengedit video termasuk salah satu syarat dan cara menjadi Youtuber.

Berikut ini beberapa aplikasi edit video yang biasa digunakan oleh para Youtuber.

KineMaster

Aplikasi pertama yang dapat Anda gunakan yaitu KineMaster. Aplikasi yang satu ini dapat diunduh melalui Google Play Store. Kinemaster dapat digunakan secara cuma-cuma. Jika Anda ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, ada pilihan berlangganan secara berbayar.

Fitur yang dimiliki oleh KineMaster cukup lengkap untuk ukuran aplikasi ponsel. Anda akan merasakan sensasi mengedit video seperti di komputer, namun di layar yang lebih kecil. Beberapa keunggulan yang dimiliki KineMaster antara lain:

  • Tampilan antar muka sangat ramah bagi pengguna
  • Dapat mengedit dengan layer lebih dari satu
  • Terdapat peralatan edit video yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi serupa

Sayangnya, video yang dihasilkan dari aplikasi ini memiliki watermark yang membuat tampilannya kurang menarik. Tapi tenang, Anda dapat berlangganan aplikasi pro untuk menghilangkan tanda air tersebut.

Tabel detail aplikasi KineMaster di Google PlayStore

Pengembang Kinemaster Corporation
Versi Terbaru 4.13.4.15898.GP
Ukuran 87 Megabyte
Sistem Operasi Minimal Android 5.0 (Lollipop)
Jumlah unduhan Lebih dari 100 juta
Rating 4,5 dari 2,46 juta pengguna

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi dari perusahaan Adobe yang paling banyak digunakan oleh para Youtuber. Aplikasi ini dapat diinstall dan digunakan pada platform Windows dan MacOS.

Sangat berbeda dengan KineMaster, Adobe Premiere Pro memang ditujukan bagi para profesional. Hal ini dibuktikan dengan kelengkapan fitur di dalam aplikasi. Terkadang, seorang pemula akan merasa bingung karena terlalu banyak tools.

Aplikasi ini dilengkapi dengan tools untuk mengatur grading video, penyesuaian audio, transisi, filter, dan masih banyak lagi. Pelajari tutorial yang banyak tersebar di Youtube untuk mempelajari cara mengedit video menggunakan Adobe Premiere Pro.

Kekayaan fitur yang dimiliki aplikasi besutan Adobe ini tak membuatnya sempurna. Ada beberapa kekurangan antara lain:

  • Relatif sulit dipelajari oleh pemula karena rumit.
  • Membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.
  • Tidak menyediakan versi gratis sehingga penggunanya wajib membayar lisensi untuk dapat menggunakannya.
  • Memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.

Spesifikasi minimal dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Spesifikasi Minimal untuk Adobe Premiere Pro CC 2018, 2019, dan 2020
Prosesor Multicore 64 bit. Contohnya Intel Core i7 7700.
Sistem operasi Microsoft Windows 10
RAM Minimal 8 GB (lebih disarankan 16 GB).
Hard disk Setidaknya tersedia ruang kosong 10 GB.
Resolusi layar 1280 x 800

Adobe menyediakan banyak sekali versi untuk Premiere Pro. Jika spesifikasi komputer Anda kurang memadai untuk Adobe Premiere Pro CC 2018, cobalah untuk memasang versi di bawahnya. Perlu diingat bahwa setiap versi pasti memiliki perbedaan dari segi fitur dan tampilan.

PowerDirector

Aplikasi ketiga yang dapat digunakan untuk mengedit video Youtube yaitu PowerDirector. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sebab PowerDirector sangat populer di Indonesia. Hal ini dirasa wajar karena PowerDirector sangat mudah diaplikasikan.

Aplikasi PowerDirector cocok untuk Youtuber pemula seperti Anda. Selain mudah untuk digunakan oleh pemula, aplikasi ini juga padat akan fitur. Artinya, fitur yang tersedia benar-benar dibutuhkan oleh penggunanya. Hal ini mengurangi kemungkinan banyak fitur tak terpakai.

PowerDirector dapat diunduh secara gratis pada Google Play Store. Namun pada versi gratis, hasil video akan diberi watermark. Untuk menghilangkan watermark tersebut, Anda sebaiknya berlangganan aplikasi versi penuh. Selain menghilangkan watermark, fitur yang tersedia pun menjadi lebih lengkap.

Ini dia beberapa keunggulan yang dimiliki oleh PowerDirector:

  • Memungkinkan penggunanya untuk mengedit video dalam waktu yang relatif singkat berkat adanya fitur Quick Editing.
  • Terdapat banyak efek yang dapat digunakan untuk memperindah video.
  • Pengguna dapat menyatukan beberapa video dan gambar sekaligus dalam satu bingkai menggunakan Picture and Video Collage Maker.
  • Mampu membuat video menjadi semakin menarik dengan editan sinematik.
  • Ada fitur slow motion yang mampu membuat video menjadi lebih estetik dan menarik untuk ditonton.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh PowerDirector yaitu tidak menyediakan fitur mengedit multilayer. Absennya fitur penting ini membuat Anda sedikit kewalahan jika harus menggabungkan beberapa video sekaligus.

Tabel detail aplikasi PowerDirector di Google Play Store

Pengembang Cyberlink Corp.
Versi Terbaru 6.7.2
Ukuran 59 Megabyte
Sistem Operasi Minimal Android 4.4 (Kitkat)
Jumlah unduhan Lebih dari 50 juta
Rating 4,4 dari 1,17  juta pengguna

Filmora atau FilmoraGo

FilmoraGo dapat Anda install di ponsel android dan komputer dengan sistem operasi Windows. Pada platform Android, aplikasi ini memakai nama FilmoraGo. Sedangkan di Windows, namanya hanya Filmora.

Pemberian nama ini memiliki tujuan khusus. Penyematan kata “Go” pada aplikasi ponsel memiliki maksud bahwa penggunanya dapat mengedit video di mana pun karena ponsel sangat fleksibel.

Sama seperti KineMaster dan PoweDirector, FilmoraGo juga tersedia dalam versi gratis dan pro. Dalam versi gratis, fitur yang disediakan sudah cukup untuk kebutuhan dasar seperti tema, efek, dan tools lainnya. Sedangkan versi pro menawarkan fitur yang lebih lengkap.

Filmora juga dinilai lebih mudah dipakai oleh pemula jika dibandingkan dengan Adobe Premiere. Tak heran jika banyak orang mempelajari Filmora. Apakah Anda juga tertarik untuk mencobanya?

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Filmora dan FilmoraGo yaitu:

  • Tampilan sederhana dan dibuat sesuai dengan kebutuhan seorang content creator atau Youtuber.
  • Setiap tools diberi ikon yang mudah dipahami dan tidak membingungkan.
  • Lebih ringan sehingga tak terlalu membuat kinerja komputer atau ponsel menjadi lambat.
  • Menyediakan plugin, tema, dan efek secara gratis.
  • Biaya langganan jauh lebih terjangkau dibandingkan aplikasi sejenis.

Apa yang Anda dapatkan dengan berlangganan Filmora dan Filmora Go secara berbayar? Anda akan mendapatkan plugin premium, dukungan teknis gratis, serta update konten dalam jangka waktu yang lebih singkat.
Tabel detail aplikasi FilmoraGo (Android)

Pengembang Wondershare Software (H.K.) Co., Ltd.
Versi Terbaru 3.1.4
Ukuran 35 Megabyte
Sistem Operasi Minimal Android 4.2 (Jellybean)
Jumlah unduhan Lebih dari 10 juta
Rating 4,0 dari 385 ribu pengguna

Tabel detail aplikasi Filmora (Windows)

Spesifikasi Minimal untuk Filmora 8.6.3 x64
Prosesor Intel core i3
Sistem operasi Microsoft Windows 7, 8, 8.1, dan 10 (64 bit)
RAM Minimal 3 GB (lebih disarankan 8 GB).
Hard disk Setidaknya tersedia ruang kosong 2 GB.
Resolusi layar 1366 x 768

Adobe Premiere Clip

Adobe tak hanya memiliki aplikasi editor video di platform Windos dan Apple, namun juga di Android. Aplikasi besutan Adobe di Android diberi nama Adobe Premiere Clip. Apakah sama kompleksnya dengan Adobe Premiere Pro?

Versi mobile ini jauh lebih sederhana dan mudah digunakan dibandingkan dengan versi desktopnya. Salah satu fitur yang paling diunggulkan yaitu edit otomatis. Jadi, Anda hanya perlu memasukkan bahan video. Lalu aplikasi tersebut secara otomatis memotong clip dan menambahkan back sound.

Premiere Clip juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing secara manual. Adobe juga menyediakan berbagai efek yang dapat dipakai untuk memperindah video Anda. Sayangnya, Adobe tak menambahkan banyak fitur ke dalam aplikasi mobile ini.

Beberapa kekurangan Adobe Premiere Clip dirangkum dalam daftar ini:

  • Sangat minim fitur dibandingkan dengan aplikasi pesaing.
  • Pengguna tidak dapat menambahkan track musik lebih dari satu ke dalam video.
  • Tidak menyediakan fitur menambahkan teks ke dalam video.
  • Hanya menyediakan opsi ekspor video hingga 1080p

Kabar terbaru yang dirilis oleh Adobe menyatakan bahwa pihaknya telah mengakhiri pengembangan aplikasi Premiere Clip. Aplikasi tersebut dinilai gagal dan digantikan dengan Adobe Premiere Rush. Sayang sekali karena baru beberapa ponsel saja yang dapat menggunakannya.

HitFilm Express

Apakah Anda ingin membuat video dengan efek sinematik atau video dengan berbagai efek seperti di film? Jika ya, HitFilm Express dapat menjadi salah satu aplikasi editing video desktop yang cocok untuk Anda.

HitFilm Express banyak diminati karena seluruh fiturnya dapat diakses dan digunakan secara gratis. Bahkan sebagian penggunanya menuturkan bahwa aplikasi ini seperti software mahal yang bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada 2011 ini menyediakan berbagai macam efek yang bisa langsung dipakai. Panel dan tools yang disediakan pun sangat lengkap. Keunggulan HitFilm Express antara lain:

  • Gratis seumur hidup.
  • Menyediakan seluruh efek yang dapat digunakan seumur hidup tanpa batasan.
  • Mendukung sistem 3D composting.
  • Terdapat efek yang sangat beragam. Hingga saat ini, HitFilm Express menyediakan lebih dari 140 efek baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.
  • Mudah digunakan oleh pemula maupun editor profesional.

Belum bisa menggunakan aplikasi HitFilm untuk mengedit video? Tenang saja, dapatkan tutorial untuk editing video menggunakan HitFilm Express di berbagai kanal Youtube. Praktikkan tutorial tersebut untuk menambah skill Anda.
Spesifikasi software dan hardware minimal untuk menginstall aplikasi HitFilm Express (Windows)
Spesifikasi Minimal untuk HitFilm Express

Spesifikasi Minimal untuk HitFilm Express
Prosesor 4th Generation Intel Core dan yang setara.
Sistem operasi Microsoft Windows 8, 8.1, dan 10 64 bit
RAM Minimal 4 GB (lebih disarankan 8 GB).
Hard disk Setidaknya tersedia ruang kosong 10 GB.

Quik

Salah satu cara menjadi youtuber untuk pemula, Anda harus mengetahu berbagai aplikasi edit video yang mumpuni, salah satunya adalah aplikasi Quik.

Tahukah Anda bahwa Quik tidak menambahkan watermark pada video hasil edit? Anda tak perlu membayar biaya langganan untuk menghilangkan watermark seperti di Filmora dan KineMaster. Lebih praktis, bukan?

Sebenarnya Quik lebih cocok digunakan untuk membuat video seperti teaser atau testimoni. Sebab aplikasi ini sudah menyediakan berbagai macam template dan musik yang sudah siap pakai.

Seperti namanya, Quik memang benar-benar bisa diajak bekerja cepat. Anda hanya cukup memilah video yang akan diedit dan template yang diinginkam, kemudian Quik akan melakukan proses editing secara otomatis.

Tidak hanya itu, Quik juga cukup cerdas untuk mengatur durasi video. Misalnya Anda ingin mengedit untuk keperluan instagram post, Quik akan mengatur durasinya menjadi 60 detik secara otomatis.

Berikut ini rangkuman keunggulan dari aplikasi Quik:

  • Dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.
  • Tidak menambahkan watermark pada hasil video.
  • Dapat mengatur durasi dan ukuran video secara otomatis sesuai dengan platform yang diinginkan.
  • Menyediakan berbagai macam template yang siap pakai.

Detail aplikasi Quik di Google PlayStore

Pengembang GoPro
Versi Terbaru 5.0.7.4057-000c9d4b4
Ukuran 99 Megabyte
Sistem Operasi Minimal Android 4.0 (Lollipop)
Jumlah unduhan Lebih dari 100 juta
Rating 4,7 dari 1,3  juta pengguna

DaVinci Resolve

DaVinci Resolve merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh da Vinci System. Da Vinci system sendiri adalah perusahaan yang fokus pada industri perfilman di Amerika Serikat. Sudah banyak produk software dan hardware dari perusahaan ini yang dipakai oleh para insan perfilman di dunia.

DaVindi Resolve menjadi salah satu pesaing bagi Adobe Premiere Pro. Perbedaaan yang paling mencolok antara keduanya adalah berbayar dan tidak berbayar. Dalam hal ini, Davinci lebih unggul karena tak memerlukan biaya untuk menggunakannya.

Dilihat dari fiturnya, DaVinci Resolve hampir serupa dengan Adobe Premiere Pro. Jika Anda menginginkan aplikasi yang lengkap dan gratis untuk mengedit video Youtube, DaVind Resolve menjadi pilihan yang tepat.

Berikut ini keunggulan aplikasi DaVinci Resolve:

  • Tidak berbayar
  • Dapat diinstall pada berbagai platform, seperti Windows, macOS, dan Linux.
  • Waktu yang diperlukan untuk render video lebih cepat.
  • Sangat mudah digunakan, bahkan oleh pemula.
  • Tampilan rapi dan tersusun dengan baik.

Sedangkan kekurangan aplikasi DaVinci Resolve yaitu:

  • DaVinci Resolve merupakan aplikasi yang tergolong baru, sehingga banyak terjadi bug.
  • Navigasi kurang fleksibel.
  • Sering terjadi kesalahan dalam hasil render video.

Spesifikasi software dan hardware minimal untuk menginstall aplikasi DaVinci Resolve (Windows)

Spesifikasi Minimal untuk DaVinci Resolve
Prosesor Intel Core i5
Sistem operasi Windows 8.1 dan 10
RAM Minimal 8 GB
Hard disk Setidaknya tersedia ruang kosong 10 GB.
Resolusi layar 1366 x 768

Magisto

Magisto merupakan aplikasi yang dapat diinstall pada ponsel pintar, khususnya Android. Editor video ini menyediakan dua jenis aplikasi, yaitu gratis dan berbayar. Pada aplikasi yang gratis, fitur yang disediakan terbatas.
Magisto versi full service atau versi berbayar menyediakan fitur yang lebih lengkap. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan video yang jauh lebih bagus.

Salah satu keunggulan Magsto yaitu penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau artifficial inteligent. AI pada aplikasi ini dapat mendeteksi video dan memilih frame-frame yang menarik untuk ditampilkan. Jadi, Anda bisa menghasilkan video untuk Youtube dalam waktu yang lebih cepat.

Keunggulan lain dari Magisto terdapat pada daftar berikut:

  • Dapat mengedit video dalam berbagai jenis filter atau efek, salah satu yang terbaik dari Magisto yaitu efek vintage.
  • Multi platform, Anda dapat menginstallnya di Android dan juga iOS.
  • Fitur yang disediakan cukup lengkap mulai dari pemotong video, menambah transisi, menambah musik, dan lain-lain.
  • Bisa dipakai untuk mengedit video dengan berbagai macam fotmat, misalnya *.avi, *.mp4, dan lain-lain.

Detail aplikasi Magisto di Google PlayStore

Pengembang Magisto by Vimeo
Versi Terbaru 4.60.0.20222
Ukuran 81 Megabyte
Sistem Operasi Minimal Android 6.0 (Marshmallow)
Jumlah unduhan Lebih dari 50 juta
Rating 3,8 dari 1,05  juta pengguna

iMovie

iMovie merupakan aplikasi edit video yang eksklusif dari Apple. Aplikasi ini dapat diinstall pada MacBook, iMac, dan iPhone. Kalau Anda pengguna perangkat dari Apple, aplikasi yang satu ini akan sangat cocok dengan ekosistem di perangkat berlogo apel tersebut.

iMovie juga sudah tersedia secara default pada perangkat MacBook. Cara kerja dan tampilan iMovie cukup sederhana, layaknya Movie Maker pada Windows. Fitur utama yang ditawarkan yaitu memotong dan merangkai clip menjadi sebuah video utuh.

Keunggulan iMovie antara lain:

  • Tersedia secara default sehingga pengguna tak perlu mengunduh.
  • Tidak ada biaya berlangganan
  • Dapat diinstall juga di ponsel Apple (iPhone)

Spesifikasi minimal untuk menggunakan iMovie di MacOS

Spesifikasi Minimal untuk DaVinci Resolve
Prosesor Intel Core i5
Sistem operasi Minimal iOS 11.2 atau OS X El Capitan atau lebih tinggi
RAM Minimal 2 GB
Kartu grafis Setidaknya memiliki kemampuan OpenCL
Resolusi layar Minimal 1280 x 800

Cek Penghasilan Youtuber

Cara menjadi Youtuber yang berikutnya yaitu memahami cara mengecek penghasilan. Youtuber mendapatkan penghasilan dari AdSense. Pendapatan tersebut dihitung berdasarkan jumlah penayangan iklan.

Cek Penghasilan Sendiri

Google tidak menayangkan jumlah pasti penghasilan seorang Youtuber, namun diperlihatkan estimasinya. Caranya seperti ini:

  • Buka aplikasi atau website Youtube Studio, masuk menggunakan email dan password yang telah terdaftar.
  • Carilah bilah menu, lalu klik pada pilihan “Analytics”
  • Pilih pada menu “Pendapatan”

Di sana, Anda akan menemukan estimasi pendapatan yang akan Anda terima dalam kurun waktu satu bulan. Jumlah penghasilan yang sesungguhnya bisa lebih besar dan juga lebih kecil dari estimasi tersebut. Jika Anda ingin melihat pendapatan yang sesungguhnya, periksa pada akun Adsense.

  • Buka aplikasi atau website AdSense, masuk menggunakan email dan password yang telah terdaftar.
  • Carilah bilah menu, lalu pilihlah menu “Setelan” lalu pilih lagi “Pembayaran”
  • Pada tampilan tersebut, Anda bisa melihat pembayaran dari Google yang telah Anda terima.

Adsense biasanya mengirimkan penghasilan seorang Youtuber pada pertengahan bulan, antara tanggal 10 – 14. Penghasilan bulan ini akan ditransfer pada bulan berikutnya dan seperti itu seterusnya. Jumlah minimal pencairan AdSense adalah $100.

Cek Penghasilan Youtuber Lain

Penasaran dengan pendapatan Youtuber lain? Anda juga bisa mengeceknya dengan cara di bawah ini.

  • Buka situs Social Blade di peramban Anda.
  • Pada halaman utama, Anda akan melihat bilah pencarian.
  • Ketik nama Youtuber yang ingin Anda ketahui estimasi penghasilannya, lalu tekan enter.
  • Hasil pencarian akan muncul dalam beberapa detik. Klik pada nama kanal yang tampil.
  • Di halaman berikutnya akan ditampilkan estimasi penghasilan per bulan dan juga per tahun.

Namun nilai penghasilan yang ditampilkan pada laman Social Blade bukanlah jumlah yang nyata. Nilai tersebut didapatkan dari perhitungan komputer berdasarkan rata-rata penonton.

Youtuber Subscriber Terbanyak

T-Series

Kanal Youtube dengan pelanggan terbanyak nomor satu di dunia dipegang oleh T-Series. Hingga bulan April 2020, jumlah pelanggannya telah mencapai 137 juta orang. Jumlah penayangan video dari kanal ini pun sangat fantastis, mencapai angka 106,5 miliar.

T-Series pertama kali dibuat pada 13 Maret 2006. Kanal ini berisikan video musik dari musisi di India, atau yang biasa dikenal dengan istilah musik Bollywood. Dalam satu hari, kanal ini dapat mengunggah 6 buah video yang termasuk video klip atau video konser.

Meskipun T-Series tak menargetkan pemirsa dari luar India, nyatanya jumlah pelanggannya mampu menembus 100 juta lebih. Bahkan T-Series ini juga mendapatkan rekor sebagai kanal Youtube pertama yang mendapatkan pelanggan sebanyak 100 juta mengalahkan PewDiePie.

Satu bulan terakhir, pelanggan di kanal musik ini mengalami pertumbuhan sebanyak 4 juta atau 33%. T-Series tak hanya menempati posisi pelanggan terbanyak, tapi juga beberapa posisi bergengsi lainnya seperti:

  • Kanal dengan view terbanyak
  • Kanal nomor 1 di India
  • Kanal musik nomor 1 di Youtube

PewDiePie

PewDiePie merupakan saingan terberat T-Series dalam memperebutkan gelar “Kanal Youtube dengan 100 Juta Pelanggan Pertama di Dunia.” Pertarungan sengit ini dimenangkan oleh T-Series dan PewDiePie menempati posisi kedua.

Kanal PewDiePie pertama kali dibuat pada 2010 dan berfokus pada video gaming. Pemilik kanal ini berperan menjadi komentator dalam pertandingan game. Padahal saat ini, dunia Youtube tengah ramai akan konten video blog pribadi dan tayangan komedi.

Gaming merupakan salah satu hobi dan passion dari pemilik kanal PewDiePie. Kanal yang dimiliki pria asal Swedia ini menjadi lebih dikenal dan populer di kalangan pencinta permainan seperti Mine Craft dan Call of Duty.

Hingga hari ini, PewDiePie telah memiliki pelanggan sebanyak 104 juta. Sayangnya, pertumbuhan pelanggan kanal gaming ini tak begitu baik. Dalam sebulan terakhir, pertambahan pelanggannya kurang dari 1 persen atau kurang dari 1 juta orang.

Selain menempati posisi kanal dengan pelanggan terbanyak, PewDiePie juga mengantongi beberapa rekor, antara lain:

  • Kanal hiburan nomor 1 di Youtube
  • Kanal nomor 1 di Amerika Serikat
  • Peringkat ke-15 kanal dengan jumlah video terbanyak di Youtube. Hingga saat ini, seluruh video PewDiePie telah ditonton lebih dari 23,5 milyar kali.

Cocomelon – Nursery Rhymes

Peringkat ketiga kanal di Youtube dengan pelanggan terbanyak dipegang oleh Cocomelon – Nursery Rhymes. Jumlah pelanggannya saat ini mencapai 79,9 juta. Dalam sebulan terakhir, pertambahan pelanggannya cukup pesat, mencapai 3,7% atau 2,8 juta.

Kanal yang pertama kali dibuat pada 1 September 2006 ini berfokus pada pendidikan anak-anak usia dini. Video yang ditayangkan pun berupa video edukasi dalam bentuk animasi. Dari 523 video yang telah diunggah, Cocomelon – Nursery Rhymes telah ditonton sebanyak 59,3 milyar kali.

Selain memiliki pelanggan terbanyak nomor 3 di dunia, Cocomelon – Nursery Rhymes juga memiliki rekor lain:

  • Jumlah penayangan video terbanyak nomor 2 di Youtube.
  • Kanal nomor 2 di Amerika Serikat, berada tepat satu peringkat di bawah PewDiePie.
  • Kanal pendidikan nomor 1 di Youtube.

Pelanggan kanal Cocomelon – Nursery Rhymes tak hanya berasal dari Amerika, namun dari seluruh dunia. Kanal ini selalu konsisten menghadirkan konten-konten baru agar tak kehilangan jumlah penonton dan pelanggan.

Salah satu cara menjadi Youtuber yang sukses adalah selalu konsisten dalam mengunggah konten tanpa peduli jumlah penonton di awal. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan jumlah penonton dan pelanggan yang terus meningkat seperti Cocomelon – Nursery Rhymes.

Youtuber Terkaya di Dunia

Banyak orang mencari cara menjadi Youtuber yang sukses karena kisah beberapa orang di bawha ini. kisah sukses ini mampu menginspirasi banyak orang untuk berkarya dan menghasilkan pundi-pundi melalui platform berbagi video, Youtube.

Jeffree Star

Jefree Star bukanlah nama baru di dunia maya. Sebelum menjadi Youtuber, dirinya telah meniti karir sebagai seorang penyanyi sekaligus seorang ahli tata rias. Wanita ini merupakan pemilik kanal kecantikan dengan kekayaan terbanyak di dunia.

Dirinya juga menjadi salah satu panutan bagi para beauty vlogger di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Kalanya diberi nama jeffreestar yang saat ini telah memiliki 18,1 juta pelanggan. Di sana, ia juga telah mengunggah lebih dari 374 video sejak 14 Februari 2006.

Kanal jeffreestar menempati posisi nomor 7 untuk kategori “How To” di Youtube. Pelanggannya juga terus mengalami pertumbuhan. Sebulan terakhir terdapat 500 ribu pelanggan baru. Sedangkan videonya telah ditonton sebanyak 79,73 juta kali dalam 30 hari ke belakang.

Penghasilan Jeffree Star dari Youtube ditaksir mencapai 318 rubu dollar per bulan. Dalam rupiah, penghasilan Youtuber ini mencapai 4,8 miliar per bulan. Jumlah yang fantastis, bukan? Tak heran jika dirinya dinobatkan sebagai Youtuber terkaya di dunia.

Selain dari Youtube, penghasilannya pun berasal dari profesinya menjadi musisi dan pebisnis. Total kekayaan penyanyi Amerika ini ditaksir mencapai lebih dari 90 juta dolar Amerika.

Wanita ini juga digadang-gadang akan menjadi The Next Lady Gaga berkat kesuksesannya di dunia musik dan kecantikan.

Daniel Middleton

Posisi kedua Youtuber terkaya di dunia ditempati oleh Danniel Middleton. Pria ini merupakan pemilik dari kanal DanTDM. Kanal ini berfokus pada gaming dan menjadi pesaing berat PewDiePie yang sama-sama berfokus pada video gaming.

DanTDM memang tidak memiliki pelanggan sebanyak PewDiePie, namun pemiliknya berhasil meraih gelar sebagai Youtuber gaming terkaya. Kanal Youtubenya bisa menghasilkan hingga 648 ribu dolar Amerika per bulan. Jika dihitung dengan kurs rupiah saat ini, penghasilannya mencapai 9,9 miliar.

Sejak debutnya pada Juli 2012, DanTDM telah mengunggah 3,3 ribu video yang telah ditonton lebih dari 16 miliar kali. Sedangkan jumlah pelanggannya terpaut jauh dari pesaingnya, PewDiePie, yaitu 22,8 juta orang.

Saat ini, kanal DanTDM berhasil menempati peringkat ke-9 untuk kanal gaming di Youtube. Jumlah pelanggannya pun terus meningkat. Dalam 30 hari terakhir saja, DanTDM berhasil mendapatkan pelanggan baru lebih dari 300 ribu.

Daniel memilih membuat kanal yang fokus pada gaming berkat hobinya. Menekuni hobi merupakan salah satu cara menjadi Youtuber sukses, seperti yang dilakukan Daniel Middleton.

Nilai kekayaan Middleton saat ini mencapai 35 juta dolar Amerika. Kekayaan ini tidak serta merta ia dapatkan dari Youtube, melainkan menjalankan bisnis yang masih berhubungan dengan dunia gaming.

VanossGaming

VanossGaming merupakan kanal yang didirikan dan dikelola oleh pria bernama Efan Fong. Fong adalah pria asal Kanada. Di usianya yang baru menginjak 28 tahun, Fong telah dinobatkan sebagai Youtuber terkaya ke-3 di dunia setelah Jeffree Star dan Daniel Middleton.

Kanal VanossGaming mulai dibangun Fong sejak 15 September 2011. Sejak debutnya, ia konsisten membuat video tentang berbagai jenis game seperti Pokemon, GTA, Call of Duty, serta desktop game lainnya.

Saat ini, pelanggan di VannosGaming telah menyentuh angka 25 juta. Selain pertumbuhan pelanggan, jumlah tayangan kanal ini pun terus meningkat. Pada 30 hari terakhir tercatat ada 116,2 juta penambahan jumlah tayangan.

Ada lebih dari 1100 video yang telah diunggah pada kanal ini dan sudah ditonton sebanyak 12 miliar kali. Kanal gaming ini berhasil memikat penonton berkat kelucuan Fong ketika memainkan game.

Berdasarkan besarnya jumlah pelanggan dan penonton video, kanal VannosGaming diperkirakan dapat menghasilkan hingga 464 ribu dolar Amerika per bulan. Angka tersebut setara dengan 7,1 miliar rupiah.

Kekayaan yang dimiliki oleh Fong hingga detik ini telah mencapai 25 juta dolar Amerika, bahkan lebih. Sebagian besar kekayaannya didapatkan dari Youtube.

Kanal VanossGaming berhasil menempati peringkat ketiga kanal Youtube paling populer di Kanada. Selain itu, kanal milik Fong ini juga menempati posisi ke-6 untuk kategori kanal gaming.

Dude Perfect

Youtuber dengan kekayaan terbanyak di dunia berikutnya adalah pemilik kanal Dude Perfect. Kanal ini didirikan oleh sekelompok pemuda yaitu Tyler Toney, Coby Cotton, Cody Jones, Garret Hilbert, dan Cory Cotton.

Kanal ini fokus pada permainan yang berbau olahraga. Tujuan dari kanal Dude Perfect tentu saja menghibur penggunanya. Namun cara yang dipilih oleh kelima pemuda ini lebih sehat dengan permainan di luar ruangan.

Sejauh ini, pelanggan di kanal Dude Perfect telah mencapai 50,5 juta orang. Sayangnya, dalam sebulan terakhir terjadi penurunan jumlah pelanggan hingga mencapai 33,3 % atau sebanyak 400 ribu orang. Begitu pula dengan jumlah tayangan videonya yang turun sebesar 26,1 %.

Penurunan jumlah pelanggan dan tayangan memang tengah dialami oleh kanal ini. Namun hal tersebut tidak mengurangi jumlah penghasilan mereka. Menurut perkiraan, Dude Perfect dapat meraup penghasilan mencapai 622 ribu dolar Amerika, atau setara dengan 9,5 miliar rupiah.

Selain aktif mengunggah video di Youtube, 5 pemuda asal Amerika ini juga meluncurkan aplikasi game di iOS yang diberi nama Dude Perfect. Tak berhenti di situ, ada beberapa game lain karya Dude Perfect seperti Dude Perfect 2 dan Endless Ducker & Thats Lit.

Kekayaan mereka semakin bertambah berkat acara televisi yang mereka bintangi. Nickelodeon membuat acara khusus untuk kelompok pria muda ini yang bertajuk The Dude Perfect Show.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Dunia maya, khususnya Youtube di Indonesia dihiasi oleh beberapa nama yang dicap sebagai orang terkaya berkat video Youtube. Dengan mengetahui berbagai Youtuber terkaya di Indonesia, pasti Anda akan berpikir bahwa cara menjadi Youtuber itu tidak susah. Simak ulasannya:

Atta Halilintar

Siapa yang tidak familier dengan Atta Halilintar? Pria 25 tahun ini digadang-gadang sebagai Youtuber Indonesia terkaya. Total kekayaannya mencapai triliunan rupiah. Salah satu sumber kekayaannya yaitu Youtube.

Selain digadang sebagai Youtuber terkaya, Atta juga memiliki jumlah pelanggan terbanyak di Indonesia, bahkan Asia. Saat ini, ada 22,4 orang yang telah berlangganan di kanal pria yang selalu tampil dengan gaya nyentrik ini. Dalam 30 hari terakhir terdapat penambahan 700 ribu pelanggan.

Total video yang telah diunggahnya mencapai 799 dan telah ditonton sebanyak 2,2 miliar kali. Estimasi penghasilan Atta per bulan yaitu 432 ribu dolar Amerika atau 6,6 miliar rupiah. Angka ini sangat fantastis untuk Youtuber Indonesia.

Fakta lain dari kanal milik anak sulung keluarga Halilintar ini yaitu posisinya berada di urutan ke-35 kanal hiburan.
Selain dari Youtube, Atta Halilintar juga memiliki sumber penghasilan dari berbagai unit usaha yang dikelolanya.

Ricis Official

Peringkat kedua Youtuber paling kaya di Indonesia ditempati oleh pemilik kanal Ricis Official. Siapa lagi kalau bukan Ria Ricis? Wanita yang sempat viral karena permainan squishy ini telah merintis karier di Youtuber sejak Januari 2016.

Baca : Tips YouTube Video Menjadi Viral

Hari ini, pelanggan di kanal Ricis Offical telah menyentuh angka 20,1 juta orang. Pertumbuhan jumlah pelanggan di kanal ini dinilai cukup cepat. Dalam rentang waktu 30 hari terakhir, Ricis Official berhasil mendapatkan 500 ribu pelanggan baru.

Sama seperti Atta Halilintar, video yang terdapat pada kanal milik Ricis juga berisi video blog pribadi dan reality show. Sejak awal memulai karier di Youtube, Ricis telah mengunggah video sebanyak 866 judul.

Jumlah penonton untuk videonya saat ini mencapai 2,6 miliar. Meskipun tersandung beberapa kasus yang menuai kontroversi, kanal Ricis sama sekali tak ditinggalkan penggemarnya. Bahkan dalam sebulan terakhir, ada peningkatan jumlah penonton sebanyak 129% atau 79 juta.

Penghasilan Ria Ricis dari kanal Youtubenya ditaksir mencapai 317 ribu dolar Amerika. Jumlah tersebut sama nilainya dengan 4,8 miliar. Kekayaan Ria Ricis juga ditambah dari berbagai unit usaha dan iklan di Instagram.

Gen Halilintar

Keluarga Gen Halilintar menempati posisi ketiga Youtuber terkaya di Indonesia. Kanal milik keluarga ini bisa menghasilkan uang hingga 464 ribu dolar Amerika per bulan. Jumlah tersebut setara dengan 7,1 miliar rupiah.

Keluarga ini unik karena miliki 11 orang anak. Anggota keluarga ini pun memiliki kanal Youtube masing-masing dengan pelanggan yang tidak sedikit. Contohnya saja si anak sulung, Atta Halilinntar yang berhasil menjadi Youtuber nomor satu di Indonesia.

Kanal Gen Halilintar sendiri memiliki pelanggan sebanyak 14,8 juta orang. Jumlah ini selalu meningkat dengan cepat. Bahkan dalam satu bulan bisa bertambah hingga 1 juta penonton.

Gen Halilintar sangat produktif dan selalu mengunggah video. Total unggahan di kanal ini mencapai 725 buah meskipun baru berkiprah di Youtube sejak 2015.

Konten andalan Gen Halilintar adalah video blog. Video yang paling banyak diuanggah berkaitan dengan liburan serta aktivitas sehari-hari.

Tak hanya mendapatkan penghasilan dari Youtube, Gen Halilintar ternyata memiliki banyak unit usaha. Usaha keluarga ini tersebar di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Oleh sebab itu, kekayaan mereka mencapai triliunan rupiah.

Kanal Gen Halilintar membuktikan bahwa cara menjadi Youtuber tidak sulit.

Hal yang terpenting adalah selalu menghadirkan konten yang segar dan tidak membosankan. Tetap konsisten unggah video Anda ke Youtube untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Guru SEO, Digitalpreneur, Public Speaker, Konsultan Digital Marketing, Blogger Medan | WA: 085261199133